Pilih Mana, Blogger Full Time atau Part Time?





Hai..hai...

Tahu enggak, sejatinya, sejak memutuskan serius ngeblog pada November 2016, saya masih dilema. Kadang masih tergoda untuk kirim karya ke media, ikutan antologi, jejualan camilan (saya pernah jualan peyek bikinan sendiri) dan jejualan online (saya pernah jadi reseller).

Ya, kala itu saya ngeblog hanya di sela waktu saja. Di mana kesemuanya bikin saya enggak fokus jadinya. Memang banyak orang bisa mengerjakan sekaligus. Tapi sepertinya saya bukan yang tipe itu, karena kalau banyak hal rasanya pencapaian kok jadi enggak optimal!

Akhirnya, beberapa waktu lalu saya memutuskan untuk fokus ngeblog saja. Dan full time blogger akhirnya jadi pilihan saya.

Dan yang saya lakukan ketika memilih menjadi Full Time Blogger adalah:
  • Konsisten
Saya konsisten update blog 2-3/minggu dengan tema nano-nano sesuai niche blog saya yang lifestyle. Bahkan beberapa waktu terakhir karena mengikuti #BPN30DayChallenge saya jadi nulis tiap hari. Semoga saja bisa terus begini, sehingga traffic blog akan stabil nanti. Aamiin! Semangaaat!
  • Optimasi Media Sosial
Menjadi full time blogger perlu dukungan keaktifan di media sosial karena ini akan terkait satu sama lain. Maka, saya yang sebelumnya hanya Facebook-an, akhirnya berusaha aktif juga di Instagram dan Twitter (tinggal Youtube yang masih PR..hiks) Efeknya, saya enggak cuma jadi blogger tapi juga nyemplung jadi influencer dan buzzer. Alhamdulillah!
  • Aktif di Komunitas
Dulu saya hanya aktif di grup komunitas blogger seperlunya saja. Banyakan silent reader. Tapi, sejak jadi full time blogger saya berusaha lebih aktif. Diantaranya dengan rutin ikut Blog Walking dan Social Media Walking, sehingga ada interaksi dengan sesama teman blogger.
  • Ikut Event Blogger
Sejak memilih untuk full ngeblog, saya sesekali mendaftar jika ada info event blogger. Jika ternyata masuk kualifikasi dan diundang saya datang dan berusaha menyelesaikan kewajiban sesuai permintaan. Kadangkala, saya juga diundang langsung oleh penyelenggaranya atau koordinator acara. Kalau ternyata saya bisa di waktu tersebut, saya terima undangannya. Pokoknya asal lokasinya terjangkau dari tempat tinggal saya dan enggak ada acara keluarga, ya saya bisa...
  • Monetize Blog
Saya menjadikan blog berpenghasilan. Tapi bedanya, jika monetize identik dengan iklan, maka blog saya hanya saya buka untuk blog placement atau sponsored post saja. Saya enggak ikutan adsense dan semacamnya. 


Nah, itulah 5 hal yang saya lakukan ketika menjadi full time blogger. Tapi sebenarnya apa keuntungan melakoni blogging secara full time ini?

Berikut diantara keuntungannya:
  • Jadi Ahli dari Hari ke Hari
Makin rajin ngeblog, makin banyak yang ditulis, jadi tambah banyak ilmu yang dimiliki.
  • You are the boss
Kita yang menentukan sendiri mau kerjaan ini atau itu, pengin datang ke sini atau ke situ dan kapan mau mulai serta selesai.
  • Tambah Penghasilan
Jika ditekuni dan sabar dijalani blog bisa menghasilkan pundi-pundi.
  • Networking
Full time blogging membuat kita jadi terhubung dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia sehingga terbuka peluang dari mana saja.
  • Mengasah Kemampuan Menulis
Dengan menjadi full time blogger, maka kita jadi konsisten menulis sehingga kemampuan kita makin terasah dari waktu ke waktu
  • Menjaga Ingatan
Rutin nulis, bikin ingatan kita terjaga, sehingga kepikunan tak datang segera.
  • On the List
Blogging penuh waktu membuat kita punya jadwal kapan posting dan kapan blogwalking, dan seterusnya.


