Perayaan Akbar Ultah ke-5 Backpacker Jakarta



"Menulislah...karena kamu enggak akan pernah tahu kemana tulisan bisa membawamu

Kalimat yang disampaikan oleh M Arif Rahman, seorang travel blogger, pengampu blog backpackstory.me ini, membuat saya pun mengamini. Karena, meski belum sekeren Mas Arif, pencapaian menulis saya pun bisa dibilang tak terduga.

Apalagi seorang Arif Rahman, yang baca profile-nya saja bikin saya ternganga..

Bagaimana enggak terpana, selain menjadi travel blogger sejak tahun 2012 dan aktif di Instagram dengan akun @arievrahman, Mas Arif ini ternyata juga masih menggeluti berbagai profesi, diantaranya: travel planner, book writer, social media influencer dan business owner. 

Ups, lupa.... satu lagi: 9-5 worker!


"Whaaat? Bagaimana bisa? Kapan jalan-jalannya yaaa? Dan kapan juga ngeblognya?" 😱

"Terus..terus..kalau traveling melulu, uangnya dari mana tuh??"


Backpacker Jakarta
prestasinya...wow!!

Sssssttt.....tenang ya buat yang penasaran. Saya aja yang sering stalking Ig-nya Mas Arif juga kepo maksimal. Nih orang dapat duit darimana ya, kok bisa jalan-jalan keliling dunia?πŸ™ˆ

Dan, ternyataaaaa pemirsaaah, Mas Arif ini do many things for a living! S e  r a b u t a n kalau bahasa sehari-harinya kali yaaak...kwkwkw

Dan kalau mau tahu apa saja yang Mas Arif kerjakan biar bisa teruuuus jalan-jalan, ini dia jawabannya: teteup ngantor, jadi pembicara, aktif sebagai influencer di sosial media, punya usaha, handle rombongan jalan-jalan, nulis buku, terima job ngeblog, ikut lomba atau kuis dan...kerjaan profesional lainnya.

"Oalah..pantesan aja! Banyaaak ternyata sampingannya.." πŸ‘

"Tapi kok bisa ya semuaaa itu dikerjakan, apa sih ya kuncinya? Kan sama-sama punya waktu 24 jam sehari seperti kita?"


Backpacker Jakarta
beberapa tempat yang sudah dijelajahi Mas Arif

Kata Mas Arif sih, tipsnya diantaranya:
  • Don't ever forget where you came from
Karena dulu mengawali semuanya dari menulis (ngeblog) maka Mas Arif berusaha tetap merawat blognya. Dan lantaran gaya menulis traveling-nya yang ala-ala novel memerlukan waktu cukup lama untuk menuliskannya, maka untuk menyiasatinya jika hanya punya waktu singkat Mas Arif akan menulis materi yang ringan-ringan saja...Yang utama, tetap menulis karena semuanya dimulai dari sana.
  • Time management skills
Prioritaskan mana yang akan dikerjakan, selalu berpegang pada jadwal, jalankan to do list yang sudah disiapkan, ingat istirahat dan delegasikan pekerjaan jika diperlukan.
  • Time management tips
Sisihkan 30 menit saat memulai hari untuk membuat perencanaan apa saja yang akan dikerjakan. Simpan jadwal ini untuk evaluasi di kemudian hari. Selesaikan pekerjaan yang bisa dilakukan bersamaan. Abaikan segala email dan panggilan. Gunakan waktu menunggu untuk hal yang perlu. Minimalkan waktu bertemu yang enggak perlu. Delegasikan pekerjaan. Rubah pekerjaan menjadi kebiasaan. Block out social media dan fokuslah bekerja!!


manajemen waktu
sumber: slide presentasi M Arif Rahman
Nah, simpel kan tipsnya? 

"Iyaaa...tapi jalaninnya lumayan berat juga. Hiks!"

