Ini Dia 5 Warung Makan Favorit Saya! Kalau Kamu Lewat Sini, Coba Yaaa!



Good Food Equals Good Mood

Gengs,

Sejatinya, kalau ditanya suka makan di restoran mana, saya bakalan bingung jawabnya. Karena sejak anak-anak besar, pemilihan tempat makan lebih banyak ditentukan bersama. Jadi pada saat saya ngiler makan ke rumah makan Sunda kalau si Mas dan Adik ternyata lagi mau pizza yang restonya ada di depan mata, ya akhirnya beloklah kami ke sana. Sementara di lain hari saat saya maunya makan soto, anak-anak ganti ngikuti selera saya.

Selain itu, di keluarga saya juga punya prinsip, one stop service saja. Artinya, kalau lagi ngemol di salah satu pusat perbelanjaan, ya makannya di sana saja. Biar praktis dan enggak keluar lagi cari tempat makan ke sana-sini. Di situ saja, pilih mana yang cocok dengan selera semua dan yang pasti sesuai dengan dompet saya. hahaha

Nah, meski demikian ada 5 warung makan yang paling saya sukai. Baik karena rasa, harga, pelayanan, kepraktisan maupun lokasi. Ya, semua warung makan ini lokasinya dekat rumah, jadi saat pengin tinggal cuss bisa ke situ dengan mudah.

So, let's check it out!

1. Depot Surabaya Bu Hj Kuwat


Lokasi: Jl. Penyelesaian Tomang III Kav. DKI Blok 10 A No.01 Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. (HP 08212534205)

Akun medsos: Instagram @ depotbukuwat - FB @ depotbukuwat

Buka: 08.00  - 21.00

Sebagai orang Kediri asli, saya adalah penikmat makanan Jawa Timuran, seperti Rujak Cingur, Rawon, Soto, Pecel Lele dan lainnya. Nah, setelah menetap di Jakarta Barat, saya kesulitan mendapatkan makanan khas Jawa Timuran yang otentik dengan harga yang tak bikin dompet tercekik.

Maksudnya, ada yang maknyuss dan rasanya serasa makan di kampung halaman saya sana, tapi.... saat bayar bikin terbelalak mata. Karena harga yang mahalnyaa! Hiks!

Lain waktu, makan dengan rasa ala kadarnya, lalu saat bayar, harganya pun sesuai rasa,...pas-pasan saja! Lalu nemu satu, enaaaak dan terjangkau pula, tapi tempatnya nyebar. Jadi, kalau lagi pengin rujak cingur musti kemana, Dan kalau mau soto harus ke tempat lainnya. Enggak satu tempat gitu. Jadi, musti kesana-situ. Padahal kalau satu tempat kan lebih gampil ya, soalnya serumah belum tentu satu selera, masak iya yang dua ke sana yang dua lagi ke sini. Hihihi

Nah, di Depot Surabaya Bu Hj Kuwat ini, rujak cingurnya berbumbu petis yang khas sekali. Dengan campuran sayur dan buah yang disertai irisan lontong sebagai pelengkapnya dan cingur asli yang menyertai. Enak tenaaan! Sepadan untuk harga per porsinya yang 27 ribu rupiah.

Soto Maduranya t o p - b g t rasanya. Kuahnya bening dan segar, bumbu rempahnya terasa ringan tapi cetar. Harga 16 ribu semangkuk pun sepadan.

Oh ya, untuk variasi harga makanan dan minumannya antara seribu sampai 36 ribu rupiah. Tempat cukup luas dan tersedia tempat sholat meski sederhana. Juga, depot ini menerima pesanan nasi boks/tumpeng/ingkung untuk acara buka puasa bersama atau lainnya. 

Untuk review selengkapnya ada di sini yaaa...

