10 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Paris



"A good day in Paris is still better than a good day anywhere else"


Paris….is always a good idea!


Paris, salah satu destinasi utama wisata dunia yang dikunjungi jutaan manusia dari penjuru bumi. Terkenal akan kecantikan arsitektur bangunan, keromantisan budaya, keindahan tempat bersejarah, keramahan warga, fashion dan kuliner yang juara dan tempat iconic yang unik dan menarik. Semua alasan yang membuat saya dan suami memutuskan memilih kota ini untuk dikunjungi. Yang merupakan kota ketiga yang kami kunjungi dalam petualangan Eropa setelah Madrid dan Barcelona, seusai 2 tahun dinas suami berakhir di Aljazair.

Tak cukup sehari dua, kami memutuskan selama 4 hari mengunjunginya. Tapi itu ternyata tetap kurang pemirsaaah…Karena masih ada beberapa destinasi yang ternyata tak terjabani. Meski, tempat yang wajib dikunjungi telah sukses kami eksekusi!

Alhamdulillah...

Nah, mana sajakah ke 10 tempat yang wajib dikunjungi di Paris tersebut? Ini dia......:

1. Menara Eiffel


Menara Eiffel 

Jutaan orang telah mengunjungi menara setinggi 312 meter (324 jika ditambah antenanya) yang dinamai sesuai nama perancangnya Gustave Eiffel ini. Dan untuk menuju puncak menara yang juga merupakan salah satu struktur terkenal di dunia sejak pembangunannya pada tahun 1889 ini, ada dua pilihan, naik tangga atau lift yang tersedia. Keduanya berbayar dengan nominal berbeda.


di puncak Menara Eiffel
Kalau teman-teman memang berniat menuju puncak, sebaiknya datang pagi-pagi karena kalau tidak antrian akan panjaaaang sekali! Jika punya tenaga ekstra dan merasa aman dengan ketinggian, silakan pilih 704 anak tangga untuk dinaiki. Tapi, kalau mau simpan tenaga untuk ke obyek lainnya, lebih baik pilih naik lift saja seperti saya...😁

kota Paris dari puncak Menara Eiffel

Oh ya, kita bisa menikmati pemandangan cantik kota Paris dari lantai 1, 2 dan puncak menara. Spektakuler viewnya! Di masing-masing lantai juga ada restoran dan souvenir shop tempat kita rehat atau belanja singkat.

Main duluuu...
Atau enggak berniat naik ke puncak dan hanya sekedar pepotoan di tamannya pun boleh saja. Ada playground juga tempat duduk-duduk di sekitar menara untuk menikmati suasana indahnya. Tepatnya di Champ de Mars, sebuah ruang terbuka yang terletak di antara Menara Eiffel di barat laut dan École Militaire di tenggara.

Tempat ini dinamai dari Campus Martius ("Lapangan Mars") di Roma, yang mengacu kepada dewa perang Romawi. Juga pernah digunakan untuk latihan dan baris berbaris militer Perancis di jamannya.


Mur de la Paix - Wall for Peace at Champ de Mars (ditutup karena ada vandalisme)


Juga, saat malam tiba, kita bisa menikmati menara yang akan diselimuti cahaya lampu yang berpijar, berkelap-kelip warnanya menyinari kota Paris dengan cantiknya...

2. Museum Louvre






Dalam bahasa Perancis disebut Louvre Musee, salah satu museum terbesar dan museum seni yang paling banyak dikunjungi di dunia. Mengoleksi hampir 400 ribu lebih karya seni yang dibagi ke beberapa kurasi. 


Museum Louvre

Jadi, kaki musti siap sekali untuk mengelilingi seluruh area ini juga sebelumnya berdiri antri di screening gate selama satu jam lebih. Sehingga sebaiknya datang pagi-pagi dan jangan di hari Selasa, karena tiap Selasa tutup museumnya.




Oh ya, untuk anak berusia di bawah 18 tahun bebas tiket masuk, maka tak heran museum penuh dengan anak sekolah yang study tour. Ramai banget! Beberapa tempat bahkan padat merayap, misalnya di area dipamerkannya lukisan karya Leonardo da Vinci, Monalisa.


Monalisa, karya seni yang paling banyak dikunjungi, ditulis, dinyanyikan & diparodikan di dunia

Pokoknya seharian saja kalau diniatkan mungkin belum cukup menikmati berbagai karya seni yang dipajang di Museum Louvre ini. Saking banyaknya pemirsaaaa!

