Peluncuran Buku MoneySmart Parent





"Saat ini, anggapan banyak anak banyak rejeki sudah enggak relevan lagi. Karena yang tepat adalah banyak anak, perbanyak investasi!" (Nadia Mulya dan Prita Ghozie)


Jleebb! Saya merasa tertohok saat mendengar pernyataan ini. Kek disentil beneran rasanya. Meski anak saya cuma dua, langsung ngitung deh dalam hati, sudahkah saya memiliki cukup investasi untuk masa depan mereka nanti? Tepatkah apa yang saya (dan suami) lakukan selama ini berkaitan dengan perencanaan keuangan keluarga kami? Dan apa yang harus dibenahi agar ke depan pengelolaan keuangan kami bisa lebih baik lagi?





Memang, hari gini jadi orangtua itu enggak sesederhana jaman orangtua kita. Dulu kala, orangtua mungkin hanya memikirkan bagaimana mencukupi kebutuhan anak-anak dari sisi pangan, sandang dan papannya. Sementara kebutuhan penyerta seperti pendidikan dan kesehatan sepertinya let it flow saja, enggak perlu disiapkan pun tak apa.

Tapi kini, para orangtua tentu berkeinginan anak-anak mereka lebih sejahtera dan mampu beradaptasi dengan jamannya. Apalagi di era serbamahal ini, tentu menambah anak (lagi) mesti dipersiapkan sejak dini. Meski, selama direncanakan dengan baik, kehadiran anggota keluarga baru tentu tak bakal bikin panik tapi bisa dijadikan momentum untuk menata kehidupan menjadi lebih apik.

Nah, concern tentang perencanaan keuangan bagi orangtua baru ini memberi ide seorang Nadia Mulya di kehamilan (((keempatnya))) yang kemudian mengajak Prita Ghozie, untuk berkolaborasi dalam sebuah buku yang berisi panduan bagi orangtua baru maupun orangtua yang punya anak kesekian seperti dirinya.

Hingga keduanya pada hari Rabu, 16 Oktober 2019 kemarin, meluncurkan buku panduan praktis perencanaan keuangan orangtua baru yang bertajuk "MoneySmart Parent".


Review Buku MoneySmart Parent


Lalu, apa sajakah isi bukunya? Beneran praktis enggak sih panduannya? Apa memang perlu sampai sedetil itu persiapan jadi orangtua baru? Kemudian, apa saja yang perlu ditata ulang buat orangtua yang punya anak kesekian?

Kuy, kita ulas sama-sama!😍



Data Buku


Judul:

MoneySmart Parent
Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru

Penulis:

Nadia Mulya
Prita Hapsari Ghozie

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit: 2019 (cetakan pertama)
Foto Sampul: Teddy Lim
Desain Sampul: Suprianto
Desain Isi: Nur Wulan Dari
Tebal:  185 halaman
ISBN: 978-602-06-3429-6
ISBN Digital: 978-602-06-3430-2
Genre: Parenting/Financial
Harga: 78.000 (P Jawa)


Review Buku MoneySmart Parent

Tentang Penulis



Nadia Mulya

@nadiamulya | www.mamudmaskin.com | @mamudmaskin | @compassion.id | www.compassion.id






Mengawali karirnya sebagai model, pemenang Runner Up Puteri Indonesia 2004 dan Puteri Pariwisata Indonesia 2004 ini mewujudkan cita-citanya menulis buku dalam "The Pregnancy Handbook" (2010) ketika mengandung anak kedua.

Nadia yang meraih gelar MSc International Management dari The University of Reading, Inggris, telah menerbitkan total 10 buku. Salah satunya, "KOCOK! The Untold Stories of Arisan Ladies and Socialites" diarsipkan di Library of Congress, Washington DC, dan The National Library of Australia.

Hingga kini Nadia aktif sebagai host televisi, MC off-air, duta Diet Kantong Plastik, dan mengelola kelas public Speaking CommPassion yang ia dirikan dengan Indra Herlambang, Addry Danu, Lenna Tan, dan Ananda Omesh.



