Yuk, Aktif Kurangi Sampah Plastik Bersama Alfamart dan Tasini!




Satu pagi di toko Alfamart di dekat rumah...

"Tas plastiknya berbayar 200 Rupiah ya, Bu?"
"Iya mbak enggak apa-apa!"

Saya menjawab dengan singkat kezel pada Mbak Kasir yang menginformasikan dengan sopan kalau tas plastik belanja saya berbayar. Duh, saya beneran nyesel kenapa tadi lupa lagi bawa tas belanja sendiri. Padahal kalau bawa, saya enggak bakal rugi 600 Rupiah untuk 3 tas plastik belanja hari ini. Bukan hanya masalah uangnya yang meski kecil nilainya tapi jika dikalikan berapa kali jadi gede juga, ye kan ya? Tapi lebih pada karena kealpaan saya membuat sampah plastik bertambah lagi jumlahnya.

Hiks!!

Padahal Indonesia, negara kita tercinta, selama beberapa tahun terakhir telah menjadi berita utama dengan temuan menyedihkan dari para ilmuwan yang menunjukkan sebagai sumber polusi plastik laut terbesar kedua dunia. Yang mana hal ini telah menjadi peringatan untuk seluruh organisasi dan institusi untuk bertindak segera menangani masalahnya di seluruh Nusantara.

Duh, miris dan sedih kan sayaaa..?😭


Tasini Alfamart



Memang sih plastik memberi banyak kemudahan bagi keseharian kita. Lihat saja benda-benda di sekeliling kita banyak yang terbuat dari bahan plastik. Tapi ingat di balik kepraktisan yang plastik berikan ini, juga memberi pengaruh merugikan bagi kita terutama setelah menjadi sampah yang tidak terpakai lagi.

Lalu, adakah hal yang bisa kita lakukan dalam rangka ikut serta mengurangi pemakaiannya?

Tentu saja ada..!!

Satu diantaranya dengan membawa tas belanja sendiri yang bisa dipakai berulang kali sehingga enggak perlu ada tambahan sampah plastik lagi dan lagi.

Tapi...., gimana kalau pelupa kek saya, ya? Di rumah sih sudah punya tas belanja pakai ulang tapi saya lupanya pun berulang pemirsaaa...

Huhuhu!

Don't be worry, kini ada satu solusi akan masalah ini dari Alfamart dengan tas ulang pakai Tasini. Sebuah tas lipat berkarakter hewan laut berwarna-warni yang bisa jadi gantungan kunci yang jadi pemecah masalah bertambahnya sampah dan juga solusi menguranginya karena terbuat dari proses daur ulang limbah.



Peluncuran Tasini oleh Alfamart

Alfamart dan Kontribusinya dalam Mengurangi Sampah Plastik



Adalah Tasini yang disediakan Alfamart sebagai bagian dari kontribusi perusahàan akan masalah sampah yang diluncurkan pada Kamis, 11 Juli 2019 di Alfa Tower di kawasan Alam Sutera, Tangerang.

Meski sejatinya ini bukan kontribusi Alfamart yang pertama kali. Karena jauh sebelum meluncurkan Tasini, Alfamart sudah melakukan beberapa program akan kelestarian lingkungan baik di tingkat internal maupun di semua toko miliknya.

Diantaranya, sejak tahun 2018 di semua lingkungan pekerjaan Alfamart mulai diterapkan konsep 5R, yakni Refuse, Reduce, Reuse, Recycle & Rethink. Kampanye tersebut tercermin dalam keseharian karyawan yang hanya menggunakan botol minum ulang kali pakai (tumbler), menolak kantong plastik saat berbelanja. menggunakan kotak makan sendiri untuk kemasan makanan dan sebagainya.

Keren, kan?


