Training @Joeragan Artikel - Solusi Training Menulis yang Praktis dan Ekonomis






"Sebuah langkah harus diambil saat ini juga, enggak boleh lagi ditunda!"

Begitu tekad saya saat mulai menulis di blog ini dua tahun lalu. Satu keinginan yang saya pendam entah sejak kapan. Semangat yang turun naik enggak karuan. Juga mimpi yang kadang memuncak tapi lebih sering jatuh dan berserak. Akhirnya semua itu mampu saya rengkuh dan membawanya menjauh meninggalkan segala ketidakpercayaan, keraguan dan ketakutan.

Ya, saya berniat ingin kembali menulis lagi....!!

Sejak kecil saya memang tertarik pada dunia literasi. Tapi sayangnya saya tak pernah serius menekuni. Pun ketika beralih profesi menjadi ibu rumah tangga saya tetap tak yakin dan tak tahu bagaimana bisa mengembangkan hobi menulis ini. Hiks!

Hingga satu waktu saya ambil solusi dengan memiliki blog pribadi. Pertama bikin yang gratisan, kemudian dalam sebulan saya pindah ke blog berbayar. Lalu menyusul beberapa cara yang saya lakukan hingga kini mimpi menjadi penulis itu satu demi satu sukses tergenggam tangan.

Alhamdulillah...


Perjuangkan Mimpimu dan Jangan Biarkan Waktu Berlalu!






Memperjuangkan sesuatu setelah sebelumnya lama membeku memanglah bukan hal yang mudah. Tapi bukankah jika berusaha kita pasti akan mendapatkan hasilnya? Caranya:


1. Luruskan Niat

Pertama luruskan niat kita. Sejatinya nulis itu mau buat apa. Di luar semua niatan yang ada, tanamkan dulu niat mulia bahwa kita menulis untuk berbagi pada sesama. Maka, Insya Allah banyak kebaikan yang akan mengikutinya.


2. Konsistensi

Konsistensi adalah koentji! Buat jadwal menulis sesuai dengan kemampuan diri. Jika bisanya tiap pagi seselesainya urusan rumah tangga, ya secara rutin menulislah di waktu yang sama.

Atau jika memang masih ada jadwal lainnya dan luang hanya waktu tertentu, padu padankan saja dengan agenda itu. Yang penting terus berlatih lagi dan lagi. Sehingga ketrampilan menulis akan tambah terasah.

Practice makes perfect, isn't it?


3. Baca, Baca dan Baca

Membaca dan menulis itu bersaudara. Membaca akan menambah wawasan dan memperkaya kosakata sehingga memudahkan kita menuangkan sebuah ide ke dalam tulisan. Juga membaca karya penulis lainnya akan menghindarkan diri dari merasa paling hebat sendiri. Di atas langit masih ada langit bukan?


4. Berburu Ilmu

Memperkaya pengetahuan terkait hal kepenulisan dengan mengikuti berbagai pelatihan, diskusi, seminar atau apapun bentuknya baik offline maupun online.


5. Berkomunitas

Bergabung ke komunitas penulis sehingga akan kita temukan teman-teman dengan passion yang sama yang tentunya akan membuat semangat makin terpacu untuk menghebat. Berkomunitas juga akan membuka peluang untuk makin berkembang karena dari sana banyak wawasan dan jaringan pertemanan bisa didapatkan yang ujung-ujungnya bisa menjadi peluang pendapatan.

Cari Ilmu Bukan Sembarang Ilmu





Lalu, terkait dengan "Berburu Ilmu", saat ini banyaaak sekali training kepenulisan yang ditawarkan. Baik yang kita mesti datang atau yang onlen-onlen yang bisa belajar dari rumah saja sambil dasteran.

Nah, di era digital, kalau semua bisa dilakukan dengan mudah, ya ngapain pilih yang susah, ye kan? Kalau belajarnya bisa dari rumah saja sambil nyambi masak atau momong anak, kan enak?