 Prita Ghozie

@pritaghozie | www.pritaghozie.com | @zapfinance | www.zapfinance.co.id





Prita Hapsari Ghozie adalah seorang financial planner independen yang tersertifikasi internasional dan telah menjalankan profesi ini sejak tahun 2009. Prita kerap menjadi narasumber di berbagai media nasional dan telah menulis 4 buku Best-Seller.

Prita adalah Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia, MCom Banking & Accounting dari University of Sydney, dan Graduate Certificate in Financial Planning dari FINSIA Australia, menjadikannya bukan konsultan yang hanya berbekal otodidak dan pengalaman, tetapi juga salah satu yang memiliki gelar akademis di bidang ini.

Hingga kini Prita adalah Co-founder & CEO @zapfinance, financial educator, penulis, dosen FEB-UI, serta ibu dari 2 orang anak.

Review Buku MoneySmart Parent


Di Balik Kelahiran Buku MoneySmart Parent


Nah, tak lama setelah sepakat untuk menulis buku, Nadia dan Prita pun merumuskan berbagai hal yang perlu dipersiapkan oleh orangtua dalam menyambut anggota keluarga barunya. Diantaranya: tes laboratorium, metode persalinan, imunisasi, ASI serta MPASI, popok selama setidaknya dua tahun ke depan, perubahan cash-flow, rencana pendidikan, termasuk cara mengelola sumber dananya. 

Tak hanya itu, agar makin komprehensif, Nadia dan Prita juga melakukan brainstorming dengan para Mama Milenial terkait pertanyaan dan concerns yang mereka miliki dalam mempersiapkan keuangan keluarga. Bahkan, penentuan judul buku juga melalui poling yang diikuti oleh 929 peserta di media sosial @parentalk.

"Sebenarnya sih, kita riset itu enggak terlalu lama, yang lama adalah editing, layout ditambah pas aku ngelahirin, jadi ketunda," papar Nadia.

"Total kita nulisnya empat bulan, kalau ilhamnya berbulan-bulan. Alhamdulillah banget akhirnya buku ini terbit juga," tambah Prita.

Oh ya, Nadia sebelumnya sudah meluncurkan beberapa buku terkait hal ini dan kerap membagikan pengalamannya sebagai ibu yang aktif. Sedangkan Prita juga sebelumnya sudah meluncurkan 4 buku seputar keuangan dan perempuan, financial planning untuk keluarga, serta tentang pensiun.




Sementara itu, buku MoneySmart Parent  ini tidak hanya membahas mengenai financial planning yang begitu detil disusun oleh Prita dan tim ZAP Finance-nya. Tetapi buku juga memuat berbagai informasi seputar kehamilan, melahirkan, dan parenting yang dituliskan oleh Nadia.

Selain itu, mereka berdua juga membahas hal-hal yang mengiringi kehamilan masa kini, seperti baby shower, pemotretan maternity, babymoon, jasa doula untuk pendampingan melahirkan, birth photographer, push present, stroller, diaper bag bermerek, dan masih banyak yang lainnya. Termasuk pengalaman Nadia dan Prita sendiri saat persiapan kehamilan, melahirkan, hingga persiapan dana pendidikan anak mereka.


Review Buku MoneySmart Parent


Peluncuran Buku MoneySmart Parent



Nah, acara peluncuran buku MoneySmart Parent karya Nadia Mulya dan Prita Gozhie ini, berlangsung di Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta dan dipandu oleh MC Glory Oyong. Dalam acara yang dihadiri oleh media, keluarga dan sahabat kedua perempuan multitalenta nan jelita ini juga hadir Dionisius Wisnu yang mewakili penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Acara berlangsung sungguh seruuuuu, di mana kedua penulis tak hanya menjabarkan isi buku tapi juga berbagi beraneka tips yang terkait dengan itu. Serupa dengan bukunya, mereka mengulas tema keuangan yang terbilang beraaat ini secara komplet, ringan dan kekinian. Sehingga saya yang awalnya membayangkan bakalan lempeng acaranya karena genre bukunya yang disebutkan Parenting/Finansial, jadi serius tapi santuy menikmati acara.