Peluncuran Tasini oleh Alfamart


Tasini Alfamart
MC acara peluncuran Tasini


Nah, mengingat jika berjalan sendiri tentu kurang optimal hasilnya maka Alfamart mengajak pelanggan setianya untuk ikut peduli juga. Caranya, sejak Maret lalu, kantong plastik di semua toko Alfarnart tidak lagi diberikan secara gratis alias berbayar dalam program KPTG (Kantong Plastik Tidak Gratis).

"Bukan tentang mengapa harga 200 rupiah per kantong plastik dibebankan kepada konsumen tapi bagaimana agar bersama-sama kita sadar untuk ikut peduli terhadap lingkungan," ujar Solihin, Corporate Affairs Director Alfamart pada acara peluncuran Tasini.

Selanjutnya disampaikan bahwa ternyata program KPTG ini mendapat respon yang sangat baik dari konsumen lho...Terbukti pada periode Maret - Juni 2019, rata-rata pemakaian kantong plastik per toko Alfarmart turun hingga -35% dibanding tahun 2018.

Sehingga, jika pada tahun 2018 rata-rata tiap toko mengeluarkan 7600 lembar kantong plastik, maka periode Maret - Juni bisa ditekan hingga 4900 lembar saja!!

Wah..., lumayan bangets kan, yaa?

"Sosialiasi di media massa, media sosial dan aktivasi-aktivasi kita lakukan kepada konsumen untuk mengetahui dan paham tujuan dari program KPTG ini," tambah Pak Solihin lagi tentang program KPTG ini.


Tasini Alfamart
Mbak Nagita - Bapak Solihin - Mr.Roger

Kemudian sebagai langkah lanjutan akan program KPTG, kini Alfamart menganjurkan konsumennya untuk menggunakan tas belanja ulang pakai yang juga tersedia di tokonya. Di mana ada beberapa pilihan yang tersedia, yakni tas belanja warna-warni, tas belanja karakter tokoh kartun dan yang terbaru adalah Tasini.


Making Oceans Plastic Free - Penginisiasi Tasini


Adalah "Making Oceans Plastic Free" penginisiasi Tasini. Sebuah organisasi lingkungan yang juga perusahaan sosial yang ada di Indonesia dan Jerman. Making Oceans Plastic Free lahir dari ide yang digagas oleh 4 sahabat yaitu Roger, Lia, Pari dan Adith.


"Kami mendesain Tasini dengan karakter hewan laut untuk meningkatkan kesadaran akan ekosistem yang ingin kami lindungi. Tasini berwujud gantungan kunci dengan tas lipat di dalamnya, yang mudah dibawa kemana saja dengan cara yang menyenangkan untuk memecahkan kebiasaan penggunaan kantong plastik selama ini," ujar Roger Spranz dari Tasini yang hadir di acara peluncuran.


Tasini Alfamart
Roger Spranz dari Tasini

Peluncuran Tasini oleh Alfamart


Tasini yang berbentuk karakter hewan laut yang lucu yakni Theo si Penyu, Shark si Hiu dan Olivia si Gurita bisa jadi gantungan kunci sekaligus tas lipat multifungsi.

Selain itu, nilai lebih menggunakan Tasini adalah tasnya terbuat dari limbah botol plastik (recycled PET) yang didaur ulang kembali menjadi bahan kain sintetis yang kuat dan berkualitas.

Nah, karena Tasini terbuat dari plastik bekas, maka menggunakan tas belanja ini bisa menjadi langkah nyata kita selain menolak kantong plastik tetapi juga membantu mendaur ulang lebih banyak sampah lagi.

"Sampah plastik yang tidak didaur ulang akan menumpuk di TPA dan mencemari lingkungan. Tasini adalah hasil memanfaatkan plastik bekas yang didaur ulang," tambah Roger Spranz.


Tasini Mendukung Indonesia menjadi Pemimpin Dunia dalam Mengurangi Polusi Plastik



Tasini bag


"Ayo Indonesia, mari jadi nomor satu kurangi polusi plastik di dunia!"