Maka, pilihan paling tepat untuk Ibuk-ibuk yang sok sibuk kek saya memang yang onlen-onlen saja. Tapi, meski memilih online training saya mesti mempertimbangkan beberapa hal agar mendapat manfaat yang optimal. Sayang pastinya kan kalau sudah keluar tenaga, waktu dan biaya ternyata harapan enggak sesuai dengan kenyataan?


Jadi...sebelum memutuskan memilih jasa online training yang oke, tempat berburu ilmu ketjee, sebaiknya mesti tahu dulu bahwa mereka:


1. Berpengalaman dan Terpercaya

(Lah, kita belum nyebur jadi peserta gimana tahunya kalau mereka berpengalaman dan terpercaya yaaa?)

Duh, hari gini semua jejak digital itu terekam maksimal. Jadi kalau mau tahu ya kepoin dulu. Browsing saja namanya, pasti langsung ada list-nya. Baik itu official website-nya, apa saja layanannya, siapa saja pengajarnya, testimoni peserta, pernyataan dari rekanan...pokoknya portofolio lengkaaap bakal kita dapatkan.

Nah, dari situlah kita bisa simpulkan nantinya bahwa penyedia jasa online training yang ingin kita ikuti itu berpengalaman dan terpercaya.


2.  Pilih yang Tidak Hanya Memberikan Teori Saja

Hindari memilih online training yang hanya memberikan teori. Karena yang kita butuhkan tak sekedar materi. Pelajari apakah mereka memberikan latihan, pendampingan juga bonus lainnya, misalnya karya akan dibukukan. Sehingga tak hanya ilmu yang kita dapatkan tapi juga beberapa keuntungan lainnya. Lumayan, kan?


3. Pertimbangkan Harga

Jangan tergiur dengan harga training yang murah karena bisa saja itu murahan kualitasnya. Tapi juga jangan langsung percaya dengan harga mahal karena belum tentu sepadan dengan mutu. Maka lebih baik setelah mempelajari penyedia jasanya, sesuaikan dengan kemampuan kita. Syukur-syukur jika dapat yang harga terjangkau dengan kualitas memukau!


Training Gampang Jebol Media dari @Joeragan Artikel



Ummi Aleeya
Flyer Training bulan Juli (sesudah kelas yang saya ikut di bulan Mei)


Nah...saat itu saya yang lagi semangat-semangatnya menulis pun merasa perlu menambah ilmu. Maka mulailah lirik sana sini, mana online training yang bisa diikuti. Penginnya sih saya bisa nulis di media online. Karena sebagai blogger newbie saya masih perlu cari nama juga mencari pengalaman menulis di media lainnya.

Sampai satu hari saya membaca postingan seorang teman dunia maya, Mbak Dian Novandra, tentang "Training Gampang Jebol Media" dari @Joeragan Artikel.

Ha...@Joeragan Artikel? Nama yang unik!

Kata "juragan" biasanya identik dengan horang kayaaa - pemilik usaha apalah apalah...Lha kok ini juragannya artikel ya? Ada training sesuai yang saya inginkan pula. Hmm..

Saya pun kepoin dulu akun yang disertakan. Juga Googling apa itu @Joeragan Artikel.

Hasilnya? Saya pun terpana!

Betapa kudet-nya saya, karena termasuk telat mengenal @Joeragan Artikel ini! Hiks..

Ya, @Joeragan Artikel saat itu sudah berusia satu tahun lebih. Tepatnya didirikan sejak 16 Februari 2016 oleh Ibu Sri Kuswayati yang akrab dipanggil Ummi Aleeya seorang pengajar di STT Bandung.

Nah, setelah yakin saya pun mendaftar Training Gampang Jebol Media yang diadakan di grup Facebook pada 20 Mei 2017 ini dengan biaya 99 ribu. Ini adalah harga untuk umum karena jika sudah jadi alumni @Joeragan Artikel maka biaya training hanya 77 ribu saja.

Waaahhh, pertama dapat info lengkapnya, saya sudah girang sajaa. Dan ternyata Media yang dimaksud dalam Training Gampang Jebol Media ini enggak cuma Media Cetak tapi juga Media Online.

Kami peserta diajari cara menulis artikel untuk dikirimkan ke media dengan tips dan trik pemuatannya juga segala printilan yang berhubungan dengan cara pengiriman karya dan lainnya.

