Peluncuran Buku "Pikiran Adalah Kunci" Karya Meuthia Z Rizki


Terapis paling andal adalah pikiran kita sendiri - Pikiran Adalah Kunci (Meuthia Z Rizki)

Pikiran Adalah Kunci merupakan sebuah buku dari Meuthia Z Rizki yang baru saja dirilis pada hari Kamis, 16 Maret 2019 bertempat di Cozyfield Cafe, Gramedia Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan. Acara peluncuran buku yang sungguh seruuuuu karena tidak hanya dihadiri oleh orang terdekat dan kolega, blogger dan media, tapi juga seratusan lebih downline dari penulisnya. Rameee!!

Tak heran karena Meuthia Z Rizki adalah juga seorang Top Leader di perusahaan pemasaran langsung (direct selling) asal Swedia sehingga para downline-nya tentu tak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk ikut serta menghadiri launching buku ini.


Meuthia Z Rizki

Siapa Meuthia Z Rizki?


Yeah, memang Meuthia yang dulunya bekerja di beberapa perusahaan besar nasional dan multinasional, pada 2004, memutuskan resign dan fokus mendirikan club untuk mengasuh para pelaku bisnis direct selling yang tergabung di jaringannya hingga kini. Dari hanya beberapa orang saja, kini anggotanya mencapai ratusan ribu yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia juga mancanegara.

Meuthia dengan tekun terus menginspirasi anggota club ini dengan membuat kelas motivasi yang internal sifatnya. Dari kelas inspirasi ini akhirnya tumbuhlah niatan -setelah banyak pihak memintanya- untuk mengadakan pelatihan yang lebih luas skalanya. Hingga Meuthia pun mendirikan public workshop bernama Alpha Lite Transformation dan menjabani profesi sebagai profesional trainer di sini. Di mana melalui ALT inilah Meuthia telah banyak memberikan pelatihan dan motivasi untuk staf dan manajerial level berbagai perusahaan besar dengan mengajarkan cara mengubah hidup dengan gelombang alpha.


Meuthia Z Rizki


Selanjutnya dari banyak memberikan motivasi ini, Meuthia berpikir jika sharing-nya tentu akan lebih berguna jika bisa disebarluaskan pada banyak orang di luar sana dan bukan hanya peserta pelatihannya saja. Karena itulah ia memutuskan untuk menuliskannya dalam buku yang bertajuk Pikiran Adalah Kunci ini.

Buku ini sendiri sejatinya adalah buku kedua yang ditulis Meuthia setelah sebelumnya ada buku Aku, Edisi Baru! yang diterbitkan oleh Artha Kreasi Aksara pada 2015. Sementara ada juga buku biografi tentang dirinya yang ditulis oleh Alberthine Endah dengan judul Memeluk Mimpi, Mendayung Harapan  yang diterbitkan pada tahun 2012 oleh Transmedia.

Peluncuran Buku "Pikiran Adalah Kunci"



Meuthia Z Rizki


Pada acara peluncuran buku sore itu, Meuthia juga menyampaikan beberapa hal terkait latar belakang penulisan yang based on true story ini. Ia disebutkan sebagai anak yang penyakitan dan gagap hingga usia remaja. Saat dewasa, ia mengalami kebangkrutan hingga depresi ketika melahirkan kedua anaknya. Selanjutnya ia menyadari bahwa rangkaian peristiwa yang dialaminya ini disebabkan oleh kelemahannya dalam memberdayakan pikiran.