Demikian tujuan Tasini  ingin membuat cerita yang berbeda di Indonesia. Kisah yang akan mendorong dan mengundang semua orang dengan tujuan yang jelas untuk membawa perubahan yang ingin dicapai bersama.

Tasini adalah ide dan inisiatif yang lahir dari kesedihan dan perasaan tertekan dengan polusi lautan dunia dari jutaan ton sampah plastik yang memasuki lautan setiap tahunnya. MOPF muncul dengan ide untuk menciptakan solusi yang tidak hanya sebatas peningkatan kesadaran terhadap perlindungan ekosistem, tetapi membuatnya mudah dan menyenangkan untuk menghentikan kebiasaan penggunaan kantong plastik. Hingga lahirlah Tasini, sebuah gantungan kunci hewan laut dengan tas lipat di dalamnya ini.

Oh ya, kampanye yang dilakukan ini membuat tim Tasini menerima penghargaan inovasi polusi plastik oleh Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2018.


Peluncuran Tasini Alfamart


Nah, penghargaan ini sangat berguna untuk menarik minat dari berbagai organisasi dan bisnis yang sekarang ingin  bergabung dalam upaya mengurangi polusi plastik ini.

Juga, Tasini sadar masalah pencemaran polusi plastik jauh lebih besar dari sekadar kantong plastik saja. Dan mereka benar-benar berharap bisa menjadi bagian penting dari apa yang telah ditemukan oleh peneliti melalui studi ketika mencermati jenis-jenis limbah di laut sana.

Karena Tasini sendiri selama aksi pembersihan pantai yang dilakukan beberapa tahun terakhir telah menemukan bahwa kantong plastik mencapai 15-30% dari total jumlah sampah yang ada!!

Duh, sediih ya??


Tasini Alfamart


Sementara diperkirakan sekitar 500 juta kantong plastik digunakan di Indonesia setiap harinya. Sehingga upaya bersama Alfamart sebagai salah satu toko ritel besar di Indonesia (Tasini sekarang telah tersedia di lebih dari 5000 toko di wilayah Jabodetabek) diharapkan akan membantu konsumen melakukan transisi perubahan dari penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Pasalnya hanya dengan satu Tasini saja dapat menghemat hingga 400 kantong plastik setahunnya. Sehingga dari program ini saja, akan mengurangi jutaan kantong plastik di Indonesia.

Nah, karena bahan setiap tas terbuat dari dua botol/plastik daur ulang, Tasini akan membantu mengurangi pencemaran dari botol/plastik di lingkungan kita juga. Well, ini artinya, satu langkah bisa memecahkan sekaligus 2 masalah!

Keren sangats!!

Maka, kolaborasi Alfamart dan Tasini berpeluang besar untuk mengurangi polusi plastik dan berharap membawa perubahan positif ini ke tingkat berikutnya.


Tasini Alfamart


Lalu mempertimbangkan besarnya polusi plastik, Tasini ingin melangkah lebih jauh dan menyatakan membutuhkan semua pihak untuk bergabung. Individu, oranisasi dan perusahaan.., semua bisa bersama-sama memberi semangat satu sama lainnya.

Jika kita memberi contoh, bersama-sama kita semua dapat mengubah Indonesia dari menjadi salah satu pencemar plastik terbesar menjadi nomor satu dalam mengurangi polusi plastik ini!

Caranya?
  • Memimpin dengan memberikan contoh melalui penolakan terhadap penggunaàn plastik sekali pakai seperti kantong plastik, sedotan plastik dan botol plastik.
  • Menggantinya dengan sedotan yang dapat digunakan kembali dari logam atau bambu, penggunaan botol isi ulang dan alternatif-alternatif hebat lainnya
  • Memposting foto-foto di media sosial tentang dukungan dan ajakan pengurangan sampah plastik ini

Nagita Slavina dan Dukungannya pada Alfamart dan Tasini




Pesohor tanah air, Nagita Slavina, juga memberikan dukungannya terhadap upaya mengurangi dampak sampah plastik ini. Ia mengungkapkan bahwa sedikit demi sedikit ia mulai mengurangi pemakaian plastik di lingkungan rumah dan keluarganya.

