Liburan Hemat ke Solo? Ini Dia Tipsnya!


Teman-teman, jika dirimu masih kebingungan akan kemana saat liburan depan, mungkin Kota Solo bisa jadi pilihan. Pasalnya, Kota Solo adalah destinasi yang memiliki beraneka pilihan wisata. Bahkan bisa dibilang, semuaaa ada!

Kota yang dikenal juga sebagai Kota Surakarta dan memiliki slogan "The Spirit of Java" ini memang kental dengan sejarah dan budaya yang memang jadi tujuan wisatawan saat mengunjunginya.


Liburan Hemat ke Solo
pic by: surakarta go id


Mengapa Harus Berwisata ke Solo? 



Tapi, tak hanya itu, Kota Solo juga memiliki banyak alasan sehingga layak untuk dijadikan tujuan, diantaranya:


1. Mudah Aksesnya

Terletak di provinsi Jawa Tengah, Kota Solo mudah didatangi baik dengan menggunakan pesawat, kereta api, bus maupun kendaraan pribadi. Semua moda ini terhubung dari berbagai kota di Indonesia sehingga tak ada alasan untuk tidak bisa menjangkaunya.

2. Murah Meriah

Berwisata ke Kota Solo tak akan membuat tabungan mengering karena rata-rata harga di sana yang masih sangat miring. Baik itu harga penginapan, makanan, cinderamata juga tiket masuk destinasi wisata. Dijamin deh terjangkau semua biayanya!

3. Aneka Wisata

Mau destinasi wisata alam, sejarah, budaya, belanja maupun kuliner yang melegenda, ada tersedia!

4. Kental Budayanya

Dengan 2 keraton yang dimilikinya: Keraton Surakarta Hadiningrat dan Pura Mangkunegaran, Kota Solo menjadi pusat budaya Jawa dengan segala hasil budaya dan kearifan lokalnya. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri karena tak akan ditemui di lain destinasi.

5. Keramahtamahan Penduduknya

Lekat dengan budaya Jawa yang kental, Kota Solo terkenal dengan keramahtamahan penduduknya. Maka jangan heran jika wisatawan akan mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat.


Dan......, dari semua alasan ini, maka tak heran banyak wisatawan yang mengunjungi Kota Solo lagi dan lagi. Sementara yang belum pernah ke sini, jadi penasaran ingin juga mendatangi.


Keraton Surakarta Hadiningrat (pic by Traveloka)

Tips Liburan Hemat ke Solo


Nah, meski biaya wisata ke Kota Solo sudah tergolong murah, kita masih bisa lho menghematnya dengan beberapa cara.

Mau tahu? Ini dia...:


1. Buat Itinerary Sebelumnya

Buatlah rencana perjalanan sebelumnya sehingga akan memudahkan kita selama di sana. Googling segala info yang terkait dengan Solo, tentukan mau kemana saja dan akan berkegiatan apa kita nantinya.

Dengan itinerary sebagai panduan, tentu kita bisa berhemat waktu, tenaga dan biaya karena sebelumnya sudah ada rencana.

2. Pesan Penginapan Sederhana

Pilihlah budget hotel untuk menginap selama di sana. Karena tujuan kita traveling, pastinya kita bakalan keliling. Maka, jangan sampai biaya hotel ini membebani anggaran liburan kita. Pilih saja penginapan yang sederhana asalkan aman dan nyaman untuk jadi tempat selonjoran setelah seharian jalan-jalan. Dan, alihkan biaya penginapan ke pos lainnya.

3. Wara-Wiri Pakai yang Murah Saja

Selama di Solo, gunakan alat transportasi umum untuk wara-wiri demi menghemat biaya. Adalah Batik Solo Trans (BST) yang tarifnya sangat bersahabat; hanya Rp 4.500 saja untuk bis ber-AC dan Rp 4.000 untuk bis non-AC. Enggak perlu khawatir, rutenya beragam kok, mencapai 8 koridor perjalanan di seluruh kota. 

