Canal Restaurant - Restoran Halal di Bangkok, Thailand




Jalan-jalan ke  Bangkok, Thailand? Pasti susaaaah cari makanan halal!

Jangan salah, saya juga punya pikiran yang sama sebelumnya. Tapi ternyata sekarang sudah mudah menemukan tempat makan halal di Thailand.

Ya, tingginya minat wisatawan Muslim terhadap wisata Thailand, membuat berbagai hotel maupun restoran di Thailand menyediakan layanan makanan halal.


Canal Restaurant Bangkok



Seperti saat saya berwisata 3 hari di Bangkok, Thailand pada 12-14 Juli 2019 silam. Saya bersama rombongan bersantap siang dan malam di 3 restoran dan 2 kios food court yang menyajikan makanan halal. Tak hanya tempat tapi mereka ada yang melengkapi diri dengan sertifikat halal dari pemerintah setempat! 

Apalagi tak hanya halal, makanan yang ditawarkan pun harganya tidaklah terlalu mahal. Selain itu, yang utama juga mantap cita rasanya!

Nah, siapa tahu teman-teman kebingungan mencari tempat makan halal saat traveling ke Bangkok, Thailand, berikut info Canal Restaurant, salah satu tempat makan halal yang saya kunjungi di sana.



Restoran Halal di Bangkok
Halal Ceritificate dari Central Islamic Committee of Thailand (CICOT)

pic by nouvocityhotel dot com



Lokasi Canal Restaurant 



Berlokasi di Pranakom District, Bangkok, Thailand, Canal Restaurant ini yang paling saya rekomendasikan lantaran pilihan menu dan tempat sholatnya yang nyaman.

Sebenarnya sih saya dan rombongan agak telat datang makan siang di sini. Karena ngantri saat proses imigrasi dan sibuk ngurus bebelian kuota di Bandara Don Mueang, membuat kami baru tiba di sini lewat dari pukul dua.

Tapi di sana, masih saya temui beberapa tamu, baik datang bersama keluarga atau teman dan rombongan wisatawan bersama guide-nya.



Restoran Halal di Thailand
Canal Restaurant berlokasi di Nouvo City Hotel, Bangkok

pic by nouvocityhotel dot com


Jadi, karena Mister San San, pemandu kami sudah berkabar duluan tentang keterlambatan ini, maka menu pun masih lengkap tersedia. Meski ada beberapa yang dipindahkan ke wadah yang lebih kecil dari seharusnya.

Oh ya, restoran ini merupakan bagian dari Nouvo City Hotel, sebuah hotel berbintang 4, berkonsep Boutique Hotel dan bersertifikasi Halal yang berlokasi di sini:





Nah, Nouvo City Hotel tempat Canal Restaurant berada ini, pas banget diinapi jika kita ingin melihat berbagai atraksi tua Bangkok dalam jarak berjalan kaki.

Daerah Banglamphu memang dikenal sebagai Old Bangkok City, pusat budaya ibukota di mana areanya banyak yang belum tersentuh oleh pengaruh asing. Pesona unik inilah yang membedakan daerah ini dari aura modern Bangkok dan memberikan para wisatawan pengalaman ke masa lalu.


Canal Restaurant Bangkok
pic by nouvocityhotel(dot)com


Lokasinya dekat dengan Khao San Road, yang dulunya adalah surga bagi para backpacker yang kini telah menjadi salah satu jalan buat pejalan kaki tersibuk dan paling populer di Bangkok. Di mana akan kita temui banyak pedagang kaki lima, pilihan bersantap yang luar biasa dan belanja murah meriah.

Sementara di dekatnya, ada Jalan Rambuttri, bersebelahan dengan Jalan Khao San yang lebih menenangkan. Pasalnya, di sini para pelancong dapat bersantai di kafe dan toko kecil yang menghiasi jalanan.

Tak hanya itu, banyak kuil Buddha kecil di dekat hotel juga Grand Palace dan Wat Pho yang terkenal yang kesemuanya berada dalam jarak dekat dari hotel ini dan dapat dicapai dengan berjalan kaki.