"Di rumah sebisa mungkin saya kurangi pakai plastik, kalau sekarang setelah belanja saya tolak kantong plastik, lebih baik saya pakai tas belanja yang saya bawa sendiri," ucapnya.

Istri dari Raffi Ahmad ini mendukung program ritel modern yang kini tidak lagi memberikan kantong plastik secara gratis. "Selama itu memang bertujuan baik demi lingkungan tentu saya dukung, toh itu juga sejalan dengan program pemerintah kan," tambah Nagita.

Nagita Slavina, ibu satu putra yang juga hadir di peluncuran Tasini mengungkapkan bahwa dengan karakter lucu tas ini bisa menarik perhatian masyarakat bahwa menjadi peduli lingkungan juga bisa dengan cara yang trendi.

"Bentuk Tasini yang lucu dan praktis, saya yakin bisa membuat orang-orang tertarik untuk memakainya," seru Nagita.

Kuy..., wujudkan kepedulian dengan membeli Tasini hanya di Alfamart terdekat!


Alfamart Tasini


Lalu, dimanakah kita bisa mendapatkan Tasini yang sungguh bermanfaat ini?

Mudah saja....!

Produk Tasini bisa didapatkan di toko Alfarmart tertentu di area Jabodetabek dengan harga spesial yakni hanya Rp 39.900.

Oh ya, hasil penjualan Tasini akan digunakan Organisasi Yayasan Making Oceans Plastic Free untuk semakin banyak membeli limbah plastik PET yang selanjutnya didaur ulang kembali menjadi produk Tasini lagi. Sehingga makin banyak masyarakat yang akan bisa meninggalkan plastik sekali pakai yang selama ini digunakan.

"Mengurangi dampak sampah plastik mungkin tidak bisa dilakukan dengan mudah, tapi semoga dengan inisiatif Alfamart bersama dengan pelanggan ini, kita bisa berbuat yang lebih baik untuk kelestarian lingkungan yang berkelanjutan," ujar Pak Solihin menutup acara.


Alfamart meluncurkan Tasini


So, mari ikut peduli dan aktif mengurangi sampah plastik bersama Alfamart dan Tasini! Karena kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi? Dan kalau enggak sekarang kapan lagi?😍

Siiplah, untuk info lebih lanjut silakan cuss kepoin Alfamart yaa!!


FB/IG/Twitter: @alfamart



Happy Sharing


Dian Restu Agustina












 


48 comments:

  1. Kemaren sempat lirik lirik tasini tapi aku udah bawa tas belanjaan aku sendiri sih, dan kebetulan waktu itu koleksi (((((jiah koleksiku tas kresek))))) tas kresek. Jadi sekarang tu tas kan udah dilipat kecil tinggal bawa aja .

    Keren pencapaiannya. Salut karena
    rata-rata pemakaian kantong plastik per toko Alfarmart turun hingga -35% dibanding tahun 2018.

    Lanjutkan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh juga itu mbak...nanti kalau tas kreseknya dah habis beralih ke Tasini ya..oke..oke..hehehe

      Bener, salut untuk pencapaian ini. Berarti makin banyak yang ikut peduli!

      Delete
  2. Tas kain sekarang sering aku bawa dan dimasukkan dalam tas kerja atau tas santai, biar pas sewaktu-waktu ke minimarket, belanjaan nggak dimasukkan lagi di tas kresek hehe

    ReplyDelete
  3. Subhanallah cantik banget Nagita Slavina #eh maaf gagal fokus hahaha

    Iya, mbak, miris kalo tau liat sampah plastik yang menggunung gitu. Semoga dengan adanya Tasini, bisa membantu mengurangi sampah-sampah itu