Mentornya pun yang sudah berpengalaman dan memang sudah terbukti bisa menjebol rubrik di media.

Tak hanya itu dalam Training Gampang Jebol Media seselesainya kelas juga ada tugas menulis artikel terkait lalu coba dikirimkan ke media yang disebut.

Dan....penerapan ilmu dari training ini setelahnya menghantarkan saya menjadi penulis di beberapa media online di Indonesia. (Mau tahu di mana saja? Googling saja nama saya ya...😁)


@Joeragan Artikel - One Stop Service for Smart Ladies to Learn and Earn from Writing Activities



Ummi Aleeya


Nah, setelah training pertama ini saya terus mengasah kemampuan diri dengan rutin menulis baik di media online maupun blog pribadi. Selain itu saya juga menambah ilmu dengan mengikuti beberapa training dari @Joeragan Artikel yang lain.

Misalnya: Training Membuat Artikel Traveling Feature dengan biaya 88 ribu (umum) atau 50 ribu (alumni). Juga Training Resensi Buku yang berbiaya sebesar 75 ribu.

Semua,....mursida tralala biaya trainingnya!! Saya rasa dana segitu tak memberatkan untuk sebuah ilmu, kan yaa? Cuma seharga satu buah baju bahkan lebih murah dari itu...

Dan ternyata Ummi Aleeya bersama timnya tak berhenti di training kepenulisan saja. Jargon awal dari @Joeragan Artikel yakni "Mengajak Emak Berpenghasilan dari Rumah" pun berkembang menjadi "Media bagi Smart Ladies untuk menimba ilmu dan berpenghasilan dari menulis"

Karena memang @Joeragan Artikel semakin hari makin meng-upgrade diri menyesuaikan kebutuhan pasar dan potensi para alumni. Sehingga tak hanya menyediakan media belajar tapi juga menyalurkan karya alumni. Tak hanya itu @Joeragan Artikel juga membuka kerjasama dengan dunia usaha untuk jasa yang berkaitan dengan kepenulisan, misalnya adanya Paket Artikel, Paket Endorser, Paket CSO dan lainnya. Lengkap ada!

That's really true: @Joeragan Artikel is One Stop Service for Smart Ladies to Learn and Earn from Writing Activities!!


Training @Joeragan Artikel - Solusi Training Menulis yang Praktis dan Ekonomis!!



Ummi Aleeya



Nah....maka enggak salah rasanya kalau saya merekomendasikan jasa Training @Joeragan Artikel buat teman-teman semua.  Karena: 


1. Praktis

Training di @Joeragan Artikel itu praktis. Diadakannya di grup media sosial kita sehingga mudah diaksesnya. Dan jika kita sedang ada kesibukan lainnya, bisa baca setelahnya. Bahkan materi tidak akan dihapus untuk selamanya. Sehingga kapan saja kita ingin me-review, ilmu masih nongkrong manis di sana.


2. Ekonomis

Biaya training yang setara dengan 3-4  porsi bakso atau 1-2  buah kerudung tentu sangat ekonomis. Nyisihin uang jajan seminggu saja para Smart Ladies sudah bisa dapat ilmu. Apa enggak murceeee tuh?


3. Berbonus Plus-Plus

Training @Joeragan Artikel berbonus plus-plus. Tak hanya ilmu yang kita dapat tapi juga ada pendampingan, penerbitan karya dan lainnya. Bahkan untuk merekatkan silaturahmi ada beberapa WhatssApp Grup yang dibentuk berdasarkan alumni. Misalnya saat ini saya nyemplung di WAG Pasukan Blogger @Joeragan Artikel.

Di mana di WAG ini kami para alumni Training @Joeragan Artikel saling menyemangati dan memotivasi juga aktif melakukan Blog Walking dan Social Media Walking secara rutin untuk meningkatkan performa blog dan media sosial masing-masing.

Juga dapat job dadakan dari @Joeragan Artikel. Wah,,!!


4. Materi Terkini

Materi yang diberikan dalam Training @Joeragan Artikel enggak ketinggalan jaman dan bersifat kekinian. Sehingga peserta enggak perlu khawatir jika ilmunya sudah lampau untuk dipraktikkan karena aplikatif ilmunya...!


