Dokar Dreamland Tulungagung - Berwisata Sambil Mencicipi Coklat dan Kopi


Dokar Dreamland adalah salah satu tempat yang jadi tujuan jalan-jalan saya saat mudik ke Kediri tempo hari. Sebenarnya sih, pergi ke sini dadakan saja. Gegara, sepupu saya yang sudah pernah mengunjunginya heboh cerita kalau tempatnya family friendly, ada coklat dan kopi dan tiket masuknya murah sekali. Nah, keseruan cerita itulah yang membuat saya penasaran untuk berkunjung ke situ. Sekalian juga ngajak jalan Bapak Ibu, mumpung saya masih di rumah.


Rumah Hobbit Tulungagung


Lokasi Dokar Dreamland

Lokasi Dokar Dreamland adalah di Jalan Raya Srabah 54, Desa Karanganom, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Jaraknya dari rumah orang tua saya di Kediri sekitar 25 km dan ditempuh dalam waktu satu jam lantaran saya memilih jalur alternatif sehingga jalan agak berkelok, tidak lebar dan melewati perkampungan/persawahan, sehingga enggak bisa jalan dengan kecepatan maksimal.

Nah, Dokar Dreamland yang buka dari pukul 9 pagi sampai 5 sore ini terletak di tepi jalan utama desa Karanganom sehingga kita tidak akan kesulitan mencari lokasinya. Tempat wisata yang dikelola oleh Perusahaan Kopi Dokar atau PT. Cahaya Pasific Raya, sebuah perusahaan yang menjual kopi bubuk, coklat dan lainnya ini juga cukup dekat dari pusat kota. Jaraknya hanya sekitar 6 km saja sehingga bisa ditempuh dengan ojek online dari sana.

Juga, tak jauh lokasi Dokar Dreamland ini ada obyek wisata lainnya, diantaranya Jambooland Waterpark Tulungagung. Sehingga dari sini kita bisa sekalian mengunjungi tempat wisata lain.




Tiket Masuk Dokar Dreamland


Ketika sampai di sisi kanan jalan dari arah kota akan kita temui papan besar bertuliskan lokasi Dokar Dreamland ini. Kemudian masuk ke dalam akan ada petugas yang memungut tiket masuk di gerbangnya. Tiket sebesar 10.000 Rupiah dan diinformasikan dapat ditukar dengan minuman kopi atau coklat nanti. 

Wah, muraaaah!

Lalu, kita akan memasuki area parkir kendaraan yang tidak terlalu luas. Beruntung kami datang pagi jadi masih lumayan sepi sehingga mudah parkirnya. Oh ya, dikenakan 10.000 Rupiah biaya tambahan untuk parkir kendaraan yaaa.

Selain biaya ini tidak ada pungutan lain di sini. Pengunjung bebas berfoto di semua spot foto yang ada. Hanya dikenakan biaya jika membeli sajian atau ngopi-ngopi di cafe-nya.


Rumah Hobbit Dokar Dreamland
cafe??

Rumah Hobbit Dokar Dreamland
gerbang

Rumah Hobbit Dokar Dreamland
Photo Morgana Studio


Ada Apa Saja di Dokar Dreamland?


Edukasi Kopi

Di depan area parkir ini ada pabrik pengolah kopi - yang saya baca dari info beredar di internet sejatinya bisa dikunjungi sebagai wisata edukasi kopi. Sayang sekali karena masih suasana Idul Fitri, tempat ini tutup. Mungkin di hari biasa bisa masuk ke sini. Tentu bakal menarik bagi pengunjung terutama anak-anak untuk belajar tentang cara pengolahan kopi.


Cafe/Resto

Berjalan ke sisi kiri ada sebuah ruang terbuka tempat untuk ngopi yang saya enggak tahu masih difungsikan atau enggak. Karena tempatnya kok kelihatan kurang rapi yaaa..


Photo Morgana Studio

Sementara di belakang bangunan ini ada Photo Morgana Studio dimana ada lukisan 3D yang bisa dipakai sebagai latar pepotoan biar berasa keliling dunia hanya dalam 10 menit saja. Ada pilihan suasana di London, Paris, Venesia dan ikon ternama di berbagai belahan dunia lainnya.