Canal Restaurant Thailand
kalau buffet set masih lengkap penampakannya seperti ini - pic by nouvocityhotel(dot)com


Oh ya, di sekitar hotel juga banyak tempat ibadah diantaranya Masjid Chakrapongse yang hanya berjarak 5 menit berjalan kaki dari hotel. Chabad House berada di dekat Jalan Khao San sekitar 10 menit berjalan kaki. Gereja Saint Francis Xavier hanya berjarak sekitar 15 menit saja. Juga, sejumlah kuil Budha yang memenuhi area ini termasuk Wat Bowon Niwet Wihan yang ternama.


Menu Canal Restaurant Apa Saja?


Canal Restaurant sendiri, menawarkan 100% sarapan all you can eat alias prasmanan dan makan siang halal setiap hari dan melayani pemesanan untuk acara pribadi.

Dengan jam buka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 10:00 untuk sarapan dan 11:30 hingga 14:00 untuk makan siang. Di mana pengaturan waktu dapat berubah untuk mengakomodasi kedatangan rombongan.

Dengan buffet fee seharga 490 Baht per orang (sekitar Rp 200.000,-) sudah termasuk pajak dan biaya layanan, Canal Restaurant bisa jadi pilihan makanan halal di Bangkok, Thailand. (Harga lebih murah jika menginap di Nouvo City Hotel atau datang berombongan)

Apalagi semua layanan Makanan dan Minuman bersertifikat halal oleh Central Islamic Committee of Thailand (CICOT) atau serupa MUI-nya Indonesia.

Lalu menunya apa saja?

Banyaaaak pilihannya!! Beraneka sajian khas Thailand, India, Asia dan Internasional pada umumnya ada. Diantaranya:


Canal Restaurant Bangkok, Thailand


Restoran Halal di Bangkok, Thailand


Nasi

Ada pilihan nasi putih dan nasi goreng Thai yang tidak terlalu berbumbu, tapi pas buat teman makan lauk pauk ala Thailand yang terkenal kaya rempah itu.

Sayuran Bersantan

Ada aneka sayuran yang dibumbui semacam Sayur Lodeh di Indonesia yang berbahan terong, kacang panjang dan lainnya yang bersantan kental. Oh ya sayuran ini ada yang dimasak dengan campuran daging/ikan/ayam/bakso dan ada juga yang hanya sayuran saja.

Kari

Ada aneka kari dengan pilihan ayam, daging maupun ikan.



Canal Restaurant di Bangkok, Thailand


Restoran Halal di Bangkok, Thailand


Tom Yum

Ada juga Tom Yum khas Thailand.  Tom Yum adalah masakan berkuah yang disajikan dengan beragam bahan, bisa ikan, udang atau aneka macam seafood. Terdapat dua pilihan kuah, yakni bening dan bersantan. Bumbu yang digunakan berupa lengkuas, serai, jahe, bawang putih, cabai, daun jeruk, kecap asin dan lainnya.

Salad

Pilihan salad dengan aneka dressing tersedia buat penyuka hidangan sayuran segar maupun rebusan yang sehat. Ada pula  Som Tum, salad khas Negeri Gajah Putih yang terbuat dari pepaya muda dan berbagai jenis sayuran. Olahan ini dibumbui bawang putih, tomat serta cabai, sehingga ada cita rasa asam, manis dan pedas ketika dikecap lidah.



Canal Restaurant Bangkok, Thailand


Restoran Halal di Bangkok, Thailand


Aneka Buah

Buah potong segar tersedia dalam berbagai pilihan

Jajanan

Makanan pencuci mulut hampir sama dengan di Indonesia, ada semacam bubur mutiara, es teler, kue talam, pudding, kue kering di toples kayak kue lebaran dan juga cake kekinian lainnya. Serta ada kerupuk, keripik dan semacam peyek sebagai pelengkap makan kita



Canal Restaurant Bangkok, Thailand


Canal Restaurant di Bangkok, Thailand


Pad Thai

Ada Pad Thai corner di sini sehingga fresh bisa langsung dipesan dan dimakan. Ya, Pad Thai adalah satu-satunya makanan khas Thailand yang mengandung kata “Thai” di dalam namanya. Di mana di tahun 1930-an ia dipopulerkan pada masyarakat guna membangkitkan semangat nasionalisme di sana.

