Yuk Bermain Bersama #HadiahDariBunda dan Dapatkan Beragam Hadiah Menariknya!




Teman-teman, sudah tahu kan kalau Hari Anak Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 23 Juli? Ya, Hari Anak Nasional adalah sebuah hari yang dirayakan untuk menghormati hak-hak anak di Indonesia. Diantaranya: hak untuk bermain, mendapatkan pendidikan, perlindungan, identitas, status kebangsaan, makanan, kesehatan, rekreasi, kesamaan dan berperan dalam pembangunan.

Juga, adalah hari yang dijadikan momentum untuk memunculkan kepedulian semua pihak dalam mewujudkan lingkungan dan pola pengasuhan yang lebih berkualitas bagi anak. Ya, mengingat anak adalah investasi dan harapan bangsa ini di masa depan nanti, di mana kualitasnya akan menentukan Indonesia menjadi bangsa yang makin jaya atau justru sebaliknya.

Nah, Hari Anak ini uniknya diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Misalnya, Hari Anak Internasional, diperingati setiap tanggal 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang berlainan pula. Tapi meski berbeda, semua peringatan ini bertujuan sama, yakni menghormati hak-hak anak di seluruh penjuru dunia.






23 Juli - Hari Anak Nasional di Indonesia



Etapiii, ngomong-ngomong, sudah tahukah teman-teman dari mana gagasan perayaan Hari Anak Nasional di Indonesia berasal? Tak lain dan tak bukan berasal dari Presiden Soeharto yang berpendapat bahwa anak-anak merupakan aset kemajuan bangsa. Ubtuk itu, akhirnya diterbitkanlah Keppres No. 44 tahun 1984 yang menetapkan bahwa setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN).

Nah, itulah awal mula peringatan Hari Anak Nasional. Meski, peringatannya sih tidak hanya membahas tentang hak-hak anak saja. Tapi juga meningkatkan kesadaran pada anak tentang kewajiban dan juga tanggungjawab mereka terhadap orangtua, masyarakat, lingkungan serta bangsa dan negaranya.

Kemudian, terkait dengan hak anak, siapa yang bertanggung jawab serta berkewajiban melakukan perlindungan terhadap mereka?

Menurut Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002, negara, pemerintah, orang tua, keluarga, serta masyarakat di sekitarnyalah yang memiliki kewajiban serta bertanggung jawab terhadap perlindungan anak. Mereka harus menghormati serta menjamin hak asasi setiap anak tanpa memandang suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, etnik, budaya dan bahasa, status hukum anak, urutan kelahiran anak, maupun kondisi fisik dan mental yang dimiliki sang anak.

Bahkan kemudian untuk melindungi hak-hak anak, pemerintah juga membentuk Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) guna melakukan pengawasan pelaksanaan upaya perlindungan anak, melakukan investigasi terhadap pelanggaran hak anak, juga memberikan saran dan masukan secara langsung pada Presiden tentang berbagai upaya yang perlu dilakukan berkaitan dengan perlindungan anak. Yang mana secara garis besar lembaga ini telah menyatakan bahwa, seorang anak memiliki hak-hak seperti :

  1. Hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak seperti mendapatkan kasih sayang dari orang tua, memiliki identitas diri yang jelas dan lain sebagainya.
  2. Hak untuk dapat tumbuh dan berkembang seperti mendapatkan pendidikan yang layak, mengkonsumsi makanan yang bergizi, mendapatkan waktu untuk beristirahat, bermain, bergaul dengan teman sebaya, belajar dan lain sebagainya.
  3. Hak untuk mendapatkan perlindungan dari kekerasan, pelecehan seksual, serta tindakan kriminal lainnya.
  4. Hak untuk ikut berpartisipasi seperti menyampaikan pendapat, memilih jenis pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat dan lain sebagainya.
  5. Anak adalah subyek pembangunan suatu bangsa yang keberadaannya harus diperhatikan dan dilindungi, baik itu oleh negara, masyarakat, hingga di lingkup terkecil yaitu keluarga. Dengan adanya perhatian dan perlindungan tersebut, maka akan dapat menjamin kehidupan anak menjadi lebih baik dan mereka akan merasa lebih aman.