5. Mentor yang Mumpuni

Mentor di setiap Training @Joeragan Artikel memang yang ahli di bidangnya sehingga peserta tak perlu meragukan kemampuannya. Didukung oleh PJ yang mengawal kelas dengan baik sehingga kelas berjalan dengan tertib dan interaktif.



Ummi Aleeya



Nah, gimana, Girls? Dirimu mau juga menjadi Blogger, Writer, Influencer, Buzzer,....yang sudah berhasil meraih mimpi demi mimpi dan menghasilkan (((pundi-pundi))) seperti saya ini? 😎

Kuy, kepoin Training @Joeragan Artikel saja. Karena ada banyaaak pilihan training di sana! Tinggal disesuaikan dengan yang teman-teman butuhkan. Dan yang utama jangan lupa dipraktikkan. Karena tak ada guna banyak menuntut ilmu jika disimpan saja. Bisa-bisa lenyap ditelan masa. Jadi yuk praktikkan dan tebarkan manfaatnya buat sesama!

Okay, selamat mencoba dan tetap semangat yaaa!😍


@Joeragan Artikel

Website: www.joeragan-artikel.com
Instagram: @joeragan_artikel
Facebook: Joeragan Artikel



Alhamdulillah jadi pemenang kedua...





Happy Sharing


Dian Restu Agustina








53 comments:

  1. Wah saya baru tau nih, pengen juga nyoba ah biar ilmu menulis semakin bertambah, terima kasih infonya ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami-sami..yuk training di JA juga Mbak. Banyak pilihannya lho

      Delete
  2. Yah ... Blogku masih gratisan😥ingin punya yg berbayar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diubah ke berbayar saja Mbak..setahun sekitar 150 ribu biayanya

      Delete
  3. Sudah pernah dengar Joeragan artikel tapi baru tahu sekarang kiprahnya. Memang sebaiknya jangan melulu berburu job tanpa upgrade diri. Penting sekali ikut workshop. Semoga sukses mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..Terima kasih Mbak
      Memang perlu secara berkala upgrade diri keran ilmu juga terus berkembang

      Delete
  4. Mantafff ulasannya komplit plit deh mba 😀

    ReplyDelete
  5. Membuat ulasan saat traveling sepertinya perlu dipertajam nih. Biar makin greget harus belajar ke ahlinya ya. Juragan punya

    ReplyDelete
  6. salah satu kendala dalam menulis itu adalah konsisten sih, susah banget emang buat konsisten :( btw aku jadi pengen ikutan belajar nulis lagi nih biar lebih rajin lagi huhu

    ReplyDelete
  7. Saya juga beberapa kali lihat lewat timeline FB tentang promosi Joeragan Artikel ini. Belum pernah ikutan sih, semoga suatu saat bisa ikut agar kemampuan menulis semakin terasah.

    ReplyDelete
  8. Saya juga baru tau kalo ada pelatihan kepenulisan model begini. Boleh lah dicoba kepoin akunnya... Kayaknya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  9. Setuju! Sekarang banyak pilihan untuk belajar menulis. Ada yang bayar, tetapi ada juga yang gratis. Meskipun begitu, kita tetap harus memilih mana yang bagus :)

    ReplyDelete
  10. Zaman sekarang apa-apa juga udah mudah ya, pengen ngasilin duit dari tulisan, udah ada yang bantuin.
    Kayaknya saya wajib ikutan nih, biar bisa nulis lebih baik atau minimal bisa jebol ke media hahaha

    Sudah sering liat joeragan artikel ini dong, tapi kok ya gak ngeh-ngeh sebelum baca ini hehehe

    ReplyDelete
  11. Karena ikut training blogging di JA, aku bisa punya blog sampai sekarang.
    Aku juga sudah mengikuti beberapa training di JA, cukup efektif :)

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah ikut joeragan artikel dan pengen ikut untuk memotivasi aku buat selalu menulis :)

    ReplyDelete
  13. konsisten itu yang susah, kadang sebulan konsisten habis itu semangatnya luntur lagi. kudu benar-benar diniatin dan dipaksa istiqomah nih. Makasih sharingnya mba, memompa semangat menulisku lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya aku harus ikutan Joeragan Artikel biar semangat menulisku bisa konsisten yaa, sekalian dapat ilmu yang bermanfaat banget pastinya :)

      Delete
  14. Wah, baru tahu dan merasa tertarik ikutannya. Memgasah kemampuan menulis supaya memghasilkan tulisan yang keren-keren..