Hidangan yang mirip dengan kwetiau, mie berukuran lebar yang terbuat dari beras. Dihidangkan bersama kuah, kucai, tauge, tahu kuning dan sumber protein, seperti udang, kepiting, daging sapi atau daging ayam.


Minuman

Tersedia fresh coffe, teh dan aneka juice sebagai teman makan.



Pad Thai Corner (pic by: nouvocityhotel dot com)


Canal Restaurant Bangkok, Thailand


Restoran Halal di Bangkok, Thailand


Canal Restaurant Bangkok, Thailand


pic by nouvocityhotel dot com


Musholla yang Nyaman di Canal Restaurant


Nah, selain menyantap makanan halal, di Canal Restaurant kita juga bisa menunaikan ibadah sholat di mushollanya yang nyaman.


Letak musholla ini di lantai yang sama dengan restoran, hanya berjalan ke lain ruangan. Berdekatan dengan toilet yang bersih, musholla disertai papan petunjuk yang mengarahkan di mana tempat menaruh alas kaki, tempat wudhu dan tempat sholatnya.



Canal Restaurant Bangkok, Thailand


Canal Restaurant Bangkok, Thailand

Canal Restaurant Bangkok, Thailand



Ada rak sepatu di bagian luar untuk meletakkan alas kaki kita. Di depannya tempat wudhu terpisah untuk laki-laki dan perempuan dengan area yang bersih dan rapi.

Di bagian dalam ada ruangan sholat yang disekat menjadi dua untuk perempuan dan laki-laki. Tersedia pula mukena dan sajadah yang tergantung rapi dan wangi.

Pokoknya bikin hati hepiiiii.....





Canal Restaurant Bangkok, Thailand


Tips Makan di Canal Restaurat


Nah, sedikit tips untuk bersantap halal di Canal Restaurant:


1. Jika kita menginap di Nouvo City Hotel maka akan mendapatkan potongan sebesar 15% dari harga all you can eat. Hotel ini bisa jadi pilihan terutama buat wisatawan yang senang akan wisata sejarah dan menikmati suasana Kota Tua Bangkok.


2. Pelayanan ramah meski ada kendala bahasa. Saat saya di sana, ada seorang aunty yang lagi bersih-bersih menjawab pertanyaan saya dangan bahasa Thai ketika saya tanya. Jaka sembung, enggak nyambung, akhirnya dia panggil seorang anak trainee yang lancar menjelaskan dalam bahasa Inggris. And, problem solved!πŸ˜€


3. Penampakan hotel dari luar seperti tidaklah besar, apalagi jalan depannya enggak lebar. Tapi begitu masuk ke dalam, cozy dan nyaman, termasuk di Canal Restaurant.


4. Utamakan makan menu asli Thailand, mumpung halal semua jadi coba saja yang sajian khasnya. Toh yang lain seperti, Western menu yang biasa, bisa kita temui dimana-mana.


5. Pad Thai-nya endeeuss, jangan lupa coba yaa...


6. Sediakan perut sebelum datang ke sini, karena makanannya lezat sekali. Pun ambil porsi kecil, biar bisa banyak mencoba aneka hidangan yang tersedia


7. Cara pemesanan jika kita tidak datang berombongan (via paket tur) bisa secara online di web, by phone  atau datang langsung.


Canal Restaurant Bangkok, Thailand





Baiquelah, bagi teman-teman yang berencana berwisata ke Bangkok, Thailand, semoga info ini membantu ...