    ReplyDelete
  4. Karena saya beberapa kali ikut kegiatan pengurangi sampah plastik dengan Kementrian Koordinator Kemaritiman, dg membersihkan sampah plastik dipantai, ditempat2 umum. Jadi sekarang selalu membawa tas kain swtiap ke super market. klo ke pasar tradisional, sejak baru menikah klo belanja saya bawa keranjang belanja yg dibeli di malang. Awet & baru sekali ganti.
    Semoga indonesia terbebas dr sampah plastik ke depannya

    ReplyDelete
  5. Awalnya rp 200 ngga terasa untuk sekali belanja..kalau berulang lama-lama bisa mikir tuh..hehe..alhamdulillah ada solusi dari Alfamart untuk mengurangi jumlah plastik yang beredar..semoga makin meningkatkan kesadaran cinta lingkungan..sering ke Alfamart tapi kok belum ketemu sama tas cantik ini ya..coba cari lagi deh😊

    ReplyDelete
  6. Aku tuh kadang ngerasa, duh daripada bayar Rp 200 mending barangnya aku kantongin sendiri 😃. Harus dbiasakan buat sediakan kantong belanja sendiri ya mba

    ReplyDelete
  7. Aku sudah memulai sejak sekian bulan lalu, selalu bawa kaya tas goodybag untuk pengganti tas plastik mbak

    ReplyDelete
  8. Haddeeuh, bingung deh, kenapa kantong kresekadih oroduksi ya. Di pasar2 tuh bertebaran di tiap tukang sayur. Gimana caranya ya mau ngilangin. Tas plasik a.k.a.kantong kresek? Tasini jngn dibandrol mihil2 biar tiap customer gak keberatan belinya, hehe...

    ReplyDelete
  9. Sama mbaaaa... aku juga selalu lupa bawa tas lipet kemana-mana. Jadinya terpaksa pakai plastik deh. Harusnya ya, semua mini market dan supermarket nyediain tas seperti Tasini nya Alfamart ya...

    ReplyDelete
  10. Saya juga masih sering kelupaan bawa tas belanja, yang nyebelin lagi, tas belanja udah di masukkin ke jok motor, eh sampai dalam supermarket, udah ambil belanjaan, baru keingat kalau tas belanja belum di bawa. Mau jalan lagi ke parkiran juga malas.

    Kalau pakai tasini insyaallah nggak bakal ketinggalan lagi ya, kan bisa dijadiin gantungan kunci motor. Keren lho idenya

    ReplyDelete
  11. terimakasih banyak dukungannya :D

    ReplyDelete
  12. Prihatin banget saya sama limbah sampah yanh sudah benar-benar mengancam kelangsungan lingkungan hidup.
    Memang harus dimulai dari diri sendiri untuk membiasakan diri bawa tas kantongan belanja.

    Tasini sangat membantu mengurangi limbah sampah dan bagus banget desainnya. Salut!

    ReplyDelete
  13. Info yang saya tahu untuk mengurai sampah plastik butuh ratusan tahun ya mb. Wah klu gitu Alfa membuat trobosan yang bermnfaat bnget tth pengunaan Tasini untuk membantu mengurangi linbah sampah plastik. Warnanya cetah dgn gmbr karakter menarik. Di Mlg sdh ada blm ya?

    ReplyDelete
  14. Wait, di Alfamart kompleks tempat tinggal saya kok belum lihat ya Tasini ini. Jadi pengen beli ah buat ikutan berkontribusi.

    ReplyDelete
  15. Wah namanya Tasini ya, menghemat 400 kantong plastik per orang, wow! Mestinya harga kantong plastik dimahalin sekalian ya atau kayak Bogor dilarang sama sekali..jadi orang terbiasa bawa kantong belanja

    ReplyDelete
  16. Sekarang selalu bawa tas kain di motor atau di mobil Mbak Dian.
    Awalnya males karena berbayar, sih. Ke depannya ternyata baik juga, ya?Demi lingkungan bersih bebas plastik.
    Nice review mbak.

