5 Tips Make Up untuk Pemula





"Make Up is Art. Beauty is Spirit"



Halo hola...

Harpitnas kemarin pada kemana? Kalau saya sih di rumah saja meski anak-anak sebenarnya libur di hari Jumatnya. Habis gimana, anaknya libur, Bapake kerja, ya sudah tunggu weekend saja jalan-jalannya haha..

Nah, untuk mengisi waktu libur ngojek, saya sempatkan untuk kelarin proyek. Proyek Make Up for Beginner judulnya. Jadi ceritanya beberapa waktu terakhir memang saya berniat untuk belajar make up. Mungkin dirimu ada yang terheran-heran, memangnya enggak telat, ((umur)) segini baru belajar? Eits, enggak ada kata terlambat buat belajar, sepanjang hayat masih dikandung badan, kan?


Tips Make Up untuk Pemula




Tapi bebelian make up kan mahal yaaa? Sudah beli ini ternyata harus dilengkapi juga dengan yang itu. Duh, lama-lama habis tuh jatah uang saku huhuhu

Eh, enggak juga kok. Karena bisa disiasati dengan cara:


1. Beli produk yang kita butuhkan bukan inginkan

Ini sepertinya prinsip ekonomi yang berlaku bagi semua barang deh ya haha, enggak cuma buat make up saja. Intinya sih kita beli apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan. Jadi jika sudah punya maskara satu ya enggak perlu dulu beli yang kedua, ketiga dan seterusnya. Mendingan uangnya buat beli yang belum dipunya.


2. Pakai kuas secukupnya - gunakan tangan selebihnya

Berinvestasi dalam satu set kuas dan spons make up yang berkualitas baik, memang enggak ada salahnya. Karena bisa jadi cara menunjang ketrampilan ber-make up kita. Tapi, pemakaian aplikator bawaan produk atau tangan juga sah-sah saja. Bahkan teknik skin to skin ini jadi andalan beberapa MUA (Make Up Artist) ternama untuk mendapatkan hasil pulasan make up yang lebih natural dan tercampur dengan lebih sempurna. Riasan dengan jari tangan bisa mendapatkan kesan yang tidak bisa didapatkan dari kuas atau spons yang ada. Meski tetap harus diingat bahwa tangan dan jari kita perlu dibersihkan sebelumnya.


3. Utamakan perawatan

Ingat kan slogan skin care first - make up second? Jadi, lebih baik jika menyingkirkan masalah kulit yang ada dan bukan menutupinya dengan make up kita. Mengapa? Karena: kulit yang terawat membuat make up lebih bagus dilihat, kulit terawat membuat kita lebih mudah memilih riasan yang tepat dan dengan bermake up berarti kita memperbaiki bukan menutupi. Jadi rawatlah wajah dengan konsisten agar hasil riasan bisa baik nanti.


4. Siasati saat membeli

Tidak harus membeli make up bermerk ternama di gerai kosmetik emol terkemuka. Sesuaikan saja dengan kemampuan kita. Baik merk lokal maupun luar jika dipakai bagus hasilnya dan cocok di kulit wajah kita ya kenapa enggak kan ya? Kita bisa siasati dengan membeli sister brand merk terkenal itu. Toh induk company-nya sama, sehingga kualitasnya bisa dipercaya. Atau bisa juga membeli di saat ada harga promosi yang tentunya akan menghemat pengeluaran kita di sini.


5. Have Fun!

Setelahnya...just have fun! Belajarlah bermake up dengan happy! Karena kini enggak perlu bingung lagi, sekian banyak tutorial berseliweran di media sosial. Kita tinggal ikuti tips dan langkah-langkahnya. Sisanya, berkreasi saja sesuai keinginan kita. Toh kita juga yang pakai, ye kan? Jadi enggak perlu frustasi jika belajar bikin alis kok ya enggak bisa-bisa hahaha. Coba saja lagi dan lagi...besok-besok pasti bakal rapi jali!

