Tips Mengatasi Bibir Kering Secara Alami



Girls..., bibir yang kering bisa mengganggu kenyamanan dan penampilan. Apalagi jika disertai kulit bibir yang mengelupas dan pecah-pecah karena kurangnya kelembaban. Dan, itu tentu bakal bikin kita enggak nyaman.

Duh!!





Banyak faktor bisa menyebabkan terjadinya bibir kering/pecah-pecah, antara lain faktor cuaca, udara dingin/panas/kering, dehidrasi, paparan sinar matahari dan alergi. Alergi? Yup, alergi terhadap kandungan zat kimia dari pasta gigi atau lipstik, kekurangan vitamin dan iritasi karena getah buah-buahan seperti sawo, mangga, nanas.

Wah, banyak penyebabnya!

Nah, berikut ini tips mengatasi bibir kering secara alami:


1. Mentimun

Sifatnya mengandung air sehingga memberikan rasa kesegaran alami bagi kulit yang akan membantu melembabkan dan revitalisasi bibir

Caranya ; ambil seiris mentimun, gosokkan lembut ke seluruh permukaan bibir, biarkan selama 15 menit, bilas dengan air. Ulangi beberapa kali sehari untuk hasil terbaik.


2. Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai sifat higroskopis yang dapat melembabkan bibir kering, juga bersifat anti-inflamasi yang membantu menyembuhkan rasa sakit.

Caranya : ambil bagian dalam lidah buaya/gelnya, oleskan ke seluruh permukaan bibir, biarkan mengering lalu bersihkan. Lakukan secara teratur.


3. Lemon

Membantu mengatasi bibir kering, menjadikannya lebih lembut dan lembab.

Caranya : campurkan 1 sendok teh susu dan beberapa tetes perasan lemon, simpan di dalam lemari es, biarkan satu jam, lalu oleskan ke seluruh permukaan bibir. Lakukan dengan teratur.


4. Gula

Gula akan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati sehingga kelembutan bibir akan kembali.

Caranya : campurkan gula dengan beberapa tetes minyak kelapa, usapkan dengan gerakan melingkar ke seluruh permukaan bibir, gosok dengan lembut, biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.


5.Teh Hijau

Kantung teh hijau basah akan membantu melembabkan kulit bibir anda.


Caranya : letakkan kantung teh hijau basah pada bibir, biarkan sekitar 5 menit, lakukan tiap hari untuk membantu meningkatkan kadar air di bibir.


Oh ya, selain perawatan di atas, lakukan juga hal-hal berikut ini : 

  • Hindari kebiasaan membasahi bibir dengan lidah/menjilat bibir. Karena air liur yang cepat mengering membuat bibir lebih kering dari sebelumnya.
  • Minum cukup air untuk mengatasi dehidrasi pada bibir.
  • Jangan kelupas kulit bibir yang kering. Bersihkan saja dengan kapas yang telah dibasahi air hangat atau gogok dengan sikat gigi yang berbulu halus.
  • Pola makan sehat dengan memperbanyak vitamin A,B,C,E dan zat besi.
  • Cari tahu sebab alergi sehingga bibir jadi iritasi, bisa jadi teman-teman tidak cocok dengan lipstik yang baru dibeli atau karena habis ganti merk pasta gigi.

*Artikel yang telah disunting tayang di ummionline
#ODOP
#EstrilookCommunity
#Day17



Baeklaaah, selamat mencoba ya!😍


Dian Restu Agustina










No comments:

Post a Comment