Agus Harimurti Yudhoyono: "Sukses Itu Cepat Bangkit dari Gagal Kita! Dream Big, Work Hard Never Give Up!"



"Jangan takut mengambil keputusan, meski memiliki risiko yang tinggi. Jika gagal, jadikan pengalaman dan berusahalah yang lebih baik lagi"



Demikian Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute menegaskan di depan 100 calon mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang akan berkuliah di luar negeri, Selasa (18/11) di Gedung Perpustakaan Nasional RI.

AHY hadir untuk membagikan pengalaman serta memberikan motivasi kepada mereka yang selama ini sedang mempersiapkan diri sebelum menuju negara tempat belajarnya nanti.

Tak hanya itu, dalam acara yang dihelat oleh Euro Management dalam tajuk Studium Generale 2019 Menjadi Patriot Abad 21: Unggul dalam Persaingan Global ini, AHY juga memberikan banyak wejangan bagi generasi calon penerus bangsa yang hadir, termasuk membagikan semboyan hidup yang dipegangnya: "Dream Big, Work Hard Never Give Up!"




Studium Generale 2019 Euro Management



Studium Generale 2019 Euro Management dibuka oleh Bimo Sasongko, President Director & CEO Euro Management yang menegaskan jika kehadiran AHY dimaksudkan untuk memberikan motivasi agar para calon mahasiswa ini makin siap dan bersemangat saat menempuh pendidikan di luar negeri.

AHY dianggap sebagai sosok yang pas untuk berbagi pengalaman mengingat AHY telah sukses menempuh 3 pendidikan Master, yakni:

  1. Master of Science in Strategic Studies di Nanyang Technological University dengan predikat memuaskan
  2. Master of Public Administration dari Harvard University dengan predikat sangat memuaskan
  3. Master of Arts in Leadership and Management di Webster University, lulus dengan predikat summa cumlaude dengan IPK 4.0

Tak hanya itu, AHY juga punya segudang prestasi saat menempuh pendidikan maupun berdinas di kemiliteran. Sehingga diharapkan segala pencapaian ini akan makin membulatkan tekad dan semangat para milenial yang hadir di acara ketika menempuh pendidikan dan menyongsong masa depannya.

"Semoga motivasi dari Bapak AHY nanti akan membuat calon mahasiswa Program Persiapan Studi (PPS) yang akan melanjutkan studinya ke Jerman, Perancis, Inggris, Belanda, Amerika dan berbagai penjuru dunia...terbuka wawasannya pun menguat semangatnya," tegas Bimo Sasongko.

Pada kesempatan yang sama, juga ada sambutan dari Ketua Ikatan Alumni Jerman (IAJ), Komang Wirawan yang mengungkapkan hal senada "Generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk menghadapi masa depan melalui pendidikan. Dan, jangan pernah sia-siakan kesempatan!"

Sungguh, acara Studium Generale 2019 yang dihadiri juga oleh Prof. Dr. Jarot Suroso, Ketua Ikatan Alumni Perancis Indonesia (IAPI) dan orang tua calon mahasiswa PPS serta undangan lainnya itu berlangsung hangat dan seru!


Euro Management
pembawa acara

Euro Management
Bimo Sasongko, President Director & CEO Euro Management 

Agus Harimurti Yudhoyono
Ketua Ikatan Alumni Jerman (IAJ) - Komang Wirawan

AHY: Menjadi Patriot Abad 21 Unggul dalam Persaingan Global



AHY, putra pertama Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono, mengawali kuliah umumnya dengan video profile perjalanan hidupnya dan membuka dengan pernyataan yang bikin saya jlebb seketika.

"Saya pernah gagal, saya pernah kalah. Video profile tadi tidak menunjukkan berapa ribu jam saya harus belajar dengan sungguh-sungguh. Kehilangan waktu mungkin untuk bermain atau untuk hal-hal lain. Walaupun saya merasa tidak kehilangan waktu untuk keluarga. Karena saya mencoba untuk menyeimbangkan hidup. Bahwa hidup tidak selamanya tentang pekerjaan. Hidup ada tentang cinta dan kasih sayang. Eyang Habibie dan Ibu Ainun, Pak SBY dan Ibu Ani menceritakan bahwa kekuatan cinta itu membuat orang-orang sukses dan bisa menjadi pemimpin hebat. Oleh karena itu sambil belajar teruslah lengkapi dan sempurnakan kepribadian kita. Semakin matang dan dewasa penuh dengan kasih sayang dan cinta terhadap sesama juga terhadap bangsa dan negara."