Tak hanya itu di acara yang dihadiri juga oleh beberapa orang yang menginspirasinya ini Meuthia juga menyampaikan:

"Membaca buku ini membuat Anda belajar bagaimana membangun kembali hidup sesuai dengan apa yang ingin Anda wujudkan. Cerita dan langkah-langkah di buku ini bisa menjadi petunjuk bagaimana Anda semestinya melangkah. Layaknya GPS yang bisa mengantarkan Anda ke tempat tujuan dengan cepat dan tepat, buku ini akan membantu Anda mendapatkan kembali hidup Anda dan menjadikannya lebih baik dan semakin baik dengan cara yang menyenangkan"



Meuthia Z Rizki


Oh ya, acara juga disisipi pembacaan Al Fatihah bersama untuk mendoakan Ibu Ani Yudoyono yang sedang berjuang melawan penyakit kanker di Singapura. Memang buku Pikiran Adalah Kunci ini, kata pengantarnya ditulis oleh Ibu Ani.

Kemudian di acara yang sama Meuthia juga menceritakan sekilas tentang kisah hidupnya -yang ditulis di buku biografinya oleh Alberthiene Endah- bahwa ia yang sebelumnya pernah mengalami masa sulit bisa bangkit dan menjadi inspirasi bagi banyak orang. Keajaiban kebangkitan itulah diantaranya yang ia tuangkan dalam buku ini.

Di mana ini membuatnya menyimpulkan:

"Selain keberhasilan dan kesuksesan, di  buku ini Anda juga bisa belajar dari kesalahan saya agar Anda tidak perlu menghabiskan waktu menjalani hal yang sama. Mengontrol pikiran, menggunakannya dan memberdayakannya dengan optimal adalah rahasia seluruh manusia di bumi yang sudah mencapai kesuksesannya"


Meuthia Z Rizki


Resensi Buku Pikiran Adalah Kunci


Judul Buku: Pikiran Adalah Kunci
Penulis: Meuthia Z Rizki
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbit: 11 Maret 2019
Tebal: 176 halaman
Cover: Softcover
Ukuran: 13,5 x 20 cm
ISBN: 978-602-06-2747-2
Genre: Self Improvement (21+)
Harga: Rp 95.000,-


Buku berwarna sampul dasar putih dengan tulisan warna hijau dengan menyematkan foto diri penulisnya ini diawali dengan beberapa endorsement dari beberapa tokoh, diantaranya adalah Prasetya M. Brata, The Indonesia Mind Provocateur, Leadership Transformation Coach, Neuro-Semantics Trainer, yang menyebutkan:

"Mbak Meuthia ibaratnya tidak hanya MENGUASAI ilmu tentang "berkuda" tetapi juga piawai "berkuda" dan berhasil mencapai garis finishnya. Maka buku ini amat sahih untuk menjadi acuan praktik-praktik hidup kita"



Meuthia Z Rizki


Kemudian setelah keterangan buku, kata pengantar, daftar isi dan ucapan terimakasih kita langsung diajak jlebbb dengan ulasan di bab pertama yang intinya mengingatkan bahwa hidup itu sejatinya tergantung pada isi pikiran kita. Juga bahwa hidup selayaknya menjadi perjalanan yang menyenangkan dalam mencapai tujuan dengan penuh kemudahan, ketenangan dan keberuntungan.

Di pembahasan selanjutnya dengan menyertakan banyak contoh sejarah hidup yang dilalui, menyimak perjalaan dan kutipan banyak tokoh ternama dunia serta mengaitkan dengan ajaran dalam agama, Meuthia mengajak pembacanya untuk meyakini bahwa, "Apapun yang Anda simpan dalam pikiran cenderung kuat terjadi pada kehidupan. Sehingga jika Anda ingin mengubah keadaan, ubahlah terlebih dahulu isi PIKIRAN".


Meuthia Z Rizki


Meuthia tak lupa juga mengingatkan agar kita senantiasa merawat pikiran diantaranya dengan berprinsip pada semboyan "Jika enak telan! Jika tidak enak, buang!" Di mana kaitannya adalah bahwa pikiran itu bisa diperintah! Dan dengan melatih pikiran dengan terus menghadirkan perasaan positif maka lama-kelamaan kita akan mendapatkan kembali hidup dan menjadikannya lebih tenang, mudah dan penuh keberuntungan.

