Cara Hemat Mengisi Liburan Untuk Mahasiswa, Tetap Seru dengan Dana Sesuai Kantongmu




Halo Hola,

Teman-teman yang masih berstatus mahasiswa, selalu bingung enggak sih, menghabiskan waktu kala libur panjang akhir semester tiba?

Main game seharian, nonton drakor semalaman atau tidur-tiduran di rumah saja pasti membosankan bukan?

Nah, sebenarnya sih ada beberapa cara untuk mengisi liburan buat teman-teman yang sekarang masih jomblo kuliah. Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, kegiatan-kegiatan berikut ini pasti akan membuat liburan akan terasa berbeda dari biasanya.

Mau tahu apa saja cara mengisi liburan untuk mahasiswa? Kuy, kita simak bersama!


  • Kerja Part Time


pic: @ peterhershey


Mumpung libur panjang, mengapa enggak digunakan untuk mengambil pekerjaan sampingan alias part time? Ada banyak pekerjaan yang bisa teman-teman lakukan. Seperti menjadi tutor di lembaga kursus atau menjadi tutor privat dari rumah ke rumah.

Atau teman-teman juga bisa ambil pekerjaan di cafΓ© atau restoran. Tahu enggak, hasilnya lumayan lho kalau dikumpulkan. Hitung-hitung menambah isi tabungan, kan? Terus kita juga jadi tambah wawasan, pengalaman juga teman.

Asyiiik, kan?

Sstt..saya dulu pernah lho mengisi waktu liburan dengan menjadi tenaga part time telemarketing sebuah provider ternama. Benefitnya, saya jadi tahu tentang perusahaan itu, dapat uang saku dan teman baru. Sehingga seselesainya programnya, saat mereka buka lowongan dan saya coba ikut rekruitment-nya...saya punya nilai plus dan akhirnya diterima jadi karyawan (kontrak)-nya. Lumayan, naik kelas kan. Dari part timer ke worker.


  • Magang di Perusahaan


pic: @ mimithian


Libur panjang juga bisa teman-teman manfaatkan untuk magang di perusahaan. Meski tidak semua perusahaan membayar mahasiswa yang magang, namun pengalaman yang diberikan tentu berbeda dan akan menambah pengetahuan.

Seperti saya yang kuliah di Fakultas Pariwisata, dulu pernah magang saat liburan di front office sebuah hotel di bilangan Legian. Enggak dapat gaji sih, cuma dapat maksi..Tapi pengalaman yang saya dapatkan tentu berguna sekali di kemudian hari.

Enggak masalah kok jika teman-teman sudah pernah magang sebelumnya. Jadikan momen liburan sebagai ajang mencari ilmu di perusahaan yang berbeda untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih beraneka. Coba hitung saja, kalau tiap libur semester magang sebulan, sampai lulus nanti sudah magang berapa kali...Enggak terasa nanti! Jadi banyaaak pengalamannya.


  • Ikut Kegiatan Sosial



pic: biotafoundation.blogspot.com

Ada banyak kegiatan sosial yang bisa teman-teman lakukan ketika libur kuliah. Seperti ikut acara mengajar di sekolah-sekolah dasar bersama kelompok tertentu. Atau ikut kegiatan membersihkan lingkungan sebuah tempat wisata, konservasi flora dan fauna dan tempat lainnya.

Selain menambah pengetahuan dan pengalaman, ikut kegiatan sosial juga akan menambah jejaring pertemanan. Karena komunitas yang fokus dengan kegiatan sosial akan bermanfaat untuk diikuti serta bisa bikin diri terinspirasi dan termotivasi.


  • Jalan-Jalan ke Luar Kota

pic: clemono2

Whaaaat? Mahasiswa berkantong tipis bagaimana bisa ke luar kota yaaa? Uang darimana?

Eitsss...jangan kaget dulu! Kan, ada banyak jalan ke Roma...😁

Ya...mungkin itu pertanyaan pertama yang bakal teman-teman lontarkan. Tetapi sebenarnya ini bukan hal yang mustahil jika teman-teman sudah merencanakan perjalanan sejak jauh hari sebelumnya.

Tentu teman-teman tahu kalau ada banyak tiket promo pesawat di berbagai online travel agent terpercaya yang ada. Nah, agar hemat, rencanakan liburan sejak jauh hari, karena biasanya jadwal libur kuliah sudah ada sejak awal semester kan, ya? 

Pada momen inilah teman-teman sudah harus mulai menabung dan membuat perencanaan untuk liburan mendatang.

Dan berkaitan dengan liburan ini, berikut tips yang bisa dicoba...