Dan, jika tempat yang dituju tidak termasuk dalam rute itu, kita bisa menggunakan jasa transportasi online yang kini juga sudah tersedia di sana untuk mencapai lokasinya.

Atau alternatif lainnya dengan menggunakan becak jika lokasi tujuan dekat atau motor/mobil sewaan jika memang diperlukan.


Liburan Murah ke Solo
Batik Solo Trans (pic by: id wikipedia org)

Nah, untuk rute BST adalah sebagai berikut:

Koridor 1 melayani rute dari Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo–Palur.
Koridor 2 melayani rute dari Kartasura–Palur via Terminal Tirnonadi.
Koridor 3 melayani rute Palur–Kartasura via Pasar Klewer.
Koridor 4 melayani rute Kartasura–Solo Baru.
Koridor 5 melayani rute Mojosongo–Solo Baru.
Koridor 6 melayani rute Kadipiro–semanggi.
Koridor 7 melayani rute Palur–Solo Baru.
Koridor 8 melayani rute Palur–Kartasur.

4. Datang Saat Ada Event Budaya

Solo memiliki beragam upacara adat dan festival budaya. Tentu akan makin seru jika kita bertandang di saat sedang dihelat acara itu. Ada Solo Batik Carnival, Grebek Sudiro, Gebyar Balekambang, Festival Dalang Cilik, Imlek Festival, Kampung Ramadhan, Bakdan Neng Solo, Solo Keroncong Festival, Kirab Malam Satu Suro, Semarak Singo Barong....dan masih banyak lagi event budaya menarik lainnya.

Cari tahu kapan helatan event budayanya dan cuss.....kunjungi Kota Solo saat acaranya.

5. Pilih Kuliner Hemat

Kuliner Kota Solo hanya ada dua: enak dan enak bangeeeets. Misalnya ada nasi liwet yang memang khas kota ini dan dijajakan di banyak tempat sehingga mudah ditemui. Sajian nasi yang gurih dilengkapi dengan suwiran ayam, telur, sayur labu siam, tahu bumbu kuning dan santan kental. Hmmm, mantul sekali! Apalagi disajikannya beralaskan daun pisang. Duh, bisa enggak mikir lagi berapa kalori hihihi...(Nambah aja gapapa dan lupakan diet untuk sementara.😁)

Selain itu ada menu khas lainnya diantaranya: tengkleng, timlo, serabi, pecel, gudeg ceker, sate buntel, aneka jajanan pasar dan lainnya. Kesemua menu itu harganya sangat ramah di kantong, pokoknya enggak bakal pulang-pulang bikin bolong!

Tanyakan saja ke petugas penginapan atau browsing kuliner nikmat dan hemat di dekat situ. Meski, tetap harus cermat memilih tempat makan agar kesehatan tetap terjaga selama di sana.

6. Naik Bus Sajaaaa..!

Nah, ada banyak pilihan untuk menuju Solo. Kalau dirimu dari Jakarta pakai kendaraan sendiri kebayang capek nyetirnya, sementara naik pesawat berasa sekali kemahalan harganya, maka bus bisa jadi alternatifnya.

Tinggal pesan, bayar, di hari H berangkat dan nikmati perjalanan hingga sampailah ke tujuan.

Apalagi nih harga tiket bus Jakarta Solo sangat terjangkau, lho! Jadi makin hemat deh anggaran untuk biaya kendaraan, ye kan?


Batik Solo Carnival (pic by: jateng tribunnews com)


Nah, gimana, tertarik untuk segera ke sana?
Samaaaa!! Saya juga😁

Eh... atau kita barengan aja jalan-jalan ke Solo-nya? Yuks, kapan?😍



Selamat Berwisata

Dian Restu Agustina



22 comments:

  1. Terimakasih mbak infonya keren nih kapan aku sampai lagi ke sana? Waktu itu bareng-bareng soalnya

    ReplyDelete
  2. Aku pernah Solo Traveling ke Solo, Kak. Hehhee, untung dapat teman gara2 nongkrong di sebuah cafe.