Meski demikian Meuthia mengingatkan kita untuk tetap berdoa dan berbaik sangka pada Tuhan yang memiliki kalimat sakti Kun fayakun yang artinya "Jadilah, maka terjadilah ia". Juga tak lupa akan sabda Rasulullah SAW agar kita, "Berdoalah kepada Allah dengan keyakinan. Ketahuilah bahwa Allah tidak menerima doa dari hati yang lalai dan bermain-main"


Meuthia Z Rizki
Meuthia Z Rizki bersama Dionisius Wisnu - PR PT Gramedia Pustaka Utama


Akhirnya buku yang ditutup dengan berbagai testimoni dari peserta Alpha Life Transformation ini menyimpulkan blurb yang tercantum di halaman belakang, yakni,"

"Apakah nasib seseorang ditentukan oleh tingkat kepintarannya? Pendidikannya? Keluarganya? Ternyata bukan, melainkan bagaimana isi pikiran orang tersebut.

Pikiran memiliki kekuatan dan Anda sudah memilikinya sejak bayi. Hidup Anda diisi berbagai pengaruh dari luar yang Anda ijinkan tinggal di pikiran Anda. Hingga terbentuklah realitas hidup yang Anda hadapi sekarang. Entah menyenangkan atau kurang menyenangkan, enak atau kurang enak, sukses atau belum sukses semua itu adalah hasil pikiran Anda.

Apa pun masalah Anda, PIKIRAN-lah solusinya."


Tentang Gramedia Pustaka Utama


Sejak didirikan pada tahun 1974, Gramedia Pustaka Utama telah menjadi salah satu penerbit terkemuka di Indonesia. Rumah bagi banyak buku dan penulis pemenang penghargaan selama lebih dari 40 tahun. Dengan fokus terbitan pada buku-buku fiksi, nonfiksi, buku anak dan buku masak, jumlah buku yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama telah mencapai 1.500 judul per tahun. Di mana diantaranya banyak yang menjadi bestseller serta menerima penghargaan nasional dan internasional. 

Saat ini, dengan lebih dari 30 ribu judul buku yang dimiliki serta jalinan kerja sama dengan lebih dari 200 penerbit asing terkemuka di seluruh dunia, Gramedia Pustaka Utama telah berhasil mengukuhkan posisi sebagai salah satu penerbit buku terbaik di Indonesia



Meuthia Z Rizki


Nah, buku yang bisa dibaca dalam sekali duduk ini memang layak jika mengklaim diri sebagai: Solusi hidup lebih mudah, tenang dan penuh keberuntungan. Karena membacanya memang membuat kita merasa bahwa benar adanya jika pikiran adalah sumber keajaiban maka seharusnya digunakan. Juga bahwa semua manusia punya bekal yang sama untuk mencapai kesuksesan karena semua dibekali Tuhan dengan kekuatan pikiran. Yang utama adalah bagaimana kita merawat pikiran dengan membiasakan berpikir positif dan selalu bersyukur atas semua pencapaian.

Jadi sudahkan dirimu menggunakan pikiranmu? Yuk, baca saja buku Meuthia Z Rizki ini untuk mendapatkan insight baru tentang itu!😍



Meuthia Z Rizki
FB: @MeuthiaZRizki | IG: @MeuthiaZRizki | Email: MeuthiaZR@gmail.com

Gramedia Pustaka Utama
FB: Gramedia Pustaka Utama | Twitter: @bukugpu | IG: @bukugpu 





Selamat Membaca

Dian Restu Agustina



49 comments:

  1. Buku yang bagus nih... Apalagi pengantarnya ibu Ani. Insyaallah kalau ke Gramedia mau cari buku ini sebagai koleksi buku2 ku... pastinya juga harus dibaca nih...

