Minum Susu Saat Berbuka Puasa Itu Ternyata Banyak Manfaatnya!



"Susu sapi bisa menjadi salah satu pilihan untuk berbuka puasa. Karena memiliki banyak manfaat dan berperan penting dalam melengkapi kecukupan gizi kita.

Demikian disampaikan oleh dr. Rizal Alaydrus, MSc, pakar gizi, pada kesempatan 'Berbuka Bersama KIN Fresh Milk - Bersama KIN Fresh Milk #maKINnyamansaatRamadan', Kamis, 16 Mei 2019 di Harlequin Bistro, Jakarta.


Rizal Alaydrus
pic by KIN



Selanjutnya, Dokter Rizal menjelaskan bahwa tubuh akan memasuki fase berpuasa terhitung 8 jam setelah makanan dan minuman terakhir kita. Nah, jika kita berpuasa kurang lebih 13 - 14 jam dalam sehari, maka ada jeda beberapa jam saat perut dalam kondisi benar-benar kosong tak terisi. Karena itulah setelah seharian berpuasa, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Dan, minum susu bisa menjadi solusi.

"Mengonsumsi susu sapi dalam kondisi perut kosong justru baik sekali. Karena penyerapan gizi oleh tubuh kita akan lebih maksimal jadinya. Tapi, sayangnya tidak semua orang bisa meminum susu dengan nyaman saat perut dalam keadaan kosong begini. Sehingga pemilihan susu yang sesuai itu perlu sekali," imbuh Dokter Rizal lagi.

Hmmm...minum susu sapi saat berbuka puasa? Yang bener aja?
Bukannya bisa bikin enggak nyaman, mual, eneg dan kembung nantinya?
Terus apa maksudnya dengan minum susu yang sesuai itu ya?
Memang ada ya bedanya susu itu, bukannya sama saja?

Berderet pertanyaan membuncah di pikiran saya. Hingga seselesainya acara, baru saya temukan jawabannya!

Penasaran? Yuks, simak terus ya temanss...!

KIN Fresh Milk
KIN Fresh Milk - Susu dari Sapi A2

Pentingnya Menjaga Asupan Nutrisi Saat Berpuasa


Memang setelah berpuasa belasan jam lamanya, tubuh membutuhkan asupan yang tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga bernutrisi untuk menggantikan energi yang hilang seharian.

Sementara, sesuai dengan yang disarankan dalam ajaran agama, umat Muslim di Indonesia terbiasa mengonsumsi makanan atau minuman yang manis untuk berbuka puasa. Memang hal ini baik karena kandungan karbohidratnya akan mengembalikan energi tubuh kita. Tapi sebaiknya asupan yang dipilih juga kaya dengan nutrisi lainnya serta nyaman dikonsumsi setelah perut lama tak terisi.

Nah, susu bisa menjadi alternatif berbuka puasa yang baik sekali. Karena selain mengandung gula alami, susu juga punya lengkap nutrisi. Diantaranya, nutrisi makro yang terdiri dari protein, lemak dan karbohidrat. Juga, nutrisi mikro yang terdiri dari vitamin dan bermacam-macam mineral. Semua nutrisi inilah yang membuat susu baik untuk membantu menjaga dan mempertahankan kondisi tubuh kita selama berpuasa.


#maKINnyamansaatRamadan
 Host Dilla yang seru sekali saat membawakan acara


Lalu, Mengapa Kita Bisa Mual, Kembung dan Diare Setelah Minum Susu?


Pada kesempatan kali ini Dokter Rizal juga memaparkan penyebab gejala mual, kembung, dan diare setelah seseorang mengonsumi susu.

Ternyata ini terjadi karena kandungan beta casein A1 dalam susu yang bereaksi dengan protein lainnya di dalam pencernaan kita. Di mana hal ini akan memicu gejala yang menyerupai intoleransi terhadap laktosa. Maka, memilih susu sapi yang sesuai yakni mengandung protein A2 adalah solusinya.