3. Arc de Triomphe de l'Etoile




Gapura Kemenangan berupa monumen berbentuk Pelengkung yang berdiri di tengah area Place de l'Étoile, di ujung barat wilayah Champs-Élysées. Bangunan ini dibangun atas perintah Napoleon Bonaparte dengan tujuan untuk menghormati jasa tentara kebesarannya dalam Revolusi Perancis.




Tinggi monumen 50 meter dengan dinding yang bertuliskan nama para pahlawan. Untuk mencapai puncak monumen tersedia tangga yang bisa dinaiki untuk menikmati pemandangan kota Paris.

di depan Eternal Flame

Oh ya, di dasar monumen ada makam pahlawan tak dikenal yang dikenang dengan meletakkan Eternal Flame di atasnya.


pemandangan Paris dari puncak Arc de Triomphe l'Etoile


4. Chateau de Versailles


di halaman depan Istana Versailles

Berada sekitar 41 km dari Paris dan dapat ditempuh dengan kereta antar kota, RER. Merupakan istana King Louis XVI, raja terakhir sebelum Revolusi Perancis dan permaisurinya, Marie-Anotinette.




Area istana seluas 800 ha dengan beberapa bangunan, 200 ribu pohon dan 50 fountain sehingga disebut sebagai kompleks istana terbesar di dunia.



Sayangnya saat saya ke sana bagian dalam istana sedang direnovasi sehingga ditutup sementara. Tapi tak perlu kecewa karena bagian luar dan taman istana sungguh indah dan luasnyaaa....bikin sehari saja enggak bisa kelar mengelilinginya.



5. National Pantheon


Dulunya adalah sebuah gereja lalu difungsikan sebagai makam National Heroes sesuai dengan motto yang tertulis di depan bangunan: "To Great Men, the Grateful Homeland"

kubah National Pantheon


Yang dimakamkan di sini diantaranya: Braille, Pierre & Marie Curie dan lainnya. 

Selain makam di dalam bangunan juga ada Foucalt Pendulum yang terus bergerak sendiri sesuai rotasi bumi.


di depan bola emas Foucalt Pendulum


6. Avenue des Champs Elysees


Ini disebut sebagai the world most beautiful avenue...surganya bagi penyuka wisata belanja khususnya barang-barang branded.

Jalanan sepanjang 2 km dengan lebar 70 meter ini dilengkapi dengan luxury shops, theatre, cafes, restaurant...semua merk ternama dunia ada.


Jadi berjalan di trotoarnya saja melihat dari sisi luar sudah bisa ngira harga tas Hermes, Louis Vitton, Cartier atau yang lainnya yang terlihat dari etalase tokonya.

(Mau belanja?) 

Enggak usah lah, cuci mata saja saya....khawatir Syahrini ada saingan nanti hihihi...


di salah satu sudut Avenue des Champs Elysees

7. Notre Dame de Paris


Katedral dengan gothic style yang berdiri sejak tahun 1345 yang namanya diartikan dalam bahasa Indonesia "Bunda Kita di Paris" atau gereja di Paris yang dipersembahkan pada Bunda Maria.

Selain sebagai tujuan wisata, gereja ini juga masih digunakan untuk tempat misa dan Uskup Agung Paris. 


Merupakan monumen yang paling banyak dikunjungi orang di Paris, maka tak heran pengunjung di sini juga ramai sekali.

Oh ya di bagian luarnya, ada deretan pedagang kaki lima yang berjualan souvenir Paris...Harganya miring, jadi di sini bisa jadi alternatif tempat untuk belanja-belanji.


8. Sacre Coeur


Bangunan yang  terletak di puncak bukit Montmartre, titik tertinggi di kota paris. Sacré-Cœur merupakan monumen politik dan budaya yang didirikan sebagai penitensi untuk kekalahan Perancis dalam Perang Perancis-Prusia tahun 1870 dan meletusnya pemberontakan Komune Paris 1871 serta sebagai lambang moral konservatif.