Rumah Hobbit Dokar Dreamland

Rumah Hobbit Dokar Dreamland

Dokar Dreamland Tulungagung

Rumah Hobbit Dokar Dreamland



D'HobbiTon

Keluar dari Photo Morgana Studio kita disambut D'HobbiTon dengan turunan tangga untuk menuju ke lokasinya. Memang landscape Dokar Dreamland ini aslinya naik turun sehingga membuat lokasi bisa dipoles dengan ketinggian berbeda.


Move On Cafe & Resto

Begitu menuruni tangga D'HobbiTon kita langsung disambut penampakan Move On Cafe & Resto yang dilengkap bangku dan kursi kayu serta beberapa etalase produk dari Perusahaan Kopi Dokar ini. Di sini ada beberapa pilihan menu makanan dan minuman juga. Serta ada booth penukaran kopi/coklat yang termasuk dalam tiket masuk tadi.

Tapi sayangnya kopi/coklat yang compliment tadi ternyata sudah diseduh dalam jumlah banyak. Jadi sudah disiapkan di termos yang ada. Bukannya fresh, begitu ada yang nuker tiket, dibuatkan segera. Maka, coklat dan kopinya pun anyep alias enggak panas. Saran saya sih mending pilih minta mentahnya saja. Alias enggak minum di situ. Kita akan diberi versi sachet-nya sebagai ganti yang bisa dinikmati di rumah nanti.

Di sini juga bisa kita beli produk kemasan coklat, kopi, santan bubuk, ketumbar bubuk, lada bubuk, teh dan beberapa souvenir Dokar Dreamland. Kesemuanya dengan harga yang bersaing. Lumayan murah sih menurut saya. Apalagi ada beberapa pilihan ukuran tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan.

Oh ya saya enggak pesan makan di sini karena menunya umum saja. Lagian saya dan rombongan berencana makan sate Tulungagung di dekat stasiun yang khas dengan bumbu kecapnya.😁


Dokar Dreamland Tulungagung
gerbang

Rumah Hobbit Dokar Dreamland
ngopi yuk!

Rumah Hobbit Dokar Dreamland
dipilih...dipilih

Rumah Hobbit Dokar Dremaland
paket murmer

Rumah Hobbit Dokar Dreamland
kopiiiiii

Rumah Hobbit Dokar Dreamland
kaosnya..kaos..kaos


Kandang Kelinci

Di samping Move On Cafe&Resto ada lahan kecil tempat kandang kelinci ditempatkan. Ini bisa jadi hiburan buat anak-anak melihat beberapa ekor binatang berbulu putih halus ini berkeliaran.


Rumah Hobbit

Persis di sebelah Kandang Kelinci ada rumah Hobbit. Di mana di dalamnya ada beberapa barang berukuran mini serasa yang tinggal adalah kurcaci. Tempat ini dilengkapi beberapa poster dari film Hobbit dan quotes yang diletakkan di rak panjang atau digantung di dindingnya.


duduk sini aja...tangganya bahaya

ayunan

Kandang Kelinci



Fish Therapy

Di lokasi yang sama dengan Move On Cafe & Resto ada kolam yang dilengkapi tempat duduk dari batu dan ikan kecil di dalamnya. Di kolam ini pengunjung bisa menjajal fish therapy secara gratis. Tapi, saya enggak nyoba sih, karena enggak bawa baju ganti, khawatir celana panjangnya basah.


Kandang Burung

Di dekat kolam ikan ada kandang burung besar dengan beberapa burung di dalamnya. Sehingga akan terdengar kicauan burung selama kita ngopi cantik di Move On Cafe&  Resto ini.


Rumah Hobbit Dokar Dreamland
Aula

Rumah Hobbit Dokar Dreamland
Sungai di belakang lokasi

Rumah Hobbit Dokar Dreamland
jembatan pelangi

Rumah Hobbit Dokar Dreamland
balapan naik, yuk!

Rumah Hobbit Dokar Dreamland
Jungkat-jungkit


Aula

Turun ke arah bawah, setelah menapaki tangga yang lumayan curam (enggak rekomen buat Lansia ya..Bapak Ibu saya saja tetap nunggu di Move On Cafe), kita akan temui bangunan panjang. Sepertinya ruangan yang cukup luas ini bisa jadi tempat berkumpul atau mengadakan acara. Di dalamnya agak kurang terawat, tapi nampak ada mesin jahit tua juga beberapa barang jadoel lainnya. Ada beberapa tempat duduk berpayung di depan tempat ini yang bisa dipakai pengunjung untuk rehat diri.