Agus Harimurti Yudhoyono

Euro Management

Euro Management



AHY kemudian mengingatkan semua hadirin pada ucapan Presiden Soekarno," Beri aku 10 pemuda niscaya akan kugoncangkan dunia!"

10 pemuda dianggap bisa mengubah banyak hal. Seperti halnya sejarah Indonesia di mana pemuda adalah game changer. Tanpa anak muda tidak ada Sumpah Pemuda, Proklamasi Kemerdekaan dan Reformasi 1998.

AHY menyampaikan meski para audiens berbeda rentang usia tapi semangat mudanya tetap menyala. Usia boleh kolonial tapi semangat tetap milenial.

Nah, peran generasi muda dan semangat muda ini begitu penting, begitu fundamental, untuk perjalanan bangsa kita selanjutnya. Karena pemuda adalah:
  • Kekuatan: usia muda membuat bisa kerja dengan penuh energi, semangat dan harapan besar
  • Keberanian: berani untuk mencoba, melakukan sesuatu, tidak pernah merasa takut. The greatest feather bukan jika gagal dalam sebuah situasi, tapi jika tidak berani mencoba sama sekali.
  • Harapan:punya harapan dan masa depan panjang
  • Perubahan: perubahan ke arah yang lebih baik, dari waktu ke waktu, dari generasi ke generasi
Sementara, lebih jauh bicara masalah pemuda, kini mereka akan dihadapkan pada realitas abad 21 yakni: ultracompetitive & the only constant is change. Di mana disebutkan AHY, kompetisi kini makin tinggi, mengingat ada 7,7 milyar penduduk dunia saat ini. Semua terus berubah dengan cepat. Persaingan antar manusia, masyarakat, bangsa makin tinggi.

Artinya dengan semakin banyak manusia sementara bumi kita cuma satu! Belum lagi perubahan iklim yang juga mengancam kelestarian bumi ini.

Sementara kita dihadapkan pada beberapa masalah yang ada di depan mata, diantaranya:
  • Kelangkaan Pangan dan Air: semua berebut mendapatkan sumber air bersih. Meski sumber daya alam Indonesia melimpah ruah tapi itu semua ada batasnya. Sehingga perlu dicari solusi
  • Kelangkaan Energi: terutama yang berbasis fosil
  • Revolusi Industri 4.0: Artificial Intelligence, Robotic, Big Data, Internet of Things yang kesemuanya menuntut kita untuk berpikir sesuai dengan perkembangan zaman
  • Revolusi Society 5.0: dunia semakin borderless menuntut kita berpikir luas. 

Terkhusus untuk Revolusi Industri 4.0 lebih jauh AHY memaparkan tentang peluang dan tantangan yang akan kita hadapi, yakni:
  • Konteks Politik: 
  • Konteks Ekonomi
  • Dampak Sosio-Kultural

AHY


Sementara, menyikapi Artificial Intelligences, AHY yang sebelumnya menanyakan ke audiens sebenarnya robot dan mesin pengganti ini "Teman atau Saingan", berpendapat, memang keberadaan robot-robot pengganti tenaga kerja manusia ini bisa jadi teman jika memang di bidang tertentu dibutuhkan sebagai pengganti diri. Tapi dapat juga jadi saingan jika ternyata lebih praktis dan ekonomis menggunakannya daripada "membayar" sumber daya manusia.

Maka, pastinya kita terutama generasi muda mesti siap dengan era globalisasi dan digitalisasi yang sangat melesat ini.

"Siapkan diri jadi pemenang dan bukan pecundang!" ingat AHY lagi

Lalu, era ekonomi digital, disebut AHY memang sudah menggeser ekonomi konvensional. Dengan kelahiran beraneka usaha berbasis digital mengakibatkan banyak usaha berbasis "fisik" gulung tikar.

Hal ini membuat terjadinya pergeseran orientasi anak muda termasuk dalam pemilihan cita-cita. Dulunya mereka berharap bisa menjadi anggota TNI, dokter, insinyur, pegawai bank, pilot atau PNS. Tapi kini cita-cita mereka sudah digital oriented seperti: apps developer, social media strategist, content writer, blogger, youtuber, videographer, sociopreneur, selebgram dan lainnya.

