7 Tips Liburan Nyaman Bersama Anak


Halo..hola, sudah kelar kan liburannya? Yeeayy, sudah beraktivitas lagi kita ya? Oh ya, kemana saja sih liburan kemarin? Traveling ke luar negeri? Silaturahmi ke orang tua dan saudara? Jalan ke berbagai obyek wisata Nusantara? Atau hanya di rumah saja? 

Enggak apa-apa, enggak perlu sedih begitu kalau liburan kali ini tertunda, masih ada next liburan, ye kan ya?






Liburan memang menyenangkan meski pasti bawa kerempongan. Mulai dari persiapan itinerary, pesan itu ini, repot nge-packing, suka-duka di tempat tujuan pun mikirin bawaan pulang. Dan perintilan lain yang meski sering bikin pusing (tapi nyenengin)!

Apalagi jika liburannya sekeluarga dan anak-anak masih butuh bawa-itu ini...Duh, bayangin nyiapinnya aja dah pening kepala yaa. Habis bawaan bocah tuh berapa kali ribetnya tentengan orang dewasa, benar enggak?

Maka, wajarlah jika liburan bareng anak mesti dipersiapkan dengan baik agar semua aman dan terkendali dan yang utama fokus pada kenyamanan anak itu sendiri. Pasalnya, kalau dah enggak nyaman biasa anak-anak akan moody, ngambek, uring-uringan yang ujung-ujungnya bakal bikin dia enggak hepi menikmati liburan. Sayang banget, kan?

Manfaat Ajak Liburan Anak


Tips liburan nyaman anak


Nah, meski liburan bareng anak persiapannya lebih banyak tapi yakin deh enggak bakalan rugi karena bermanfaat sekali. Apa saja manfaatnya?


Mempererat Bonding

Liburan adalah saat paling tepat untuk mempererat bonding orang tua dan anak-anaknya. Kebersamaan saat liburan menjadi waktu yang berkualitas yang bisa jadi sulit didapatkan di keseharian apalagi buat keluarga yang tinggal di kota sesibuk Jakarta.


Memperluas Pikiran

Pergi ke tempat baru, naik moda tertentu serta adaptasi di situ akan memperluas pikiran anak sehingga mereka akan lebih bisa menghargai perbedaan, belajar menerima ketidaknyamanan, menghormati keputusan sehingga makin terbukalah pikiran.


Memperluas Wawasan

Liburan membuat anak mengenal lingkungan baru yang bisa jadi sangat berbeda dengan sekitarnya. Ini akan membekas di pikirannya dan bisa menambah pengalaman, menumbuhkan semangat untuk maju pun bisa mengembangkan minat anak terhadap sesuatu.


Membuat Anak Lebih Terbuka dan Percaya Diri

Liburan menjadikan anak dan Ayah Bundanya berinteraksi dengan dunia nyata dan menjauhkan sebentar dari dunia maya yang biasanya jadi menu sehari-hari kita. Ini akan membuat anak lebih terbuka dan bisa meningkatkan kepercayaan dirinya.


Mempertajam Rasa

Pergi ke tempat yang berbeda apalagi yang berkondisi kurang dari asalnya akan menajamkan perasaan anak. Mereka jadi belajar menghargai apa yang mereka punyai, bertambah rasa syukurnya dan mempertinggi empati.


Menghargai Kerja Keras

Sebuah liburan membutuhkan biaya yang didapatkan dari bekerja. Ini bisa di-sounding orang tua ke anak-anaknya, bahwa jika ingin liburan ya mesti bekerja. Kerja keras, sisihkan uang kemudian bisa liburan untuk hilangkan kepenatan.


Tips Liburan Nyaman Bersama Anak


Tips Liburan Anak
di depan ucapan persembahan untuk Raja Thailand yang baru dilantik (hampir di setiap gedung ada seperti ini)


Gimana, setelah tahu manfaat liburan bagi anak jadi ikhlas sama keribetannya, kan?