Tak hanya itu saja, Nadia dan Prita juga buka-bukaan rahasia dapur mereka terkait menjadi orangtua dan perencanaan keuangan keluarganya.

Misalnya, saat menjawab pertanyaan salah satu undangan bagaimana jika perempuan mempertimbangkan untuk resign setelah melahirkan, karena ingin fokus mengasuh anak, tidak percaya jasa babysitter maupun day care, orangtua tak sanggup menjaga anaknya atau permintaan suaminya.

Nah, Prita menyarankan, pertama harus dilakukan budgeting ulang. Pasalnya, nambah anak pasti meningkat pengeluaran sebesar 20 %. Jadi kalau mau pengeluaran tetap, harus ada pos lain yang diubah. Sebab pos untuk anak tidak bisa diubah. Kemudian, jika ini anak kesekian, ingat juga, meskipun baju dan peralatan bayi bisa pakai lungsuran kakaknya tetapi ada kebutuhan yang tidak bisa di-sharing, contohnya, popok, imunisasi atau sakit. Lebih lanjut Prita mengingatkan jika saat resign dari pekerjaan, tidak hanya gaji yang hilang. Tapi juga elemen penunjang lainnya seperti THR, BPJS, Bonus, DPLK dan berbagai benefit yang biasa kita terima. Hal inilah yang sering terlewatkan untuk dipertimbangkan.

Sementara itu Nadia berbagi tips tentang persiapan biaya pendidikan anak yang mana salah satu kiat yang dilakukannya adalah sudah membuat asuransi pendidikan semenjak anak mendapatkan akte kelahiran. Selain itu Nadia juga menegaskan bahwa setiap keluarga pasti tahu apa yang terbaik bagi mereka. Sebabnya, memiliki anak bukan perkara hamil dan melahirkan saja tapi juga memastikan anak mendapatkan kasih sayang, nutrisi, stimulasi, pendidikan dan kesempatan terbaik dalam kehidupan.


Review Buku MoneySmart Parent


Yuk, Intip Isi Buku MoneySmart Parent!



Nah, buku MoneySmart Parent ini terdiri dari tujuh bab yang mengupas segala hal yang berkaitan dengan gaya hidup serta perencanaan keuangan Mama, Papa, dan (calon) anggota keluarga baru, yaitu:


1. Getting The Bun in The Oven

Kehamilan adalah karunia bagi setiap pasangan yang baru menikah, tapi tidak setiap pasangan dikaruniai kehamilan dengan mudah. Program hamil, terapi hormon, inseminasi, hingga IVF, tentu membutuhkan kesiapan mental dan dana. Dan bab ini menjabarkan berbagai biaya promil (program hamil) serta sumber pembiayaannya.


2. Check Baby Check

Seusai baca bab pertama, jika Mama secara alami mendapatkan dua strip di test packnya, bisa umumin di sosial media kasih tahu Papa, "Aku baru saja mcnghemat 20 (hingga 70!) juta rupiah!"




Etapiiii jangan hura-hura dulu, (begitu hamil, argo biaya kehamilan langsung berjalan! Ingat itu!) Jadwal kontrol ke dokter, suplemen dan vitamin, periksa USG, periksa darah, dan berbagai kebutuhan lain yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahtaraan Mama dan janinnya.


3. Nesting

Nesting adalah mempersiapkan segala kebutuhan untuk si Kecil. Wish list barang bayi seakan enggak ada habisnya. Apa lagi lihat yang unyu-unyu berseliweran di timeline sosial media, ya kan ya? Maka Mama dan Papa perlu realistis membuat daftar serta bujet belanja, sekaligus menata sumber dananya. Temukan juga tips hemat di bab ini juga.