Oh ya, untuk tempat makan halal lainnya saya tulis terpisah nanti yaa ...😍

Dan..., lebih lanjut tentang Canal Restaurant, silakan langsung ke sini:




Canal Restaurant

Web: www. nouvocityhotel .com |IG/FB/Twitter: @nouvocityhotel

2 Samsen 2, Samsen Road, Pranakorn, Banglamphu, Bangkok 10200
Tel. : +66 2 282 7500 | Fax. : +66 2 282 3345
E-mail : info@nouvocityhotel.com




Happy Sharing


Dian Restu Agustina

63 comments:

  1. MasyaAllah, senangnyaaaaaaaa kalo pihak tours and travel menaruh atensi khusus tentang Halal Traveling semacam ini. Soalnya, aku dulu ke Bangkok diinapkan di Ibis, dan menu sarapannya HAMPIR SEMUA mengandung pork and lard. Jadi sediiih deh padahal jam2 sarapan itu kan laperrr banget yak.
    Semoga, ada kesempatan dan rezeki explore Thai lagi, utamanya ke Hua Hin :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, memang request dari Jakarta ke travelnya, Mbak..meski nginapnya di hotel yang bukan bersertifikasi halal, tapi 5 kali makan di luar di tempat makan halal semua

      Delete
  2. Mantap kaka infonya, buat pengetahuan kali aja kapan" bisa ke bangkok

    ReplyDelete
  3. Aku mau catatatin ah tempat makan dan wisata halal di Bangkok, termasuk si Canal Restaurant ini. Jadi nanti kalau pas mau pergi kesana sudah tau nih tempat-tempat yang halal dimana saja.

    ReplyDelete
  4. Pilihannya banyak. Puas deh makan di sini. Tetapi, memang hanya sampai pukul 14.00? Kalau mau makan malam di sana gak bisa, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, cuma breakfast dan lunch saja. Kalau breakfast, lunch, dinner di Sara Restaurant, ada di hotel yang sama. Tapi a la carte bukan buffet :)

      Delete
  5. Wah, ada bubur mutiara dan es tellernya ya di restonya. Yang paling penting, ada nasi ya mbk xixixi. Alhamdulillah ada mushola ya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mirip cuma bahannya seikit berbeda mbak..tapi enaknya sama hahah

      Delete
  6. Katanya bangkok termasuk destinasi wisata yg ramah muslim. Makanya bnyk warga indonesia yg ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak..pemerintah dan pengusaha Thailand pintar menangkap peluang. Wisata ramah Muslim sudah bertebaran.

      Delete
  7. Wah...
    Terima kasih infonya mbak. Jadi tambah tempat makan halal lagi kalau nanti mengunjungi Thailand. Soalnya kalau travelling ke negara-negara seperti Thailand susah buat cari makanan halal.
    Tapi keren juga sih pemerintah Thailand sudah lebih peduli dengan wisatawan muslim.

    ReplyDelete
  8. Kuliner Thailand adalah salah satu yang bisa masuk ke lidahku. Waaa makasih review nya. Jd bisa aku masukkan ke list ku ❤

    ReplyDelete
  9. Berharap suatu saat bisa juga ke bangkok dan thailand ya, jadi udah punya referensi yang bagus deh. Makasih mba infonya. Sukses terus yahh.

    ReplyDelete
  10. Mantul nih ulasannya, Mba Dian. Kompliit... Mungkin sedang booming juga halal tourism ya, jd cukup mudah menemukan makanan halal. Kl ke Bangkok kayaknya bakal buka² blognya Mba Dian nih biar mampir juga ke Canal Resto. Tfs yaa Mba Dian...

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen ngerasai Tom Yam asli di Thailand. Moga suatu saat bisa berkunjung ke sana. TFS ya mbak :)

    ReplyDelete
  12. mushollanya bersih ya.
    Jadi nggak perlu risau lagi ya kalau bepergian ke thailand, bisa makan halal dan sholat di satu tempat sekalian.

