Mau Lihat Hiu Dikasih Makan Tanpa Kerangkeng Pengaman? Ke Seaworld  Saja!



Seorang penyelam dengan berbaju khusus muncul dari permukaan dan berdiri di atas sebuah peti yang ada di dasar akuarium. Di tangan kirinya ada sebuah tongkat, sementara sebuah ember berada di tangan kanannya. Dengan gerakan pelan dia mengambil potongan ikan yang berada di dalam ember tadi dengan tongkat yang ternyata meruncing di ujungnya.

Kemudian disodorkannya potongan ikan kecil tadi ke ikan berukuran lebih besar yang wara-wiri di sekitarnya. Ada ikan yang dengan sigap langsung menyambar, tapi ada juga yang tak peduli. Suasana di dalam akuarium kelihatan biasa saja, nampak ikan-ikan berenang dan seorang penyelam yang memberi mereka makan.

Tapiiii, berbeda dengan penonton yang menyaksikan dari luar akuarium.

Semua tegang!!!


Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol



Lha gimana enggak tegang cobak? Ikan yang ada di dalam sana adalah jenis ikan hiu yang tergolong ganas, yaitu:

  • Hiu Kepala Martil (hammerhead shark) urutan keganasan nomor 6 di dunia
  • Hiu Sirip Hitam (blacktip reef shark) di posisi 26
  • Hiu Buto (giant nurse shark) urutan ke 32

Saya saja yang ikut menyaksikan deg-deg serrr rasanya! Itu beneran enggak berbahaya apa ya, ada manusia yang face to face dengan hiu yang terkenal dengan keganasannya. Tanpa menggunakan pembatas atau kerangkeng besi pula! Penyelamnya hanya menggunakan kostum khusus kek baju besi gitu!

Wadaaw! Baru kali ini saya lihat pertunjukan kek gini! Beneran memang Seaworld bikin sensasi nih...

Tapiiii, setelah dijelaskan panjang kali lebar kali tinggi oleh pembicara dan pemandu acara, saya pun manggut-manggut lega.

Yup! Ternyata pertunjukan ini hanya bisa dilakoni oleh penyelam profesional dengan sertifikasi  dan lisensi khusus. Pun mereka memakai baju istimewa yang dikhususkan buat berhadapan dengan ikan yang merupakan salah satu biota penghuni laut yang ternama dengan keganasannya.

Dan pertunjukannya ternyata juga satu-satunya, hanya ada di Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol!!


Live Feeding Shark


Tentang Ikan Hiu, Benarkah Sengeri Itu?


"Hiu Ganas!! Hiu predator nomor satu!! Hiu pemakan manusia!!"

Itulah kesan yang melekat di benak kita karena banyaknya film terkenal dan juga beberapa video games yang menjadikan hewan ini sebagai tokoh utama yang memangsa hewan lainnya, bahkan manusia. Berbagai julukan mengerikan pun disematkan pada ikan hiu, sehingga sebisa mungkin orang berusaha enggak dekat-dekat apalagi temenan dengan hewan yang satu ini.

Padahal faktanya dari sekitar 500 jenis hiu di dunia, yang tercatat tergolong ganas adalah 32 jenis diantaranya. Jadi enggak semua! Sisanya adalah hiu yang tidak berbahaya alias jinak sifatnya.

"Diantara 32 jenis hiu yang ganas tadi, hanya empat jenis saja yang pernah dilaporkan melakukan penyerangan terhadap manusia," demikian disampaikan Rika Sudranto, VP Seaworld & Ocean Dream Samudera pada acara pertunjukan perdana Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol pada Rabu 2 Oktober 2019.

Dan di Indonesia sendiri terdapat sekitar 118 spesies hiu dan sampai saat ini belum pernah ada laporan penyerangan oleh hiu pada manusia! (jangan sampai deh ya..)

Oh ya, sejatinya hiu menyerang manusia itu pasti karena ada sebabnya. Kalau kita diem-diem bae, enggak bakal kenape-nape. Tapi, kalau ada ulah kita yang menganggu die, ya Wassalam, dia bakal menyerang!


Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol


Gimana enggak menyerang manusia, hiu diburu sebanyak 100 juta ekor pertahunnya di Indonesia saja! Pasalnya, sirip hiu di sebagian kalangan merupakan makanan favorit yang berharga mahal. Tak heran hiu pun diburu-buru gila-gilaan!!