See, terbayang betapa banyak pekerjaan akan menghilang dari muka bumi, karena akan diganti:
  • Cashier ----> Self Checkout Machine
  • Travel Agents ----> Travel Websites
  • Assembly Line Workers ----> Assorted Robots
  • Newspaper Delivery ----> Electronic Reading Devices
  • Taxi Drivers ----> Self Driving Cars
  • Referees ----> Video Technology
"Maka pasti perlu persiapan untuk menghadapinya!" tegas AHY


Euro Management


AHY: Keterampilan Utama Abad 21



AHY menjabarkan, jika pemuda mesti memiliki Keterampilan Utama Abad 21, dalam bidang:

  • Keterampilan Belajar (Learning Skills)
Memiliki 4K yakni berpikir kritis, kreatif, memiliki kemampuan komunikasi, dan kolaborasi yang efektif.

"Ini penting karena kita ingin terus meningkatkan kapasitas kita sekaligus beradaptasi dengan perubahan zaman," ujar suami Annisa Pohan ini.

  • Keterampilan Literasi (Literacy Skills)
Terampil di bidang Informasi, Media, Teknologi. Ini penting karena begitu banyak informasi atau kerap disebut tsunami informasi saat ini. Dengan kemampuan literasi, maka milenial akan lebih kritis terhadap suatu informasi dan tidak langsung bulat-bulat menelannya.

"Bisa saja kita terjebak di generasi penyebar berita palsu fake news, black campaign, bahkan ujaran kebencian. Biayanya terlalu tinggi kalau itu jadi kelaziman di negeri kita. Akan menambah tingkat kebodohan, hanya menambah keruh situasi, lebih buruk lagi bisa memecah belah bangsa ini," papar AHY lagi.

  • Keterampilan Hidup (Life Skills)
Fleksibilitas, Leadership, Inisiatif, Produktifitas, Sosial (FLIPS). FLIPS akan membekali milenial untuk survive dalam kehidupan di abad 21.

"Sering kali kemampuan sosial lebih penting dari kemampuan intelektual. Walaupun dua hal tersebut sama baiknya, yakni kapasitas intelektual diperkuat sosial," tegas AHY.


AHY


AHY: Indonesia Bangsa yang Besar, Bangsa Pejuang


Kemudian AHY menegaskan meski memerlukan keterampilan mumpuni untuk menghadapi era terkini, tapi kita tak perlu berkecil hati. Indonesia itu bangsa yang besar, bangsa pejuang. Maka, mesti yakin jika Indonesia tidak boleh tertinggal, tidak boleh menjadi penonton, apalagi menjadi pecundang di negeri sendiri. Untuk itu perlu ada yang dibenahi.

Misalnya bisa berawal dari semboyan kita:

Dulu ---> Merdeka atau Mati

Kini ----> Responsif, Adaptif, Kompetitif, Kreatif, Inovatif....atau Mati


Memang, pada era 4.0 revolusi industri sekarang ini tidak cukup dengan semboyan merdeka atau mati saja. AHY mengatakan patriotisme era sekarang diwujudkan dengan mempertahankan kedaulatan dan integritas negara, serta ditambah dengan menjawab perubahan zaman yang begitu cepat.


Euro Management

Agus Harimurti Yudhoyono


Menurut AHY, kita tentu tidak ingin menjadi bangsa yang besar secara kuantitas tetapi lambat bergerak dan tidak bisa menyesuaikan dengan perubahan zaman. "Jangan sampai bangsa kita seperti dinosaurus, besar tapi lambat bergerak, tidak bisa menyesuaikan perubahan dan tantangan zaman. Kita ingin Indonesia semakin maju semakin sejahtera 100 tahun, 1.000 tahun ke depan," katanya.

Ingat, Indonesia Emas, hanya jika:
  • Aman dan Damai
  • Adil dan Sejahtera
  • Maju dan Mendunia

Maka, AHY mengajak kita semua untuk mewujudkan mimpi Indonesia!
Bahwa, tidakkah semua ingin jika Indonesia, misalnya:
  • Brandnya ada dalam Global Brands yang mendunia?
  • Bisa menjadi finalis World Cup melawan Perancis, misalnya?
  • Produk andalannya ada terpampang di baliho New York Times Square sana?

 Euro Management

Euro Management

Agus Harimurti Yudhoyono


Yakin, kita bisa!! Maka, yuk siapkan diri kita!

Lalu, bagaimana cara menyiapkan generasi muda yang unggul?

3 Keharusan yang dimiliki anak muda menurut AHY:
  • Kapasitas Intelektual
  • Karakter dan Integritas
  • Kepemimpinan

Maka, AHY mengajak semua membangun sinergi dan kolaborasi karena bagaimanapun kita tidak bisa berjalan sendiri. 