    ReplyDelete
  2. Memang kalau kita bisa bangkit dari kegagalan, dan bisa share lagi bagaimana proses kita ketika bangkit dari keterpurukan itu sesungguhnya kita tidak hanya sukses dalam melalui ujian, tetapi berhasil berbuat kebaikan dengan memompa semangat sesama yang memiliki masalah serupa.

    Oya, semoga Ibu Ani juga lekas sembuh ya.

    ReplyDelete
  3. Mungkin ini buku yang saya cari-cari ini, betul sekali pikiran sangat berpengaruh sekali terhadap power yang ada didalam diri kita dalam mencapai prestasi3 dalam hidup.

    ReplyDelete
  4. "Jika hidup Anda begini-begini saja, itu karena cara berpikir Anda begitu-begitu saja."

    Quote ini jleb banget, Mbak. Semua dimulai dari pikiran, ya. Btw, keren deh sampe Bu Ani yang ngasih pengantar. Ikut mendoakan beliau agar cepat sembuh. Amin.

    ReplyDelete
  5. berpikir positif tuh emang enak, hati ringan, ga banyak pikiran, tidur juga nyenyak. Bener banget, kalau ga suka yaudah buang aja, ga usah dipikirin

    ReplyDelete
  6. Inspirasi yang bagus sekali dari mbak Meuthia, saat pikiran bekerja untuk menggapai impian, maka perilaku kita akan mengarah ke sana ya mbak😊
    Semoga ibu Ani bisa segera sembuh ya mbak....

    ReplyDelete
  7. suka seklai dengan quote quote yang adadi dalam buku ini kak dian.ngenasekali.aku plaing suka quote yang keras tapi realistis kayak begini. keren ini buku. baru tahu jugasoal meuthiaz riski .kemana ajalah aku

    ReplyDelete
  8. Inilah yang akan membuat kita sedih sekali karena pikiran kita sendiri yang melemahkan semuanya.

    Pikiran yang baik akan berdampak pada diri sendiri dan masa depan kita

    ReplyDelete
  9. Pasti jadi pengalaman seru bisa hadir di lauching buku seperti ini.Dari judul dan qoutenya keren ya. Jadi tertarik juga buat bacanya

    ReplyDelete
  10. Kenapa ya Mba Dian aku perhatikan. Biasanya para penulis atau seorang motivator itu kebanyakan dari kalangan pembisnis gitu. Tapi apa yang mereka sampaikan itu memang dibutuhkan banyak orang terutama soal cara berpikit ini. Aku penasaran juga ama buku yang ini. Soalnya aku lagi butuh buku2 tipe kayak gini buat nambah motivasi

    ReplyDelete
  11. Dua buku pertamanya saya udah punya, mba Dian..
    Saya kebetulan juga salah satu downline jauhnya di kedalaman hehehe..
    Btw untuk mendapatkan buku ini dimana mba?
    Di Gramedia ada?

    ReplyDelete
  12. waah aku suka buku model kaya gini... yg bikin qta selalu positif thinking.... dati kita berpikiran positif ada energi yg mengalir buat menjalani hari2 ya... mupeng bgt... mau tau caranya gmn kita hrs berpikiran yg baik biar jg tetap sehat kan

    ReplyDelete
  13. Setuju daku dengan buku kak Meuthia ini, kalau pikiran itu baik maka berdampak baik pula, pas dengan judulnya

    ReplyDelete
  14. Boleh bnget nih bukunya jadi mau punya,, bisa bikin semangat dn nambah motivasi pastiny bner Pikiran adalh segalanya klo otak bilang sukses pasti sukses y

    ReplyDelete
  15. Cocok nih bukunya buat segera dibaca, lagi butuh asupan semangat soalnya

    ReplyDelete
  16. Jadi ini tuh semacam mindset gitu ya mbak, karena apa yang kita pikirkan itu adalah yang akan mempengaruhi kita juga. Secara tidak sadar akan mempengaruhi bawah alam sadar kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jadi penasaran ingin membaca isi buku ini. Semoga sudah ada di toko buku ya.