Maka sebenarnya lebih kejam hiu atau manusia ya? Yang pantas dijuluki ganas siapa ya? Jadi, predator terganas di dunia adalah.....#tunjukdirikitasendiri!!🙈

Pas bangets kalau Seaworld Ancol memberi tagline pertunjukan Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol ini dengan "Are They The Danger or Are We?"


Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol


Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol


Nah, karena itulah, Seaworld Ancol melakukan pertunjukan ini bukan hanya sekedar ingin memamerkan kepiawaian penyelamnya, sok-sokan pamer koleksi ikan hiunya apalagi mengekploitasi hewan yang seharusnya ada di habitatnya.

Bukaaan!!

Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol ini punya misi mulia mengedukasi masyarakat karena Sea World Ancol mengemban 3 misi besar yaitu, Pendidikan, Konservasi dan Hiburan, selengkapnya bertujuan:

  • Memberikan pelajaran tentang hiu, fakta dan habitat hidupnya
  • Memahami alasan mengapa hiu menyerang manusia
  • Mengedukasi jika hiu bisa bersahabat dengan manusia
  • Menumbuhkan kepedulian akan kelestariannya

Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol


Nah, ikan hiu di Sharkquarium Seaworld Ancol ini berjumlah 25 ekor dan ditemani oleh ikan Pari Barongsai yang menempati luasan berisi 900 meter kubik air.

Etapiii, kenapa juga ada ikan pari di sini?
Apa yang merasukinya hingga nyasar ke rumah ikan hiu yang berbahaya?

Saya juga sempat heran dan deg-degan, itu pari gimana kalau dimakan ya?

Tapi ternyata jenis Pari Barongsai ini adalah hasil evolusi tak sempurna ikan hiu yang berubah menjadi ikan pari. Jadi ya gitu deh, kek-nya dia ambigu, masuk ke jenis pari apa hiu. Maka, si hiu ya welcome aja serumah ama dia, wong sepupu.......😁

Nah, puluhan hiu dan pari inilah yang menjadi bagian dari Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol yang merupakan atraksi wisata pemberian makan hiu tanpa pembatas atau kerangkeng besi pengaman pertama di Indonesia.

"Ini pertama kalinya ada di Indonesia bahkan dunia yang memberi makan hiu langsung tanpa kandang. Bahkan penggunaan sharksuit-nya pun hanya satu-satunya di Indonesia yang untuk memberi makan. Karena di negara lainnya untuk penelitian. Sedangkan di Indonesia sebagai proteksi bagi penyelam ketika melakukan eksibisi" papar Pak Rika lagi.

Yang jelas saya kebayang betapa beratnya baju itu, apalagi ditambah beratnya beban hidup dipakai menyelam yaa? Wow, gimana itu rasanya?


Live Feeding Shark


Sharksuit, Baju Khusus untuk Memberi Makan Ikan Hiu



Untuk memberi makan ikan hiu di Sharkquarium ini, penyelam Seaworld Ancol memang mesti mengenakan pakaian khusus yang dipesan dari Florida, Amerika. Baju ini terbuat dari anyaman besi stainless steel yang ditujukan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan dari serangan ikan hiu.

Sharksuit seberat 15 kg ini dipakai mulai dari kepala, badan, telapak tangan hingga menutupi seluruh bagian tubuh penyelam. Karena kemarin saya melihat dari dekat, maka saya percaya jika proses mengenakan bajunya perlu waktu 20 menit lamanya. Memang wajar-in dah kalau ribet, biar aman, ye kan?


Seaworld Ancol


Tak heran jika kostum ini menjadi yang pertama ada di Indonesia yang membuat penyelamnya merasa beruntung bisa mengenakannya.

"Deg-degan juga sih di dalam walaupun sudah pakai sharksuit ini. Karena ini pertama kali kasih makan hiu face to face. Tapi, asal SOP ditaati, hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalkan. Tadi itu, sebenarnya kegigit di ibu jari. Tapi untung ada sharsuit jadi rasanya cuma kayak kejepit pintu," ungkap salah satu penyelam di pertunjukan perdana Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol ini seselesainya acara pemberian makan ikan hiu.