Nah, beberapa hal berikut bisa jadi perhatian agar liburan kita bersama anak jadi nyaman. Diantaranya:


Sampaikan Sebelumnya

Jauh hari sebelum liburan, sampaikan ke anak kemana perginya, naik apa, di sana bakal ngapain aja juga ajak googling tentang tempatnya. Sounding seperti ini akan bikin anak punya bayangan sebelum pergi


Libatkan dalam Perencanaan

Jika anak masih kecil mungkin tidak bisa kita libatkan secara maksimal tapi berbeda jika anak sudah besar. Ajak anak ikut serta menyortir barang bawaan, memilih penginapan, menentukan tujuan dan lainnya. Sehingga mereka merasa dianggap "ada" dalam perjalanan.


Siapkan Jiwa Raga

Kondisi anak juga mesti dijaga sehingga akan sehat-sehat saja ketika hari H tiba. Juga, siapkan mentalnya, apalagi buat anak yang tipikalnya moody. Usahakan jelang hari H anak cukup istirahat dan pikirannya enggak penat sehingga siap jiwa raga untuk liburan bersama.


Siapkan Barang Bawaan

Untuk anak yang lebih kecil, siapkan barang kesayangan seperti satu atau dua mainan sehingga di tempat baru ada hal yang tetap membuatnya nyaman karena ada benda di keseharian yang dia bawa. Untuk anak yang lebih besar, minta dia memilih sendiri mau bawa apa. Ajari packing sendiri dan menyiapkan baju serta perlengkapan pribadi. Ini sekalian untuk mengajarkan tanggung jawab pada anak.


Bawa Camilan

Kita enggak pernah ngira siapa tahu saat anak lapar pas enggak ada yang jual makanan. Maka lebih baik antisipasi dengan menyiapkan camilan kesukaan (secukupnya) untuk mereka.


Siapkan Perlengkapan dan Obat-obatan

Misal di tempat tujuan sedang dingin suhunya maka perlu kita siapkan baju hangat untuk mengantisipasinya. Atau anak masih kecil, jika memungkinkan bawa saja baby stroller sehingga bayi nyaman orang tua pun demikian. Juga, jika ada obat-obatan dan vitamin yang biasa dikonsumsi atau untuk jaga-jaga, lebih baik dibawa serta.


Utamakan Kenyamanan

Ingat liburannya ajak anak jadi jangan juga pilih moda, penginapan atau tujuan yang bikin mereka merasa enggak nyaman dan aman. Kalau orang dewasa sih bisa dimana saja, tapi kalau ajak anak ya mesti dipertimbangkan segala sesuatunya.  Juga, seringkali buat gaya kita lupa sisi nyamannya. Misalnya untuk baju. Biar trendi kita pakaikan ke anak pakaian yang keren tapi kurang nyaman dikenakan. Dengan tujuan biar ketjee saat pepotoan dan oke saat tampil di feed Instagram. Duh! Padahal kalau memakai pakaian nyaman pasti anak bakal hepi ketika jalan-jalan, ye kan?


Pilihan Pakaian Nyaman untuk Anak


Tips liburan bersama anak
si Adik pakai kaos @denan_kids


Nah, berkaitan dengan pakaian, selain yang nyaman dikenakan seperti kaos, bisa juga memilih yang bergambar karakter kesukaan anak-anak. Seperti salah satu kaos anak yang jadi pilihan saya, kaos karakter @denan_kids. Dimana kelebihannya:
  • Bahan combed 24s: tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, cocok untuk udara panas maupun dingin.
  • Tersedia pilihan motif yang beragam tinggal pilih anak suka tokoh apa
  • Tersedia kaos karakter bagi anak perempuan dan laki-laki
  • Ukuran lengkap sesuai usia anak dari 1-10 tahun
  • Harga terjangkau sekali, yakni 25-30 ribu/kaos
  • Bisa beli eceran/grosir
  • Mudah dibeli, bisa langsung ke seller lewat FB atau IG bisa juga via Shoppe

