Tentang Zodiak Saya



"You can't photoshop your ugly personality"

Halo Hola, teman-teman kenal zodiak kan ya?

Dulu jaman saya masih muda belia pipi merona hati berbunga, saya begitu percaya sekali sama yang namanya zodiak dan ramalannya. 

Saat SMP, salah satu teman saya berlangganan majalah remaja yang punya rubrik zodiak. Maka, saat si teman membawa majalah barunya ke sekolah, kami para perempuan belia pun merubungnya, membaca dan cekikikan setelahnya.

Kami terhipnotis oleh ramalan dalam dua minggu ke depan (kalau enggak salah majalahnya saat itu terbit dua mingguan). Dan begitu terkesima dengan kalimat-kalimatnya. Seperti:

Pisces ~ Ada tambahan uang jajan untuk bersenang-senang
Virgo ~ Ada pengeluaran tak terduga
Cancer ~ Kebiasaan borosmu muncul lagi
Taurus ~ Si Dia semakin manis saja
Aries ~ Dia cuekin kamu
......
dan seterusnya.

Saya dan teman-teman saat itu begitu percaya, sampai-sampai jika ternyata memang ada peristiwa tertentu selalu dikaitkan dengan kebenaran ramalan itu. Pokoknya zodiak jadi patokan kami yang sedang dalam masa peralihan dari masa anak-anak menuju ke kedewasaan. Apalagi kalau itu membahas masalah percintaan...makin kenceeeeng deh cekikikannya hahaha

Tapi, sejatinya apa sih zodiak ini?

Saya lansir dari Wikipedia,  zodiak berasal dari bahasa Yunani Zoodiacos Cyclos yang berarti Lingkaran Hewan. Yakni semua rasi bintang yang berada di sepanjang lingkaran ekliptika.

Maka, zodiak ini terkait erat dengan ilmu Astrologi, yaitu ilmu yang menghubungkan antara gerakan benda di tata surya dengan nasib manusia. 

Mengapa?

Karena matahari, planet dan bulan beredar di sepanjang lingkaran ekliptika, otomatis mereka semua juga beredar di antara zodiak ini. Nah, ramalan astrologi didasarkan pada kedudukan benda tata surya di dalam zodiaknya.  Di mana seseorang akan menyandang tanda zodiak berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiak pada tanggal kelahirannya. Misalnya, saya yang lahir tanggal 17 Agustus akan berzodiak Leo, karena pada tanggal tersebut Matahari berada di wilayah rasi bintang Leo (23 Juli-22 Agustus) yang bersimbol Singa, Sang Raja Hutan.

Kedudukan Matahari sendiri dibedakan antara waktu tropikal dan waktu sideral yang menyebabkan terdapatnya 2 macam zodiak, yaitu zodiak tropikal dan zodiak sideral. Sementara diantara keduanya, zodiak tropical yang saat ini digunakan oleh para astrolog di seluruh dunia.

Nah, zodiak Leo dikuasai oleh matahari. Zodiak ini berelemen api. Elemen ini mempengaruhi hal-hal yang disukai. Antara lain suka mendominasi dengan kehidupan yang mewah dan megah. Seperti elemen api yang ada pada matahari, cahaya dan emas.

Dan, sebagai orang yang berzodiak Leo - katanya- saya punya kepribadian istimewa, diantaranya:
  • Mandiri
Kata Zodiak:
Orang Leo mandiri. Banyak hal dilakukan sendiri dan anti meminta pertolongan ke orang lain kecuali jika memang ia tak bisa melakukannya.

Saya:
Memang mandiri -makan, minum, mandi sendiri hihi..Hmm, memang sih saya cenderung kalau ada apa-apa berusaha menyelesaikan sendiri dan jarang tergantung pada orang lain. Pokoknya, kalau ada perlu, cuss..mlayuuu! 😁
  • Penuh Drama
Kata Zodiak:
Suka menjadi pusat perhatian, kharismatik dan menawan sehingga hidupnya penuh dengan drama.

Saya:
Memang menawan (halah) dan suka nonton beraneka drama. Dulu saat ((muda)) suka telenovela, sinetron Indonesia, drama Korea dan drama Hollywood juga....Kini, enggak ngikuti lagi sih. Tapi saya enggak suka main drama, saya hobinya nulis saja ..😆
  • Dominan
Kata Zodiak:
Karena sifat dominan yang dimiliki Leo sering dicalonkan menjadi pimpinan. 

Saya:
Dominan juga saat menentukan menu harian atau bulanan, juga dimana sofa diletakkan..kwkwkw. Tapi untuk urusan keluarga teteup suami saya pemimpinnya. .
  • Cerdas
Kata Zodiak:
Leo itu tipikal yang cerdas. Diskusi dengannya menyenangkan karena wawasan dan pengetahuannya yang luas.

Saya:
Memang cerdas, kalau enggak percaya tanya saja sama Ibuk saya. Kok nanya ke Ibuknya? Ya, karena Ibuk saya yang ambil rapotnya, jadi yang tahu berapa nilainya...hahaha. Tapi memang Alhamdulillah saya gampang mudeng dengan sesuatu dan selalu ingin tahu tentang ini itu...
  • Agresif
Kata Zodiak:
Elemen api yang mendominasi zodiak Leo membuatnya punya karakter agresif sehingga ia suka dipuji dan dikagumi. 

Saya:
Perasaan semua orang apalagi perempuan suka dipuji, ye kan? Seperti: "Duh langsing bener yaa...!" "Wah, awet muda lho, apa sih rahasianya!" . Ayo siapa yang enggak suka coba..? 


Overall, memang ada beberapa kemiripan antara kepribadian saya menurut zodiak dan sifat yang melekat pada diri.

Tapi...., saya kini menganggap itu hanyalah kebetulan semata. Saya enggak mau menghubung-hubungkan dengan ramalan. Karena bagi saya karakter yang kini saya miliki berasal dari faktor keturunan dan lingkungan di mana saya dibesarkan. Yang lebih jauh lagi berarti merupakan anugerah dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Jadi, syukur yang tak terhingga terucap pada-Nya, atas segala kelebihan dan kekurangan yang saya punya. Dan yang utama bagaimana menebarkan kebaikannya sehingga bermanfaat untuk sesama. Juga berusaha memperbaiki kekurangan yang ada.

Wallahu alam bishawab!


#Day14
#BPN30DayChallenge2018


Salam Semangat,


Dian Restu Agustina










2 comments:

  1. Zodiak tuh kadang bisa bikin kita bilang : Wahiya ya, kok ini kayak saya banget. Gitu yak wkwk :D

    ReplyDelete
  2. Jiaaah ... Jadi inget acara Planet Remaja. Sebelum acara selesai duduk tanpa berkedip di depan tivi. Kalau hasilnya bagus, bahagiaaa. Kalau jelek, mempengaruhi mood bangeeet. Etapi beneran sih, aku juga orangnya mirip dengan apa kata zodiak. Mungkin kebetulan aja, ya. Nggak mau percaya juga.

    ReplyDelete