4 Tips Mengatasi Telinga yang Sakit Saat di Pesawat



Teman...., biar perjalanan kamu di pesawat semakin nyaman, yuk ikuti beberapa tips berikut untuk mengurangi risiko telinga sakit atau pengang!


tiket pesawat traveloka




Halo Hola!

Apa dirimu pernah merasa telinga terasa pengang, sakit atau tersumbat selama berada di pesawat? 

Duh rasanya enggak enak banget yaaak?

Tapi, jangan khawatir ya, itu bukan kenapa-kenapa! Hal ini umum dirasakan ketika berada di pesawat karena tekanan udara yang memengaruhi telinga. Perubahan ketinggian dan tekanan udara yang terjadi secara drastis dalam waktu singkat membuat telinga kita tidak sempat beradaptasi untuk menyamakan tekanan udara di dalam dan luar telinga.

Dan, tidak hanya pada orang dewasa, telinga yang sakit selama di pesawat juga rentan dialami oleh anak kecil dan bayi. Tapi meski keadaan ini umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan, tapi bukan berarti bisa kita remehkan! 

Dalam kasus yang jarang terjadi, perubahan tekanan udara yang sangat drastis bisa menyebabkan sakit telinga parah dan kehilangan pendengaran karena gendang telinga yang pecah.

Hiiii, ngeri juga yaaa?🙈

Nah, biar perjalanan di pesawat semakin nyaman, yuk ikuti beberapa tips berikut untuk mengurangi risiko telinga sakit atau pengang!

  1. Makan permen karet, keripik, atau permen keras. Gerakan mengunyah dan menelan yang kita lakukan akan membantu telinga mengatur keseimbangan tekanan udara. 
  2. Tutup mulut dan cubit hidung, lalu telan ludah beberapa kali sampai telinga terasa membaik.
  3. Tutup mulut dan cubit cuping hidung  dengan jari telunjuk atau ibu jari, lalu denguskan udara kuat-kuat lewat hidung. Lakukan berkali-kali hingga telinga pengang lagi. Tapi ingat, langkah ini tidak bisa diterapkan kalau dirimu sedang pilek atau flu karena akan mendorong kuman masuk menuju telinga dalam.
  4. Minum air putih. Cara ini juga mampu membantu meringankan telinga yang sakit, tersumbat, atau pengang. Karena mudah, aman dan anak kecil pun bisa menerapkan.

Tuh kan, udah ada tipsnya  untuk mengurangi risiko telinga sakit atau pengang ternyata. Jadi enggak perlu khawatir lagi sekarang kalau naik pesawat yaaa!

Apalagi beli tiket pesawat juga semakin aman dan mudah. 

Pakai saja aplikasi Traveloka yang bisa kasih kita beragam pilihan fitur tambahan penerbangan dan promo yang menguntungkan. 

Sudah ah..enggak usah pakai lama, yuk berangkat kita!😎


Happy Traveling

Dian Restu Agustina

22 comments:

  1. Wow tipsnya akan di ingat walaupun kita sekeluarga belum pernah naik pesawat hehe.

    ReplyDelete
  2. Iya kdg suka berasa pengeng alias budeg dikit ya... Sy jg kadang suka nelen ludah berkali"buat ngilangin rs ga nyaman itu... Wh mkn permen karet jg bs ya ternyata... Thx yah tipsnya mbaaa. 😀

    ReplyDelete
  3. Teringat pengalaman pertama naik pesawat memang telinga terasa budak. Saat itu saya "mengobatinya" dengan menguap lebar lebar hehehe... Alhamdulillah sih bisa segera "normal" lagi telinganya

    ReplyDelete
  4. Dulu awal naik pesawat gitu, telinga terasa berdenging, dada deg2n semacam kaki ga numpu di lantai trus takut jatuh hahahah

    Dan emang makan permen karet beneran membantu sih, membantu telinga jadi ga sakit dan juga membantu mengurangi rasa takut naik pesawat hehehehe

    ReplyDelete
  5. Wah bisa di coba nih tipsnya, aku paling ngeri saat naik pesawat lalu twlinga jadi sakit, makasih mbak Dian tipsnya.

    ReplyDelete
  6. Iya saya pernah merasakan pengang begitu, solusinya adalah biasanya saya menerapkan yang tips (1), mba..