"Bahkan seorang Superman pun membutuhkan Superteam, ya kan!"

"Seperti pepatah Afrika: If you wanna go fast, go alone, if you wanna go far, go tegether! Bersama-sama kita bisa mencapai mimpi Indonesia" tegas AHY.



Euro Management


Agus Harimurti Yudhoyono


AHY: Dream Big, Work Hard Never Give Up!



Selain itu, AHY juga mengajak milenial untuk tidak mudah menyerah dan mempunyai mimpi besar yang selalu di-update dan upgrade.

"Status diupdate, software diupdate, maka mimpi seharusnya pun sama, diupdate dan diupgrade!" tukas AHY

Ia mencontohkan, seperti dirinya yang (dulu) ingin jadi prajurit dan cinta TNI sampai mati. Tapi, 

"Saya punya mimpi besar yang baru untuk berkontribusi lebih luas untuk masyarakat. Hanya ada satu dan risikonya besar tidak bisa kembali lagi. Begitu keluar enggak bisa balik, risikonya kalah. Tapi saya tidak merasa kalah. Sukses itu bukan soal kalah atau menang, sukses itu cepat bangkit dari gagal kita," tuturnya.


Agus Harimurti Yudhoyono


Pesan AHY untuk Calon Mahasiswa Program Persiapan Studi Luar Negeri


AHY kemudian menitipkan pesan bagi para mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di luar negeri itu agar tidak melupakan bangsa dan ikut memberikan kontribusi di masa depan. "Semoga generasi muda kita semakin memiliki kapasitas yang berkelas dunia, mudah-mudahan ketika mereka mendapatkan ilmu pengetahuan pengalaman di negara tersebut bisa dikontribusikan untuk masyarakat, bangsa serta negara kita," ujarnya.

"To be honest belum tentu saat di negara sendiri kalian akan mendapat kesempatan yang layak sementara di luar negeri sudah disiapkan karpet merah bagi kalian yang cerdas. Interviewnya pun hanya formalitas. Masa kita tidak tergoda dengan penawaran itu?" ucapnya

AHY mengatakan siapapun dan dimanapun bumi dipijak, kontribusi akan negara bisa dilakukan. Salah satunya lewat ide dan gagasan. "Mau di Indonesia atau luar negeri kalau setiap saat kita memikirkan negara kita, memikirkan bentuk kontribusi atas negara ini, atau berpikir ilmu apa yang bisa diterapkan di sini maka sudah menjadi hal baik. Walaupun sejujurnya kami berharap tidak semuanya tinggal di sana," tuturnya.

"Saya berharap ada kontribusinya baik dalam hal gagasan, pemikiran atau karyanya. One day, kalau merasa semuanya sudah lebih settle dan mapan welcome back!" lanjutnya.

Selain memikirkan dari siswanya, AHY juga berharap negara mau memikirkan masa depan para pemuda terbaik Indonesia yang merantau ke negeri seberang. Ia berharap negara punya andil dalam menyiapkan fasilitas untuk orang orang terbaik itu.

"Kalau tidak ya jangan salahkan mereka akan stay di negara tujuan. Kalau tidak diperhatikan nasib dan karirnya ya wajar jika mereka memilih tinggal di sana," tegasnya.

Menurutnya, fasilitas yang ditawarkan di Indonesia membuat para pelajar di luar negeri merasa memiliki pilihan sepadan antara di negara tujuan atau di negara asal.

"Misalnya di Jerman atau Perancis saya dapat kesempatan yang baik sementara di Indonesia mendapat peran dan peluang yang baik juga. Mereka bisa menimbang dan memutuskan, 'ini saatnya saya kembali ke Indonesia mengamalkan ilmu yang saya dapat di luar negeri',"

Maka, AHY juga berharap pemerintah memberikan peluang yang baik bagi generasi muda berprestasi lulusan luar negeri. Sama dengan peluang yang diberikan oleh negara tempat mereka menimba ilmu dulu.


Agus Harimurti Yudhoyono


Tentang Euro Management



By the way dari tadi ngomongin Euro Management, teman-teman sudah tahu belum ya?

Yup, Euro Management bakalan bantu calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Karena, pengalaman waktu suami saya dapat bea siswa MBA ke Amerika, ngurus semua keperluan sendiri itu ribetnyaaa...warbiyasaa!