Live Feeding Shark


Seaworld Ancol




Tentang Seaworld Ancol


Sea World Ancol sendiri merupakan sebuah kawasan yang lengkap untuk memberikan hiburan dan pendidikan khususnya dunia laut. Memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil. Yang mana biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka.

Nah, setiap tampilan akuarium atau wahana memiliki tema khusus untuk memberikan nuansa tersendiri dalam pesan yang disampaikannya, selain itu untuk menambah pengetahuan mengenai biota yang ditampilkan maka dilengkapi juga dengan label berisi informasi mengenai biota baik secara biologis maupun keunikannya.


Seaworld Ancol


Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol


Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol


Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol


Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol


Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol

Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol


Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol

Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol


Juga, berbagai macam acara dan fasilitas penunjang lainnya pun dihadirkan untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung seperti aksi seru 2 penyelam saat Feeding show di akuarium utama, uniknya duyung menyantap rumput laut dari tangan penyelam sampai keganasan belut kerondong berebut makanan.

Ada juga Kolam Sentuh jika ingin berinteraksi langsung dengan ikan. Serta museum yang berisi awetan hewan-hewan laut, seperti Ikan Purba – Raja Laut (Coelacanth).

Tak lupa, Seaworld juga melakukan penangkaran ikan yang nantinya akan dilepasliarkan untuk tujuan kelestarian.

Sea World Ancol menghadirkan edukasi terkini mengenai dunia air pada umumnya dan kelautan khususnya dengan berbagai biota yang dihadirkan maupun inovasi dalam tampilannya sehingga menjadi yang terdepan di Indonesia.




Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol


Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol


Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol


Buka: 09.00 - 18.00

Tiket Reguler:
Bundling Sea World Ancol - Ocean Dream Samudra
Weekday : Rp 135,000
Weekend : Rp 180,000

Reguler Weekday dan Weekend
Weekday : Rp 80,000
Weekend : Rp 100,000

Tiket Annual Pass
Annual Pass Bundling Sea World Ancol - Ocean Dream Samudra
Weekday : Rp 295,000
Weekend : Rp 295,000

Annual Pass Sea World Ancol
Weekday : Rp 220,000
Weekend : Rp 220,000

Notes: pembelian tiket di website lebih murah daripada di loket. Kepoin juga web dan sosmed Seaworld Ancol untuk promo terbarunya yaaa😍


Yuk, Saksikan Keseruan Live Feeding Shark: Face to Face Hanya di Seaworld Ancol!



Nah, pertunjukkan Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol ini sudah ready dari kemarin, 2 Oktober 2019 dan bisa disaksikan setiap hari pada pukul 14.30.

Pertunjukkan akan menampilkan 2 penyelam, satu orang akan masuk akuarium untuk memberi makan ikan sementara yang satunya akan berjaga untuk antisipasi jika ada hal yang tidak diinginkan.


Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol

Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol


So, cateet yaak, Live Feeding Shark: Face to Face di Seaworld Ancol akan menghadirkan pertunjukan spesial yang merupakan satu-satunya dan pertama di Indonesia

Sebuah atraksi menegangkan dua orang penyelam profesional yang akan memberikan makan hiu secara langsung di dalam air. Di mana tanpa menggunakan pembatas atau kerangkeng besi, kedua penyelam ini hanya menggunakan kostum khusus atau shark suit.



Dalam atraksinya ini, para penyelam akan memberikan makan hiu dengan ikan segar 5-7 kilogram dalam sekali pemberian makan yang berlangsung selama 10 menit. Ikan hiu akan agresif dengan mencium bau amis ikan segar dan menghampiri ikan yang ditawarkan si penyelam.

Gimana, penasaran? Intip aja keseruannya di IGS  Seaworld saya ...😍 #eh

Dan yuuk langsung cusss kunjungi Sea World Ancol bersama putra-putri, pasangan, teman-teman, saudara, tetangga, .....dan jadilah saksi pemberian makan ikan hiu secara langsung yang hanya dilakukan satu kali setiap harinya!!







IG: @Seaworld.Ancol 




See You There!