Eitsss...semangat dong, katanya pengin sekeren Mas Arif! Kan, semua hal memang butuh pengorbanan dan perjuangan. Bakalan terbayar kok semua jika kita mau berusaha. Masak enggak mau sih dibayarin klien buat kerja sekalian jalan-jalan? Bahkan dikirimi tiket jalan dan uang saku oleh penggemar...Seperti Mas Arif yang pernah dibiayai salah satu pembaca blognya buat traveling to UK for free...

Makanya, kuy terus menambah kualitas diri agar menjadi lebih baik lagi! 

Dan, mari terus menulis karena kita enggak pernah menduga kemana tulisan akan membawa kita.πŸ’–

Mas Arif Rahman

Ayo, semangat...semangat!!πŸ’ͺ

"Hhh, gimana mau semangaaat, sudah nulis panjaaaang kali lebar kali tinggi...eh pageviews segitu melulu. Duh, syediiih!" 

Oalah..itu masalahnya?

Ya sudah, yuks belajar SEO dulu kita!

Pengin kan artikelnya berada di halaman satu Google yang jadi impian semua penulis itu?

Nah, kalau begitu kita bisa belajar pada seorang ahli yang punya kompetensi di dunia per-SEO-an ini.

Adalah Mbak Nunik Utami. Penulis 60 buku, editor, web content writer, content writer Blogger Perempuan dan pemilik nunikutami.com menjabarkan tips & triknya.


Kata Mbak Nunik, SEO (Search Engine Optimization) itu perlu, karena berkaitan dengan:
  • Traffic
Siapa yang mau trafik blognya ribuan per harinya? Kalau mau musti belajar SEO dong yaa. Karena, prosentase terbesar traffic sebuah website dimulai dengan sebuah pencarian melalui search engine. Itulah sebabnya SEO itu p e n t i n g.
  • Google Index
Sudah melakukan semua strategi SEO tapi teteup enggak bisa nembus page one? Hmm, bisa jadi web kita tidak ter-index oleh Google. Artinya Google tidak bisa menemukan dan membaca web kita. Nah, cara yang bisa dilakukan agar web di-index lebih cepat oleh Google diantaranya dengan menggunakan strategi link-building, yaitu dengan meletakkan link di web dengan DA lebih tinggi dan forum terkenal lainnya.
  • Personal Branding
Personal branding begitu penting di dunia bisnis saat ini. Menerapkan SEO akan membantu web/merk brand kita ke urutan teratas daftar search engine.
  • DA/PA
Domain Authority (DA) didasarkan pada tiga faktor: umur, popularitas, dan ukuran web. Meskipun DA/PA bukanlah parameter utama peringkat di Google, tetapi dengan nilai DA/PA yang tinggi bisa dinilai apakah web kita mendapatkan peringkat bagus atau tidak. Nilai tinggi ini akan membuat kepercayaan klien pun meningkat. Karena itu strategi SEO perlu agar nilai DA makin bertambah seiring waktu. Dan,...kalau sudah, DA/PA kita bisa dilihat melalui tools berikut ini:


Backpacker Jakarta
sumber: slide  Mbak Nunik


Mbak Nunik kemudian menyampaikan cara-cara penerapan SEO, diantaranya:
  • Keyword
Keyword (kata kunci) bisa didapatkan dari Google. Dan penjelasannya ada pada slide yang disampaikan oleh Mbak Nunik seperti di bawah ini.

Tipsnya antara lain: meletakkan keyword pada judul, awal kata pada alinea pertama, sebarkan berulang pada keseluruhan tulisan dan awal kata alinea terakhir. Sehingga paling tidak ada sekitar 2% lebih dari banyaknya kata. Misalnya artikel terdiri dari 1000 kata berarti musti ada 20 kata kunci tersebar di dalamnya.


Backpacker Jakarta

Nunik Utami
  • Meta Description
Meta description adalah bagian yang menerangkan deskripsi judul (title tag). Untuk meta description ini usahakan jangan lebih dari 150 karakter karena apabila terlalu panjang mesin pencari akan kesusahan mengenali kata kunci.