Yuks, kita kepoin beberapa faktanya yaaaa:

  • Paling Berpengalaman
Berdiri sejak tahun 2003, Euro Management Indonesia adalah pelopor konsultan pendidikan internasional di Indonesia, saat ini masih aktif dan tetap berkomitmen untuk meningkatkan SDM Indonesia melalui jalur pendidikan. Sudah memberangkatkan lebih dari 3000 mahasiswa ke berbagai negara maju.

  • Jaringan Paling Luas
Bekerja sama dengan banyak lembaga profesional dari luar negeri yang mendukung pendidikan. Saat ini Euro Management Indonesia juga melayani jasa konsultasi pendidikan dari seluruh propinsi di Indonesia dengan lebih dari 25 negara tujuan belajar di dunia.

  • Layanan Paling Lengkap
Dilayani dengan fasilitas yang wah, pengurusan studi dan persiapan akademik, layanan kursus bahasa asing secara intensif, pengurusan visa studi, ujian masuk di Indonesia, layanan keberangkatan, pendampingan di negara tujuan, pencarian tempat tinggal sementara, transportasi dari bandara ke penginapan, dan lainnya

  • Informasi Paling Update
Orang tua tidak perlu khawatir, karena seluruh proses dan kegiatan belajar, persiapan akademik, konsultasi pemilihan jurusan dan universitas, dan semua proses di Euro Management Indonesia akan dipublikasi secara cepat dan update sesaat setelah kegiatan dilaksanakan. 

  • Visi
Membangun Sumber Daya Indonesia yang mempunyai daya saing tinggi, tangguh secara internasional untuk menghadapi persaingan di era globalisasi serta membangun karakter pemimpin Indonesia masa depan yang tangguh, mandiri, dan profesional

  • Misi
Memfasilitasi siswa Indonesia untuk mengenyam pendidikan di berbagai perguruan tinggi di lebih dari 25 negara maju di dunia dengan layanan yang profesional.
Memberikan bantuan konsultasi terhadap siswa-siswi Indonesia dalam mempersiapkan studinya dari berbagai aspek, baik aspek sosial, budaya, maupun pendidikan.



Euro Management

Euro Management

Keunggulan Euro Management Indonesia



  • Pendiri & CEO yang Kredible 
Pendiri & CEO adalah orang yang cerdas, pintar, terpelajar, berpendidikan internasional, berwawasan global, sehingga sangat berkualitas, terpercaya, berpengalaman, dan memiliki jaringan yang luas di kancah nasional dan internasional 
  • Pelopor Di Indonesia 
Didirikan pada tahun 2003, menjadi pelopor keberadaan konsultan pendidikan internasional di Indonesia. Melayani anak bangsa dari seluruh wilayah NKRI dan sudah memberangkatkan lebih dari 3000 mahasiswa ke luar negeri 
  • Layanan Lengkap & Tuntas 
Memiliki program persiapan studi terbanyak dengan lebih dari 25 negara tujuan belajar di dunia. Layanan di Indonesia, layanan di negara tujuan, persiapan akademik, pembuatan visa, persiapan bahasa, ujian masuk universitas, dll


Bimo Sasongko


  • Standar Sertifikasi Bahasa 
Setiap lulusan siswa-siswi Euro Management Indonesia mempunyai standar sertifikasi bahasa minimal B2 untuk bahasa Jerman, Prancis, Belanda dan Spanyol dengan jumlah jam belajar sebanyak 520 jam penuh sebagai syarat untuk dapat kuliah di luar negeri
  • Ujian Masuk Di Indonesia 
Satu-satunya konsultan pendidikan internasional di Indonesia yang melaksanakan ujian Aufnahmetest secara kolektif di Indonesia (Jakarta), sehingga para calon mahasiswa mendapatkan kepastian diterima di Studienkolleg sebelum tiba di Jerman.
  • Info Kegiatan Terupdate 
Memberikan laporan langsung seluruh aktivitas termasuk laporan pendampingan langsung pada saat keberangkatan dan kedatangan di negara tujuan kepada orang tua melalui berbagai sosial media seperti Facebook, Blog, Twitter, Path, dan Instagram


 Euro Management



  • Ikatan Alumni Yang Kuat
Satu-satunya konsultan pendidikan internasional di Indonesia yang memiliki ikatan erat antar berbagai elemen seperti ikatan alumni siswa, ikatan alumni orang tua, adanya program kunjungan alumni, workshop, reuni, serta berbagai kegiatan bermanfaat lainnya
  • Tersedia Program Beasiswa 
Tersedia berbagai program beasiswa gratis untuk masyarakat, yaitu berupa kursus bahasa asing (Jerman, Prancis, inggris, Belanda, dan Jepang), persiapan tes bahasa asing (TOEFL, IELTS, SAT, GRE, & GMAT), serta bimbingan belajar gratis untuk pelajar SLTA
  • Lokasi Nyaman & Strategis 
Kantor strategis,berada di ring 1 di pusat kota Jakarta, yaitu daerah Menteng, Jakarta Pusat. Fasilitas lengkap, kelas full AC, maksimal 25 orang/kelas, free wi-fi, kantin, musholla, sarana olah raga, internet center, perpustakaan, ruang presentasi, aula, taman, dan parkir.