Panduan Bunda


Bermain adalah Hak Anak - #HadiahDariBunda Salah Satu Sarananya


Nah, sebagai salah satu hak anak, hak bermain menjadi fokus banyak pihak untuk dipenuhi. Apalagi di era digital ini di mana anak cenderung tinggi berinteraksi dengan gawai yang dimiliki. Maka permainan edukatif berkonsep digital jadi salah satu pilihan agar selain bisa menstimulasi, aktivitas yang dilakukan juga bisa membuat anak happy.

Tapi...., sayangnya, tidak semua aktivitas digital memuat nilai edukasi. Yang ada malah memberi dampak negatif bagi anak yang jika dibiarkan akan mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Duh, sayang bangets kan ya?

Adalah website Panduan Bunda yang dalam rangka Hari Anak Nasional mempersembahkan  #HadiahDariBunda untuk anak-anak Indonesia yang bisa jadi pilihan aktivitas permainan mereka. Di mana tak hanya bernilai edukasi tapi #HadiahDariBunda juga "waaaah" hadiahnya!

Ya, #HadiahDariBunda adalah sebuah activity yang diselenggarakan untuk fans dan followers akun social media Panduan Bunda. Yang mana permainan dalam #HadiahDariBunda ini selanjutnya akan disebut sebagai activity. Pokoknya seru sekali memainkannya, apalagi ada kesempatan untuk memenangkan hadiahnya.

Hari gini, iseng nge-game dapat hadiah, pasti mau bangets lah, ye kan?

Penasaran? Kuy, ikuti pengalaman saya dan si Adik yang sudah memainkan #HadiahDariBunda ini!



Panduan Bunda


Mekanisme #HadiahDariBunda


Caranya ikutan gimana?

Mudah saja kok...peserta dapat mengikuti activity ini dengan cara:

  1. Follow social media Panduan Bunda di: FB Panduan Bunda: https://www.facebook.com/panduanbunda dan IG Panduan Bunda: https://www.instagram.com/panduanbunda
  2. Mengunjungi website www.panduanbunda.co.id
  3. Peserta harus terdaftar terlebih dahulu untuk bisa berpartisipasi di activity ini, dengan login menggunakan Facebook ataupun alamat email
  4. Peserta harus meng-klik tab “Hadiah Dari Bunda” untuk dapat memulai permainan
  5. Peserta harus mencocokkan gambar yang ada di kolom sebelah kiri dengan gambar yang ada di kolom sebelah kanan.
  6. Untuk satu sesi permainan, user memiliki kesempatan 3 kali main
  7. Peserta yang berhasil mencocokkan 1 gambar akan mendapatkan poin secara acak sebesar 5 – 10 poin.
  8. Pada akhir sesi permainan, peserta akan diberikan pilihan untuk share page permainan melalui Facebook, dengan reward berupa poin tambahan secara acak, sebesar 1-5 poin.
  9. Peserta diberikan 3 kesempatan bermain setiap harinya untuk mendapatkan poin.
  10. Jumlah batas permainan per hari dapat dilihat oleh peserta di halaman utama page activity.
  11. Peserta masih diperbolehkan untuk bermain setelah lebih dari 3 kali per hari, namun tidak akan ada penambahan poin, baik dari permainan maupun dari share.
  12. Periode kompetisi berlangsung mulai dari 23 Juli hingga 22 Agustus 2019


Panduan Bunda



Panduan Bunda




Tuh...mudah bukan?


Oh ya, selain enggak susah, manfaat permainan di #HadiahDariBunda pun melimpah, lho! Apa saja? Lanjuut terus yuk bacanya!


Manfaat #HadiahDariBunda 


Nah, setelah tahu caranya, saya dan si Adik pun mulai memainkannya. Dan ternyata memang banyak manfaat dari permainan #HadiahDariBunda ini lho, diantaranya:

  • Mempererat bonding

Activity #HadiahDariBunda yang membuat Orang Tua membersamaai anak-anaknya tentu akan membangun dan mempererat bonding diantara keduanya.

  • Mengasah daya ingat

#HadiahDariBunda bisa mengasah daya ingat. Pasalnya anak harus dapat mengingat dengan baik antara gambar yang kiri dengan pasangan gambar di sisi kanan.

  • Melatih konsentrasi

Anak mesti mencermati ciri-ciri gambar di sisi kiri, kemudian mencocokkan dengan yang sesuai di sebelah kanan. Ini tentu dibutuhkan konsentrasi.

  • Melatih ketelitian

Anak dituntut mengamati bagian gambar yang lengkap dengan teliti, lalu mencari pasangan gambar di sisi kanan yang sesuai dengan ciri-ciri gambar tadi.