Dian Restu Agustina


62 comments:

  1. Seru nih ke Seaworld sekalian belajar tentang hiu. Soalnya banyak yang salah kaprah tentang hiu yang imagenya jadi binatang ganas nan jahat. Apalagi banyak film yang mengangkat hal ini.
    Ada satu muridku yang concern tentang ikan dan dia selalu mengingatkan kalau hiu itu enggak jahat. Sekarang doa sudah SMP kelas 3 dan selain ikan dia juga lagi mengulik banyak tentang serangga. Seru kalau ngobrol sama dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, ke sini buat edukasi, anak-anak pasti hepiii

      Delete
  2. Bajunya kayak baju zirah ya kak. Jadi pengen juga main ke sea worldnya. Semoga ada waktu dan kesempatan deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mirip yang di pilem ya bajunya dari tentara Romawi hihihi

      Delete
  3. Ulalaaaaa mba Diaaan, itu seruuu amat siiik
    Aku udah lamaaaa ngga ke Ancol, pengin juga ajak anakku ikut lihat atraksi live ini di Sea World
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Menarik yaa pertunjukannya. Memang sudah terkenalnya kalau hiu itu ganas. Ternyata masih ada beberapa jenis yang jinak. Baru tahu. Sepertinya kalau lihat langsung pertunjukannya bakal seru banget. Seru lihatin penonton yang deg-degan. :)

    Salut juga buat bapak-bapak yang mau menyelam bersama ikan-ikan hiu itu.

    ReplyDelete
  5. Seaworld Kayaknya selalu ada pertunjukan tahunan dengan tema yang beda2 ya mba dian.. mungkin supaya gak bosen ya pengunjungnya dan dapet ilmu serta pengalaman yang baru terus setiap ke seaworld ancol

    ReplyDelete
  6. Ancol itu emang juara ya, dari dulu pengen ke sana dan ke sea world ini sambil bawa anak-anak. Selain bisa liburan juga mengedukasi anak-anak tentang kehidupan hewan air dan laut.

    ReplyDelete
  7. Aku gagal fokus mbak sama "Entah apa yang merasukinya Pari Barongsai" Jadi dia itu setengah ikan hiu, setengah ikan pari gitu ya mbak. Misalkan dibawa ke ikan pari bakalan diterima pun sebaliknya wkkwkw
    Keren banget ihh Shark Seaworld Ancolnya mbak,, udah mirip kayak yg di luar negeri nih
    Edukasinya juga bagus loh mbak. Aku juga awalnya mikirnya, ehh Hiu juga masuk Seaworld? Tapi ternyata bagus juga programnya, mantapjiwaa
    Makasih sharingnya, mbak

    ReplyDelete
  8. SeaWord kalau terus dirawat pasti makin banyak pengunjung ya, Kak. Saya ama anak-anak kalau ke Dufan pasti mampir ke sini, anak-anak bahagia, hehehe

    ReplyDelete
  9. Wow Sea World sekarang tambah asik yak Ada atraksi kasih makan Hiu tanpa krangkeng, bikin anak - anak memandang dengan takjub gitu

    ReplyDelete
  10. Selalu betah kalau ke Sea World apalagi kalau abis itu mampir ke wahana lain di Ancol. Enaknya di Sea World ada atraksi kaya gini yang bikin anak-anak jadi semakin excited

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak...hepi bener anak-anak yang menyaksikan tadi:)

      Delete
  11. Saya pertama kali ke Sea World tahun 1998, Mbak Dian. Waktu itu tiket masih 14 ribu. Nah yang terbaru akhir tahun lalu. Dan atraksi memberi makan ikan paling ditunggu. Hanya penyelamnya pakai baju selam biasa.
    Nah, ini beda ya, Mbak. Pakai baju besi dan yang diberi makan ikan hiu. Wajib nih, ke Sea World lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas ini pertunjukannya di Sharkquarium, bukan Akuarium Utama:)

      Delete
  12. Waaaah sharksuitnya menakjubkan, selain berat kalau di darat makenya juga perlu waktu 20 menit, yg penting si hiu perlu kerja keras giginya kalo iseng menggigit yg ngasih makan ya

    ReplyDelete
  13. Nyali pawang hiunya gede jugak ya..
    Awak merinding ngebayanginnya

    ReplyDelete
  14. Pasti menegangkan ya mba nontonnya, aku blm pernah loh masuk seaworld setuwir ini btw itu kena gigitan kaya kejepit pintu?
    Jadi ngebayangin ngeri2 gimna gt berhadapan dengan hiu

    ReplyDelete
  15. Pas banget lagi nobton film deep blue sea 2, tambah merinding bacanya hehehe Berarti yang dikatakan orang2 itu benar ya bahwa hiu memangsa manusia hanya imaginasi hollywood.