Backpacker Jakarta

Blogger Vaganza
  • Backlink
Masukkan  backlink dalam artikel kita meski harus tetap hati-hati jangan dari sumber yang asal agar Google tidak menandai sebagai referensi yang abal-abal.

Seperti pada artikel ini, Mbak Nunik memasukkan eksternal link dari salah satu web yang dimiliki.


Backpacker Jakarta
  • Content is the king!
Selain isi tulisan minimal 1000 kata, yang utama perhatikan kualitas tulisannya. Dulu Google tidak mau tahu dengan kualitas tulisan, tapi kini sudah dilakukan perubahan. Tulisan yang bermutu akan punya nilai lebih dan memungkinkan berada di halaman satu.

Jadi terus mengasah keterampilan menulis itu perlu!! Dan, utamakan karya sendiri serta hindari plagiasi. 

Contoh paragraf, bandingkan keduanya. Yang contoh 1 ini yang sesuai strategi SEO.


Bagimanaaaa?

Masih bingung juga tentang SEO ini?

 Hiks!!Samaaa.!

Saya juga musti berusaha memahami lagi dan lagi. Tapi teteup semangat, mencoba diterapkan nanti...Ala bisa karena biasa, bukan?

Semoga ke depannya makin juara pengaplikasian SEO-nya. Sehingga tulisan saya ada di Google halaman pertama...Aamiin!

Mbak Nunik dan Kak Yunita

Nah, selain menjalankan strategi SEO agar tulisan melesat traffic-nya, mau juga dong artikelnya lebih menarik dengan dilengkapi gambar/foto yang syantiiik.

Dengan adanya image (foto), selain membuat pembaca tidak akan merasa jenuh dengan hanya membaca tulisan saja, juga akan lebih disukai mesin pencari. Serta bisa menjadi nilai tambah di mesin pencari jika pembaca mencari informasi melalui ketersediaan gambar yang ada.

Apalagi saat ini, kamera fotografi menjadi lebih portable sehingga memudahkan siapa saja untuk menggunakannya. Juga, sudah tersedianya kamera yang dilengkapi dengan WiFi. Yang membuat kapan dan dimana saja, jika kita ingin memposting tulisan, foto pun bisa sekalian disertakan.

Atau tak harus kamera. Ponsel pintar yang kita miliki kini pun sudah punya kualitas yang mumpuni. Dan sama halnya dengan kamera, sesudah jepret kita bisa langsung terkoneksi.

Nah, jika komposisi fotografi kita baik maka akan menunjang tulisan sehingga dibaca pun makin menarik, kan?

Maka penting kiranya mempelajari hal fotografi ini...Yuk, mari!!


Mas Leo

Adalah P.J. Leo, seorang fotografer dan jurnalis yang bekerja di harian The Jakarta Post sejak 1991 yang memaparkan cara agar elemen fotografi mampu membuat tulisan makin menarik hati dalam Do & Don't berikut ini.

DO
  • Pastikan kebersihan lensa kamera atau ponsel kita
  • Perhatikan cahaya, karena cahaya akan menentukan hasil akhir gambar dan bisa memberi efek visual yang dramatis pada foto kita
  • Berusahalah untuk jeli memilih komposisi. Perhatikan leading lines atau elemen garis pada foto yang menuntun mata saat menelusuri frame foto
  • Perhatikan komposisi warna. Usahakan agar warna objek dan background kontras agar menghasilkan komposisi yang menakjubkan.
  • Terapkan berbagai macam angle untuk memposisikan objek foto berbeda-beda.
  • Perhatikan background dan foreground
  • Potretlah detil yang nampak
  • Lakukan editing
salah satu koleksi foto Mas Leo

DON'T
  • Jangan gunakan perasaan saat memilih foto yang ingin ditampilkan. Gunakan pikiran untuk memilih foto yang akan dipublikasikan. Sehingga tak akan ada foto yang bisa menurunkan kualitas blog secara keseluruhan. Kecuali jika hendak menjelaskan cara memotret yang salah dan lainnya, dan ingat sertakan penjelasannya.
  • Jangan mengunggah foto buram
  • Jangan mengunggah foto yang membosankan
  • Jangan mengunggah foto dengan eksposure yang buruk
  • Jangan mengunggah foto yang berisi tempat-tempat yang sudah umum yang sudah banyak ditampilkan di tulisan lainnya.