Playground

Menyeberangi jembatan kecil di sisi kanan aula ada arena bermain anak yang terbuat dari bahan alami/daur ulang. Misalnya ayunan dari ban mobil bekas, Seluncuran dari kayu dan bambu, climbing wall dari kayu dan lainnya.

Anak-anak saya dan sepupunya senang sekali di sini. Mereka nyobain semua sepuasnya. Syukurnya saya datang memang pas pengunjung masih satu dua jadi enggak antri mainnya.

Rumah Hobbit Dokar Dreamland
Dayung-dayung sampan

Rumah Hobbit Dokar Dreamland
Stoop!!



Sungai

Di belakang arena bermain, ternyata adalah sungai yang mengalir. Masih ada pohon bambu dan pohon besar lainnya di kiri kanan juga relatif bersih tanpa sampah. Karena lumayan curam tidak ada akses turun ke pinggir sungai ini.


Air Terjun Buatan

Di depan arena bermain anak ada jembatan menuju ke atas di mana di bagian atas tersebut ada air terjun buatan dengan air kecoklatan. Lumayan sih buat latar pepotoan.


Rumah Peri

Di bagian atas dekat air terjun buatan, ada rumah-rumah kecil (rumah peri) yang cantik juga diapaki latar pepotoan.


Rumah Hobbit Dokar Dreamland
Harga terjangkau

Dokar Dreamland Tulungagung
Meluncuuuur!!

Rumah Hobbit Dokar Dreamland
di depan Rumah Hobbit

Rumah Hobbit Dokar Dreamland
Bapak Ibu di "Great Wall"


Tips Berkunjung ke Dokar Dreamland


  • Datang lebih awal saat udara masih segar dan belum banyak orang. Sehingga bebas mau pepotoan juga mainan. Atau bisa sore sekalian biar cuaca teduh dan enggak kepanasan.
  • Buat yang sudah sepuh atau ajak balita mesti hati-hati, landscape di sini naik turun jadi anak kecil mesti diawasi
  • Tukar free kopi/coklatnya yang sachet saja, karena yang sudah tersedia sudah dingin pemirsaah. Kalau mau fresh kopi mending pesen saja langsung
  • Bisa bawa makanan-minuman sendiri, bisa dinikmati di beberapa tempat duduk yang ada
  • Jangan lupa beli produk coklat, kopi dan lainnya...mentul kok rasanya
  • Anak-anak bawakan baju ganti, siapa tahu keringatan atau kecipratan air dan basah pakaiannya
  • Sekalian saja rencanakan ke tempat wisata di sekitarnya


Rumah Peri

Bagian dalam Rumah Hobbit

Rumah Hobbit Tulungagung
Makan sate kambing di depan stasiun Tulungagung

Rumah Hobbit Tulungagung
Main bubble di alun-alun Tulungagung



Nah, semoga bermanfaat ya infonya...
Kalau ke Tulungagung jangan lupa mampir ya..


Dokar Dreamland
Jalan Raya Srabah 54, Desa Karanganom, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
IG: @dokardreamland | Telepon: 0856-0670-3333




Selamat Berwisata

Dian Restu Agustina















35 comments:

  1. Namanya unik mbak. Dokar Dreamland. Kupikir diawal suasana peternakan kuda mbak, hehe.
    Ternyata dreamland nuansa perkebunan kopi gitu ya mbak.
    Btw harganya murah, ya.
    Jika ke Tulungagung, bisa jadi jujugan wisata di sana.
    Makasih ulasannya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mampir kalau ke Tulungagung Mbak..murmer ini

      Delete
  2. Kayaknya untuk foto-foto selfie asyik nich

    ReplyDelete
  3. Good post 😊 thanks for your sharing 😊

    ReplyDelete
  4. Edukasi kopi menarik yah. Kalau di jakarta aku samperin deh

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah, luas sekali tempatnya ya mba dian.
    Saya tertarik sama edukasi kopi nya. Sayang gak buka ya pas ke sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..pegawai masih pada cuti soalnya, jadi pemrosesan kopi berhenti dulu

      Delete
  6. lngsung masuk daftar harus dikunjungi kalau ke kediri nih
    pas banget buat pencinta kopi yak
    ada tempat bermain anaknya juga, main kelinci pula
    seru

    ReplyDelete
  7. Keren mbak tempatnya. Kalo ke Kediri, wajib ke Dokar nih. DOa dan berKARya.. :D

    ReplyDelete
  8. Murah banget cuma 10 ribu harga tiketnya dengan fasilitas yang lumayan lengkap. Kalau main ke Kediri langsung masukin Dokar dilist...