Paris dari atas Sacre Coeur

Karena letaknya yang tinggi, dari sini kita bisa menikmati pemandangan kota Paris juga area sekitar yang sejuk dan tertata cantik.



di depan Sacre Coeur

8. Place de la Concorde


Alun-alun kota Paris yang didesain oleh Ange-Jacques Gabriel pada tahun 1755 dan berbentuk oktagon yang dikelilingi oleh parit antara Champs-Élysées di barat dan Tuileries Gardens di timur.



Luxor Obelisk, 32 meter, di tengah-tengah Place de la Concorde


9. Bastille


Sebuah alun-alun yang memuat bekas lokasi Bastille, Place de la Bastille, kastil ini dibangun sekitar tahun 1370 sebagai bagian dari perlindungan atas Paris.



Di sekitarnya bisa kita kunjungi dalam walking distance, sebuah tempat pertunjukan opera yakni Palais Garnier. Bangunan di Paris yang berfungsi sebagai gedung pertunjukkan opera yang didesain oleh Baron Haussmann pada tahun 1858 dan dibangun oleh Charles Garnier tahun 1861


di depan Palais Garnier


Selain itu juga ada La Madeleine yang mana Napoleon Bonaparte menjadikan bangunan gereja ini sebagai monumen kejayaan pasukannya. Gereja ini juga menjadi lokasi favorit pasangan untuk menikah di tempat yang unik. 

Sayangnya saya tidak bisa memasuki area dalamnya karena sedang tutup untuk renovasi.



10. Jardin des Tuileries


Jardin des Tuileries atau Tuileries Garden adalah taman yang terletak di antara Louvre dan Place de la Concorde. Karya dari Catherine de 'Medici ini dinamai sebagai taman Istana Tuileries pada 1564, akhirnya dibuka untuk umum pada 1667 dan menjadi taman umum setelah Revolusi Perancis.

Di sini...asli orang tumplek blek dengan berbagai kegiatan. Ada komunitas yoga sedang berlatih bersama, taman bermain anak, ada yang jogging, duduk-duduk di kursi taman, ada yang asyik baca...juga para wisatawan, seperti saya yang terkagum-kagum dengan luasnya taman dan kegiatan warganya.


 Arc de triomphe du Carrousel


main dulu yuks!


Tips Pelengkap


Nah...itulah 10 tempat yang wajib dikunjungi di Paris yang bisa jadi rekomendasi jika teman-teman berencana ke sana.

Oh ya, beberapa tips untuk melengkapinya;
  • Perhatikan jam operasional tempat tujuan dan periksa apakah sedang dibuka/ditutup untuk kunjungan wisatawan
  • Siapkan fisik karena Paris asyik dijalani dengan walking tour. Kiri kanan depan belakang tempatnya syantiik, unik dan menarik.... sehingga sayang kalau dilewatkan
  • Siapkan kostum sesuai dengan musimnya. Saya datang di bulan September yang seharusnya masih permulaan musim gugur. Tapi ternyata pemirsaaah...sudah duingin. Nyesel enggak bawa coat jadinya. Jadilah kami bertahan dengan jaket yang ada karena #emakirit enggak mau keluar duit buat beli coat lagi karena di rumah sudah punya.🙈
  • Abaikan peminta-minta yang banyak ada di taman atau tempat wisata. Apalagi jika dilihat kita memakai identitas Muslim pasti akan diserbu nantinya.
  • Hati-hati dengan barang bawaan 
  • Rencanakan jauh-jauh hari. Dengan demikian harga tiket pesawat, hotel dan lainnya bisa lebih dihemat. 

Dan, akhirnya, mengutip dari Thomas Jefferson yang berkata “A walk about Paris will provide lessons in history, beauty, and in the point of Life.” saya pun bersyukur bisa menginjakkan kaki di sana. Alhamdulillah!

Semoga teman-teman satu saat nanti bisa mengunjunginya juga yaaa....

Oh ya, diantara semua, teman-teman paling penasaran sama yang mana?😍



Je T'aime,

Dian Restu Agustina

106 comments:

  1. Masya Alloh keren ya mom, seharian berwisata juga gak bakal cukup waktunya, ternyata banyak tempat yang indah dan wajib dikunjungi, semoga tahun 2019 bisa berwisata ke Paris juga, aamiin.