2. Warung Sate dan Sop Kambing Madura

Lokasi: pinggir jalan seberang Alfamart Joglo, dekat Holland Bakery dan Masjid Khairul Huda di Jl Raya Meruya Selatan, Jakarta Barat (dekat rumah saya😁)

Buka: 5 sore - habis

Sebenarnya saat saya mau nulis tentang rumah makan ini bingung ngejelasinnya. Pasalnya, alamatnya enggak ada di Google Maps. Nama warungnya pun cuma itu saja, enggak ada tambahan lainnya. Juga saya meski berkali-kali beli enggak pernah kepikiran foto  di sini. Wong cuma warung tenda dengan satu gerobak, satu meja dan beberapa kursi saja yang ada. Tapi...jangan tanya, sekali buka, antrinyaaa..

Kebanyakan sih belinya dibungkus untuk dibawa pulang. Karena tempat duduknya yang terbatas. Meski ada juga yang memilih dimakan di tempat agar lebih nikmat.

Penjualnya dua orang perempuan, ibu dan anak gadisnya. Katanya sih tinggal berdua saja dan cari nafkah dengan berjualan sate ini. Saya saja ngelihatnya terkagum-kagum. Mereka dorong gerobak, pasang tenda, gantian bakar sate dan racik bumbunya...Bener-bener setronggg! Masya Allah, semoga berkah.

Alhamdulillah memang laris manis jualannya. Ada sate kambing yang seporsinya 25 ribu rupiah dengan potongan daging besar dan enggak ada bau prengus. Tekstur matang luar dalam dilengkapi bumbu kecap bertabur irisan bawang merah dan cabe rawit. Hm,..sedaap!

Pilihan lain ada sate ayam yang empuk dengan bumbu kacang yang pas rasanya dengan harga per porsi 15 ribu rupiah saja. Juga, sop kambing yang kuahnya segar dengan tulang dan potongan daging seharga 15 ribu per porsinya.

Warung ini buka sekitar pukul 5 dan tutup sampai habis stoknya. Hari Minggu biasanya tutup karena ingin istirahat katanya.

Maaf ya, fotonya belum ada...Tapi, percaya deh, ini sate dan sop memang beda...Enak, murah dan penjualnya juga ramah.

3. Ayam Geprek 168 Joglo




Lokasi: Jl. Joglo Raya, RT.9/RW.8, Joglo, Kembangan, West Jakarta City, Jakarta 11640 (dekat perempatan Joglo, seberang Ruko Puri Botanical Junction)

Akun medsos: Instagram @ ayamgeprek168joglo

Buka: 9 pagi -11 malam.

Menu yang ditawarkan paket Geprek Biasa 13 ribu seporsinya, sudah termasuk nasi dan es teh sedangkan Geprek Mozarella 25 ribu. Untuk camilan ada geprek jamur dan geprek tahu yang murmer saja, 5 ribu per porsinya.

Ayamnya renyah dan sambelnya pas bener buat penyuka pedasss. Karena ada pilihan levelnya. 

Pelayanan cepat dan tempat duduk cukup pun cukup tersedia.  Juga melayani delivery by ojek online yang memudahkan jika mager datang sendiri ke sini.

4. Ayam Goreng Pop H.Yogi




Lokasi: Jl. Joglo Raya No.70D, RT.9/RW.3, Meruya Sel., Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11640

Akun medsos: Instagram @ ayamgorengpophajiyogi

Buka: 24 jam

Ayam popnya gurih dan empuk teksturnya. Sambelnya ada dua pilihan dan...juwaraaaa bener pedesnya. Lalapan ada timun dan daun singkong yang tak kalah lembutnya. Boleh pilih ayam pop ori atau telor. Juga ada pilihan lauk tambahan: tahu, tempe, ati ampla, telor dan bakwan.

Minuman ada jus, soda, teh dan es jeruk yang segar. Tempat duduk luas tersedia. Dan kisaran harga makana/minuman adalah 3 ribu-17 ribu rupiah.

5. Pecel Simbok



LokasiJl. Meruya Selatan No.103-104, RT.12, Joglo, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11640

Buka: 10 pagi - sampai habis

Pecel ini warungnya mungil dan nyempil. Foto di atas waktu masih di lokasi yang lama. Kini pindah ke tempat baru enggak jauh dari lokasi sebelumnya tapi lebih kecil tempatnya. Tepatnya di ruko samping gerbang Komplek Perumahan DPR RI Pribadi, Joglo, Jakarta Barat.