Contoh Make Up Pesta Buat Pemula


Gogobli Indonesia




Nah, kemarin itu, saya belajar riasan pesta buat pemula. Bukan pesta yang gimana ya..Cuma kalau mau pergi ke kondangan saja. Paling tidak biar kelihatan bersinar mukanya meski jangan sampai ngalahin manten-nya.🙈

Produk utama yang saya pakai sih ada tiga, yaitu:



1. Face Recipe Tri Me Eye Shadow #5



Gogobli



Made in:

Japan

Claim:

Eyeshadow 3 warna yang akan memberikan pengalaman menarik, dengan pilihan warna-warna cantik dan indah menyatu di kelopak mata. Dengan formula terbaik dan warna pigmented yang buildable dan tidak banyak residu. Sapukan dengan lembut dikelopak mata dan tahan hingga 10 jam lamanya.

Ingredients:

Talc, Mica, Caprylic/Capric Triglyceride, Polybutene, Octyldodecyl stearoyl, Stearate, Phenoxyethanol, Ethylhexyglycerin, Tocopheryl Acetate. May contain (+/-) Blue 1 lake, Chromiun Hydroxide, Green, Iron Oxides, CI 77492, CI 77499, Red 40 Lake, Titanium Dioxide, Ultramarines.

Netto:

3x0,032 oz / 3x0,9 g

Price:

Rp 110.000 Rp 104.000 (harga promosi di Gogobli)

Review:

Face Recipe Tri Me Eye Shadow #5 ini dikemas dalam pallete berwarna hitam yang kokoh, mewah dan profesional. Dengan tutup kemasan transparan sehingga kita bisa melihat warna pilihan dari luar. Sedangkan pada bagian bawah kemasan ada keterangan ingredients produknya.

Ada tiga pilihan warna eye shadow dalam cekungan berbentuk bulat. Serta dilengkapi dengan dual spons yang lembut dan berkualitas. Oh ya untuk ukuran kemasannya simpel sehingga mudah dibawa kemana-mana. Meski karena tidak dilengkapi kaca berarti kita mesti cari/sedia kaca untuk memulaskannya.

Sedangkan untuk pilihan warna Face Recipe Tri Me Eye Shadow #5 ini gradasinya pas: biru muda - biru keabu-abuan - biru tua gelap.  Ketiganya ber-shimer tapi shimernya enggak lebay sehingga bisa dipakai baik untuk daily make up maupun special occasion. Dan warnanya pigmented, sekali oles warna eyeshadow-nya langsung keluar nyata. Juga ketika seharian itu saya pakai, tahan warnanya (meski saya enggak nyoba sampai 10 jam pakainya)



2. Jill Beauty Eyebrow Pencil - Dark Brown 



Gogobli



Product:

Czech Republic

Claim: 

Waterproof &longlasting with shifted lead. Jill Beauty Eyebrow Pencil dengan inovasi terbaru shifted lead yang meratakan warna alis secara tepat dan membuat alis tampak lebih tebal. Diperkaya dengan formula waterproof yang tahan air dan tahan lama, serta memberikan kesan warna yang lebih natural dan jelas terlihat.

Ingredients:

CI 77499, C1 77491, CI 77492, stearic acid, Rhus Succendanea Fruit Cera, Cera Microristallina, Polybutene, Ceresin, Talc, Hydrogenated Castor Oil, Silica, Tocopherol, Ascrobyl Palmite.

Netto:

1.79 gr

BPOM:

NC09151203785

Price: 

Rp 55.000,- Rp 40.700,- (harga promosi di Gogobli)

Review:

Jill Beauty Eyebrow Pencil - Dark Brown memiliki kemasan unyu berwana putih dengan tulisan berwana pink dengan ukuran mungil sehingga mudah dibawa. Pada bagian bawah kemasan ada warna coklat tua dan tutup plastik transparan ada di ujung lainnya. Di bagian tutup transparan ada stiker yang mencantumkan nama produk  Jill Beauty Eyebrow Pencil - Dark Brown, ingredients dan penjelasan kalau produk didistribusikan di Indonesia oleh PT. Sinar Trading Indah.