    ReplyDelete
  15. Aku juga cinta sama JA ini, keren abis. Dan yang pasti, ilmunya mantab, bikin tambah pinter nulisnya.

    ReplyDelete
  16. Pernah denger nama Joeragan artikel mbak, etapi kalau ikutan trainingnya belum pernah. Soalnya sekadar tahu aja nama itu, hheee
    Asyik yah, bisa komplit dapat bimbingan nulis hingga tembus media, komplit bangett
    TFS yah mbak ^_^

    ReplyDelete
  17. Training online nya pasti seru yaaa Mbak.
    duuh jadi pengen ikut juga training kayak gini. tapi takut belum bisa konsisten siih, huaaa, ini nih yg bikin maju mundur :D

    ReplyDelete
  18. Wuih, asyik banget, pilihan trainingnya banyak, harga terjangkau, dan bisa online...

    ReplyDelete
  19. Wah jadi pengen ikutan mbak. Aku dah lama banget gak nulis selain di media blog sendiri dan sesekali mbantuin web org. Pengen juga jebol2 gtu, eh maksudnya jebol nulis di media lain, kyk cetak sih kalau bisa :D
    Aku mau kepoin ah web Juragan Artikel ini makasih infonya yaaaa

    ReplyDelete
  20. Ntap! Sudah ada niat menulis plus ikut training, tambah ciamik dah tulisan. Hehehe..

    ReplyDelete
  21. Setahu saya Joeragan Artikel itu menyediakan jasa kepenulisan. Sekarang juga ada kursus onlinenya juga ya. Harganya terjangkau lagi. Jadi mau daftar supaya tulisan bisa jebol ke media online.

    ReplyDelete
  22. Memang harus diniatkan dengan kuat ya Mbak, lalu ada penyemangat dan pendampingan sehingga kita nggak malas-malasan nulis. Tertarget dan etrarah. Jadi pengen ikutan.

    ReplyDelete
  23. Banyak hal sih ya alasan kenapa nulis blog, salah satunya sih kalau buat saya untuk mengingat kenangan, biar ga cepet pikun. Btw joeragan artikel ini jasa penulisan ya? kepoin ah

    ReplyDelete
  24. Keren ya. Beberapa teman saya di Makassar juga ikut grup Joeragan Artikel. Kayaknya ada yang sudah beberapa kali ikut training-training dan proyek-proyek gitu. Mantap ya, buat ibuk-ibuk, bisa mambantu mengasah kemampuan kita.

    ReplyDelete
  25. Mantap banget ya mba, berburu ilmu lewat sosial media dengan mentor yang memang terbukti kualitasnya. Wah sesekali jadi pengen nyobain ikutan workshopnya nih

    ReplyDelete
  26. Wuaaa mba makasih tipsnya buat konsisten menulis nih, aku biasanya mood nulis ilang karena kebanyakan nonton drakor hahahah
    Belum pernah ikut nih sama joeragan artikel, penasaran dan semoga kapan2 berkesempatan aamiin

    ReplyDelete
  27. Wahh, cocok banget nih buat para newbie yg pengen belajar nulis lebih oke kayak aku. Belum lagi, fasilitasnya juga lengkap ya mba, boleh nih buat dicoba

    ReplyDelete
  28. Saya bertekad kalau ada kelasnya, saya daftar. InshaAllah. Udah siapin budget... biar skill berkembang

    ReplyDelete
  29. Ohh joeragan artikel itu ada pelatihannya ya? Bagus nih. ilmu itu berkembang terus sih, kalau kita nggak ikutan upgrade bisa ketinggalan.