Review Buku MoneySmart Parent



4. Time to Push

Ini dia saatnya melahirkan! Rancang birth plan agar Mama dan Papa bisa mempersiapkan dana kelahiran, kemudian lakukan hal sama untuk plan B juga! Kita tidak pernah tahu kapan dan bagaimana si Kecil akan hadir ke dunia (selain dengan scheduled c-section), yang kita tahu adalah berapa biayanya. Syukur-syukur kalau menggunakan BPJS atau ditanggung asuransi kesehatan kumpulan atau pribadi, tapi tentu semua itu perlu dipersiapkan. Bab ini memberikan referensi harga metode persalinan berbeda dari beberapa lokasi yang berbeda pula, serta checklist apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum dan setelah melahirkan nantinya.


5. Life After Baby

Semenjak ada bayi, yang berubah bukan hanya jam tidur Mama, tetapi juga cash-flow. Mama mungkin berpikir untuk merubah status dari working mom menjadi working-from-home mom hingga stay-at-home mom agar bisa lebih dekat dengan buah hati. Ketahuilah plus minus dari masing-masing pilihan tersebut, dan bagaimana menata keuangan manakala memutuskan berhenti bekerja dan memutuskan sumber pendapatan dari gaji Mama. Keputusan tetap menjadi wanita karir juga ada perhitungannya lho. Siapa yang akan mengasuh anak? Dengan gaji babysitter ataupun biaya daycare yang cukup tinggi, bagaimana alokasinya? Dengan semua pengeluaran ini, apakah Mama masih bisa menikmati gaya hidup seperti dulu, seperti berolahraga, ngopi-ngopi dengan teman, belanja tas terbaru, dan liburan? Bisa dong! Caranya? Baca Bab ini, yaaaa!




6. Shots, Dots, Diapers

Inilah pos kebutuhan utama bayi pada tahun-tahun pertama kehidupannya: imunisasi (shots), susu (dots), dan popok (diapers). Ternyata, banyak kiat untuk menghemat manakala Mama mengetahui celahnya. Uang yang berhasil diselamatkan, bisa digunakan untuk kebutuhan di Bab selanjutnya ini.


7. Education For A Better Generation

Ini dia nih Bab yang bisa jadi alat kontrasepsi terampuh: ngobrol soal biaya pendidikan! Dana pendidikan memang adalah tujuan keuangan utama anak. Dan dengan inflasi yang tinggi, perlu dipersiapkan "strategi"nya dari sekarang. Caranya adalah hitung mundur jumlah yang dibutuhkan, kemudian hitung maju berapa dana yang perlu disisihkan.

Mundur, maju, cantik!

Review Buku MoneySmart Parent


Family is not an important thing. It's everything!



Nah, gimana, keren kan buku #MoneySmartParent -nya?

Makanya buruan beli di Toko Buku Gramedia, Kinokuniya dan toko buku ternama lainnya. Atau pesan saja di Shopee akun @zapfincorner dan di www.mamudmaskin.com. Buku ini pas banget buat jadi referensi calon orangtua, orangtua baru yang akan merencanakan keuangan keluarga, orangtua dengan anak kesekian yang ingin menata ulang pengelolaan keuangan keluarganya atau bahkan para jomblo yang sudah punya cita-cita menyiapkan keuangan keluarga.

Seperti penyataan penutup Nadia dan Prita yang mengingatkan bahwa manusia boleh berencana, Tuhan yang menentukan. Yakin bahwa setiap anak memiliki rezekinya yang sudah diatur Yang Mahakuasa. Tapi, keyakinan tersebut perlu selaras dengan ikhtiar sebagai orangtua untuk bekerja sepenuh hati demi buah hati tercinta.