Tekstur dari Jill Beauty Eyebrow Pencil - Dark Brown ini lembut dan saat diaplikasikan ke alis hasilnya pigmented. Warna yang dikeluarkan adalah dark brown atau coklat tua yang enggak terlalu mencolok sehingga natural hasil akhirnya. Dan saat saya coba seharian pakai memang waterproof dan longlasting. Jadi enggak perlu ribet bebikinan alis lagi dan lagi.



3. Amalia Glossy Lip Cream Marrakech Red 02



Gogobli



Product:

Indonesia

Claim:

Cukup dengan sekali pulas, warna  Amalia Glossy Lip Cream Marrakech Red 02 akan terlihat begitu tegas dan nyata, Dikenal sebagai "The Read City" Marrakech menginspirasi Amalia untuk menghadirkan Glossy Lip Cream yang memancarkan semangat dan keberanian hidup. Seri Marrakech membaur sempurna di bibir apapun varian terpilih warna cerah yang stylish atau warna lembut yang kasual akan memberikan efek bibir yang lembab segar dan intens, terasa ringan di bibir, tidak kering dan tidak lengket. Manfaat: Mangosteen Estrak sebagai antioksidant, Squalene & Jojoba Oil membantu menjaga kelembaban bibir, memberikan efek kilau yang memukau dan menyatu dengan warna bibir, memberikan tampilan bibir lebih mewah. Keunggulan: memberikan efek bibir yang lembab, segar dan intens.

Ingredients:

Diisostearyl Malate, Hydrogeneted Polyisobutene, Simmonndsia Chinensis (Jojoba) Oil, Squalene, Silica Dimethyl Silylate, Isododecane, Disteardimonium Hectorite, Propylene Carbonate, Garcinia Mangostana Peel Extract, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Tocopheryl Acetate, Phnoxyethanol, Bisabolol, Flavour, Decylene Glycol, Buteth-3, Sodium Benzotriazolyl Butylphenol Sulfonate, Tributyl Cirate, Caprylic/Capric Triglyceride, Mica, Propanediol.

Netto:

6,5 g

Price:

Rp 137.500,- Rp 69.500,- (harga promosi di Gogobli)

Review:


Kemasan luar Amalia Glossy Lip Cream Marrakech Red 02 ini berwarna silver dengan tampilan glossy pas dengan jenis lipticknya. Ada tulisan berwarna hitam dengan sedikit aksen hitam-coklat di boksnya yang memberi kesan mewah  dan elegan. Pada sisi kemasan terdapat penjelasan produk yang dilengkapi dengan nama produk, ingredients, nama produsen, expired date, shade dan logo halal MUI.

Kemasan dalam Amalia Glossy Lip Cream Marrakech Red 02 ini berbentuk kotak transparan yang kokoh dengan tutup yang juga menjadi aplikatornya. Bagian tutup berwarna silver dan bagian tengah kemasan ada aksen warna keemasan. Aplikatornya berujung meruncing yang akan memudahkan pengaplikasian di bibir. 

Sementara untuk tekstur Amalia Glossy Lip Cream Marrakech Red 02 ini beneran creamy dan glossy meski agak sticky. Warna merahnya "berani" sehingga pas sekali untuk party look. Karena akan berkesan segar, cerah dan mewah!





Ready - Set - Go!


Nah, karena sudah dandan cantik siaplah kita pergi ke pesta. Meski pemula boleh dong riasannya juga gaya. Yang utama percaya diri saja, tampilan luar itu bonus, cantik dari dalam itu harus!

Oh ya, kalau mau dandan ketje tapi enggan keluar biaya gede, pantengin Gogobli  saja... Karena promonya gilaa!