    ReplyDelete
  13. Wah restonya asyik ya, makanan dan minumannya halal, ada Musala juga jadi tenang kalau nongkrong di sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak ada yang nongkrong, mbak kwkw. Makannya cepet semua karena ada jadwal tur berikutnya

      Delete
  14. Waah terima kasih Mbak referensinya. Bisa buat referensi kalau suatu saat nanti jalan jalan ke Bangkok.

    ReplyDelete
  15. Ya ampun pas ke Thailand nggak kesini. Aku yang di mall di mall aja mba nyari yang harganya terjangkau sih. Tapi moga ada rejeki bisa kesini :)

    ReplyDelete
  16. Gede-gede semua yah tempat makannya kak 😁 emang sih kalau keluar negri bagi kt muslim pasti hal yang pertama dicari adalah makanan halalnya, duh jd pengen ke Thailand jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gede? baru satu restoran ini mbak..yang lain nanti diceritakan lagi hihi

      Delete
  17. nah, ini kemarin ada kawan yang tanya soal resto halal di thailand, bisa kurekomedasikan buat baca tulisan Mba yah. btw bapaknya mana Mba, yang motoin yaaah

    ReplyDelete
  18. Oh jadi ini restorannya masih masuk bagian hotel tapi bukan hotel yang diinapi ya mbak?
    Noted nama restorannya Canal. Kali ada kesempatan ke Thailand dan bisa ke sana. 200 rb itu all you can eat berarti ya mbak? Btw kalau malam berarti gak bisa makan di sana ya? Khusus saat sarapan dan maksi? noted makasih infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak..enggak nginap di sini, cuma maksi saja. Karena yang pergi muda-muda, cari hotel di kawasan Bangkok baru enggak mau di Bangkok lama hahaha
      Cuma ada buffer sarapan dan makan siang, 200 ribu all you can eat

      Delete
    2. Zaman sekarang alhamdulillah ya udah mulai banyak pengusaha tourism yang menekankan kehalalan menu2 makanan. Emang wisata muslim, khususnya dr Indonesia nih peluang banget :D

      Delete
  19. Alhamdulillah ya gak hanya pesona keindahan Thailand kita bisa nikmati tapi pesona makanan Thailand pun dapat kita nikamti juga tanpa adanya kekhawatiran itu halal apa tidak, rekomended nih nantinya jika berkesempatan liburan kesana untuk kunjungi Restoran Canal ini

    ReplyDelete
  20. Enak ya kalau bisa nemuin resto halal di negara lain jadi makannya gak was-was lagi apalagi ada sertifikat halalnya juga. Tempatnya juga bagus & aa musholanya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak..pemilik hotel/restoran ini kabarnya memang Muslim. JAdi ada sertifikat halal

      Delete
  21. Thailand itu makanannya enak-enak cuman memang harus jeli nyari yg halal. Ntar kalo ke thailand mampir sini ah

    ReplyDelete
  22. all u can eat seharga 200rb termasuk murah sih. namanya juga di luar negeri kan. kalau saya bakal puas2in makan Tom Yum deh. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..termasuk murah, makannya banyaak banget soalnya

      Delete
  23. Semoga suatu saat bisa ke Bangkok juga dan mencicipi makanan di tepat yang tertulis di atas

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah tidak kesusahan mencari tempat makan halal ya Mbak, kadang kalau nggak ada yang mengarahkan ataupun kurang info tetap akan susah juga nyaeinya.

    ReplyDelete
  25. Gak pernah kepikiran mau jalan jalan ke luar negeri . Karna aku takut naik pesawat terbang πŸ˜†

    Tapi ini bisa jadi referensi untuk teman teman ku yang mau traveling ke Thailand atau aku sudah berani naik pesawat punya rejeki buat jalan jalan kesana .