BloMil
Bersama teman-teman blogger dari BloMil


Baiquelah, jika masih penasaran dan ingin info lanjutan, silakan langsung ke sini ya teman-teman: 💖


Gedung Ir. H. M. Suseno - Jl. R.P Soeroso No.6, Menteng, Jakarta Pusat
Phone :(+62 21) 398 38706 | Fax: (+62 21) 316 1701 
Hotline: +6281519040071 / +62811998167 / +628119989155
IG: @euro.management | Twitter: @EuroMgmt | FB: @euro.management.indonesia






Happy Sharing

Dian Restu Agustina




64 comments:

  1. Mba Dian, ya ampyuuunnn aku berasa lagi ada di sana dan tersengat motivasi dari kaka ganteng nan setrong ini lho Mbaaaa
    AHY warbiyasakk yaaa, doi emang brilian dan patriot sejati. Mentalnya KEREN! Dan sangat inspiring, semoga generasi muda bisa mengikuti jejaknyaaaa

    ReplyDelete
  2. Amaze, menginspirasi banget AHY ini. Semangat berbagi spiritnya itu lho, bikin nular! Dan, banyak banget poin penting yang aku dapetin dari tulisan ini mba. Khususnya, terkait keterampilan yang mesti dikuasai di abad 21 ini. Bener-bener jadi catatan penting buat aku dalam mendidik generasi selanjutnya (anak). Duh, awesome banget sih AHY ini.

    ReplyDelete
  3. The only constant is change. Ini makjleb banget ya mba dian. Karena perubahan adalah keniscayaan. Jadi kalo gak mau ngikutin perkembangan terkini maka kita akan tertinggal..

    ReplyDelete
  4. Masya allah bener banget ini di zaman sekarang harus adaptif kreatif kalo nggak ya mati. Banyak skill yang harus terus diasah. Aku baru tau soal euro management ini kak dian padahal sudah cukup lama

    ReplyDelete
  5. Pangling liat si mas Agus, makin keren sekarang ya.
    Semacam nggak ada sisa-sisa tentaranya hahaha

    Btw, akhirnya ketajaman otak dalam ilmu pengetahuan, kalah dengan kreatifitas ya.
    Dulu, yang namanya dokter, insinyur selalu jadi cita-cita semua orang.
    Sekarang, hampir semua anak bercita-cita jadi youtuber hahahaha.

    Tugas kita sebagai orang tua harus mendukung apa yang menjadi minat bakat anak.

    ReplyDelete
  6. wow kumplit ulasannya mbaaa
    aku yg emak2 bacanya aja jadi ketularan semangat. semoga anak2 kita sebagai generasi penerus bangsa mampu menaklukan dunia dengan bakat dan kreativitas dan semangat untuk maju, aamiin

    ReplyDelete
  7. Yuhuuu...bisa foto sama AHY. Aku juga pengen lo belajar ke luara negeri. Emang harus gigih dan berjuang, sayang kalau sdh belajar ke luar lalu putus di tengah jalan, sayang diongkos dan diumur ihihihih

    ReplyDelete
  8. wow gelar 3 master nya pak AHY sungguh memukau, kenapa beliau ngga ambil doctoral ya hehehe btw pendidikan itu tidak cuma akademis tapi skill juga harus diasah ya mbak apalagi jaman seperti sekarang ini

    ReplyDelete
  9. Wah ini perlu banget pengetahuan seperti ini, globalisasi yang seperti apa yang ingin kita wujudkan?

    Pekerjaan dan pendidikan seperti apa yang anak anak kelak dapatkan? benarkah mereka tergerus jaman hingga jobless? Amit amiiit...

    Aku suka dengan kalimat ini, "Jangan sampai bangsa kita seperti dinosaurus, besar tapi lambat bergerak, tidak bisa menyesuaikan perubahan dan tantangan zaman. Kita ingin Indonesia semakin maju semakin sejahtera 100 tahun, 1.000 tahun ke depan!"