Gogobli com adalah toko online yang bergerak di lingkup kesehatan dan kecantikan yang berdiri sejak tahun 2011. Dengan SDM profesional dan kemudahan dalam proses berbelanja Gogobli selalu memperhatikan kualitas dari produk yang dijuanyal sebagai salah satu prioritas utama. Didukung dengan tenaga profesional di tiap bidangnya,

Gogobli berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Gogobli juga mengantarkan pesanan kemanapun dengan aman dan cepat. Serta memiliki jaminan pengembalian, jika barang yang diterima tidak sesuai.  Dan produk asli di Gogobli terjamin karena diambil langsung dari principal dan distributor yang terpercaya.

Siip lah..selamat mencoba dan semoga reviewnya bermanfaat ya...!😍


Gogobli



Gogobli

Go Healthy - Go Beauty
FB: GoGoBli | IG: @gogobliindonesia | Youtube: @gogoblicom| Twitter: @gogobli





Stay Beautiful,

Dian Restu Agustina

30 comments:

  1. Merahnya super cetar mbak, sampe sekarang belum berani nyobain keluar rumah pake warna merah cetar hihihi

    ReplyDelete
  2. Betuul, kalo nurutin pengin, bakal banyak yang dibeli ya, pengin ini itu hahaha, jadi beli yang dibutuhkan saja. Noted!
    Btw aku baru tau loh tentang Gogobli ini, siap kepoin deh.

    ReplyDelete
  3. Setuju lah sama skincare lebih penting daripada makeup. Tapi lha pake skincare aja saya Senin-Kamis, gimana mau bagus hasilnya ya, Mbak.. hihihi.
    Tipsnya bermanfaat Mbak buat pemula (pemula terus deh..) kayak saya. TFS 😊

    ReplyDelete
  4. Yes bener banget, Skincare jauh lebih penting ketimbang makeup, dan kunci makeup yang bagus juga dari skincarenya lho.

    ReplyDelete
  5. Nah saya pemula banget nih soal dandanan. Biar usia sudah senior tapi urusan make up kalah jauh sama anak muda hehe. Beberapa kali udah mulai rajin pakai ini itulah tapi sekarang malah suka kelupaan merawat wajah. Hehe.

    ReplyDelete
  6. Thanks for the tips.. you are right, start with what we need and don’t get too many products

    ReplyDelete
  7. Saya cuma punya pelembab, bedak tabur dan lipstik. Kadang lihat orang tampil cantik kepengen siy tapi kayaknya nggak bakat dandan ehehehe

    ReplyDelete
  8. Aku harus berguru nih sama mbak dian soal make up. Di usiaku ini juga aku ga terlalu tertarik dengan make up dan lebih tertarik dirawat melalui skincare aja hehe. Make up pemula ala aku, sunscreen, bedak tabur, eyeliner dan sedikit lipstik or lipgloss hehe

    ReplyDelete
  9. Wah, boleh-boleh nih tipsnya. Aku selalu jadi pemula soalnya urusan make up. Gak bisa2. Lipenan aja suka cemong2. EH btw, aku punya nih lipstick Amalia ini. Bagus ya ada ekstrak manggisnya. merawat bibir juga selain menghias. :)

    ReplyDelete
  10. Aku termasuk bodo banget ni mba klo dalam hal make up. Sama kayak mba nia, pake bedak sama lipstik aja sering ga rata. Ahli pke handbody doang. Makasih mba ulasannya...

    ReplyDelete
  11. Setuju banget sm point 1 dan 2 mba. Akutuh kadang kalo mau beli make up mikir dulu pasti kepake ga ya.. Trus aku jg bukan tim kuas. Lebih suka pale tangan. Belepotan sih emg tangan jadinya. Hihi

    ReplyDelete
  12. Cakep mba make up nya.. aku juga nggak bisa-bisa banget sih make up, kalau mau acara-acara penting aja baru deh make up-an. Dan lebih sering beli skincare ketimbang make up, eh tapi itu point 1 perlu di bold sih beli yang dibutuhkan aja bukan diinginkan, hahaha :)))

    ReplyDelete
  13. aku mau belajar tapi suka bingung begimana mulainya haha. siap, mau kumpulin dulu yg utama buat dandan. ternyata berlinya di gogobli ya. mau juga ahh

