10 Alasan Kenapa Harus Nonton Film BEBAS



Halo hola semuaaa, saya datang membawa kabar gembira! Tapi bukan kulit durian kini ada ekstraknya yaaa.😁 Melainkan Mira Lesmana dan Riri Riza kembali berkolaborasi lewat film teranyar mereka. BEBAS, sebuah film yang sukses bikin saya terbang ke masa-masa SMA dan bernostalgia dengan segala kegalauan pun keseruan di masa remaja.

Keren pokoknya!

BEBAS, film bermutu yang mesti ditonton bersama teman, pasangan, adik, kakak, sendirian (gapapa ya, kan di bioskop banyak temannya😘), atau malah sekalian bikin acara #reunidibioskop ajaaa...

Yup, catet dulu tapi, tanggal 3 Oktober 2019 mulai tayangnya, jadi bukan sekarang, masih nanti hihihi

Seriusan, sebegitu kerennya, kah?

Ya iyalah!



Film Bebas



Nah, selengkapnya ini dia 10 alasan kenapa film BEBAS saya rekomendasikan  ke teman-teman buat tontonan di bulan depan:


1. Produsernya: Mira Lesmana


Pasti tahu Mira Lesmana kan ya?

Kiprah Mira Lesmana dengan perusahaan filmnya Miles Films memang enggak perlu diragukan lagi. Pasalnya, produser bertangan dingin ini sudah membidani belasan film berkualitas di negeri ini.

Sebut saja: Petualangan Sherina, Ada Apa Dengan Cinta, Gie, Garasi, Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Athirah, Rumah Ketujuh, Sokola Rimba...

Kemudian, kini ada BEBAS, karya teranyarnya yang juga sama berkualitas!





2. Sutradara: Riri Riza


Riri Riza seorang sutradara, penulis skenario, dan produser film kebanggaan Indonesia yang karyanya tak hanya diakui di negeri sendiri tapi juga berbuah berbagai penghargaan di luar negeri. Karya besarnya yang telah diakui banyak orang sebagai film yang sangat menarik dan telah ditonton jutaan pasang mata, diantaranya: Petualangan Sherina, Ada Apa Dengan Cinta, Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Athirah, Rumah Ketujuh, Sokola Rimba...

Dan kini, kreativitas tanpa batas dari Riri Riza, bisa kita nikmati lagi dalam film BEBAS ini.


Film Bebas
tiket press screening & conference film BEBAS


3. Didukung Artis-artis Ternama


Film BEBAS diperankan oleh artis-artis kawakan yang aktingnya memang jempolan!

Coba saja periksa list-nya, ... ada idola teman-teman, pasti kan?

Oh ya, tokoh utama pemeran film ini terbagi dua, versi remaja dan dewasa. Nah, hebatnya, Riri Riza berhasil menyelaraskan sosok yang diperankan oleh dua pemain berbeda hingga tetap mempunyai konsistensi yang sama. Dan ini dia daftar lengkap pemainnya:

  • Vina (remaja) : Maizura
  • Kris (remaja) : Sheryl Sheinafia
  • Jessica (remaja) : Agatha Pricilla
  • Suci (remaja) : Lutesha
  • Gina (remaja) : Zulfa Maharani
  • Jojo (remaja) : Baskara Mahendra
  • Vina (dewasa) : Marsha Timothy
  • Kris (dewasa) : Susan Bachtiar
  • Jessica (dewasa) : Indy Barends
  • Gina (dewasa) : Widi Mulia
  • Jojo (dewasa) : Baim Wong
  • Lila : Amanda Rawles 
  • Andra : Giorgino Abraham
  • Dedi : Brandon Salim
  • Jaka : Kevin Ardilova
  • Mia : Syifa Hadju
  • Yongki : Bisma Karisma

Penampilan khusus:

Timotius Juventus, Windy Apsari, Shindy Huang, Nada Novia, Cut Ashifa, Agnes Naomi, Sarah Sechan, Tika Panggabean, Daan Aria, Edward Suhadi, Jefri Nichol, Cut Mini, Irgi Fahrezi, Oka Antara, Happy Salma, Dea Panendra, Darius Sinathrya, dan Reza Rahadian.




4. Ceritanya Juwaraa!


Meski BEBAS diadaptasi dari Film ternama asal Korea, SUNNY (2011), tapi beberapa bagian cerita sudah disesuaikan sehingga yang ada jadi Indonesia bangets! Karena muatan lokal ditonjolkan dan disesuaikan dengan budaya Indonesia, baik melalui dialog, latar maupun karakter tokohnya.