  • Melatih logika berpikir.
Saat mengamati gambar dan harus mencari pasangannya, anak akan mengembangkan logika berpikirnya. Gambar yang ada di hadapannya pasangannya seperti apa. Anak akan berusaha merefleksikan dengan pengalaman sehari-hari dan berusaha mencari jawaban tepatnya. Selanjutnya, anak tinggal membayangkan gambar dan pilihan jawaban itu dengan mencermati ciri-cirinya.


Keseruan Saya Bermain #HadiahDariBunda Bersama Si Adik



Nah, Si Adik yang sudah memainkan #HadiahDariBunda pun beneran hepiii sesudahnya. Mencocokkan gambar dan mengumpulkan poinnya. Apalagi nantinya akan ada hadiah untuk peserta dengan poin tertinggi. Siapa tahu rejeki jadi pemenangnya kan yaaaa!

Gile ajeee lho hadiahnya, pemirsaaah!

Ini mah hadiah dambaan anak dan Emak !!

Tapi apa saja sih hadiahnya? Ini dia infonya...


Hadiah Pemenang #HadiahDariBunda:
  • PlayGo Creativity Table
  • Playgo Magnetic
  • Playdough
  • Scooter
  • Lego Toystory

Penentuan Pemenang

Yup, pemenang kompetisi akan ditentukan berdasarkan poin terbanyak, yaa Ayah Bunda. Penjurian akan dilakukan melalui sistem poin, yang ditampilkan pada Leaderboard. Dan..., keputusan juri tidak dapat diganggu gugat yaaa!


Pengumuman pemenang

Sedangkan untuk pengumuman pemenang akan dilakukan di website dan Social Media Panduan Bunda pada selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari setelah kuis nya ditutup.

Setelah diumumkan, pemenang diwajibkan mengirimkan kelengkapan data diri melalui Direct Message ke akun Facebook ataupun Instagram Panduan Bunda (@panduanbunda) paling lambat 14 (empat belas) hari setelah diumumkan. Jika kelengkapan data diri dikirim lebih dari 14 (empat belas) hari, pemenang akan dianggap gugur.

So, jangan lupa intip-intip pengumumannya nanti!


Panduan Bunda


Jadi....


Yuk lah, yang belum ikutan #HadiahDariBunda segera saja! Permainannya bakalan menyenangkan bagi anak dan orang tua, banyak manfaatnya dan ketjeee banget hadiahnya!!

Mauuu, mauuu, maauuu?

Buruan ikutan ya, periode kompetisi berlangsung mulai dari 23 Juli hingga 22 Agustus 2019 saja!

Cuss lah ke sini segera:


IG: PanduanBunda | FB: PanduanBunda | Twitter: PanduanBunda





Happy Sharing


Dian Restu Agustina









































14 comments:

  1. Wah menarik dan asyik banget ya Mbak. Itu untuk usia TK bisa ya?
    Etapi waktunya tinggal besok tu.

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya apa yang disampaikan itu sudah diajarkan Rosulullah, saya sendiri baru paham setelah membandingkan, itu kenapa saya suka dengan paparan ini

    ReplyDelete
  3. Menarik kakak... Hehehe...
    Boleh dicoba sama ponakan nih..

    ReplyDelete
  4. Seruu nih aktifitas Panduan Bunda dan kompetisi Hadiah dari Bunda,makasih mba untuk informasinya

    ReplyDelete
  5. Seru nih, drpd anakku nonton youtube

    ReplyDelete
  6. Jadi pengeen hadiahnya.. Anakku lanang pasti akan tertarik hadiah lego nya.
    Menarik nih aplikasi gamenya. Cukup edukatif juga. Apalagi kalau dimainkan dengan berkomunikasi aktif anak dan bunda. Sudah seru, bondingnya bisa dapet pula

    ReplyDelete
  7. Lhhoooo Ternyata udah mau selesai ya...kirain ini Semacam aplikasi. Wahhh gagal paham ternyata������tapi Hari ini masih bisa kan ya...

    ReplyDelete
  8. Yaaah telat padahal pengin ikutan pasti seru banget. Semoga ada lagi dan saya gak ketinggalan info deh

    ReplyDelete
  9. woow.....keren banget ya program tersebut. Bermanfaat & berhadiah pula, sayang sdh ga punya anak kecil..

    ReplyDelete