    ReplyDelete
  2. Woww Paris... mupeng banget untuk bisa kesana. Baca tulisan ini saja sudah seneng apalagi kalau bisa kesana beneran yaa...
    Itu yg nomer 3 bentuk bangunannya kayak mirip yang di Kediri (Monumen Simpang Lima Gumul) hihihi... Kota Kediri menduplikasi bangunan di Paris nih kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Monumen SLG ikut-ikutan..entah untuk mengenang siapa ya..hehe

      Delete
  3. Mupeng nih mbak Dian, pengen juga nih ke Paris. Nabung2 dulu deh buat bisa ke Paris

    ReplyDelete
  4. Saya tahu beberapa obyek tadi dari Film. tapi yang kelihatan banget itu dalamnya museum. kalau di Film kelihatan gelap, suram gitu. entah karena malam atau efek film saja. tapi pas lihat foto tadi kelihatan terang besar dan menarik

    ReplyDelete
  5. Serunya mba jln2nyaa.. Ak kpn bs ke paris ya. Jujur nih cm 3 bijik obyek diatas yg ak tau. N yg lengket cm menara eiffel. Yg lain liat2 d TV aj. Hihi

    ReplyDelete
  6. suami pas msh tinggal di jerman, puas bolak balik paris :D. giliran aku pas ke eropa dulu, paris malah gagal didatangi. pengen sih sbnrnya, tapi selain tempat2 di atas, ada 1 tempat bersejarah di paris yg harus banget aku datangin mba.Catacombes de Paris. ini penjara bawah tanah termasuk tempat pemakaman. suasananya horor, malah bbrp tengkorak dibiarin di tumpuk gitu. tempat2 yg begini nih, yg aku suka banget :D. naikin adrenalin soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, pengin juga kemarin ke sana, ternyata waktu enggak cukup hiks

      Delete
  7. Wah senangnya bisa liburan di paris. Banyak spot kece ya mba

    ReplyDelete
  8. PARIS, oh my God aku yo kepengin banget. Semoga suatu saat dimampukan ke sana. Kalau dulu aku mupeng banget karena segala hal romantis di kota ini. Kalau sekrang beda, ya karena ingin melihat budaya dan cara berinteraksi mereka saja. Rasane nek ngrungokne mereka ngomong kyk ngrungokne Legolas ngomong dalam bahasa peri, wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwkwwk..ho oh, ngomong kok ditahan suaranya, bindeng gimana gitu yaaa

      Delete
  9. Empat hari masih kurang yah. Wow...2 minggu kali yah baru puas. Enak yah kalau atur sendiri perjalanan, jadi engga buru². Cek ah Pegi-pegi...

    ReplyDelete
  10. Saya penasaran semuanya. Semoga ada rejekinya untuk bisa travelling ke sana sama keluarga.

    ReplyDelete
  11. Barokallah terimakasih infonya, semoga ada rezeki saya ke sana yaa

    ReplyDelete
  12. Wah kalau kesana harus lama ya mbak Dian, keren keren tempat kunjungannya... Paling salut sama museum yang dibuat free tiket dibawah 18 tahun bisa buat study tour dan rame ya..

    ReplyDelete
  13. Wah... kalau 4 hari, itu bisa ke banyak tempat, Mbak. Tapi iya, kayaknya kalau mau menjelajah Paris, butuh seminggu kali ya. Saya dan teman saya dulu di dalam Louvre 6 jam saja rasanya kurang banget. Itu masih ada separuh lantai yang dilewatkan lho. Itu baru satu bangunan, hahaha...

    ReplyDelete
  14. Wahhhh mba Dian liburannya seru dan menyenangkannnn sekali ��. Aduhhh kapan ya aku bisa ke sana bareng keluarga kecil pasti seneng banget. Semoga suatu hari nanti bisa berkesempatan buat jalan-jalan ke sana juga ya. Aaaminnn ��

    ReplyDelete
  15. Ya ampun mupeng mbak, arsitektur bangunannya bagus-bagus banget. Ternyata naik menara eiffel bisa naik tangga juga ya, nggak kebayang naik 704 anak tangga, sampe atas langsung gempor ����

    ReplyDelete
  16. Mbak, itu monumen kemenangan mirip ama yang di Kediri yak, hahaha.
    Terus gedung dengan pilar-pilar yang banyak itu ada tuh di Surabaya, namanya Empire Palace hahaha

    Keren banget ya bangunan-bangunannya, sampai ditiru di mana-mana.
    Paris emang negara sejuta seni.
    Jadi mupeng ih, semoga di mampukan Allah ke sana, bersama Pegi-pegi, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...monumen SLG
      Oh ya di Surabaya mirip juga ya hahah