Yuks, kita intip sedikit ceritanya: 

Vina (Maizura), seorang remaja SMA yang berasal Sumedang, Jawa Barat, baru saja pindah ke SMA Negeri bergengsi di ibu kota Jakarta. Pada hari pertama di sekolah, Vina ditertawakan karena logat bicaranya dan juga diintimidasi oleh seorang siswa cowok. 

Beruntung, Vina ditolong dan dibantu beradaptasi oleh empat cewek dan seorang cowok yang disegani di sekolah. Ada Kris (Sheryl Sheinafia) sang pemimpin, Jessica (Agatha Pricilla) yang menggemaskan, Gina (Zulfa Maharani) yang paling bersemangat, Suci (Lutesha) yang cantik dan misterius, serta Jojo (Baskara Mahendra) satu-satunya cowok dalam pertemanan mereka. Vina dengan cepat menjadi bagian dari geng mereka, yang lalu dikenal dengan nama GENG BEBAS. Tapi sayangnya, kebersamaan mereka terusik saat terjadi peristiwa tragis yang menyebabkan keenam sahabat ini harus dipisahkan.

Semua kejadian di masa remaja ini terungkap ketika Vina dewasa (Marsha Timothy) bertemu kembali tanpa disengaja dengan Kris dewasa (Susan Bachtiar) di rumah sakit. Kris yang hidupnya divonis tidak akan lama lagi meminta Vina untuk mengumpulkan kembali Geng Bebas agar ia bisa bertemu dengan mereka untuk terakhir kalinya. 

Perjalanan Vina mencari kembali satu persatu sahabatnya, Jessica (Indy Barends), Jojo (Baim Wong), Gina (Widi Mulia), dan Suci yang misterius, mengantar kita ke kisah masa remaja Geng Bebas yang membuat mereka menyadari betapa kehidupan di masa dewasa telah membuat mereka lupa siapa mereka sebenarnya.





5. Lagu-lagunya Itu......huhuhu


Duh, lagu-lagu film BEBAS ini bikin saya mendadak melow..

Menit pertama saja sudah dilatari lagu Bidadari-nya Andre Hehanusa. Kemudian, sesuai dengan judul filmnya, OST adalah lagu BEBAS milik Iwa K. Ada pula beberapa lagu hits era 90-an dan beberapa dari era 80-an. Ada yang versi asli ada pula yang versi cover bersama artis pendukung film ini.

Pokoknya enggak hanya dibikin sukses mengharu biru dengan alur cerita, tapi saya juga dibuat nyanyi-nyanyi dan menghentakkan jemari dan telapak kaki di sepanjang film ini...Untung aja saya masih sadar kalau ini di bioskop bukan di kamar mandi hihihi soalnya saya biasa kenceng kalau nyanyi kadang juga sambil nari 😀



Film Bebas



6. Film Lintas Generasi


Meski di awal, film BEBAS ini seperti ditujukan untuk kalangan mapan (nyebut tua kok rasanya enggak enak saya haha...😀) lantaran menceritakan remaja era 90-an, tapi sejatinya film ini juga dekat dengan keseharian remaja masa kini.

Alur campuran yang dipakai membawa cerita kadang ke masa lalu dan ke masa kini secara bergantian. Loncatan dinamis antar plot yang penuh kejutan ini memberikan warna tersendiri bagi film ini. Hingga bisa dibilang film lintas generasi yang menggambarkan dua masa dalam satu film di era terkini.

Hmm.., jadi yang paling pas penontonnya angkatan berapa?

Angkatan berapa aja bisa, yang penting remaja dan di atas usianya. Karena Kategori Umur untuk film ini adalah Remaja.




Film Bebas



7. Bikin Tertawa Terbahak hingga Terisak


Film ini bergenre Drama Komedi, maka tak heran ceritanya bikin saya hepi, senyum-senyum sendiri, geli, kocak bahkan tertawa ngakak. Karena banyak lucunya!

Tapi di sisi lain, beberapa bagian cerita sukses pula membuat saya menitikkan air mata, sedih, berasa sesaaak, hingga tanpa sadar pun terisak.

Ya, ada banyak karakter dalam film BEBAS, momen dramatis, kisah lucu, peristiwa mengharukan, kejadian menggelikan, hal yang menyedihkan dan insiden yang enggak diduga, ditampilkan. Semuaaa ada yang membuat makin komplit filmnya!