      Delete
  17. Pikiran memang kunci ya Mbak. Klo kita mikir, kita bisa pasti sesuatu itu pun bisa tercapai, apapun itu caranya bagaimana tantangannya akan dihadapi dengan suka cita. Duuuh, bukunya daging banget ini. Noted to wishlist daahh.

    ReplyDelete
  18. Setuju banget nih sama pemilihan judul bukunya. Karena memang biasanya hal-hal yang kita lakukan itu erat terkait dengan pikiran kita atas hal tersebut

    ReplyDelete
  19. Bukunya bagus, related sama kehidupanku sekarang. Selalu berpikiran kok hidup gini-gini aja, padahal memang harusnya kita mulai mengubah cara berpikir kita. Menarik.

    ReplyDelete
  20. Aku setuju banget sama buku ini, pikiran adalah kunci, kadang kita ngerasa bahwa diri kita ngga bisa, padahal mampu, tapi kadang pikiran kita yg bikin kita gagal :) bagus banget bukunya buat self development, nanti aku nyari ah di toko buku

    ReplyDelete
  21. setuju bgt..cara berfikir kita harus selalu positif ya biar positif juga dalam menjalani hidup

    ReplyDelete
  22. Aku selalu suka buku based on true story seperti ini. Memotivasi, menginspirasi.
    Jadi kuncinya adalah pikiran ya, bagaimana kita berpikir dan mengontrol pikiran kita itu menentukan masa depan kita nantinya.

    ReplyDelete
  23. Saya jadi sedih pas lihat foto ibu Ani. Semoga beliau lekas sembuh. Aamiin.

    Setuju kalau pikiran adalah kunci. Makanya penyakit bisa banyak datang kalau banyak pikiran juga

    ReplyDelete
  24. Seneng sama quotes2 nyaa..
    Iya bener mba,pdhl gratis ya berpikir positif hehe. Aku suka baca buku kayak gini.penasaran..

    Kita adalah apa yg kita pikir yaa mbaa.. noted deh. ^^ makasih sharingnya mbaa

    ReplyDelete
  25. Asyik ya mbak bisa langsung datang pas launching bukunya, dapat cerita-cerita soal buku ini langsung dari penulisnya. Kalau saya jujur bukan yang demen sama buku-buku motivasi, tapi buku ini cocok lah dikoleksi buat penyuka genre buku motivasi 😁

    ReplyDelete
  26. Ini buku cocok buat emak yang suka nyalahkan keadaan eksternal kalo lagi emosi. Pasti banget karena emang kitalah pengendali diri, pengendali pikiran dan perasaan sendiri. Sejalan dengan ilmu NLP juga. Ah mau nyari deh ke Gramed, aku suka buku tema seperti ini mbak. Makasih sudah menuliskan reviewnya :)

    ReplyDelete
  27. Setuju banget!!! Pikiran memang kunci dari segalanya. Semuaaa yang dirasakan hati dan tubuh kita, semuanya berasal dari pikiran. Bahkan orang sakit pun, yang bisa mengontrolnya adalah pikiran kita.

    ReplyDelete
  28. Bagus banget ni bukunya, jleb banget..iya pikiran adalah kunci, makanya kita sering disuruh be happy dan no stres sama dokter ya biar cepat sembuh

    ReplyDelete
  29. Pikirkankanlah dengan sebijaksana mungkin bagaimsna kita akan mampu memerintah otak kita utk mengarah ke ke pikiran2 yg positif demi kemajuan dan masa depan yg cemerlang. Kendalikan pikiran utk memaksimalkan hal2 yg positif. Pernah baca kitanini harus memerintah otak kita, tanpa diperintah otak akan pasif menggerakkan pikiran.