Nah, susu sapi, pada umumnya memiliki kandungan protein A1 serta protein A2 dengan rasio 40 persen dan 60 persen. Tapi, saat ini, terdapat susu sapi yang hanya mengandung protein A2 lewat proses seleksi alami dengan tes DNA dan tanpa rekayasa genetika.

"Sehingga bukan berarti susu dengan protein A1 tidak baik. Hanya saja jika ingin nutrisi lebih mudah diserap dan tidak menimbulkan mual, sebaiknya mengonsumsi susu dari sapi A2. Karena kebutuhan tiap orang bisa jadi berbeda," demikian dipaparkan oleh Dokter Rizal panjang lebar.

Maka, berbuka dengan susu dari sapi A2 seperti KIN Fresh Milk ini baik sekali. Karena selain manisnya alami dan bernutrisi, juga tidak akan menimbulkan rasa tidak nyaman seperti mual atau kembung. Lantaran KIN Fresh Milk ini terbuat dari 100% susu dari sapi A2.


#maKINnyamansaatRamadan

Memangnya Apa sih Beda Susu dari Sapi A1 dan Susu dari Sapi A2? 


Lebih lanjut, Dokter Rizal menjelaskan Sapi A2 adalah sapi yang telah diseleksi khusus melalui tes DNA yang menghasilkan susu dengan kandungan protein A2. Yakni senyawa protein alami pada susu sapi yang mudah dicerna tubuh kita, hampir sama seperti komposisi protein dalam humanmilk alias ASI.

Sapi biasa pada umumnya menghasilkan susu yang mengandung Protein A1 dan Protein A2. Ratusan tahun yang lalu, sapi hanya memiliki gen A2 dan menghasilkan susu yang mengandung hanya Protein A2. Namun, seiring berjalannya waktu dan terjadinya mutasi genetik, saat ini banyak sapi yang menghasilkan susu yang juga mengandung protein A1.

Nah, bagi sebagian orang, protein A1 ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di perut seperti mual, kembung, kram perut, bahkan diare. Dan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa susu yang hanya mengandung protein A2, tanpa protein A1, lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Jadi perbedaan antara Sapi biasa dan Sapi A2 adalah:
  • Sapi biasa menghasilkan susu dengan kandungan Protein A1 yang dapat menyebabkan: mual, kembung, sakit perut
  • Sapi A2 menghasilkan susu dengan kandungan Protein A2 saja yang lebih mudah dicerna dan nyaman di perut sehingga: tidak mual, tidak kembung, tidak sakit perut

#maKINnyamansaatRamadan
pic by web KIN


KIN Fresh Milk Susu Segar dari Sapi A2


Adalah KIN Fresh Milk yang 100% berasal dari susu Sapi A2. Di mana diproduksi dengan tidak menambahkan atau menghilangkan apa pun dari susunya. Juga dipastikan semua sapi di peternakan KIN Fresh Milk adalah sapi dengan gen terbaik, karena sapi dengan gen terbaik menghasilkan susu yang lebih baik pula.

Peternakan KIN Fresh Milk adalah peternakan susu paling modern yang terletak di pegunungan Jawa Barat pada ketinggian 1350 meter di atas permukaan laut. Peternakan KIN Fresh Milk memiliki luas lebih dari 80 hektar dan dilengkapi dengan teknologi terkini yang memenuhi standar internasional dalam proses pemerahan, pemberian makan dan pengolahan susu.

Keamanan dan kehigienisan produk menjadi prioritas utama bagi KIN Fresh Milk dengan menerapkan standar quality control tertinggi. KIN Fresh Milk tidak pernah mencampur hasil susunya dengan hasil susu yang bukan berasal dari sapi di peternakannya dan mengemasnya ke dalam botol yang difasilitasi sendiri. Proses ini membuat KIN Fresh Milk dapat terawasi kualitasnya sehingga semua orang bisa mengetahui dan percaya dari mana asal mula produk KIN Fresh Milk.

Selain itu, tidak ada campur tangan manusia dalam proses pemerahan produk KIN Fresh Milk yang sudah otomatis dan juga tidak ada penggunaan bahan pengawet ataupun bahan tambahan lainnya ke dalam susu. KIN Fresh Milk adalah juga produk murni hasil alam yang terbaik sehingga semua orang dapat menikmati kebaikannya.


