Jendela Inspirasi - Kumpulan Kisah Perempuan yang Menggugah Hati




Judul Buku: Jendela Inspirasi

Penulis: Wulan Suminarsih, Iis Muhayaroh, Arni Sutomo, Rina Kadarwati, Forayenovia, Dira Indira, Ade Solihat, Lusiana M Hevita, Lala Pramesty, Putri Soemanto, Widiyani Pranata, Dewy Iriany, Irma Arimurti

Penerbit: Wonderland Publisher
Cetakan/Tahun Terbit: 1/2018
Jumlah Halaman: 165

Kumpulan Kisah Perempuan
cover depan

Perempuan identik dengan cerita unik dan menarik untuk dikisahkan. Beraneka cerita bisa tergali sebagai penyemangat diri dan inspirasi bagi perempuan lainnya agar tegar dalam menghadapi kerasnya hidup ini.

Begitu juga buku bertajuk Jendela Inspirasi yang berisi 13 kisah inspiratif karya 13 perempuan yang diterbitkan oleh Wonderland Publisher ini. Cerita yang disajikan, mengupas keseharian perempuan yang bisa diambil hikmah dan pelajaran.

Buku Kumpulan Kisah Perempuan

Seperti sebuah kisah dari Dira Indira, ibu yang memiliki seorang putra berkebutuhan khusus yang mendapatkan banyak pembelajaran dari beberapa perempuan tentang arti berjuang dan bersemangat untuk menjalani harinya yang berat.

Sosok perempuan-perempuan itu pernah hadir dalam kehidupan penulis dan menjadikannya memahami arti kesabaran, keihlasan dan ketegaran dalam mendampingi tumbuh kembang sang putra yang diciptakan istimewa oleh-Nya.

Membaca kisahnya menumbuhkan kepedulian akan ketegaran Ibu yang dianugerahi Anak Berkebutuhan Khusus dan membuka mata bahwa berbagi inspirasi bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kita.

Maka tebarkan aura positif dan bagikan manfaat ke sekeliling kita selagi bisa.


Buku Kumpulan Kisah

Lain pula dengan cerita yang ditulis oleh Lala Pramesty, seorang perempuan yang bermetamorfosa dari karyawan hingga punya karyawan. Kisah Lala memberi pencerahan pada banyak perempuan bahwa jika harapan tak sesuai denga kenyataan, kita bisa mencoba di lain kesempatan.

Seperti Lala yang awalnya terpaksa menjadi seorang karyawan pabrik karena tidak lolos seleksi PTN yang dituju dan akhirnya kuliah di tempat lainnya sambil membuka usaha untuk biayanya.


Buku Kumpulan Kisah

Dan, hasilnya dua-duanya terpegang tangan, kini jadi guru sekaligus punya tujuh karyawan di beberapa usahanya (bimbel, penitipan anak dan kuliner). Dimana kemajuan usaha didasari tips diantaranya:

  • Niat: ingin menjadi sebaik-baiknya manusia
  • Allah sebagai owner: perbanyak sedekah, minta hanya kepada-Nya
  • Melawan rasa takut: jangan takut gagal
  • Nikmati prosesnya: bersyukur di kala baik, bersabar di kala jatuh
  • Keep fight: ketika jatuh segera bangkit kembali
Kisah penulis ini menjadi bukti bahwa saat semua tak berjalan sempurna, kesedihan boleh ada, tapi tidak boleh ada putus asa.


Kumpulan Kisah Perempuan

Cerita lainnya ditulis oleh Lusiana M Hevita dalam "Tidak Biasa Makan Siang, Bu!'

Kisah yang menggugah ini berisi pengalaman penulis selama menjadi pemateri di Kelas Literasi Informasi yang diberikan kepada mahasiswa baru di kegiatan Orientasi Belajar Mahasiwa Baru UI (OBM UI). 

Di sini penulis yang juga pustakawan di kampus UI, menuliskan tentang putra-putri daerah yang berhasil masuk UI lewat jalur undangan yang menurut pengamatannya cenderung lebih mampu dan tangguh berkompetisi. Dan, meski memiliki segala keterbatasan dibandingkan dengan mahasiswa asal kota besar, ternyata mereka mampu menyelesaikan studi. 