Sumber: koleksi foto Mas Leo

Dan, selain Do & Don't tadi, Mas Leo yang baru-baru ini meluncurkan buku "Guardians of Traditions" tentang Cina Benteng,  juga berkesimpulan dan berpesan, yakni:

  • Tak perlu syediih jika belum punya kamera canggih. Secara umum kamera canggih memang bisa menghasilkan foto yang lebih baik. Tapi komposisi, pencahayaan, penglihatan yang artistik adalah faktor yang jelas lebih penting daripada segala peralatan terkini.
  • Saat kita traveling dan ingin mengambil gambar suku asli ataupun penduduk setempat jangan lupa lakukan dulu pendekatan. Ingat mereka bukan benda mati jadi lakukan pendekatan dengan hati. Pelajari bahasa lokal, sapa dengan hangat, tersenyum yang ramah dan minta izin jika ingin memotretnya. Jika diperbolehkan baru ambil foto mereka. 
foto koleksi Mas Leo

Hm, benar-benar ya...enggak kebayang kalau dipraktekkan semua, yaaa ilmu management waktu untuk blogger & influencer ala Mas Arif, strategi SEO dari Mbak Nunik dan ilmu fotografi dari Mas Leo, bakal makin keren deh pastinya blog saya...

"Etdaaah, ini ilmu dagiiiing semua! Memangnya di acara apaan yaa?"

Ups, saya lupa belum cerita ternyata, maapkan ya temaaan!πŸ™ˆ

Saya mendapat banyak ilmu baru yang pastinya sangat bermanfaat untuk bekal menghebat. Juga teman baru, baik itu yang sudah kenal lama di dunia maya dan baru ketemu, atau yang benar-benar brand new. Beberapa info menarik dari sponsor acara, nyobain maksi yang endess punya dan keseruan lainnya di acara Blogger Vaganza.

Yup, Alhamdulillah pada hari Minggu, 30 September 2018 yang lalu saya bisa mengikuti acara Blogger Vaganza ini. Dimana kegiatan ini merupakan rangkaian dari keseluruhan acara yang dihelat dalam rangka Perayaan Ultah ke-5 Backpacker Jakarta, yang mengusung tema ISTIMEWA.


"Rangkaian acara?"

Yess, ada banyaaak acara dalam memperingati BPJi5timewa ini, yakni:  Carnaval Face Of Indonesia, Duta Backpacker Jakarta, Amazing Race BPJ 2018, BPJ Got Talent, Blogger Vaganza, Seminar Inspiratif, Pameran Fotografi, Donor Darah, Pesta Komunitas, Bazzar, Panggung Hiburan, Games Berhadiah dan acara seru lainya

"Wow..banyak bangets ..!"

Yoi...kan acaranya 2 hari, Sabtu  dan Minggu, 29-30 September 2018 dan berlokasi di La Piazza Kelapa Gading dari pukul 10.00 – 23.00 dengan HTM Free dan terbuka buat Umum!!

"Keren euyy!!"

Iyaaa dong.....dan Blogger Vaganza, salah satu acaranya, digawangi oleh Klub Buku & Blogger (KUBBU), salah satu klub diantara 13 klub BPJ yang ada (Klub lainnya: Fotografi, Lari, Basket, Sejarah & Museum, Jelajah Masjid, Futsal, Badminton, Be the Light, Renang, Weekday Holiday, Talent, Touring).