#maKINnyamansaatRamadan
pic by KIN

KIN Fresh Milk - Susu Berkelas dari Sapi Teratas


Selain itu KIN Fresh Milk terbuat dari 100% Australian A2 Cows. Di mana sapinya istimewa karena mereka hanya memiliki gen A2 dan menghasilkan susu yang lebih mudah dicerna. Juga sapinya dapat dipastikan mendapatkan nutrisi, kenyamanan, dan perawatan terbaik sehingga mereka menghasilkan susu dengan kualitas terbaik pula.


#maKINnyamansaatRamadan



Nah, untuk varian rasanya KIN Fresh Milk terdiri dari:

  • Full Cream

Rasa susu yang lembut, segar dan creamy dengan kandungan Protein hanya Jenis A2 yang lebih mudah dicerna dan nyaman di perut dan sangat cocok untuk dinikmati oleh seluruh keluarga setiap hari.

  • Chocolate

Rasa Cokelat selalu menjadi favorit di kategori susu. KIN Fresh Milk Chocolate kaya akan rasa cokelat yang kental dengan rasa manis yang pas, sehingga lebih enak dibandingkan susu cokelat lainnya.

  • Coffe

Satu-satunya susu segar dengan rasa kopi yang nikmat dan ringan, cocok dikonsumsi untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Di mana ketiga kualitas dan kesegaran produk terjamin karena proses pembuatan dan pengemasan adalah di salah satu pabrik susu di dunia dengan teknologi Aseptic Filling. Yaitu teknologi terbaik untuk produksi susu dalam kemasan botol yang memenuhi standar higienis dan terjamin kesegarannya.

Juga KIN Fresh Milk merupakan satu-satunya produk susu yang dikemas dalam botol dengan UV light barrier yang menjamin kualitas produk dan tidak mengandung bahan pengawet.


#maKINnyaman saat Ramadan
pic by KIN

Roadshow #maKINnyamansaatRamadan dengan KIN Fresh Milk


Nah, karena membawa banyak kebaikan bagi kesehatan tubuh kita, KIN Fresh Milk tak ketinggalan ingin membagikannya pada masyarakat Indonesia di bulan Ramadan yang mulia.

Seperti yang disampaikan pada kesempatan yang sama, oleh Tiffany Pratiwi Suwandi, Brand Manager KIN yang menjelaskan bahwa, “Kali ini, dalam rangka berbagi kebaikan susu Sapi A2, PT ABC Kogen Dairy mengadakan acara "Berbuka Bersama KIN" yang menjadi acara pembuka dari roadshow #maKINnyamansaatramadan dengan KIN Fresh Milk, yang akan dilakukan di Jakarta dan Bandung selama bulan Ramadan, sebagai bentuk sosialisasi dari manfaat dan kebaikan susu dari Sapi A2 ini."

Juga, lebih lanjut Bu Tiffany menyampaikan tujuan dari kegiatan ini yakni agar konsumen bisa berbuka puasa dengan menikmati KIN Fresh Milk yang manisnya alami dan kaya nutrisi untuk menggantikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa. Dan tentunya tidak perlu khawatir akan menyebabkan mual dan kembung karena hanya mengandung Protein A2 yang lebih nyaman di perut kita. 

"Selain itu, di kesempatan roadshow ini, KIN Fresh Milk juga mengajak masyarakat untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan dengan cara berbuka puasa dengan KIN Fresh Milk, dan turut berpartisipasi mendonasikan Rp 1.000,- melalui Rumah-Yatim.org untuk setiap botol yang dikembalikan, "lanjut Bu Tiffany.


KIN Fresh Milk
Dokter Rizal, Astrid, Bu Tiffany


Astrid Satwika: Susu Selalu Ada Sebagai Penyedia Nutrisi Keluarga 


Sementara Astrid Satwika, Social Media Influencer yang hadir juga pada acara Berbuka Bersama KIN Fresh Milk - Bersama KIN Fresh Milk #maKINnyamansaatRamadan mengatakan bahwa ia selalu menyediakan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarganya.