Tapi selain keuntungan, full time blogger juga punya kerugian, yakni:
  • Kerja Sendiri
Full time blogger berarti kerja sendiri bukan tim seperti di sebuah organisasi. Jadi riset, nulis sampai solusi dicari sendiri...
  • Income Fluktuatif
Fokus di blog menjadikan pendapatan fluktuatif. Jika sebelumnya ada pos pendapatan lain, akhirnya tinggal dari blog saja satu-satunya. 
  • Kalau ada apa-apa ya enggak bisa kerja
Misalnya anak saya beberapa hari ini sakit dan harus dirawat inap. Jadilah saya melepas satu dua job, karena enggak bisa mengerjakannya. Demikian juga jika misalnya saya sedang sakit.


Nah, apapun pilihan teman-teman yang penting bahagiaaaa ya..

Jadi, dirimu pilih part time blogger atau full time blogger?😍


#Day22
#BPN30DayChallenge2018



Happy Blogging,


Dian Restu Agustina
















12 comments:

  1. kalo saya sebenernya sih part time karana banyak kerjaan juga, jadi gak bisa ngurusin blog terus terusan :)

    ReplyDelete
  2. Saya selalu ingin jadi full-time blogger, tapi masih ragu² dengan pendapatan yang fluktuatif. Masih keenakan jadi pegawai, nih.

    ReplyDelete
  3. Keren. Saya maunya full time. Tapi belum sampai yang begitu ituu.. Masih cita-cita. Doain ya mbaak..

    ReplyDelete
  4. Skrng saya sih part time blogger, krn msh ASN. Ya persiapan untuk pensiun nih. Sambil jalan mempertajam niche blog, krn msh gado²...

    ReplyDelete
  5. Saya pun lagi belajar untuk bisa konsisten menulis semenjak memutuskan resign dari kerjaan.

    ReplyDelete
  6. Bingung. Saya ini apa, ya? Masih berupaya rajin nulis untuk dikirim ke media agar beroleh honor pemuatan jika lolos tayang. Berupaya juga rajin isi blog dan ingin serius jadi narablog meski belum beroleh job review.
    Jadi ibu rumah tangga satu anak yang masih kecil ada keuntungannya, bisa menulis soal parenting, hi hi.
    Kalau part time mah berkesan kurang serius namun barangkali inilah saya sekarang karena blog belum menghasilkan. Sedang berupaya membangun ulang.

    ReplyDelete
  7. Pingin seperti Mb Dian
    Simple, komsisten, and to the goal.
    Sukaa gaya menulis Mb Dian.

    ReplyDelete
  8. Pengen fulltime tapi blm bisa fokus, ada aja ngurus inu ngurus itu. Keren deh mb Dian, blogger favo nih...hehe

    ReplyDelete
  9. Pada dasarnya sih saya suka nulis, buku iya, blog iya, jadi sepertinya part time sih profesi blogerku ini, hihii...

    ReplyDelete
  10. Aku pikir blogger itu freelance job. Ternyata bs jadi fulltime job juga ya mba.

    ReplyDelete
  11. Pingin full time, tapi di sisi lain masih berat ninggalin kerjaan lain yang juga menghasilkan. Jadi lagi 'menggalau' di akhir tahun ini.

    ReplyDelete
  12. Baru setahun ini lebih serius ngeblog. Tapi tetep aja sih saya ini part time blogger. Tetep ngerasa bahwa tugas utama saya adalah mengawal duo krucils itu.

    Ditambah lagi, tahun ini saya penasaran ngikut berbagai proyek antologi. Pada pertengahan tahun, blog jadi agak melompong. Hehe...

    Nah, kalo tahun depan (mungkin) mau nyoba full time. Bisa gak, ya?
    Bismillah...

    ReplyDelete