      Aamiin

      Delete
  17. Paris salah satu kota impianku yang pengen kukunjungi. Inshallah jika ada rejeki ingin menjejakkan kaki disana.
    Benerkah suasana disana sangat romantis ? Cocok pergi berdua sama suami nih.
    Kalo kulineran yang enak disana apa mba ? Enak dan halal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku banyakan bikin Mbak, sandwich, telor, dll..kalau enggak pilih menu ikan atau sayuran kalau beli makanan

      Delete
  18. Aku tertarik ke semuanya..tapi kapan yah ke parisnya? Mudah2an dapet rejeki nomplok aamiin

    ReplyDelete
  19. Mba Dian keren banget nih sudah sampai di Paris. Paris nih bener bener salah satu tujuan wisata yang menrut aku wajib banget aku kunjungi entah kapan. Kayaknya juga akan gunakan pegi pegi nih jadi pilihan terbaik :)

    ReplyDelete
  20. Kalau aku cuma pengen ke menara eifell aja. Tapi sayang sekali sampai sekarang belum kesampaian juga. Aku belum pernah pakai pegipegi juga untuk booking hotel.

    ReplyDelete
  21. Wow, Pariiis! Maulah ke sana, tapiii dalam rangka apa kalau saya ke sana, yak? :-D
    Ya, pokoknya mau mimpi dulu lah. Aamiin...
    Kalau misal ke sana, mau megang lukisan Monalisa, mau naik ke Eiffel, dan Arc de Triomphe. Tapi, semua yg disebut Mbak Dian di sini bagus dan keren.
    Btw, Semoga Paris segera Keren spt biasa, pasca demo yg kemarin itu. Kabarnya wisatawan jadi berkurang drastis.

    Oia, sama maunya sih keliling Paris van Java dulu. Trus pepotoan di depan Arc de Triomphe-nya Kediri, hihi. Ini yg paling realistis :-)

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daku penasaran sama museum Louvre, karena banyak membaca novel atau film yang setting-nya di sana, semoga suatu saat bisa kesampean ke sana, aamiin

      Delete
  23. selalu senang lihat bangunan bergaya vintage gitu..hope one day could be here

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Wow..jadi mupeng. Semoga bisa kesampaian pergi ke sana 😊. Tulisan mba Dian lengkap dan bisa jadi referensi kalo suatu hari ada rezeki numplek untuk pergi ke sana 😉. Thanks for sharing mba Dian 😊

    ReplyDelete
  26. Aamiin. Banyak juga ya mba, ternyata... Soalnya biasanya yang paling sering jadi icon nya Paris menara eifel. Kebanyakan bangunan ya mba, tempat2 wisatanya... Klo yang model wisata alam..ada ga mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada , beberapa taman juga sungai - Seine River. Tapi lebih utama memang karya seninya

      Delete
  27. Betulan cantik-cantiiik banget tempatnya. Semoga suatu hari kami bisa wisata ke Paris��

    ReplyDelete
  28. Menara Eiffel sih pastinya...hihihi

    ReplyDelete
  29. Masya Allah alhamdulillah ya sudah pernah menginjakkan kaki di Paris. Tempatnya legendaris semua karena sering masuk ke dalam film terkenal.

    ReplyDelete
  30. ya Allah ijinkan kami suatu hari bisa pergi kesana.. aamiin ya rabb.
    pingin aku kunjungi semua mbak

    ReplyDelete
  31. saya penasaran sama ke 10 tempat yang mba dian share di atas hehe..belom pernah kesana soalnya..btw nice quotes "A good day in Paris is still better than a good day anywhere else". Paris memang jadi negara impian banyak orang ya mba Dian :)

    ReplyDelete
  32. jadi keinget film paris in love ini :D

    ReplyDelete
  33. wah banyak banget ya tempat yang bisa dikunjungi di Paris. Beberapa saya sudah sangat familiar tapi ada juga yang baru tahu. Tapi baca ini saya malah keingat sama novel Da Vinci Code sama 99 Cahaya di Langit Eropa. Heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya..latar belakang filmnya banyakan di sini ya..saya suka da vinci code tuh

      Delete
  34. Paris bikin mupeng. Bentuk bangunannya yang khas Eropa selalu menarik. Buat foto-foto aja udah senang deh. Kudu nabung nih.