Yang jualan  seorang ibuk yang bersih dan rapi penyajiannya. Ada pecel dengan pilihan lauk-pauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, bakwan dan peyek sebagai pelengkapnya.

Tersedia juga sayuran lain seperti tumis kacang atau labu siam. Juga pilihan lauk lain yang berganti tiap hari. Untuk harga berkisar 2 ribu-10 ribu. Murceee!

Sayuran penyerta pecelnya banyak dan sambelnya enak. Bisa minta mau yang pedas atau biasa. Karena tempat duduk hanya ada dua meja dan beberapa kursi saja, maka banyak yang minta dibungkus untuk dibawa pulang. Oh ya, sambel pecelnya bisa dipesan kiloan juga. Jadi jika ada acara mau nasi pecel suguhannya mudah..cus tinggal pesan di sini saja.


Nah, itulah tadi 5 warung makan favorit yang lokasinya di sekitar rumah saya. Jadi kalau teman-teman sedang berada atau lewat area Joglo, Jakarta Barat, monggo dicoba saja...

Atau mau mampir ke tempat saya juga boleh #eh. Tapi, jangan ngarep macem-macem yaaa. Adanya paling banter cuma sayur asem, ikan asin dan sambel...menu favorit saya. Hahaha😁


#Day7
#BPN30DayChallenge2018
#BloggerPerempuan



Selamat Jajan,


Dian Restu Agustina



16 comments:

  1. Pas nanti lewatin daerah Jakarta Barat boleh juga mampir di warung2 favoritnya mom Dian nih, dibuat menu untuk maksi juga pas ya mom.

    ReplyDelete
  2. Yuhuuu enak2 semua mbaaa
    :D
    Aku arek Sby juga sueneng ama masakan Jawa Timuran :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Waaa aku blom pernah nyobain semuanya . Kapan2 aku mampir ah nyobain

    ReplyDelete
  4. Aduh, ini mah bikin ngiler yaa... kalau ada waktu mau nyobain ah.

    ReplyDelete
  5. Wah, saya jarang main ke Jakarta Barat. Tapi kayaknya boleh juga tuh yang Depot Bu Hj Kuwat. Sepertinya makanannya enak.

    ReplyDelete
  6. Belum pernah main lagi ke Jakarta. Tapi kalau mampir, geprek ayamnya wajib dicoba tuh, murmer!

    ReplyDelete
  7. Murmur yaa harga makanannya. Itu pecelnya, jam buka, jam 10 sampai habis? Kayaknya jam 12 udah habis yah...

    ReplyDelete
  8. Selera kita hampir sama ya mbak, soto, sate, sop kambing, pecel,ikan ikan asin, sayur asem, haha... Gue bangeeettt

    ReplyDelete
  9. Waaa dulu pas masih stay di Jekardah, aku sering main daerah Meruya Mba. Cuma dulu masih kere, jarang jajan huahahahaha. Seringnya makan di rumah. Btw itu yang warung Jawa timursn emang cuma buka jam 8-9 doang?

    ReplyDelete
  10. Ayam goreng popnya bikin lapar. Semoga bisa mampir ke sana suatu hari.

    ReplyDelete
  11. Bikin ngiler semua ... Sayangnya semua juga jauh dari Bandung 😊

    ReplyDelete
  12. wah ayam geprek nih favorit :) aku suka banget mba DIan paling enak emang yg join go food jadi klo mager ga perlu keluar y mba

    ReplyDelete
  13. Wow...dibuat laper mbak... kalau urusan kuliner saya nomer satu. Pasti deh kalo ada rekomendasi seperti ini saya cari warungnya...hehehe

    ReplyDelete
  14. Kenapa yah saya langsung lapar?
    Apalagi saat lihat fotonya sambil pegang piring yang ada ayam gepreknya. Hahaha...
    Sesekali ke Makassar Mbak, biar ngerasain juga kuliner Makassar yang tak kalah maknyusnya.

    ReplyDelete
  15. Baca ini pas siang-siang di jam makan, langsung ngileeerr.. untung aku di jogja hahahah. Tapi kalau pas mudik ke jakarta mau ah nyobain satu2 :)

    ReplyDelete