    ReplyDelete
  30. Pengen banget aku ikutan kalau ada lagi, sekalian belajar juga biar tulisanku semakin banyak yang baca.

    ReplyDelete
  31. Wah murah sih ya biaya training nya.. saya pernah jg ikutan taining nulis online via WA gitu..tp kurang puas karena merasa kurang dibimbing per orang..tp jd penasaran dg online course yg ini ..semangatmenulis..!

    ReplyDelete
  32. Kalau Alida, Jiah dan yg lain pengen ikutan Juragan Artikel, ya pStinya si bunda, blogger renta ini pengen pake banget - mudah2an gak ada batasan usia utk bervabung. Emang ini yv selama ini bunfa inginkan bljr, dpt bimbingan, diarahkan oleh Mentor - semangat pasti akan naik berlipat ganda. Makasih, Dian Restu infonya. Tak ada batasan usia utk bljr, kan? Meluncuuuur...

    ReplyDelete
  33. Jadi kepo nih mbak sama joeragan artikel. Lagian investsi buat ilmunya juga cukup terjangkau banget ya, sayang banget kalau sampai dilewatkan begitu aja. BTW, noted nih ilmu yang sudah mbak dian share buat diterapkan

    ReplyDelete
  34. Konsisten itu susah susah gampang ya mbk. Kadang konsisten terus kadang pertahanan jebol hehe. Aku belum pernah ikut training penulisan berbayar, beberapa kali diajak training menulis gratis. Alhamdulillah nambah ilmu

    ReplyDelete
  35. Mantaaapp jiwa! Tipsnya luar biasa.. tapi ya masalahnya selalu ke konsisten itu mak. hahahah kadang suka anget di awal aja.. di tengah2 lemesss

    ReplyDelete
  36. Belum sempat ikutan kepenulisan dengan Joeragana artikel. Semoga kedepannya bisa nih, mba.

    ReplyDelete
  37. Waah asik banget ikutan acara begini. Bisa menambah ilmu banget. Aku paling suka dan selalu menyempatkan kalo ada acara pelatihan menulis begini.

    ReplyDelete
  38. Saya belum pernah ikut kelas penulisan begini karena lokasinya jauh.

    Tapi ini yang Joeragan Artikel ada yg melalui FB ya. Bisa nih kalau ada kelas di FB, jadi sistem kelasnya online gitu ya..

    ReplyDelete
  39. Waah menarik banget mba kelas training menulis onlinenya. Mau coba ah biar bisa tambah ilmu kepenulisan sama mentor-mentor yang kece. Thanks infonya ��

    ReplyDelete
  40. Aku pun dulu niatnya nulis juga karena ingin berbagi pengalaman, informasi menarik untuk pembaca. Alhamdulillah kalo bonusnya tuh bisa dapat duit dari tulisan ini

    ReplyDelete
  41. Mbaaaaaa hebat!
    Tapi bener sih, keinginan dan mimpi yang membeku bukan berarti gak bisa dicairkan. Seperti es, jika terus dipanasi, mak ia akan mencair juga.
    Aku pun akrg lg nerusaha banget konsisten nulis meski kadang cuma bisa dilakukan seminggu sekali krn urusan kantor dan domestik di rumah cukup memyita waktu dan pikiran aku.

    ReplyDelete
  42. Mbak Dian itu konsisten dan semamgatnya harus kuacilungi lima jempol, yang satunpinjem jempol si K. ��

    Aku dengar Joeragan Artikel udah lama, sliwar-sliwer di timelinw terutama dari mbak Piet Genta, tetapi belum pernah gabung, mungkin nanti, jika jodoh. Higihi. Kadang pengen ikut, eh tapi uang ngepres. Gitu uang ada, training yang dimau lagi rehat.

    ReplyDelete
  43. Pernah denger2 tentang Joeragan Artikel dan tahu Umi Aleeya juga tapi blum pernah ikutan trainingnya. Kyknya asik ya belajar bareng2 gitu. Trainingnya online ya

    ReplyDelete
  44. Aku kebetulan newbie banget nih baru baru ini ngeblog kayanya perlu nih ikutan training djuragan artikel biar makin terasah kemampuan nulisnya

    ReplyDelete