Pakaian Nyaman Liburan Aman


Memang kalau sudah nyaman pakaian bakal menyenangkan liburan. Siiplah, selamat merencanakan liburan berikutnya ya...meski masih lama hahaha

Oh ya, yang mau kepoin @denan_kids,  silakan cuss ke sini ya:


contoh kaos untuk anak perempuan


Kaos Karakter Denan Kids
IG: @denan_kids | FB: DeNan Suryani | Shopee: denansuryani| WA: 0895331774753




Semoga Bermanfaat

Dian Restu Agustina



17 comments:

  1. kalo sedang traveling bareng anak, persiapnku juga jauuuh lbh lama dan detil :). krn biar gmn , mereka msh kecil, jd kalo ga dibuat senyaman mungkin, liburan kita juga yg jd kacau ntr :p. kalo udh bawa anak, udh pastilah aku lbh milih hotel yg kids friendly, pilih maskapai yg pake bagasi dan ada flight entertainment, biar mereka ga bosen kalo long haul flight ;p. Budget memang jd bengkak, tp itu juga udh aku perkirain sblm pergi :). yg ptg kan anak2 happy, tp liburannya jg memorable buat semuany

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip mbak
      Dulu jaman anak-anak masih kecil aku juga sama mbak..sekarang karena sudah gede aja, lenih santai jadinya :)

      Delete
  2. Maunya sii liburan ke luarnegeri. Apadaya jadinya piknik ke kebun binatang terdekat aja. Hehe..
    Suka dengan idenya mba' dian yang tentang, piknik bisa mengajarkan anak tentang nilai kerja keras. Wah, belum kepikiran saya untuk men sounding biaya piknik ke anak anak. Besokbesok InsyaAllah takcoba deh tips ini ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke kebun binatang liburan juga kan? :)
      Siip, sama-sama mbak

      Delete
  3. Bener banget mba klu mau liburan kemana, saya juga minta pendapat anak juga kudu didengarkan. Mau kemana, ke A atau ke B. Biar sama-sana bisa menikmati gitu. Tipsnya keren mb, noted. Thx ya bisa jd referensi nih.

    ReplyDelete
  4. Bagi kami liburan bareng keluarga itu penting. Oleh karenanya kami selalu mengagendakan waktu untuk liburan bareng.
    Dengan liburan bersama, selain bisa mempererat bonding juga bisa menambah pengalaman dan wawasan anak-anak.

    ReplyDelete
  5. Aku jadi inget² lagi, dulu sama anak² ke mana aja yah? Sayangnya engga terlalu diprogram uy. Misalnya setiap habis terima rapor kenaikan kemana gitu? Apa pas itu suami dinas ya? Seru sih pas di-ingat²...
    Sekarang perginya berdua aja deh. Anak² dah punya keluarga. Mo ajak semuanya...huehue...semoga ada rizkinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maka, sekarang saya dan suami menikmati masa ini...sebelum nanti berdua lagi hihihi

      Delete
  6. muantaab tipsnya. Saya dulu tiap bulan sll liburan bawa anak2 & orangtua. Ga jauh2 sih paling Yogya, Bandung atau didalam kota aja. Sejak anak2 umur 9 bln, tp ga rwpot tuh....senang2 aja..hehe

    ReplyDelete
  7. Siip deh mbak dian tipsnya karena saat ini saya kalau traveling harus bawa anak. Btw, kaosnya keren. Harganya berapa dan untuk usia berapa aja ya?

    ReplyDelete
  8. Terimakasih infonya mbak, tipsnya juga keren. Pas banget, anak-anak pengen ngajak jalan meski cuma deket rumah. Untuk kaosnya bisa pesan via online juga kan mbak?

    ReplyDelete