Jadi memang benar adanya jika istilah "banyak anak, banyak rezeki" perlu direvisi menjadi "banyak anak, perbanyak investasi". Dan pada akhirnya setelah semua perencanaan telah matang dipersiapkan, orangtua perlu bersyukur akan apapun hasil nantinya. Karena rezeki tidak hanya berbentuk uang tapi juga kebahagiaan.❤


Review Buku MoneySmart Parent



Happy Sharing


Dian Restu Agustina




Yeaayy, makasih Mak Sumarti Saelan dan Kumpulan Emak Blogger untuk undangannya. Saya jadi juara...Alhamdulillah!😍👏





60 comments:

  1. Keren si mba nih, dapat undangan acara2 keren terus. Wawasan jadi makin luas tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mas, tambah wawasan yang bisa dibagikan ke teman-teman.:)

      Delete
  2. Mbak, tampilan blog e beda. Tapi pas kubuka di hp berasa imuut banget tulisannya. Bukunya bagus nih, biar nambah smart ketika menjadi ortu. Masalah finacial untuk masa depan emang kudu direncanakan dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak masalah finansial mesti direncanakan dengan baik

      Delete
  3. Setuju banget Mbak, memang setiap anak sudah memiliki rezekinya masing-masing, tapi keyakinan tersebut juga harus diselaraskan dengan ikhtiar untuk menjemput rezeki salahsatunya dengan merencanakan keuangan keluarga secara matang, makasih sharingnya Mbak, bukunya keren 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, ikhtiar menjemput rejeki dan perencanaan keuangan keluarga yang matang!

      Delete
  4. Sampai sekarang mah yuni masih sering memikirkan sebuah tajuk mengenai "Banyak anak banyak rezeki." Tapi seharusnya memang benar sih, "Banyak anak harus banyak investasi"

    Berbicara masalah perencanaan finansial memang sangat penting sekali. Apalagi terkait untuk keluarga. Masa depan anak nantinya.

    Anyway, yuni jadi banyak belajar dari setiap tulisan di blog Mbak Dian. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Reviewnya keren abis mbak. Pengen bisa bikin artikel/tulisan keren kyk dirimu mbak

    ReplyDelete
  6. Selamat mba....keren deh!!! Aku musti banyak belajar nulis nih dari mba..

    ReplyDelete
  7. Wah jleb banget yah kak, sebagai calon ibu buku ini penting aku baca, dari Reviewnya isinya membantu sekali bagi yg baru berumah tangga, makasih ulasannya kak, mudah2an berjodoh dgn buku ini

    ReplyDelete
  8. Selamat mbak dian. Artikelnya emang keren gini. Infonya sangat lengkap dan penting :)

    ReplyDelete
  9. Sepertinya banyak tips ya Mbak Dian, di buku ini. Ehh jadi kepo kepingin baca saya lohh mbak, hehe.

    ReplyDelete
  10. Bagiku banyak anak, berarti hrs banyak cari rizki. Setuju banget dng quote-nya, perbanyak investasi. Zamanku dulu blm ada info investasi sih. Keren nih u keluarga muda.
    Lah, mb Dian beruntung banget dpt LM...asyiiik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makin enak keluarga jaman now sudah banyak pilihan investasi

      Delete
  11. Banyak anak banyak rezeki, mungkin maksud dan hikmahnya orangtua harus lebih kerja keras untuk mendapatkan rezeki halal. Betewe buku itu bagus dimiliki oleh semua orangtua baik yang baru jadi orang tua maupun yang sudah lama, kayak saya, hehehe...

    ReplyDelete
  12. Yeay! Baarakallah. Mau ngucapin selamat dulu buat Mbak Dian. Ulasannya keren sih jadi pantes banget menang :)

    Trus ini duet penulis bukunya emnqg paten, ya. Orang2 berkompeten di bidangnya. Yang dibahas pun jadi menyeluruh. Pernah ngerasain saat mutusin resign, emang harus cermat menghitung ulang. Sekarang sih kami ada di step ke-7 dari isi bukunya. Bener banget, investasi itu perlu seiring dengan bertambahnya anak dan semakin besarnya mereka. TFS, Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya duet yang paten memang maka bukunya keren jadinya!