Astrid yang seorang model, pemain film, presenter, blogger, vlogger, mompreneur dan ibu rumah tangga dengan 2 putri tanpa nanny ini menyebutkan bahwa sebagai pengidap maag ia senang sekali dengan adanya KIN Fresh Milk ini. Membuatnya tidak ragu lagi untuk mengonsumsi susu dari Sapi A2 ini yang memang cocok untuk siapa saja baik yang alergi susu sapi, lactose intolerant atau penderita maag sepertinya.

Tentang rasa, Astrid menyatakan dalam akun Instagramnya @astridsatwika, "not to mention the taste, it's a whole new level. The plain is fine, but the chocolate one is just like a premium choco milkshake and the coffe resembles your favorite brew from the the shop."


Astrid Satwika
Astrid Satwika (pic by KIN)

Demo Masak Chia Pudding Avocado Bersama Chef Eddrian Tjhia


Kemudian, keseruan acara "Berbuka Bersama KIN Fresh Milk - Bersama KIN Fresh Milk #maKINnyamansaatRamadan" pun berlanjut dengan demo masak dari Chef Eddrian Tjhia.

Chef Eddrian adalah host program TV - Masak Sehat Daai TV yang kali ini membagikan resep Chia Pudding Avocado.

Chef Eddrian menyebutkan ia saat ini menggunakan KIN Fresh Milk untuk bahan baku usaha kuliner yang digelutinya. Ini berdasarkan alasan bahwa KIN Fresh Milk adalah susu dari sapi A2 yang pastinya lebih aman bagi semua pelanggannya.

Chef Eddrian yang juga ternama dengan Spesialis Masakan Bangka dan Healthy Food ini menyatakan dengan berbahan baku KIN Fresh Milk bisa menghasilkan ratusan pudding per hari yang resepnya dibocorkan pada kesempatan Berbuka Bersama KIN Fresh Milk - Bersama KIN Fresh Milk #maKINnyamansaatRamadan kali ini.


Chef Eddrian Tjhia


Nah, dirimu mau coba juga resepnya? Ini diaaaa..



Chia Pudding Avocado 
(by Chef Eddrian Tjhia)


Bahan-bahan

Alpukat
Chia Seed
KIN Fresh Milk (Full Cream, Kopi dan Coklat)
Granola
Olive Oil
Madu

Bahan Topping

Delima
Goldenberries
Pumpkin Seed
Almond

Cara Membuat

Campur Chia Seed dengan KIN Fresh Milk, aduk sampai rata, tunggu sesaat hingga mengembang.
Jika Chia Pudding-nya terlalu kental, tambahkan susu lagi secukupnya, jika terlalu encer tambahkan Chia Seed-nya.
Haluskan Alpukat, campur dengan Olive Oil dan Madu.
Masukkan campuran Alpukat ke dalam jar beserta Granola dan Chia Seed.
Selang-seling dengan topping yang sudah disiapkan
Sajikan


#maKINnyaman saatRamadan
Chef Eddrian Tjhia dengan jar pudding yang berjajar di depannya..Yummy!!

#maKINnyamansaatRamadan
pic by KIN


Jadi, Mengapa Harus KIN Fresh Milk?


Nah, sekarang sudah ketemu jawabannya kan ya, mengapa susu khususnya susu dari sapi A2 baik dikonsumsi oleh siapa saja saat berbuka puasa? Juga mengapa harus KIN Fresh Milk pilihannya? 

Well, saya simpulkan alasannya ya... Itu semua karena KIN Fresh Milk:
  • Hanya Mengandung Protein A2
Susu dari Sapi A2 yang hanya mengandung Protein A2 yang lebih baik sehingga lebih mudah dicerna dan nyaman di perut, enggak bikin eneg tanpa rasa kembung dan mual.
  • Manisnya Alami
Berasal dari Laktosa yakni gula alami yang ada pada susu sapi dan baik untuk tubuh.
  • Kaya Nutrisi
Mengandung nutrisi lengkap untuk menggantikan energi setelah seharian berpuasa karena terbuat dari 100% susu segar, alami tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi kandungannya


#maKINnyamansaatRamadan


Nah, maka kini tak perlu ragu lagi ya teman-teman, yuk lengkapi acara berbuka puasa seluruh anggota keluarga dengan KIN Fresh Milk saja! Kita akan makin nyaman saat berbuka dengan kebaikan KIN Fresh Milk dari Sapi A2.