    ReplyDelete
    Replies
    1. murmer kan ya..ini masuk Tulungagung bukan Kediri

      Delete
    2. ooh... di Tulung Agung. Ok siip!

      Delete
  9. Seru nih Mbak Dian. Mengingatkan saya dengan Rumah Hobbit di Bandung. Konsep sama. Hanya di sana ada minuman susu.

    Dan bagus tuh, dibuat saset saja ya. Atau bisa sih pakai alat yang tabungnya besar itu. Jadi ada pengunjung, baru dimasukin dalam gelas. Jadi tetap panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas..sudah termos tapi kurang panas..mending langsung seduh begitu tukar tiket...#banyakmaunya hahaha

      Delete
  10. Asik juga yah tempatnya. Apalagi komoditasnya coklat dan kopi. Belum lg didalam gak perlu bayar2 lagi haha itungan bgt ya 😅

    ReplyDelete
  11. Sumpah asik banget dan murah banget kebayang deh di tempat lain tiap objek foto lain bayaran eh di Dokar dreamland cuma 10 rebu dapet minum lagi 💖💖💖

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak..maka saya langsung bebelian kopi dan coklat buat dibawa pulang, karena murah juga

      Delete
  12. Nambah dech tempat wisata di Tulungagung. Pernah berkunjung ke Srabah, kayaknya di situ ada tempat pemandian gitu ya.. ke sananya dulu banget sich, waktu saya masih kecil. Ntah sekarang masih ada apa nggak ya ..

    ReplyDelete
  13. Pas lihat judulnya, saya langsung mikir. Pasti ini isinya Dokar yang dihias gitu dengan tema tertentu. Eh, ternyata beda persepsi. Konsepnya bagus pula, HTM bisa ditukar dengan kopi seduh atau sachet. Keren pengelolanya.

    ReplyDelete
  14. Menyenangkan mb, sekaligus bisa wisata edukasi tentang kopi dan coklat kuga ya sebenarnya. Lebih menyenangkan lagi tiketnya murah meriah, biasanya ditarik lagi di setiap spot foto. Tapi kalau di sini tidak...

    ReplyDelete
  15. Wah seru banget ya, jalan jalan sama.anak2, ngilangin stress selepas kerja

    ReplyDelete
  16. Kalau aku malah gak suka kopi panas jd yang di termos ya gpp hahaha (bukan pecinta kopi sejati krn emang sukanya kopi dingin :P)
    Knp dinamain "Dokar" ya kirain td bakal ada dokar2 gtu hehe. Ternyata dari nama perusahaan kopinya. Itu perusahaan asal Kediri gtu mbak?

    ReplyDelete
  17. Asyik banget ya bisa jalan-jalan bareng keluarga gt, btw tempatnya juga cocok ya buat refresing.

    ReplyDelete
  18. Walaupun saya dari kecil sudah dibiasakan hidup dengan berkebun kopi, rasanya pingin juga datang ke tempat ini.

    ReplyDelete
  19. Lengkap banget y isinya sampe ga kelar kelar nge scroll saking banyknya spot disini. Fix kalau ke daerah sana aku mampir nih

    ReplyDelete
  20. KESIMPULANnya lumayan yaaa, lumayan murah tiket masuknya, lumayan luas areanya, lumayan bikin gempor kelilingin semua, lumayan bikin anak senang bisa lelarian, foto Dan main-main. Next Ada rezeki bisa wisata ke Kediri, dijadwalkan deh mampir ke sini.

    ReplyDelete
  21. Enaknyaaa bisa mencicipi coklat dan kopi, kalau kopi saya suka mbak, kalau coklat kurang krn gigiku rada ngilu kalau makan yg manis2.

    BTW, rumah peri nya keren nih. Jadi pengen diajak kesana 😁

    ReplyDelete
  22. Kayaknya cozy banget tempat ngopinya. Bisa gak pulang-pulang nih kalau tempat ngopinya instagramble begini.

    ReplyDelete
  23. Jauhnyaaa di jawatimur sana tp ok bgt ini tmpatnya istragramebel bgt ini.
    Kalau lagi pergi ksna mau aq mampir ksni yah nanti

    ReplyDelete