    ReplyDelete
  16. Tempatnya bener bener idaman mbak, kelihatannya pasti bahagia banget bisa nyaksikan hiu dikasih makan tanpa pengaman gitu, keren banget

    ReplyDelete
  17. Aku pengen banget loh ngajak anak-anak ku ke SeaWorld, agar mereka bisa belajar dan tahu dunia bawah laut serta ikan yang ada di dalamnya. Dan SeaWorld itu tempat wisata yang edukasi banget bagi anak-anak

    ReplyDelete
  18. pengin banget bawa anak liburan ke sini
    dia tu suka banget liat hewan apalagi ikan
    semoga nanti ada rezeki dan bisa sampe ke sea world
    duh dah kebayang serunya

    ReplyDelete
  19. serem juga ya, lihat langsung pas orang ngasih makan ikan Hiu. Entah kenapa aku langsung terbayang seperti yang terjadi di film-film hahaha

    ReplyDelete
  20. monmaap kak e, kok ya aku salfok sama nyali 2 orang yagn ngasih makan itu ya mba. serem juga ngebayangin jadi mereka. duh....knp aku yang malah ketakutan.

    ReplyDelete
  21. Wow kece nih, berarti udah lama bgt aku ga ke seaworld, selalu ada atraksi baru ya, pingin ngajak bontot kesana nih, belum pernah dia

    ReplyDelete
  22. Aku aja belom pernah ke SeaWorld . Pernah nya ke akuarium sebelah itu juga karena ada acara . Terima kasih infonya mbaak jadi bisa kira kira kalau kesana biaya ber4 orang berapa. SeaWorld itu ada di dalem Ancol bukan sih mbak ? Jd kita beli tiket masuk ancol dlu kan ya

    ReplyDelete
  23. Sukaaa ke SeaWorld. Pernah bawa anak pertama kesini tahun lalu. Dia seneng liat hewan2 saat jadwal dikasi makan. Termasuk hiu-hiu ini. Mudah2an bisa bawa sekeluarga kesini lain kali. Harus nabung dulu soalnya, hehe..

    ReplyDelete
  24. Sedih banget lho, nggak bisa masuk waktu itu karena beli tiketnya mahal banget, nggak bisa beli satuan waktu datang ke spot harus via online. Semoga next bisa ke sea world lagi kalau ke Jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa beli di loket kok mbak..tapi memang lebih hemat via online

      Delete
  25. sumpah yaa aku mbaca kalimat demi kalimat langsung mbayangin aku di sana juga. seruu banget, ikut deg2an juga hihihi

    ReplyDelete
  26. Saya baca ini saja, sembari ngeliatin foto-fotonya, deg-degan membayangkan memberi makan langsung kepada hiu. Apalagi yang nonton langsung ya Mak :)

    ReplyDelete
  27. Mba Diaaaannnn, aku mauuu lihat nih
    .
    Tapi takut
    .
    Tapi pengin
    .
    Tapi takuttt hahahhah
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  28. Aku belum pernah ke Sea world. Penasaran banget pingin kesana belum kesampaian. Dengan adanya atraksi seperti ini, kita jadi tau banyak hal ya. Apa yang harus kira lakukan saat bertemu ikan hiu... Jangan asal mendekat, berabe hehe

    ReplyDelete
  29. Oh ternyata hiu dan pari sepupuan hihihi. Kostumnya mirip baju zirah, ya. Kebayang sih memang berat. Tetapi, ya demi keamanan

    ReplyDelete
  30. lihat baju pengamannya kayak yg di filem2 ya. seru banget bisa nonton hiu dikasi makan. kayaknya kalo aku yg nonton bakal ngerasa ngeri2 gimanaa gitu :D

    ReplyDelete
  31. Ternyata hiu itu sampai ratusan ya jenisnya.
    Biarpun sudah ada penjelasan kalau hiu nggak ganas, tapi tetap aja ngeri dan menegangkan kalau lihat ada yang ngasih makan hiu tanpa besi pembatas. Kalau saya disana, pasti nutup mata dengan tangan, tapi ngintip dari sela-sela jari. Takut dan penasaran

    ReplyDelete
  32. Wah...baju pengamannya kayak baju robot gitu yah...tapi memang harus soalnya gigi hiu itu tajam banget katanya, salut buat Seaworld yang dengan inovasinya mencoba untuk memperkenalkan hewan yang memang terkenal menakutkan itu kepada masyarakat padahal terkadang justru kitalah menakutkan karena menghalalkan segala cara untuk menikmati sesuatu. Mudah-mudahan bisa mengajak anak-anak melihat Live Feeding Shark secara langsung.