Baiquelah, selamat berpuasa serta tetap jaga kesehatan yaaa!😍

Oh ya, untuk informasi lebih lanjut tentang KIN Fresh Milk ini silakan ke sini..:


#maKINnyamansaatRamadan


KIN Fresh Milk

Instagram: @kindairyid | Facebook: Kindairy ID



Stay Healthy - Stay Happy

Dian Restu Agustina

47 comments:

  1. Nah, terjawab sudah mengapa kadang kala perut kita justru mules usai minum susu. Jadi penasaran pengen coba susu KIN, maklum, saya suka banget susu.

    ReplyDelete
  2. Wah keren ya susu KIN bisa menghasilkan hanya protein A2, dan pemaparannya mbak Dian membuat kita jadi makin paham kenapa dibeberapa orang bisa jadi diare saat minum susu sapi saat perut kosong. Saya jadi pingin nyobain deh mbak:)

    ReplyDelete
  3. Wah pas banget sama postingan igku kemarin ttg susu. Dalam Alquran juga sudah disebutkan manfaat susu. Klo pun ada prokontra itu ya krn susu skrg sudah banyak ditambahkan ini itu. Tyt bener ya susu jaman dulu hanya mgd A2. Masya Allah!

    Jadi makin suka sama susu KIN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak...yang murni yang bagus tanpa tambahan apa-apa

      Delete
  4. Waini...selain manfaat susu KIN yang lebih baik, ada program mengumpulkan botol bekasnya. PR banget juga nih masalah sampah kemasan. Kalau buang suka mikir...ini kan plastik, nambahin pencemaran. Top susu KIN...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak..termasuk program recycle ini dalam rangka zero waste

      Delete
  5. Terus terang nih, saya baru tahu ada merek susu KIN ini. Kelihatannya enak tuh, bisalah dicoba sebentar saat berbuka puasa.

    ReplyDelete
  6. Owh,begitu, toh. Kalo begitu aman donk ya mbak mengkonsumsi susu terutama merek KIN karena dari sapi A2. Pengen nyoba. He..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak..Insya Allah aman karena dari sapi A2:)

      Delete
  7. Aku setelah tau ada susu dengan protein A1 dan A2 jadi tercerahkan kenapa papi io teh mules aja ripuh amat kalau abis minum susu ternyata emang beda ya diterima tubuh.
    Aku suka yang rasa coklatnya mbak KIN ini, duet sama io sukanya yang coklat

    ReplyDelete
  8. Aku suka KIN yang rasa mocca dan cokelar mba. Enak, seger dan emang enggak bikin eneg. Apalagi kalo diminumnya dingin gitu wih makin manteb.

    ReplyDelete
  9. Ternyata ada protein A1 dan A2 dalam susu sapi ya mbak, dan yang tidak membuat mual adalah protein A2

    ReplyDelete
  10. Sejak ada KIN, saya lebih memilih susu UHT ini (plus yogurtnya yg enak juga). Coklat atau plain sama enaknya. Apalagi KIN sering ada promo. Buy 2 get 1 free, gitu. Hehe
    Tapi saya belum pernah nyobain yg rasa kopi karena di sini gada. Si kecil juga suka. Bener banget ga bikin eneg dan kembung.
    Aih, puding-nya bikin mupeng tuh ;)

    ReplyDelete
  11. Ternyata susu yang bisa mengundang rasa mual dan kembung itu karena susah dicerna.
    Jadi lebih baik kita cari saja susu dengan protein A2 saja ya ...

    ReplyDelete
  12. Ini aku banget gak bisa buka puasa pakai susu . Karna harus teh dlu . Mungkin udh kebiasaan dari dlu kali yaa . Tp perlu di coba sih buka puasa pakai kin yang bagus protein nya.