    ReplyDelete
  14. sampek pangling mbak
    kayak mahasiswa usia 20an hehe
    oh baru tau klo gaboleh pake kuas banyak2 mbak
    pantes sering liat temen cewek yang malah gapake kuas sama sekali

    ReplyDelete
  15. Wah ... Mbak Dian sudah belajar make up, nih. Memang gak ada kata terlambat, untuk belajar bermake-up. Supaya terlihat cantik ya, Mbak.
    Apalagi kalau kulitnya bersih terawat, pasti make up-nya tambah bagus :))

    ReplyDelete
  16. Aku nih kalau make up menghindari penggunaan alis dan eye liner karena emang pertama males makainya dan kedua enakan gitu aja. Padahal kalau lihat orang lain kepengen ngebentuk alis dan pakai eye liner tapi ya kok gak bisa. Kamu cantik nih mbak, cocok make upnya.

    ReplyDelete
  17. Waahh...ada promo menarik ya di Gogobli, boleh banget niihh.. Asyik bisa belanja lenongan di sana.
    Untuk urusan oles-oles, aku kok ya lebih seneng pake jari tuh mba dibandingin pake kuas. Buat pemula apa memang lebih enak gitu ya hihii...

    ReplyDelete
  18. Suka kagum sama yang bisa dandan.
    Pasti kan...gini niih...latihannya butuh jam terbang.

    Kereen, kak.
    Belanja di Gogobli banyak keuntungannya.
    ((lovelove emot))

    ReplyDelete
  19. aku termasuk emak-emak yang jarang (malas) dandan...hehehehhe
    bisa ditiru kayanya ni tipsnya :)

    ReplyDelete
  20. Waahh yang lagi doyan dandan, uhuuyyy :D
    AKu kyknya punya perlengkapan make up dr gudibeg2 dan hadiah2 wkwkwk tapi yg dipakai cuma bedak dan lipstick, orgnya gak betah dandan haha.
    Malah jd keinget buat hibah2in atau jual2in kosmetik2 itu, cuma blm sempet jg ni beberes rumah dan foto2in #malahcurcol

    ReplyDelete
  21. Untuk cantik ga harus mahal ya mbak. Aku dari dulu malas dandan itu sebenarnya karena mikirin harga make up yg mahal itu, lagian makenya juga jarang, jadi daripada mubazir krn jarang make aku pilih enggak aja sekalian. Tapi kalo dipikir2 aku ini justru rugi sendiri, habis penampilan sehari-hari sama kondangan ga ada bedanya, jadi minder sendiri deh. Kayaknya aku mo mulai belajar mengenal make up juga deh. Makasih tipsnya mbak dian.

    ReplyDelete
  22. Salfok sama harga lipcreamnya Amalia itu setengah harga yes mba jadi pengen beli nih. Btw klo urusana dandan aku paling ga bisa wkwkwk pernah ikut kursus juga ga lulus wkwk

    ReplyDelete
  23. Yang Amalia itu aya pake juga, tapi yang nude, suka banget deh sama lip creamnya.

    ReplyDelete
  24. Aku pake make up cuma pensil alis, lipstik dan eyeliner saja loh mba. Bedak hampir ga pernah make. Hehehe

    ReplyDelete
  25. Simple banget ya mbak, jadi meskipun pemula juga bisa ber make up. Hasilnya juga cantik

    ReplyDelete
  26. aku jg kalo make up, eyeshadow, eyeliner, lipstik udh wajib ada. yg lain gpp ga dipake. kayak blush on aku ga suka pake. mascara hanya kadang2. jd cukup 3 itu kalo utk daily make up.

    karena biar gmn, ttp skin care yg aku utamain lengkap dan rutin :D. skin care gpp mahal, make up biasa aja hhahhaha

    ReplyDelete
  27. Harganya nggak terlalu mahal ya, terjangkau buat yang baru pertama kali belajar pakai make up.
    Ku sekarang lagi ngumpulin make up, karena sering baca review teman-teman :)

    ReplyDelete