    ReplyDelete
  33. Feeding Shark asli seru pisaan, Mbak. Ngga kebayang pas kegigit jarinya tadi, merindiing ih. Btw, Ancol selalu bikin innovasi terus ya, Mbak. Bagusss.

    ReplyDelete
  34. aku ga bisa bayangin gimana rasanya nyuapin hiu, aduh ngeri rasanya, walau pake baju khusus gitu yang ada aku tetep pingsan duluan sik wkwkwkw.... entah apa yang merasuki bapak-bapak itu kok ya berani banget,,, kalo ikan pari masuk ke kolam hiu mungkin uji nyali ya wkwkwkw

    ReplyDelete
  35. ternyata hiu ganas hanya beberapa. kita kena pengaruh film nih yg bilang hiu suka kejar2 manusia dan memakannya di laut. anak saya suka shark, dia pasti girang kalo bs liat dr dekat begini

    ReplyDelete
  36. Huhuhuhu, pas gini serasa pengen Jakarta tuh dekat dari Yogya. Anak-anakku suka banget ke Sea World, kalau ke Ancol, mesti minta ke Sea Eorld. Moga nanti kalau ke Jakarta bisa nonton live feeding shark ini.

    ReplyDelete
  37. Aku udah lama buanget gak ke seaworld ini pengen kesana ajak anak gitu main disana sama salsa.. Kapan ya ada waktu

    ReplyDelete
  38. Alamaaakk... kayak kejepit pintu rasanya. Itu gimana coba kalau enggak pake baju besi, bisa-bisa jari mas penyelamnya udah hilang setangan-tangannya ya. Tetep aja ngeri ih ngebayanginnya. Pasti kalau ikut nonton bawaannya deg-degan melulu ya.

    ReplyDelete
  39. Berkali kali datang ke SeaWorld aku mah gak pernah bosen mbak, selalu aja takjub sama hewan hewan di bawah laut. Terutama ikan ikan predator ini. Ada ikan besar juga ya mbak, ikan kecil kecil, ikan pari ah seneng aja deh lihat mereka.

    ReplyDelete
  40. Dulu ke Seaworld tahun 2012 hahaha asik ya mba bisa liat yang kasih makan HIu live dan baru tahu juga nih edukasi tentang Hiu emang banget di kepala kalau denger Hiu yah predator wkwkw...

    itu pari barongsai ternyata hiu juuga yah baru tahu nih

    ReplyDelete
  41. Wah mbak, anakku seneng banget nih pastinya kalau di ajak ketempat seperti ini. Apalagi dia lagi banyak banget pengin tahunya, kapan-kapan aku mau ajak ke SeaWorld

    ReplyDelete
  42. Menarik ini. Dah lama banget ga main ke Seaworld, pengen ah tar ajak main pas liburan.

    ReplyDelete
  43. Wow jadi penasaran bisa melihat langsung hiu diberi makan apa lagi aman. Jadi pengen ke Seaworld deh ajak anak-anak.

    ReplyDelete
  44. udah berapa abad enggak ke Seaworld Ancol, huhu ... makin keren yaa atraksinya. Trus itu baju besi penolong banget, kegigit hiu rasa kejepit pintu. Cari tiket promo ah ...

    ReplyDelete
  45. Seru dan menarik selai mbak, ini termasuk baru ya. Bisa jadi refensi kalau ke Jakarta lagi nih, secara awal tahun kemarin ke Jakarta gagal main ke Ancol.

    ReplyDelete
  46. Ya ampuun seru banget sih ke SeaWorld. Pengen ajak anak-anak ke sini tapi belum sempat euy.

    ReplyDelete
  47. Udah lama banget gak ke seaworld ternyata udah banyak yg baruuu.. Bontot nih blm pernah

    ReplyDelete