Tips Liburan ke Luar Kota ala Mahasiswa

  • Tentukan tanggal keberangkatan sejak jauh hari. Sebaiknya tidak terlalu mepet dengan akhir semester karena khawatirnya perkuliahan bakal molor dan membuat jadwal liburan jadi berantakan. Beri jeda selama beberapa hari, selain untuk berjaga-jaga molornya perkuliahan, juga bisa dimanfaatkan buat packing.
  • Beli tiket promo pesawat di Traveloka sejak jauh hari sebelum keberangkatan. Enggak perlu khawatir kalau jadwal mendadak berubah, karena teman-teman bisa melakukan reschedule di Traveloka dengan mudah.
  • Sisihkan uang saku sejak awal semester. Agar mudah, sisihkan di sebuah celengan semar atau jago atau rekening terpisah agar tidak terpakai untuk kebutuhan lainnya.
  • Pilih penginapan dorm atau hostel. Selain lebih murah, menginap di dorm juga bisa menambah teman seperjalanan. Pastikan saja teman-teman mengamankan barang bawaan dengan baik agar tidak terjadi hal yang enggak diinginkan.
  • Makan di warung akan menghemat pengeluaran teman-teman dalam jumlah banyak. Selain itu, warung-warung kecil biasanya menyajikan menu khas sebuah kota dengan rasa yang lebih otentik daripada resto atau hotel. Sehingga dengan harga lebih murah, teman-teman bisa mendapatkan makanan lezat dengan harga hemat.

Jadi....kunci dari liburan hemat buat mahasiswa adalah merencanakannya sejak jauh hari.

So, what are you waiting for?

Rencanakan liburan teman-teman sekarang dan nikmati masa libur semester tanpa bengong di rumah doang.....!😎


Selamat Liburan,

Dian Restu Agustina



19 comments:

  1. Aku dulu pas liburan kuliah, puas-puasin keluyuran ke luat kota sama temen-temen atau ke dufan. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat zaman mahasiswa dulu. Kalau liburan paling dalam kota aja.

    ReplyDelete
  3. Aku pilih jalan jalan aja deh mba soalnya biar refreshing sejenak karena dulu jadwal kuliah saya padat bgt full dari pagi ampe sore maklum kuliah di kesehatan, jadinya kalo libur pengennya jalan jalan atau sekedar leyeh leyeh di rumah hehe

    ReplyDelete
  4. Liburan dulu saya pinginnya nge kos di pare ngasah ilmu bahasa inggris, hihihihi... Tapi gagal karena malah diajak jalan jalanπŸ˜‚

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat jaman kuliah dulu. Liburan adalah waktunya perbanyak.pundi-pundi. Terus jalan-jalannya pas ada seminar di kampus lain. Jadi dapatnya banyak. Dapat sertifikat, dapat teman, dapat main, dan gretongan, hehehe. Alhamdulillah, bersyukur dulu tidak sia-siakan waktu cuman buat main.

    ReplyDelete
  6. Banyak cara isi liburan. Liburan wkt kuliah untuk jalan2. Menghilangkan jenuh. Krn kuliah sambil ksh les privat. Kl libur bersamaan kuliah dan sekolah murid les, jalan2 deh

    ReplyDelete
  7. Saya dulu liburan selalu magang ... Di toko ayah sendiri hehe ...

    ReplyDelete
  8. Waktu masih mahasiswa saya tidak pernah liburan hiks. Sibuk cari duit hahaha.. Konsekwensinya kuliah sambil kerja (mengajar). Saat murid saya libur, eh tugas kuliah menumpuk dan sebaliknya. yaa gitu de..

    ReplyDelete
  9. Saya liburan, puas puasin kerja mbak, nyari duit, buat tambahan haha...

    ReplyDelete
  10. Dr dulu kalo libur milihnya ya jalan2, hee... tapi betul banget selagi muda ada baiknya tambah pengalaman dgn magang atau part timer, gak ada ruginya dehn

    ReplyDelete
  11. Wah harusnya pas kuliah aku baca tipsnya mba Dian..biar makin banyak pengalaman dan punya uang jajan sendiri 😊

    ReplyDelete
  12. Aku dulu kalau libur kuliah enggak pulang ke lampung kesempatan buat jalan ke propinsi lain di Jawa.

    ReplyDelete
  13. Zaman dulu kalo libur semester pulang deh...ke Jakarta. Zaman skrng malah sering lihat anak² ngabring jalan bareng wisata bahkan ke LN.
    Jadi iri...dulu saya mana boleh...hehe...

    ReplyDelete
  14. Aku dulu juga selalu jadi part timer, arubaito istilahnya. Selain itu aku emang ada kegiatan di EO sama temen2 jadi ya nggak pernah libur. Tipsnya applicable bgt ini Mbak

    ReplyDelete
  15. Kerja saat kuliah paling asyik karena gak mikirin gajinya seberapa, yang penting ngumpulin pengalaman dan buat jajan. Trus, nambah temen baru deh

    ReplyDelete
  16. Saya banget ini pas liburan kuliah kerja part time. Haha

    ReplyDelete
  17. Jd ingat jaman kuliahan...klu pas liburan tetep ke kampus karena kegiatan di rekrorat banyak. Apalgi klu pas kunjungan rektor ke lokasi-lokasi KKN, bertugas meliput smbil jalan-jalan..hihi...dpt pengalaman dpt spj pulak...πŸ˜€

    ReplyDelete
  18. Apalah saya yang mahasiswa kismin ini, liburan ya pulang kampung, bantu orang tua jualan. Ga ada acara jalan-jalan.

    ReplyDelete
  19. Tips mengisi liburan yang bermutu tinggi, nih. Pergi berlibur memang perlu. Tapi nggak full selama masa liburan kali, yaaa. Apalagi namanya mahasiswa saat lulus sebagian besar pengennya berkarir. Magang ini jadi momen latihan, mengasah mental sebelum berhadapan dengan dunia kerja yang sesungguhnya dengan status karyawan. Inspiratif, Mbak Dian!

    ReplyDelete