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, yuk lawan rasa takutnya mbak...jalan-jalan kita

      Delete
    2. Suamiku udah pernah ke Bangkok juga dan bilang kalau disana susah makanan halal. Jadi bener bener pilih pilih kalau mau makan dan gak bisa sembarangan. Someday kita mau travelling ke sana, aku udah punya referensi dari mbak, list resto halal. Berguna banget nih... Makasih buat sharenya mbak

      Delete
  26. Makasih mba Bangkok adlh negri kesekian yg Ada di listku buat tujuan traveling jadi Ada gambaran ini makanannya enak2 ya nyaman lg tempatnya,, noted

    ReplyDelete
  27. Wah bisa dijadikan referensi saat nanti kalau ada kesempatan jalan ke Thailand dan ga bingung cari makanan yang murah juga.

    ReplyDelete
  28. Aah...cakep banget siih...
    Jadi seneng yaa...main ke negara orang tapi masih bisa melakukan smua aktivitas ibadah dengan nyaman.

    Aku suka banget Tom Yam dan sticky rice.
    Rasanya beda banget gak siih....sama di Restaurant Raa Cha di Indonesia?

    ReplyDelete
  29. Terharu de kalo mereka-mereka yang minoritas muslim mau menyediakan menu halal seperti itu buat kita-kita ya...
    Karena sama-sama di Asia kali ya, makanannya eh menunya gak jauh-jauh beda dan familier.
    ada sayur lodeh segala heheheh

    ReplyDelete
  30. Jadi pengen traveling ke Thailand deh kalo udah ada restoran yang menjamin kehalalannya. Itu lengkap dengan fasilitas musholla pula.

    Thanks infonya ya kak πŸ™

    ReplyDelete
  31. Nah salah satu poin penting saat wisata keluar negeri ya ini, halal tidaknya makanan. Alhamdulillah sudah jadi perhatian pihak tour and travel, jadinya Kita bisa jalan-jalan dengan rasa aman dan nyaman.

    Pilihan makanannya juga beragam yaaa, Saya setuju dengan tips mendahulukan yang kuliner traditional dan ambil dalam porsi kecil, biar bisa nyicip banyak menu hihigu

    ReplyDelete
  32. ini yang ku pikirkan kalau ke Thailand, susah ya cari makanan halal. Tapi kalau ada yang cantumkan sertifikat halal semacam MUI gini ya wes lega, makan juga bisa lahap.

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah ya mbak, aku pun mikirnya begitu lho, kenapa waktu aku tinggal di malaysia dan tinggal jalan darat aja ke Bangkok agak ogah ogahan ke sana, sebab kuatir kelaparan wkwkwk ternyata ada ya resto halal. oke noted mbak, mudah mudahan umur panjang dan bisa trip ke thailand.

    ReplyDelete
  34. Aku masih ragu2 lho kalau pengin traveling ke Thailand itu. PAdahal sebenarnya lumayan terjangkau ya kalau sekarang. Cuma ya itu mikirnya yang makanan, yang tempat ibadah, yang tontonan buat anak. Eee setelah baca bbrp postingan Mbak Dian jadi tercerahkan banget. Karek nabung e dikencengin, hehe

    ReplyDelete
  35. cateeeetttt :D.kali aja ntr ke Thailand lg. kangeeen bgt ama kesana, yg aku paling suka itu makanannya mba. makanan thai emg juarak sih. Pad thai apalagi :D. aku ga prnh nemu pad thai yg ga enak selama jalan di kota2 thailand :D.

    ReplyDelete
  36. Salah satu yang paling saya cari ketika bepergian adalah tempat sholat dan makanan halal. Alhamdulillah, di Thailand kita bisa menemukan makanan halal dengan mudah, yaa.. apalagi ada tempat sholat yang nyaman juga. Bisa jadi referensi saat bepergian nanti. 😊

    ReplyDelete
  37. Dicatat nih resto di Thailand yang halal buat rekomendasi jalan-jalan ke Thailand. Memilih resto memang paling asyik jika cocok pilihan menu dan tempat sholatnya yang nyaman. Plus toilet yang bersih juga.

    ReplyDelete
  38. Banyak banget mbak makanannya. Enak2 kayaknya. Infonya bermanfaat banget nih. Semoga kalau ke Thailand bisa ke sini

    ReplyDelete