    ReplyDelete
  3. Sama ... alasan2 di atas yang bikin aku dan suami pengen jelajah solo... Buat aku sih terutama soal murmernya itu lho qiqiqi namanya juga akuntan keluarga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAma..kalau sudah denger murmer, tertarik beneeer :D

      Delete
  4. Ini kampung halamankuuu, huehehe ... Serba murah memang kalau di sini. Tempat wisata nggak semelimpah Jogja, tapi begitu aja udah menyita waktu, lho. Di Pura Mangkunegaran bisa setengah hari. Suka terkesima diajak jalan-jalan dan mendengarkan ceritanya mbak guide. Di Kampung Batik Laweyan suka lupa pulang. Menikmati kulineran juga suka lupa kenyang, eh oups.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wooo, Mbak Melina Putri Solo to?
      Iya, engga habis seharian keliling ya..makan juga lupa kenyang jadinya hahah

      Delete
  5. Mbaak, aku kedepannya bakalan tinggal di kota ini. Mau eksplor lebih banyak lg. So far emang mureeeeh apa2 disini tuh. Makan 10rb aja udah kenyang banget + minum. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..10 ribu kenyang dan bergizi, di Jakarta cuma tempe sama nasi

      Delete
  6. Terimakasih artikelnya mbak, bisa jadi referensi ke Solo...

    ReplyDelete
  7. halo saya wong solo, wkwkkw. ngaku-ngaku. kalau pulkam pasti banget ke solo meski kampungnya di sragen, meski deket tapi ngakunya wong solo, wkwk. yang enggak pernah ketinggalan itu ke pasar klewer, cari oleh-oleh barang atau makanan pasti disana, murah-murah, hihi. jadi kangen ke solo ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh kelau ke klewer, suamiku sampai merengut itu..aku muteeeer aja hahaha

      Delete
  8. Paahal kalau lagi mudik Solo selalu kelewatan ya, sebelum Nganjuk. Tapi belum pernah berniat berner-bener berkunjung ke sini. KEcuali hanya cuci mata pas ke pasar klewer, itu pun karena ada acara dan diundang ke rumah teman. Dari Ngawi Solo juga dekat. Ah, kapan-kapan harus diniatkan buat berkunjung ke Solo ah. Yuk, mbak, kita pergi berdua. Hehehe

    ReplyDelete
  9. Satu atau dua tahun yang lalu jalan-jalan ke yogya lanjut Solo, Etapi cuma ke tempat Habib Novel aja. Belum sempat berwisata, euy. Semoga lain waktu bisa kesana lagi

    ReplyDelete
  10. Hayuuk Mb Dian bareng ke Solo, hihi.
    Ngarep.com
    Btw di Solo masih ada Pasar Klewer, kan ya?
    Ehh tentang BST boleh juga tuh dicoba mbak.

    ReplyDelete
  11. Langsung saya jawab: yuk bareng saya, hehe.
    Seneng deh baca tulisan Mbak Dian ini. Berasa lagi ngobrolin separuh hidupku, hihi.
    Sebelum pake mobil pribadi dulu, kami sekeluarga kalau ke Solo emang naik bus. Lebih nyaman, sih. Sedihnya sih gak bisa ngerasain nginep di hotel atau penginapan kalau pas di sana, heuheu... Dimarahin mertua nanti.
    Ah, jadi kangen Bakso Solo :D

    ReplyDelete
  12. Hobi jalan2 ya mak dian...solo lumayan deket lah dari daerah tempat tinggalku. Tapi ya masih hitungan jam

    ReplyDelete
  13. Belom pernah nyambangi Solo mba, padahal kalo Jogja bisa bolak balik. Padahal kesan pengen banget live liat Batik Solo Carnival sambil ngemil surabi Notosuman. Endolita.

    ReplyDelete