Film Bebas



8. Nostalgia Era 90-an dan Visualisasi Masa Kini


Tak hanya itu, film BEBAS lewat latarnya juga membuat kita bisa membandingkan masa 90-an yang diperlihatkan lewat situasi Jakarta di masa itu. Lalu dengan plot maju mundur penonton diajak menikmati Jakarta yang sudah berubah yang makin modern kini.

Contohnya: sudah ada MRT di film ini!


9. Sarat Pesan Moral


Menonton Film BEBAS akan membangkitkan semangat dan emosi masa SMA dulu yang menggebu-gebu. Setelah menontonnya kita seperti de javu ke masa itu dan diingatkan kembali untuk semangat lagi. Bernostalgia pada masa remaja yang dihiasi konfrontasi dengan orang tua, pelanggaran aturan sekolah, kisah cinta, patah hati dan pertemanan abadi.



Film Bebas



10. Konser Jelang Tayang


Nah, menjelang penayangan film BEBAS 3 Oktober nanti, kan digelar Konser BEBAS - Pesta 90-1n pada tanggal 27 September 2019 di LIVESPACE Lot 8 SCBD Jakarta

Ini unik, jelang tayang perdana sebuah film, pemanasannya konser dulu.

Oh ya, konser ini nanti akan diramaikan oleh penyanyi ternama lintas generasi dan lintas warna musik, yakni: Iwa K, Vina Panduwinata, Andra and the Backbone, Project Pop, Eva Celia, Vidi Aldiano. Jga pemain film BEBAS, Sheryl Sheinafia dan Maizura dengan MC Indy Barends dan Gofar Hilman. Sementara tiket bisa dibeli di web atau aplikasi Tiket com




Gimana, makin penasaran dengan filmnya?

Catet tanggal main #FilmBebas persembahan Miles Films ya, pada 3 Oktober 2019 di bioskop kesayangan Anda!😍



Miles Films

Twitter: @milesfilms | FB: Miles Films | IG: @milesfilms
Youtube: Miles Films | Web: milesfilms(dot)net



Love,


Dian Restu Agustina



34 comments:

  1. Produser ama Sutradaranya jaminan mutu, jadi pasti filmnya menarik neh. Semoga nanti bisa nonton ramai-ramai hehe

    ReplyDelete
  2. Maizura ini dulu jebolan the voice Indonesia, sayang karir nyanyinya belum moncer. Eh gak tahunya main di Film Bebas ini. Naga naganya nih film bakal sukses, film remaja setipe AADC.

    Cuma film Riri Reza beberapa waktu belakangan ini jarang yg tembus 1jutaan. Aku terakhir nonton film Riri itu yang Pendekar Tongkat Mas. Kalau lihat trailer film Bebas, jadi pengen nonton...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di sini Maizura juga nyanyi..keknya bakalan jadi jalan kesuksesan dia nih
      Iya, Mas..kadang film yang "biasa" banget tapi karena faktor tertentu bisa laris manis.
      Yang berkualitas malah kalah

      Delete
  3. Lagu²nya itu jaman kumasih unyuu. Kalo besutan Miles dan Riri Riza mah gak diragukan lagi yaa

    ReplyDelete
  4. Wawww, sutradara, producer dan pemainnya gokiiill jaminan mutu semua!
    Aku suka ama Lutesha tuh. Keren bgt natural gitu aktingnya di pilem
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Ya ampun mesti berkonsolidasi dengan old friends nih buat nobar film asik ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwkwk, iya Mbak..kalau aku gak mungkin temenku SMA ku tersebar, banyak yang di Kediri dan di berbagai kota lainnya

      Delete
  6. Langsung teringat AADC ya..
    genre anak sekolahan.
    nonton film bebas Asyiknya pasti nelpon temen2 sma dulu. Biar pas ketawa, kita sambil inget gòkilnya kisah sma kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, Mbak..ini ga anak sekolahan aja.
      Jadi kayak gabungan AADC 1 dan 2, tokohnya remaja dan dewasa

      Delete
  7. Mauuuu....
    semangat sayah...
    tapi gak bisa nonton bareng temen sekolah dulu keknya, karena saya hidup nomaden pas waktu masih muda (berasa dah tua)
    jadi di medan ini, takda teman sealmamater de hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kita, temen seangkatan di Jakarta cuma berapa orang. Bukan se-geng lagi hihihi

      Delete
  8. Saya cuss juga ke trailer-nya Mbak... Paa banget Bebas-nya Saint Loco dengan film ini ya. Jadi autokangen juga dg masa² SMA di tahun 90-an hihi, walaupun masing² zaman punya plus minus tp kayaknya lebih bebas zaman old yahh saat interaksi clean dr gadget. Tfs Mba Dian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia enggak ada distraksi gadget..jadi temenan ya ngobrol, makan , jalan, cekikikan, berantem..Sekarang mantengin layar HP masing-masing . Duh!