    ReplyDelete
  35. Museum Louvre itu selalu bikin penasaran. Yang selalu kebayang adalah setiap adegan di Da Vinci Code. Mupeng banget pengen ke sana. Semoga Allah kasih jalan.. amiinn..

    ReplyDelete
  36. Foto-fotonya cantik. Saya jadi tahu kayak apa saja suasananya. Indah panorama langitnya, mski mengancam dengan gemulung awan kelabu.
    Saya pengen banget mengunjugi Louvre, Kala remaja pernah baca artikelnya di majalah "Intisari" lawas. Penasaran dengan karya seninya. Dan bangunan piramidanya yang unik seeta konon ada tujuan tertentu.

    ReplyDelete
  37. Mba dian, aku dulu sempet kuliah sastra prancis jadi pas papaku ada kongres di vienna diajak ikutan mampir ke Paris juga hihi Alhamdulillah. Dari 10 tempat wisatanya aku cuma sempet ke Eiffel, Muse du Louvre, Arc de Triomphe, Champ Elyses, Notre dame de Paris, itupun cuma foto foto di depan bangunannya doank. Hehee saking mepetnya waktu. Tadinya mau ke Chateau de Versailles tapi ga sempet. Hiks. Btw aku baru ngeh pegi pegi.com bisa booking hotel nyampe Paris tooh hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lain kali ke sana lagi semoga bisa masuk ke museumnya juga ya Mbak

      Delete
  38. Uhhuyyy asik nih jalan-jalan ke Paris... Kapan ya aku bisa melancong ke sana. Save list deh tempat kunjungannya di Paris.

    ReplyDelete
  39. Seruuu banget mbak ajak anak anak ke Paris. Sampai masuk Museum Lourve. Aku dulu cuman 2 hari 1 malam aja jadi ga sempet keliling banyak. Paris gede juga yaaa hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak gede, tempat kerennya yang banyak, berbagai sdut ada hihi

      Delete
  40. ngiri ah liatnay kotanya klasik gitu bangunannya keren gila
    paling suka liat La Madeleine klasik gila

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa keren bingits..sayang enggak bisa masuk, lagi renov

      Delete
  41. Wih, ternyata sampeyan bermukin di Al jazair. Dulu banget pingin ke Al jazair karena "sesuatu" hahaha sekarang sudah nggak. Tapi kalau untuk paris, masih pingin banget kesini. Semoga rezeki lancar bisa penekan ke menara Effil juga. hihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak tinggal di sana, Mbak.
      Suami kerja di sana 2 tahun, aku dan anak-anak di Jakarta, terus pas kelar baru kita ketemu di Madrid. Karena Aljazair rawan dikunjungi. Jadi ke Eropa saja jalan-jalannya.

      Delete
  42. Aku baru ngeh, anaknya mbak Dian cowok semua kayak aku. Wahh Paris emang identik dengan menara yang kayaknya penuh sisi romantis (saking banyaknya cerita seputar asmara di situ ya) wewh 704 anak tangga. Ohh Noooo keburu gempor pasti kaki ya. Tapi kalaupun ga berniat naik juga, mau foto-fotoan pun oke banget tuh sepertinya. Btw tempat yang lainnya juga instagramable, cuma bisa ikutan seneng nih baca kisahnya saat di Paris bareng keluarga xixi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tosss...kita paling syantiiik di rumah kan ya?
      Iya Mbak...poto-poto juga dah oke bangets

      Delete
  43. Masya Allah mupeng liatnya, semoga ada rezekinya sekeluarga ke sana. Btw, kenapa yg identitas muslim lbh diincar oleh peminta2 ya?

    ReplyDelete
  44. wiiih paris, salah satu kota yang pengen banget aku kunjungi, semoga kesampean <3

    ReplyDelete
  45. wow bagus banget mbak. reviewnya lengkap juga, makasih ya...

    ReplyDelete
  46. Haduuuuh aku mupeng berat baca artikel ini. Tempatnya artistik banget semua
    Paris itu tiap sudutnya tampak cantik ya.