Kak Yunita dan Abang Dayu


Acaranya sendiri dipandu oleh MC kondang BPJ, Kak Yunita dan Abang Dayu dan dihadiri oleh sekitar 120 orang blogger yang terdaftar. Sementara narasumbernya seperti yang saya ceritakan sebelumnya, ada:

  • Mas Arif dengan judul materi "Being a Smart Travelworker"
  • Mbak Nunik mengupas "Sampai Jumpa di Halaman Satu Google"
  • Mas Leo mengisi materi "Bercerita Lewat Kamera". 

Dan masing-masing pemateri ini mengisi tiap sesi dengan seorang moderator yang mendampingi.

"Wow..Seruuu, pasti!"

Beneraaaan, acaranya seru dan sungguh berkesan, karena:
  • Tema yang diambil kekinian dan memang yang diperlukan oleh seorang (travel)blogger
  • Ketiga tema saling terkait sehingga merupakan paket komplit
  • Pemateri memang mumpuni
  • Pembawa acara dan moderatornya enggak garing sehingga acara berlangsung interaktif dan enggak hening
  • Nasionalisme BPJ tinggi karena acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya
  • Maksi Ayam Jerit by Titi Kamal-nya beneran bikin mulut menjerit karena enak dan pedessnya
  • Info dari sponsor menarik dan layak untuk diulik
  • Hadiah utama Instagram Competition-nya Wow! 3D2N Sailing Komodo & Tour Labuan Bajo!
  • Banyak hadiah menarik saat acara berlangsung
  • Ada pameran fotografi, pesta komunitas, bazzar dan acara lain di venue Blogger Vaganza  (yang bikin saya sekalian -sedikit- belanja..πŸ˜€).
Blogger Vaganza
pemenang grand prize


Tapiiii...tak ada gading yang tak retak. Saya sedikit kecewa dan ingin memberi masukan ke panitia, karena:
  • Sudah datang sebelum pukul 10 pagi karena infonya acara akan dimulai tepat pukul 10 nanti...Eh ternyata pas datang (saya peserta pertama yang tiba), tempat acara baru mulai disiapkan panitia...hiks! Jadi deh, acaranya baru mulai hampir pukul 11 siang. Sehingga agak terburu-buru di sesi-sesi terakhir...Kan sayang! Semoga ini jadi perbaikan ke depan, sehingga tepat waktu musti diutamakan.
  • Goodie bag yang diantaranya juga berisi snack dibagikan baru saat pulang, juga air mineral baru dibagi saat maksi...Hiks, saya kan haus (dan lapar) jadinya..Akhirnya enggak bisa konsentrasi penuh pas materi hihihi...

But, it's okay...it's just minor! 

Overall, saya sukaaaa...dan pengin ikutan lagi acara Klub Buku & Blogger (KUBBU) juga Backpacker Jakarta.

Oh ya, enggak lupa, selamat ultah Backpacker Jakarta! Semoga makin sukses ke depannya!!

Dan buat Klub Buku & Blogger (KUBBU) sering-sering bikin acara oke punya begini lagi ya...apalagi yang gratiss, saya suka ..saya suka!πŸ‘πŸ˜

Haaa? Apa? Teman-teman ada yang belum tahu BPJ itu apa?

Baiklah, ini infonya ...

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas traveling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok ).

Nah, BPJ ini melakukan traveling  dengan menggunakan sistem sharecost (patungan). Artinya semua biaya akan ditanggung oleh peserta yang ikut dan juga akan selalu ada rincian laporan pemasukan dan pengeluaran serta dana yang tersisa diinfokan di semua grup BPJ.

Syarat gabung dengan komunitas ini yaitu: kirim foto KTP/identitas diri dan datang ke KOPDAR BPJ minimal satu kali (info kopdar ada di grup) lalu isi link database member BPJ di web-nya.