    ReplyDelete
  7. Saya biasanya mengunyah permen. Tetapi, paling kasihan kalau udha bayi yang sakit telinganya. Mungkin itulah kenapa harus dikasih ASI atau susu saat take off, ya

    ReplyDelete
  8. Saya bari tau nih tipsnya, dan yang paling mudah minum air putih ya :D terima kasih mba tipsnya, siapa tau saya naik pesawat bisa saya praktekan :D

    ReplyDelete
  9. Beberapa tips diatas yang sering aku lakukan adalah makan permen dan menutup mulut dengan memencet hidung lalu menelan ludah. Ini semacam kegiatan wajib didalam pesawat ya mbak. Yang paling gak enak itu kalau flu terus kita naik pesawat, ini aku pernah dan ya Allah sakit sekali.

    ReplyDelete
  10. Aku pernah beberpa kali ngalamin sakit telinga ketika sedang naik pesawat. Biasanya pas aku lagi sakit flu. Kalau lagi normal sih alhamdulillah ngga pernah ngerasain sakit. Tapi iya aku setuju mba yang banyak minum air putih, agar tidak dehidrasi juga kita nya. Cuzzz lah yuuk kita berangkat jalan-jalan pakai pesawat ..tentu tiket nya pesan di traveloka dong ehehe

    ReplyDelete
  11. Ya ampun, bener ini, penyakitku kalau naik pesawat ya kuping pengang. Ga enak banget deh rasanya. Biasanya yg aku lakukan mangap2 sambil acting ngunyah sesuatu. Padahal mah tinggal ngunyah cemilan aja ya. Lain kali mau prepare permen karet ah.

    ReplyDelete
  12. Aku pernah alamin pas gondongan mb Dian harus naik pesawat dan aku pilih makan permen karet alhamdulilah ga sakit wkwkk

    ReplyDelete
  13. Pas banget mba, aku sendiri juga pernah ngalamin kayak gini. Dan, nomor 2 pernah aku coba waktu itu, tujuannya biar "stabil" lagi, hahaha. Ternyata ada alasannya toh, padahal waktu itu aku ngasal aja tutup mulut sama cubit hidung hehee. Thanks ya Mba Dian Infonya.

    ReplyDelete
  14. CaraCcaranya bener banget mba, pernah aku praktikan beberapa hehe. Tapi kalo Utk bayi gimana yah? XD

    ReplyDelete
  15. nah bener nih poin pertama, aktifitas mengunyah memang bisa mengurangi ras sakit di telinga ya mba. kalo buat bayi bisa disusui biar gak sakit kupingnya hehehe

    ReplyDelete
  16. Mantul nih tipsnya, hal sepele yang suka bingung gimana cara mengatasinya. Makasih mbak infonya..

    ReplyDelete
  17. Kalau saya biasanya makan permen karet. Sudah sedia sebelumnya karena memang telinga saya bakalan berdengung, sakit dan bikin saya bete pastinya...

    ReplyDelete
  18. inget pengalaman pertama kali naek pesawat telingaku mau pecah rasanya. udah pake segala cara gak ilang-ilang juga sakitnya. Huhuhu.. pengen pingsan rasanya waktu itu. Hampir 15 menit lebih tersiksa, untungnya segera landing. Hff... untungnya cuma sekali aja ngerasain kayak gitu. sekarang udah nggak pernah lagi.

    ReplyDelete
  19. Wah, terima kasih tipsnya. Terutama anak anak nih ya bisa rewel dan nangis banget, orang dewasa saja bisa ga nyaman dan bete

    ReplyDelete
  20. Kalau buat bayi gimana ya mbak Dian? Disusuin kah? Karena rencana akhir tahun nih mau ke luar pulau jawa dan udah punya baby usia 4 bulanan insya Allah. Jadi aku agak khawatir juga sih mau bepergian naik pesawat.

    ReplyDelete
  21. Iyaa mbak akupun pernah mengalaminya huhuhu. Kalau bayi lebih kasian yaa. Makanya pas naik atau turun, anakku aku suruh makan atau minum hehe

    ReplyDelete
  22. Anakku tuh selalu saja nggak nyaman kalau naek pesawat karena nggak nyaman. Makanya biasanya saya bawa penutup telinga, mba

    ReplyDelete