    Sama bikin chia puding nya aku contek ah kebetulan punya stok chia nya di rumah

    ReplyDelete
  13. Terus terang aku tuh kurang ngeh soal beda A1 - A2 (mirip juran SMA dulu) tapi sesudah baca blognya Dian jadi ngerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kek Fisika dan Biologi ya, A1 dan A2 :)
      Seangkatan kita hahaha

      Delete
  14. KIN fresh milk ya. Noted.
    Aku termasuk yang nggak bisa minum susu sapi karena malah mual dan muntah. Kecuali susu sapi yang udah berbentuk es krim. Tapi kan kalo udah jadi es krim gitu gulanya tinggi.

    ReplyDelete
  15. sama niy sama mbak yulia diatas, saya juga harus air putih dulu or teh hangat, biar gk kaget perutnya

    ReplyDelete
  16. Punya anak kecil di rumah yang sedang belajar puasa stok susu saya perbanyak. Soalnya saya gak yakin nutrisi anak bisa terpenuhi atau tidak. Dengan minum susu saya harap asupan nutrisi anak dapat terpenuhi. Kim fresh milk ini juga salah satunya. Soalnya sudah ada di minimarket jadi mudah mendapatkan nya

    ReplyDelete
  17. Nah ini anak-anak di rumah pada suka banget. Saya pribadi suka yang full cream dan rasa coffee :). Kalo untuk buka puasa saya lebih pas minum yang full cream. Diminum dingin, segerrrr..

    ReplyDelete
  18. Jadi susu dari sapi A2 itu lebih bermanfaat dan mudah dicerna ya mba. Btw berbuka pakai susu kukira ga boleh ternyata justru baik ya. Jadi tenang deh selaku penggemar susu, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya MBak yang susu dari sapi A2 yang mudah dicerna

      Delete
  19. Konsumsi susu sapi ternyata memiliki efek bagus saat puasa ya. Wah, daku malah terlewatkan, harus diubah nih, apalagi udah tersedia susu Kin 😍

    ReplyDelete
  20. Pencernaan dapat terganggu akibat minum susu.kin dengan kandungan A2 membuat saat menjalankan ibadah jadi lebih sehat dan semangat.

    Apalagi bisa sehat badan dan menyehatkan oranglain lewat berbagai

    ReplyDelete
  21. aku dulu kalau minum susu ngga suka after tastenya, setelah coba susu kin beda banget.
    paling suka rasa coklat sama kopi

    ReplyDelete
  22. Aku baru lihat nih kak, product baru yah?
    Aku sebenarnya gak suka susu tapi penasaran sama KIN apalagi yang coffe milk nya.

    ReplyDelete
  23. Selama ini aku pikir malah gak boleh minum susu saat perut masih kosong, ternyata malah bagus untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi ya.

    ReplyDelete
  24. Huhuhu, aku nih. Masih suka males minum susu. Jangankan saat puasa, saat hari lain pun begitu. Mules dan enegnya yang gak suka :(

    ReplyDelete
  25. Aku baru tau kak kalau sapi ada yang A1 sm A2 kirain semua sapi sama. Ternyata kin fresh milk sangat aman dikonsumsi kapanpun ya kak

    ReplyDelete
  26. anakku yang bungsu hafal banget sama iklannya nih hehehe mau coba aahh

    ReplyDelete
  27. Emang beneran gak mual deh minum susu ini pas buka puasa. Seger banget dan manisnya alami.

    ReplyDelete
  28. Aku pun kaget awal tau buka puasa bisa menggunakan susu. Karena yang ada di pikiranku pasti bakalan eneg dan bikin pencernaan pasti gak enak. Eh begitu nyobain yanh cokelat, ternyata benar perutnya aman. Sekarang dirumah malah ketagihan buka pakai KIN

    ReplyDelete
  29. Pantes rasanya susu KIN gak begitu manis, ternyata dari gula alami. Meski ngga manis, rasanya tetep enak kok, buktinya anakku seneng yang rasa cokelat.

    ReplyDelete