    ReplyDelete
  17. Udah lama nih kemana2 skrng belanja pake tote bag,,, bener y hrs dimulai dr diri sendiri,, bijak berplastik atau mngurangi sama sekali

    ReplyDelete
  18. Oalah ini tuh dalamnya ada tasnya gitu ya mbak, aku sempat lihat di Alfamart aku kira tadinya hanya gantungan boneka biasa saja. Mau ah nanti kalau pas mampir lagi ke Alfamart coba beli beberapa, aku juga lagi belajar banget nih mengurangi penggunaan plastik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya tadi sore aku ke Alfamart dan pas mau bayar di kasir nanya sama kasirnya apa masih ada Tasini dan alhamdulillah masih ada. Akhirnya punya salah satu karakter Tasini.

      Delete
  19. Tasini ini bentuknya memang unik dan minimalis. Jadi gemas dan asik dibawa ke sana kemari :D

    ReplyDelete
  20. Sama Mba Dian, aku juga pernah nyesel kenapa nggak bawa tas sendiri. Padahal wakti itu aku udah beli lho tas kain khusus belanja buat ngurangin sampah plastik. Eh malah lupa. Keren ya program alfamart ini. Peduli banget pada lingkungan dan kesehatan bumi

    ReplyDelete
  21. Aku juga lagi belajar diet kantong plastik nih mbak. Di tas selalu disediakan tas kain bekas goodiebag. Siap-siap kalau belanja dadakan. Tasini praktis banget. bentuknya boneka kecil. Nggak makan tempat di tas. Bisa buat gantungan kunci pula.

    ReplyDelete
  22. Kalau dipikir-pikir emang iya sih, sampah plastik itu udah membludak banget. Kadang sekali belanja aja bisa sampai beberapa kantong. Aku belum punya kalau Tasini ini, tapi udah naksir banget karena gantunganyya ucul banget, hehehe. Warna juga cakep, nggak malu2in kalau dibawa ke mana-mana. Tapi yang penting efeknya sih, bakalan ngriti plastik dan 200 perak banget kalau punya ini.

    ReplyDelete
  23. Yah sayangnya baru ada di Jabodetabek ya...aq yang di kampung belanjanya pake tas kain sendiri lah. Tapi ya gitu deh, kalo pas belanja suka lupa bawa. Kayaknya emang butuh waktu untuk membiasakan diri

    ReplyDelete
  24. Sengaja ya, bentuknya hewan laut. Biar kita ingat, yang paling merasakan dampak sampah plastik adalah biota laut. Semoga program ini semakin membuka kesadaran bersama kalau sampah adalah masalah yang harus menjadi tanggung jawab bersama..

    ReplyDelete
  25. Kantongnya lucu Mbak...
    Aku sekarang kalau belanja ke Alfamart juga jarang minta kantong plastik krn.ujung2nya dibuang dan sampah mkin banyak

    ReplyDelete
  26. Bentuk tasnya lucu!
    Semoga saya bisa konsisten juga bawa tas sendiri saat mau belanja

    ReplyDelete
  27. Aku kadang bingung saat mau buang sampah kalau gak pakai plastik gimana ya? Kan tong sampahnya diplastikin, nanti tukang sampah ambil plastiknya gitu kan

    ReplyDelete
  28. Ini yang bikin aku juga sering sungkan ke Alfa. Kalo gak bawa tas, jadi harus bayar kantong plastiknya wkwk... Tapi baguslah ya, apalagi ada tas Tasini ini. Jadi ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  29. Kebetulan sebelah kantorku Alfamart, dan lumayan sering bolak balik jajan. Alhamdulillah skrg udah jarang minta kantong plastik soalnya udah membiasakan diri sih mba bawa kantong belanja sendiri. Semoga aku bisa konsisten selalu bawa kantong belanjaan kemana pun yaa 🙏