    ReplyDelete
  10. Wow...aku baru tau kalo AHY menempuh 3 pendidikan master, aku satu aja belum. Makin wow lagi lihat IPK-nya 4. Sempurna! Pantes dan cocok kalo jadi pembicara di acara kayak gini.

    ReplyDelete
  11. Makasih informasi nya mba, sangat bermanfaat terutama buat suami sy yang semangat belajar nya masih menyala :)

    ReplyDelete
  12. aku nggak bisa bayangin kalo taxi drivers digantikan self driving cars. Ngeri ih, wkwkkk

    by the way, aku baru tahu kalau ternyata kuliah di luar negeri itu tidak cul-culan, ada konsultasinya dulu and saran aku buat yang beneran mau kuliah di luar negeri mending konsultasi dulu deh. Lengkap ini pelayanannya.

    ReplyDelete
  13. Wah, aku takjub banget ga tau loh ternyata Bapak AHY ini lulusan 3 master luar negeri. Patur diacungi jempol deh pasti pintarnya bukan main ya. Wawasan dan pengetahuan militernya apalagi wow keren deh. Bagus nih kalau bakalan diadakan program beasiswa bagi para pelajar yg berprestasi.

    ReplyDelete
  14. Wow aku baru tau AHY tu sekeren ini. Dia emang bener-bener mewarisi sifat bapaknya ya. Prestasinya banyak. Jadi ngefans deh heheh

    ReplyDelete
  15. Duh, saya bisa kurang fokus nih kalau lihat AHY hahaha. Keren ya pemikiran AHY. Saya berharap kelak prestasinya semakin menanjak.

    ReplyDelete
  16. Cerdas juga ya AHY ditambah attitude-nya juga baik lagi. Indonesia membutuhkan anak-anak muda cerdas seperti beliau. Senang banget ya bisa dapat ilmu dan berbagi pengalaman yang keren banget dari beliau. Seharusnya pemuda Indonesia tersemangati dengan apa yang telah dicapai oleh AHY. Oya, kok aku penasaran juga sama Euro Management.

    ReplyDelete
  17. Kok aku salfok sama penampilan mas Agus yang sekarang sih. Tapi tetap gagah dia kalau kataku, walau kemarin kalah tapi keliatan dia sudah berjuang dengan baik.

    ReplyDelete
  18. Yap...bener banget, dan itu sudah mulai terlihat di mana banyak terjadi PHK karena pabrik sudah mulai beralih sedikit demi sedikit menggunakan tenaga robot yang di nilai jauh lebih ekonomis dan tidak menimbulkan masalah. Karenanya kedepannya benar seperti kata mas AHY, kita butuh seorang pemenang dan bukan pecundang, apalagi Indonesia akan memasuki masa bonus geografi yang sayang kalau tidak dimanfaatkan seoptimal mungkin.

    ReplyDelete
  19. Inspiratif bgt ya mbak. Bener bgt.. Sudah masuk revolusi 4.0 dan dunia berubah. Kita mau tidak mau hrs upgrade kampuang juga ya

    ReplyDelete
  20. Bagi yang tidak tahu, mungkin akan berpikir AHY ini merugi karena meninggalkan angkatan demi maju dalam kancah pemilu waktu itu. Harusnya mereka membaca ini. Bahwa tidak ada yang kalah jika mau langsung bangkit dan berpikir.

    Btw, kebanyakan anak-anak akan menyukai dinosaurus, kecuali mereka yang takut. Tapi, perumpamaannya antimainstrem banget ya. Jangan kayak dino yang besar dan sulit bergerak. Keren dah.

    TFS ya Mbak Dian. Ciyeh, yuni akhirnya paham apa itu TFS. Hehe

    ReplyDelete
  21. Masya Allah... Mas AHY prestasinya luar biasa baik di kemiliteran maupun pendidikan lainnya. Beruntung sekali bisa hadir di sana langsung ya mba semangatnya ikut menggelora nih. Senang sih sekarang banyak yang makin sadar bahwa dunia kreativitas itu bisa mendatangkan penghasilan dan tak dipandang sebelah mata.

    ReplyDelete
  22. Luar biasa ya AHY itu..
    Muda dan berprestasi..
    Tulisannya banyak infonya mbak, makasih..
    Aku sbg ibu jadi bisa beljar agar anakku kelak bisa jadi generasi indonesia emas

    Siap menghadapi masyarakat global

    ReplyDelete
  23. Keren banget ya AHY, kalau anak mudanya kayak beliau, insya Allah seblangsak apapun keadaan kita saat ini, di masa depan masih akan ada harapan..semangat..