      Delete
  13. Aku merasa beruntung juga pernah ikutan workshop bareng mba Prita ini, enak banget menyampaikan materinya ya. Bahasannya juga lengkap, ahh jadi pengen juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah belom peranh ikutan workshop mba Prita...iya merek berdua enak banget menyampaikan materi baik lisan maupun tulisan

      Delete
  14. Aku mau banget punya buku ini. Soalnya selalu bagus pembahasan dari Mbak Prita. Uda gitu bahasanya sangat mudah dimengerti :)

    ReplyDelete
  15. Masya Allah lengkap banget review nya mbakku, jadi pengen baca buku nya secara langsung aku habis baca review darimu.

    ReplyDelete
  16. Aku udah punya bukunya yang Kocok mba, jadi penasaran nih pengen baca buku terbarunya Nadia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ini lebih lengkap, ada pelengkap sisi finansial dari Prita Gozhie

      Delete
  17. Betul mba,kalau dulu identik dengan banyak anak banyak rezeki ya..
    Baca ulasan dari mba,aku jadi penasaran.
    Makasih udah share infonya,semoga bermanfaat buat kita semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..banyak anak kini banyak (nyari) rejeki dan investasi:)

      Delete
  18. Mbak Nadia Mulya ini produktif ya nggak hanya kegiatannya sebagai presenter kece infotainment tetapi juga sebagai penulis terkenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dah 10 buku Mbak..dan dia ngeblog juga dari dulu.
      Keduanya basicnya hobi nulis

      Delete
  19. kalo yg nulis buibu kece ini pasti efeknya jleb jleeebb tapi enaaakk dibaca
    Engga bikin mumet.
    Karena ada juga fin-planner yg bahasannya tuh malah bikin aku takuuutt dan panik melulu, tapi tdk kunjung bikin gebrakan investasi :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  20. setuju mba jaman sekarang enggak ada istilah banyak anak banyak rejeki karena kadang-kadang biaya sekolah dan lain-lainnya yang tinggi membuat kita harus berinvestasi sejak dini

    ReplyDelete
  21. Waktu di bookfair tempo hari aku lihat Ada kontra pemberian judul buku ini .akhirnya dapat judul yang kece banget :D btw kalimat pertanyaan jleb banget yaa mbaa, bakal jadi panduan para ortu banget nih buku. Jadi pengen masukin kenkatakog Birupink Bookstore hehe. Ternyata udah banyan bukunyaa Nadmul :D

    ReplyDelete
  22. Eh selesai baca liat kamu menang mbak, keren, selamat yaa.. ulasannya memang bagus, inspiratif, aku jadi bisa mengerti meski gak ada di sana

    ReplyDelete
  23. Kalo mba dian yg nulis beuh aku tuh baca sampai habis dan bener banget ada beberapa yang bilang banyak anak banyak rezeki. Ada juga yg bilang banyak anak banyak pengeluaran, intinya sih bagaimana bisa menyikapi financial yah

    ReplyDelete
  24. Nadia Mulya produktif banget ya padahal udah mau empt aja anaknya. Setuju banget, nambah anak, banyakin investasi dan kerja tambah smart.

    ReplyDelete
  25. Kayanya butuh bgt buku ini. Wkwkwk...
    Slama ini sering kaya syair lagu: easy come...easy go....kacau dehhh

    ReplyDelete
  26. Bukunya bakalan membantu banget nih Mba untuk menjadi orang tua yang pintar dalam mengatur keuangan, apalagi aku yang baru punya anak satu harus punya buku keren ini.