Jadi, tunggu apalagi, yang mau ikutan gabung dan seru-seruan kuy ke sini.....!!πŸ’–

Kalau mau kepoin, cuss lah singgah:

Twitter: @Official_BPJ
Instagram: @backpackerjakarta, @kubbu_bpj
WA: BPJ 089507622003
Email: info.backpackerjakarta@gmail.com
FB: facebook.com/groups/backpackerjakarta


Backpacker Jakarta


Love..love..love πŸ’–

Dian Restu Agustina



Yeeeay, tulisan ini jadi pemenang pertama lomba blog review acara Blogger Vaganza, hadiahnya voucher trip BPJ 600 rb

57 comments:

  1. TQ Mbak Dian sudah hadir di acara Blogger Vaganza, dan terima kasih juga buat saran dan masukannya..
    Semoga ilmubyg didapat dari acara ini bermanfaat.. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...Terima kasih juga untuk kesempatan yang diberikan bisa menghadiri acara keren ini, Mas:)

      Delete
  2. Halo mba Dian. Tulisannya padat banget. Hihiii. Aku ya sering kagum ama pekerja kantor yang masih sempat buat traveling dan teryata menghasilkan ya mba :). Soal SEO, aku baru tahu kalau harus sebar keyword 2 persen di tulisan. Makasih ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak
      TravelWorker..jalan-jalan yang menghasilkan uang. Keren yaak!

      Delete
  3. Masih butuh asupan tentang SEO nih,, thanks for artikel mba..

    ReplyDelete
  4. Backpacker milad ke 5 apalagi di isi dengan belajar biar ciamik tulisa di blog dan mendapat page one

    ReplyDelete
  5. Mbak, ih keren banget ikut acara gini.
    Ilmunya daging semua, bisa langsung diterapin nih.
    Saya masih kudu belajar lagi mengenai SEO yang memusingkan itu :D

    ReplyDelete
  6. keren nih!!
    kemarin ingin ikut juga ke acara blogger vaganza namun karena kondisi tidak memungkinkan jadi ga bisa dateng. Untung ada Mbak Dian yang membuat ringkasan acara ini, top!
    terima kasih banyak ya Mbak Dian, sukses selalu

    ReplyDelete
  7. Wah, sarat ilmu banget ini acaranya. Tentang SEO kayaknya saya harus mengunyah pelan-pelan supaya bisa paham. SEO masih agak misteri buat saya :D

    ReplyDelete
  8. Aku kmarin mau ikutan gk bisa.. makasih banyak nih ilmunya d tranfers semua jadi aku SS bbrp.. buat bahan ingatan apalg ttg SEO yg bikin ngebul kepala

    ReplyDelete
  9. waahh lengkap banget Mba Dian ulasannya, berasa dateng ke acaranya juga 😍 Mas Arif suka saya kepoin jugaa blognya, salah satu yang selalu saya akses kalau lagi pengen traveling. Nice sharing! Thank You!

    ReplyDelete
  10. Halo mba, tulisannya keren, banyak ilmunya. Masalah SEO juga penjelasannya gampang dipahami

    ReplyDelete
  11. Materinya keren-keren. Pas banget buat travel blogger seperti saya.

    ReplyDelete
  12. Waaah backpackerritu bahasa aku banget sejaj zaman single. Aku menyebut diriku backpacker krn gemar kemana mana, rekornya aku pernah stay sebulan di Palu seorg diri tanpa keluarga, hihi. Jd pengen gabung deeeh.

    Btw salut sama mas Arif, serabutan to earning bgt yaah.

    ReplyDelete
  13. setuju…. yuk kita terus menulis….
    hehehe

    ReplyDelete
  14. senang baca tulisannya
    berasa ikut hadir dan nyerap ilmunya
    benar banget dari tulisan bisa membawa kemana aja
    saya sendiri merasakannya meski belum jauh jauh

    ReplyDelete
  15. seru nih baca tulisannya Mbak Dian.. ini lengkap deh.. ada panduan SEO dan fotografi.. hikss aku juga masih perlu belajar banyak tentang keduanya Mbak.. semoga ke depannya blog kita semakin memperlihatkan kemajuan ya Mbak.. Aamiin..