    ReplyDelete
  30. Aku udah bawa tas sendiri sekarang kalau ke minimarket. Btw kyknya tasini belum masuk alfa cilebut mak, aku blm pernah ditawarin beli sama mbak2nya. Mungkin bertahap kali ya masuk ke pinggiran2 hehe :D

    ReplyDelete
  31. Aku sekarang juga udha bawa kantong belanja sendiri mbak. Mengurangi penggunaan plastik juga. Kudu. Soalnya alam kita udah tercemar banyak banget plastik. Salut sama Alfamart

    ReplyDelete
  32. Ini lucu dan nggemesin banget deh tasnya. Biki. Kepengen koleksi semuanya. 😍

    ReplyDelete
  33. Sejalan dengan misi mengurangi sampah plastik, aku udah punya beberapa tas kain untuk belanja. Masalahnya ya itu, lupaaaaa bawanya :)) Kadang enggak niat belanja pas pergi gitu, tiba2 ada yang keinget untuk dibeli. Jadinya ya gitu deh. Untung aja ada Tasinj yang bisa kita gunakan untuk bawa belanjaan daripada tas plastik kresek yang biasanya itu

    ReplyDelete
  34. Tasini ini unyuu banget keren ditenteng kemana-mana. Udah lucu, banyak manfaatnya juga. Koleksi setiap karakter bonekanya bagus juga nih

    ReplyDelete
  35. Aku masih menanti produknya tersebar juga di Surabaya dan sekitarnya Mba
    Kalau aku jastip dibeliin, rempong ngga ya, hehehe

    ReplyDelete
  36. Terima kasih remindernya mba Dian. Aku nih kadang masih suka kelupaan bawa tas sendiri. Soalnya gimana yak awalnya gak niat belanja pas lewat alfa berasa ada aja yg pengen dibeli, hehe... tapi kadang kalo sekadar beli roti satu atau dua gt aku bilang nggak usah diplastikin sih.

    ReplyDelete
  37. Jleb banget baca tulisan ini. Jangan sampe anak cucu sampe gak tau hewan laut karena banyaknya sampah plasti di laut hiks. Eitts lucu banget TASINI nya mbal Dian, ada penyunya hehe. Semoga dengan TASINI menjadi kontribusi kita untuk menjaga bumi :)

    ReplyDelete
  38. Pilih yang mana ya? Kok lucu² semua model Tasini. Hebat iiih, dari botol kemasanan bisa diproses jadi tas plastik. Memang sih sikap untuk mengurangi sampah plastik harus dari diri sendiri. Salah satunya ya bawa kantong belanja sendiri.

    ReplyDelete
  39. Ingat zaman umakku belanja, selalu pakai tas belanja, memang tas belanja bisa mengurangi penggunaan kresek

    ReplyDelete
  40. Belanja menggunakan tas belanja, bisa mengurangi penggunaan kresek

    ReplyDelete
  41. Usaha yang patut diacungin jempl ya mba.. secara kita harus makin sayang ama bumi yang makin tua ini. thanks to Alfamart sudah menjadi inspirasi ya

    ReplyDelete
  42. Keren Alfamart. Kapan itu aku lihat Tasini muncul di IG ku. Naksir, tapi lom ada di alfa deket rumah. Biasanya aku suka menyisipkan goodi bag di dalam tas untuk menggantikan plastik jika sewaktu-waktu belanja. Di jok motor juga disiapin. Hihihi..soale aku juga pelupaaa...anak-anak yang kadang masih suka protes kalau dibawain tas sendiri buat wadah belanjaan.

    ReplyDelete
  43. saya ga tau tasini mbak, tapi sempet beli tas dari kain gitu di alfamart dan selalu saya pakai. karena saya kemana2 pakai motor, tasnya selalu saya letakin ke jok, dan kalau belanja pakai tas itu.

    nah tasini sepertinya belum ada di tempat saya.

    info tambahan mbak, untuk keseriusan menangani plastik, pemerintah merencanakan mengenakan cukai untuk plastik, saat ini peraturannya dalam proses

    ReplyDelete