      Delete
  9. Alasan nomer satunya benerr bangrt mbakk..salah satu alasan aku pengen nonton film ini ya karna MirLes hehe tp setelah baca o alasan yg lain jadi smakin pengen hehe

    ReplyDelete
  10. Mira Lesmana dan Riri Riza ini memang sudah klop sekali ya, Mbak. Bikin film apa saja bagus. Dan ini cocok nih, buat kita-kita bernostalgia di zaman 90-an hahaha.
    Dan benar kan.. ost-nya lagu Bebas punya IWA K hehehe. Jadi tidak sabar ingin segera ke bioskop 3 Otober nanti, Mbak.

    ReplyDelete
  11. Ini harus nonton nih, pertama liat trailernya di IG dan udah niat pokoknya pengen nonton, soalnya kayak seru dan ternyata pas baca artikel ini jadi makin yakin deh hehe

    ReplyDelete
  12. Kayaknya pas nonton trailernya itu aku jadi flashback sama masa-masa SMA ku mbak, hee
    Tapi lihat akting para tokohnya pengen nonton ihh. Awal Oktober baru tayang di sluruh bioskop ya mbak, catet dah ini heheee

    ReplyDelete
  13. Kalo filmnya Riri Riza dijamin kece-kece lah yah mom... Aku juga penasaran nih sama film bebas ini... Kudu nonton ini mah 🤗

    ReplyDelete
  14. Kayaknya seru ini Mbak. Sayangnya belun bisa ke bioskop sayah karena masih ada bayi.

    ReplyDelete
  15. Percaya kalau film ini pasti bagus. Secara mira Lesmana dan Riri Riza jadi satu gitu lho.

    Menarik yaa jalan ceritanya, fresh, menghibur, dan ada pesan moralnya juga

    ReplyDelete
  16. Wah harus nonton nih bareng temen temen di masa labil. Udah lama banget ga nonton di bioskop

    ReplyDelete
  17. Baca reviewnya makin penasaran sama film BEBAS ini, baik di catat tanggalnya. Dah gak sabar mau nonton juga

    ReplyDelete
  18. Menarik sekali film ini. Saya jadi bayangkan bagaimana mereka separuh bernostalgia saat mencoba berkumpul kembali.
    Mira Lesmana dan Riri Reza adalah sebuah nama untuk film kualitas

    ReplyDelete
  19. Gimana filmnya nggak berkualitas, yang meracik aja orang2 berpengalaman mbak. Udah gitu pemainnya pada papan atas ya. Duh, aku pengen nonton jadinya. Ekspresi Mbak dian di sana juga dapat bahagianya deh

    ReplyDelete
  20. Kayaknya bakal booming kayak AADC nih mbak. Nggak perlu diragukan lagi karya duo miles Dan riri riza, pasti bagus. Pengen nonton nanti ah...

    ReplyDelete
  21. Makin kepo banget setelah baca 10 alasan harus nonton film BEBAS ini.

    Aku jadi mau pre-order tiket bioskop dari sekarang*

    ReplyDelete
  22. Semoga ada kesempatan untuk menonton film ini besok ketika sudah hadir di bioskop

    ReplyDelete
  23. KEREEEEN!! Baca sinobsisnya ini aja aku lgs pengeeen nontooon mba :D. udh kebayang sih kehidupan sekolah zaman kita dulu yaa, ama lagu2 soundtract fav ku duluuu :D.

    tp aku hrs bujukin suami bgt kalo nonton film indonesia. dia bukan penggemar film dlm negri soalnya. mnding nunggu di iflix kalo dia -_-. nonton sendiri kok ya ga asik hihihi

    ReplyDelete
  24. Dari kemarin baca review tentang film Bebas ini, jadi tertarik buat nonton juga, pengen nostalgia jamam sekolah dulu hihihi

    ReplyDelete