    ReplyDelete
  30. Bener juga ya, sesuai dengan prinsip : you are what you think. Saat kita bilang kita akan sukses, tentu akan ada segala macam tahapan yang rela kita tempuh untuk mencapainya. Beda lagi kalau orang bilang : ya udah segini aja udah cukup. Ya maka akan sebesar itu pula porsi yang didapatkannya. Allah kan memberikan semuanya sesuai persangkaan umatnya ya kalau tidak salah.

    ReplyDelete
  31. Sangat setuju, Mbak. Pikiran adalah kunci. Karena dari pikiran kita bisa bertindak dan melakukan sesuatu.

    Sepertinya buku ini sangat menarik, saya harus punya segera nih buku Karya Mbak Meuthia Z Rizki.

    ReplyDelete
  32. Buku yang sangat bagus ya. Pikiran kita kadang-kadang suka liar, fokus ke hal-hal yang tidak perlu dan bahkan negatif. Akibatnya buruk bagi kehidupan. Dengan melatih pikiran seperti dalam buku ini, Semoga selalu fokus untuk hal-hal yang hanya berisi kebaikan

    ReplyDelete
  33. eh ini saya yg terbitin, kok saya lupa. hehe. becandaaa. bagus banget nih bukunya. beruntung bisa hadir di peluncuran bukunya jadi bisa tahu lebih awal kisi2 isinya dan makin penasaran pengen beli

    ReplyDelete
  34. Wah bukunya memotivasi banget ya. Belajar mengontrol pikiran, termasuk kalau sudah berbuat salah. Jangan tenggelam dalam kesalahan ya.

    ReplyDelete
  35. Mbak Muthia Rizki ini role model banget pas masih MLM-an. Langkah-langkah dan ketekunannya sangat menginspirasi. Bener-bener patut ditiru dalam bidang apapun yang sedang kita geluti. Jadi bloger pun, kayaknya kita musti punya mindset kayak beliau.

    ReplyDelete
  36. Waah materi bukunya bagus banget. Memang kalau mau hasil yg baik harus diawali dari pikiran dan prasangka baik dulu, secara nggak sadar sudah beberapa kali saya mengalaminya :)

    ReplyDelete
  37. Our mind is indeed a powerful tool! We have to master it! Penasaraaan deh dengan buku iniii

    ReplyDelete
  38. Ini mba Muthia yang terkenal itu ya, keren ternyata udah menerbitkan buku lagi ya.
    Dan aku setuju dengan tulisan yang bikin makjleb di halaman awal itu. Yang bikin seseorang stagnan di posisinya adalah karena dia merasa paling sengsara. Pikiran adalah kunci, itu bener banget. Makanya aku selalu berpikir yang positif, menjadi terapis bagi diri sendiri bahwa kita adalah pribadi yang sukses

    ReplyDelete
  39. Mba Dian aku langsung ketampol banget bagian "kalau hidup kamu begini2 saja mungkin cara berfikirnya juga yang begitu-begitu saja" desrait bangett jadi pengen beli dan baca bukunya

    ReplyDelete
  40. Ini buku sepertinya kudu dimiliki oleh semua emak pelaku bisnis online deh. Khususnya saya. Masukkan daftar hunting ah. Makasih Mak reviewnya.

    ReplyDelete
  41. Berarti sebenarnya yang merusak dan membuat diri ini gak ada kemajuan, adalah diri kita sendiri yaa...
    MashaAllah~

    Sering ngliat gosipan niih...juga ngefek ke pola pikir kita looh...
    Jadi stop ghibah, gitu yaa...
    Huuhuu~

    ReplyDelete
  42. Bener banget ya mba, pikiran kita itu powerful dan berpengaruh sangat sama apa yang kita lakukan di kehidupan

    ReplyDelete
  43. Dalam Kontes SEO ini, hadiahnya pun beraneka ragam, mulai ratusan ribu sampai jutaan, kadang kala berhadiah produk yang sedang ada event blog competition tergantung dari penyelenggara kontesnya.

    ReplyDelete