    ReplyDelete
  27. Waa keren banget dua perempuan ini. Smart... Pingin banget punya buku ini,sudah ada di Gramedia seluruh Indonesia kan mbk

    ReplyDelete
  28. Wiiiih penjelasan lengkap sekali, btw selamat ya mbak. Aku jadi pengen ke Gramedia nih, buat ngepoin hihi

    ReplyDelete
  29. Buku berbobot banget ini mba. Kayaknya bisa jadi kado klo datang ke nikahan..biar bisa dipake belajar bagi yang baru mbina rumahtangga. Eh, tapi pengantin lama kayak sayapun juga butuh ding...masih sering bingung+kebobolan dalam hal keuangan

    ReplyDelete
  30. Asyik ya isi bukunya, lengkap dan kekinian banget... Jadi penasaran pengen baca, tapi ga tau nih nambah anak lagi atau enggak ya, hihihi...

    ReplyDelete
  31. Wah ada Mbak Prita Ghozie, idola banget nih. Kemarin pas beliau ada acara di Jogja sempat dikasih buku plus tandatangannya. Tapi buku yang Cantik, Gaya, dan Tetap Kaya. Gaya tulisannya asyik dan enak diikuti. Buku yang ini juga pasti gitu. Jadi pengen baca ih.

    ReplyDelete
  32. Wah Nadia Mulya hamil anak ke empat? Keren ini, ibu jaman sekarang mau punya banyak anak. Padahal dia itu kan aktivitasnya banyak banget ya, masih sempat nulis buku pula.

    *Terus bandingin dengan diri sendiri, yang update tulisan di blog aja sering malas-malasan

    ReplyDelete
  33. Aku penasaran mba dian sama bukunya.. Kayaknya bisa banget ini buat rekomendasi buku bacaan yang penuh makna ya...

    ReplyDelete
  34. Selamat mbak tulisannya menang... Thanks udah sharing tentang buku keren dan menarik ini, penting emang untuk perencanaan masa depan

    ReplyDelete
  35. Maknyess baca sarannya Mbak Nadia : banyak anak, perbanyak investasi. Buku yang bisa jadi pedoman bagi keluarga, jadi ada pembaharuan pola pikir dalam pembelanjaan keuangan agar bisa lebih maksimal dalam berinvestasi

    ReplyDelete
  36. Inspiratif nih artis menulis buku sendiri berdasarkan pengalaman sendiri. Jarang banget yang bisa seperti ini. Multitalenta dan patut nih di besarkan namanya

    ReplyDelete
  37. Bukunya relevan banget dengan kondisi mamah millenial saat ini ya Mbak Dian. Semua harus serba terencana karena yang paling bikin concern di kemudian hari itu adalah biaya pendidikannya yang w.o.w. Jadi kalau mau nambah anak persiapannya kudu panjang. Anak saya baru satu, sih. Dan belum ada rencana nambah hahahahha.

    ReplyDelete
  38. Kemarin aku ikut seminarnya mbak Prita, dan mupeng sama buku ini. Enak banget ya cara mbak Prita menyampaikan ilmu yang ringan tapi bisa masuk ke ibu ibu. Sip banget deh

    ReplyDelete
  39. Awwww selamatt maaak menangggg
    Aku sebenarnya g kuat landasan finansial keluarganya huhu jadi malu ga tertib dari dulu :"(

    Btw mba nesting itu bukan cuma bersih2 rumah rapi2in ya. Ternyata belanja keperluan bayi juga

    ReplyDelete
  40. Wkwkwkwk tergelitik sama quote di awal pembuka artikel mbaak :D
    Yaaa investasi itu sih yang akhir2 ini sering ku dengar di zaman skrng apalagi seiring sbiaya sekolah anak yang mencekik ya huhuhu, moga dicukupkan selalu rezeki ortunya aamiin. Tertarik deh baca bukunya, diterbitkan oleh Gramedia berarti udah gampang dijumpai di tokbuk ini yaaa, mau ah nyari :D

    ReplyDelete
  41. Aku lamgsung auto pengen bukunya ini dan selamatt yaah itu LM, kerenn bangett

    ReplyDelete