    ReplyDelete
  16. Wooow seruuu, daging bangett acaranya. Hmm, bicara tulisan bisa membawamu kemana? Tetiba saya ingat Perth. Salah satu poin lebih krn ada bbrp catatan perjalanan di blog. Jadi makin semangat menulis dan merawat blog. Trims sharingnya mba Dian...

    ReplyDelete
  17. Bagus banget ilmunya nih, tp bener saya maaah masih jauuh sampe.kesananya..

    ReplyDelete
  18. Wah mantab mba Dian. Acaranya keren, narsumnya beken. Ulasannya juga bikin mupeng, ah pengin banget jd blogger terkenal kayak mereka. Makasih sharingnya ya mba, bermanfaat banget untuk blogger luar kota sepertiku.

    ReplyDelete
  19. Wih SEO. Aku rasanya gak pernah mikirin ini. Tulisan sy bisa bermanfaat untuk orang lain aja udah bersyukur alhamdulillah. Tenyata ada panduannya SEO. Ahh, mungkin nanti aku bisa belajar lagi tentang ini

    ReplyDelete
  20. Sayang slidenya mataku wes siwer nggak bisa baca. Bagus banget acaranya. Ngomong ngomong KUBBU itu bagian BPJ mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..memang asli kecil begini Mbak slide nya. lengkapnya di blog Mbak Nunik banyak infonya

      KUBBU bagian BPJ Mbak..di atas sudah ada penjelasannya

      Delete
  21. Lengkap banget nih artikelnya. Baru tahu tentang prosentase keywords. Mulai hati² menulis nih, supaya terlacak Google dengan baik...
    Makasih Mbak...

    ReplyDelete
  22. Komplit banget infonya..
    Jleb banget di bagian pertama ttg time management. Huhu masih kebiasaan menunda pekerjaan

    ReplyDelete
  23. Ini acara keren amat ya mbak Dian. Semua dibahas dikupas tuntas, aku bacanya berasa ikutan di sana dan dapet ilmunya juga. Thanks to you mbak, udah nulis lengkap banget.
    Btw SEO buat blogger ( kaya saya ) itu PR banget deh hehe

    ReplyDelete
  24. Mba Dian aku suka sekali ama kata2 pembukanya "Menulislah...karena kamu enggak akan pernah tahu kemana tulisan bisa membawamu"
    Bener banget, aku nggak pernah menyangka juga menulis akan membawaku ke profesi ini dan menghasilkan. Ya Allah dulu mah nggak pernah ngebayanginnya soalya. Hihihi apalagi Mas Arief yang waw banget. Smga nti kita bsa lbh keren dari beliau ya hihihi aaaminnn

    ReplyDelete
  25. Lengkap Cyin, menang ini mah. Siap-siap angkat ransel, hehehehe

    ReplyDelete
  26. Seru yaa acaranya. thank you for sharing mbak. yg nggak dateng pun jadi tahu

    ReplyDelete
  27. Kereeen acaranya,,,,aku blogger pemula jadi terpana hehehehe. Semoga bisa dan.ada kesempatan mempelajari seo, dan lainnya...tengkyuh mba artikelnya😍😍

    ReplyDelete
  28. Kalau yang jauh susah ya mbak ikutan acara dan gabung komunitas ini. Tapi keren bingit

    ReplyDelete
  29. Mauuuu. Pengen nyoba gabung di BPJ.

    ReplyDelete
  30. Mbak dian acaranya seru banget, padat ilmu :) Selamaaaat ya mba,juaraaaa deh

    ReplyDelete
  31. Lengkapkapkap ini mah. Saya jadi belajar banyak. Makasih yaaa sharingnya.
    Selamat juga udah menang. Met backpackeran yaaa...

    ReplyDelete
  32. Wah seru banget ya acara blogger vaganza nya.
    Keren abiss pokoknya..

    ReplyDelete
  33. keren, cakep, dan lengkap banget tulisannya makasih lho..sebagai newbie sy baru tau kalau bikin artikel blog bisa sepanjang ini..ngalahin bikin thesis mba.. top deh makasih yuaa ilmu nya..

    ReplyDelete