    Semoga suatu hari aku bisa sampai ke sana

    ReplyDelete
  47. Paris seindah itu yaaa 😍😍 semua sudut wajib diabadikan di dalam ingatan sih ini.
    Suka deh kalau museum free untuk anak di bawah 18 tahun. Jadi mereka kalau cari ilmu gak terbentur biaya2 :)

    ReplyDelete
  48. Ya ampuuun Paris. Aku tuh sepulang dari kota ini, tiap membaca dan melihat foto-foto tentang Paris jadi selau berdebar-debar dadanya. Soalnya baru sekali ke sana, rasanya belum puas. Belum lagi pengalaman indah bersama keluarga saat di sana. Duh entah kapan bisa balik lagi. Mahal sih ke sononya :)

    ReplyDelete
  49. Paris emang ngangenin ya mbak. Aku di sana 5 hari tapi belum puas juga. Setiap sudutnya cantik banget.
    Kalau boleh nmbahin tip dikit, biar ga terlalu ngantri pas ke louvre, masuknya jangan dari piramdia kaca itu, tapi dari Carousel du Louvre, mal di sampingnya. Biasanya ga ngantri di sana.

    ReplyDelete
  50. Masya Allah serunyaaaa.

    Eih beneran banyak peminta-minta ya di sana.

    Aku suka foto Eiffel dari Campus Martius. Unik. Jadinya cantik.

    ReplyDelete
  51. setiap kali lihat menara eiffel: 'eh, kayaknya belum pengen deh ke paris.'
    Setiap kali lihat museum louvre :'ih, pengen bangett ke paris."
    Karena paris gak cuma eiffel, semoga bisa ke paris suatu hari nanti

    ReplyDelete
  52. Aduh ini komennya panjang banget. Udah lelah duluan ini nyekrol terus sebelum ngetik komentar hehehe...

    Senang ya bisa jalan-jalan sama keluarga. Ada kenangan indah dan kebersamaan di sana

    ReplyDelete
  53. Serunya yang sekeluarga ke Paris. Saya paling penasaran dengan Eiffel. Kelihatannya cantik sekali. Semoga suatu saat bisa liburan ke Paris juga. Amiiin..

    ReplyDelete
  54. Ahahaha kyke ra kuat aku mbak naik 700an tangga naik lift aja deh, meski ngantri "bentar". Seru ke Paris, walau katanya gak cuman indah2 aja di sana, copet banyak, dan bbrp toilet umum jorok (kata temen) xixii. Tapi tetep Paris itu punay daya magnet, krn romansanya :D

    ReplyDelete
  55. Mau banget ke Museum Louvre, karena penasaran kalau baca novelnya ada yang mengisahkan tentang museum bersejarah itu

    ReplyDelete
  56. mashaallah kerennya, aamin semoga saja setelah membaca cerita suatu saat bisa ngerasain juga

    ReplyDelete
  57. Yang paling saya suka dari semua foto-foto ini adalah bangungan di sana banyak yang klasik, tetapi kelihatan masih bagus dan berfungsi. Suka banget kalau lihat bangunan klasik yang terawat

    ReplyDelete
  58. Paris adalah kota impiann setiap pasangan. Minimal bisa berpose di bawah menara eifel, sudah senang setengah mati. Apalagi kalau bisa keliling begini. Ah impian...kapan ya bisa ke sanaaa?

    ReplyDelete
  59. Penasaran sama Foucalt Pendulum, dulu itu bikinnya gimana coba bisa canggih ya. Berarti klo rotasi berhenti, pendulumnya ikut berhenti. Hiii

    ReplyDelete
  60. Paris menjadi negara yang pengen aku kunjungi juga. Cakep banget ya mba tempatnya. Parti seru kalau bareng keluarga. Kalau 4 hari ga cukup, berarti harus semingguan lebih ya disana.

    ReplyDelete
  61. Ngelihat gambar-gambar bangunan Kota Paris itu memang unik gitu. Kayaknya dimana mana bisa (mungkin) jadi tempat instagramable. Bagaimana bentuk masjid terkenal di Kota Paris?Kalau disana susah ngga sih cari mushola?

    ReplyDelete
  62. Mba Dian,aku cuma tau eiffel doang di Paris. Ternyata banyak tempat lainnya yg bagus yaa. Suka sma arsitekur bangunanya kelihatan kokoh2 ya dan historable.

    ReplyDelete
  63. sejak dulu saat remaja nonton film eifel im in love jadi kepingin banget kesini, duh ampun aku kagum sama bangunanya.

    ReplyDelete