Kumpulan Kisah Perempuan

Dan ada sepenggal cerita tentang seorang mahasiswa asal daerah, yang ternyata tetap berada di kelas meski sudah waktunya istirahat. Dan ketika ditanya alasannya oleh penulis, maka jawabannya: "Saya enggak biasa sarapan, saya sudah biasa makan sekali sehari, jam tiga sore biasanya..." (hal 69)

Sebuah jawaban yang menjadi penyemangat penulis saat belum bisa mencapai apa yang diinginkan dan yakin bahwa segala sesuatu butuh perjuangan dan berjuang itu tidak mengenal kata lelah.

Kumpulan Kisah Perempuan

Selanjutnya masih ada 10 kisah lagi yang tak kalah menyentuh hati dalam buku Jendela Inspirasi ini. Yakni: 
  • Kisah Perempuan Turki di Jakarta (Ade Solihat)
  • Hijrah (Arni Sutomo)
  • Seni Beradaptasi (Irma Arimurti)
  • Pembelajaran Sepanjang Masa (Iis Muhayaroh)
  • Keterpurukan yang Mampu Mengubah Mimpi (Forayenovia)
  • Sekolah untuk Anakku (Putri Soemanto)
  • Menjadi Perempuan Sukses (Rina Kadarwati)
  • Suamiku Pintu Surgaku (Widiyani Pranata)
  • Ibu yang Gigih dalam Berbisnis (Dewy Iriani)
  • Profesi Penulis yang Menantang (Wulan Suminarsih)


Kumpulan Kisah Perempuan


Overall, buku setebal 165 halaman yang pas dibaca sekali duduk saja ini, layak untuk dimiliki khususnya bagi siapa saja yang sedang memerlukan mood booster untuk kehidupannya.

Ingat, di luar sana banyak orang menghadapi hal yang lebih berat. Setidaknya beraneka kisah ini bisa membuat kita mengevaluasi diri sejauh mana rasa syukur ada, tetap berprasangka baik pada ketentuan-Nya dan melakukan yang terbaik yang kita bisa.

Selain ada beberapa kesalahan cetak, buku ini tak memiliki kekurangan banyak. Dan, tema yang berbeda di ketigabelas kisahnya memperkaya pembaca dengan nilai-nilai yang disajikan di masing-masing cerita. Hingga bukunya memang recommended untuk dibaca!

Yuks, terus tebar inspirasi buat sesama!💖

Wonderland Publisher
cover belakang



Selamat Membaca,

Dian Restu Agustina

















14 comments:

  1. Wah ada Bunda Dira sebagai salah satu penulisnya. Kerennn. Ini cerita yang mampu memotivasi kita ya dan terkadang kita nggak perlu mengalami langsung agar bisa belajar. Tetapi kita bisa banyak belajar dari cerita hidup orang lain ☺️

    ReplyDelete
  2. Saya suka quote ini:
    Nikmati prosesnya: bersyukur di kala baik, bersabar di kala jatuh...

    Mengajarkan kita tak boleh mengeluh yaa.
    Bukunya menarik. Makasih reviewnya...

    ReplyDelete
  3. Penasaran dengan kisah-kisah inspiratif dari ke-13 penulisnya. Ibu-ibu yang luar biasa.

    ReplyDelete
  4. Aku juga punya bukunyaaa, dan langsung terhanyut membaca tulisan mba Dira. Memang ya aslinya wanita itu "kuat" dan kisah di buku ini mebuktikan di tengah persoalan hidup wanita tetap bisa bertahan bahkan berjuang.

    ReplyDelete
  5. Whaaaaa kereeen ini! Ada mba Dira, Mba Wulan, ahhh temen-temen penulis yang hebatss 😀😀

    ReplyDelete
  6. Menginspirasi banget kisah-kisahnya ya , Mbak. Tengkyu udah berbagi.

    ReplyDelete
  7. Buku kayak gini tuh pas banget dibutuhin ketika mood kurang baik. Biasanya kalau lagi badmood buku jenis ini jadi pelarian.hehehe

    ReplyDelete
  8. Keren mbak. Perempuan memang selalu bisa memberikan inspirasi yaa 🤗🤗🤗

    ReplyDelete
  9. banguusss. penulis-penulis hebat isinya. ada tulisan mba Dira juga. Terima kasih untuk sharingnya mba dian :)

    ReplyDelete
  10. Aku punya buku ini. Paling berkesan dengan kisah mba Dira dan bu Dokter dengan suami lulusan SMA yang sakit. Wow banget. Perempuan itu gak lemah. Mereka kuat dibalik jiwanya yang kadang rapuh.

    ReplyDelete
  11. Masyaallah, terima kasih reviewnya Mbak Dian.

    Terima kasih teman-teman yang sudah membeli dan membaca yaaa. ❤❤❤

    ReplyDelete