    ReplyDelete
  24. Duh, Quote Mas AHY ini sungguhh keren. Setuju banget deh, kita kudu bisa cepat bisa move on ya dari keterpurukan. Dan lalu fokus mengejar keberhasilan. Aku suka dengan beliau. Semoga kelak beliau bisa memberi sumbangsih yang besar untuk negara ini. Beliau sangat capable.

    ReplyDelete
  25. Super banget ini acaranya mbak Dian, aku bacanya berasa di sana dan bisa mengikuti acara. Jadi termotivasi untuk bergerak juga ya fokus maju di era digital ini.

    ReplyDelete
  26. Masya Allah, blogger ada di presentasi Mas AHY sebagai profesi jaman now ya.
    kuterpana, soalnya banyak yang bilang blogger bakal sepi karena orang beralih ke video. Perasaanku sih bilang blogger masih dibutuhkan karena tetap beda video dengan blog yang basisnya tulisan

    ReplyDelete
  27. Seneng ya mbak bisa ikutan acaranya, kayaknya seru banget. Mas AHY ini guanteng dan luwes + cerdas ya mbak.

    ReplyDelete
  28. Sangat menginspirasi banget ya kak quotesnya ini.. Akupun juga berkali kali gagal dan harus bangkit lagi bangkit lagi...

    ReplyDelete
  29. Ada bagian kalimat yang nyetrum aq nih mb...umur boleh kolonial tapi semngat tetap milenial. Hihi...AHY mmg keren ya meski pernah gagal msh semngat membara. Smg generasi mudah bisa mngmbil hal positof dr kuliah umum itu. Btw kalau Euro Management Indonesia apa semacam lembaga pndidikn untuk mhsswa bs kuliah di LN mb?

    ReplyDelete
  30. Keren banget sihhhh. baca tulisan ini sampai speechless. apalagi pas AHY menyampaikan quote2 nya. Dan ini membuatku tertarik buat save info ttg EURO buat si sulung. Thanks for sharing mbak.

    ReplyDelete
  31. Seperti biasanya, tulisan Mbak Dian bener-bener lengkap berkualitas :)
    Baru tahu rekam jejak pendidikan AHY di sini nih. Pinter ternyata yak. Terlihat dari delivering speech-nya sih. Tinggal nunggu waktu aja sih kayaknya AHY bakal jadi pemimpin negeri ini. Kalah di Pilgub DKI dulu pastinya jadi pembelajaran besar :)
    Trus tentang Euro Management ini juga keren. Pas banget emang generasi sekarang pengen tau lebih banyak kesempatan kuliah di LN. Sip. Thanks, Mbak :)

    ReplyDelete
  32. Masya Allah ternyata baru tahu kerennya AHY dari postingan ini. Makin ngefan sama doi. Itu gelar Masternya sampai 3. Dan alumni harvard juga Nanyang. Ya Allah itu universitas² keren di dunia pula.

    ReplyDelete
  33. AHY keren banget ya Mbak Dian, masih muda udah punya gelar masternya sampai 3. gimana nggak keren banget dan sangat menginspirasi generasi muda kita ya mbak. patut dijadikan panutan nih.

    ReplyDelete
  34. Memang yang namanya pendidikan itu nomor satu ya mbak supaya negeri ini bisa dibawa ke arah yang lebih baik. Owalah jd Mas AHY sekarang kesibukannya bergerak di bidang ini yaa. Semoga anak2ku juga kelak ada rezeki dan kesempatan menimba ilmu di Eropa atau Amerika sana juga. Moga2 :D

    ReplyDelete
  35. AHY cerdas sekali ya. IPK sempurna. dan dapat 3 gelar yg wow. pantas saja sampai pu ya program beasiswa bagi 100 calon mahasiswa-i kita

    ReplyDelete
  36. Ternyata mimpi juga harus di update Dan di upgrade. Mak jleb banget nih. Kayaknya harus mulai semangat mengejar mimpi. Enak nih yang pengen kuliah ke luar negeri dengan beasiswa bisa milih euro management.

    ReplyDelete
  37. Ujian skrg tambah nengikuti zaman. Dikelas awal seperti saat ini memerlukan hp karena ujia nya gunain smartphone hehe
    Bagus banget dari program nya mbak
    Jadi pengen kuliah aku heheee

    ReplyDelete
  38. Dari dulu AHY ini udah menginspirasi ya, anak presiden tapi mau ditugaskan di tempat mana aja. SEkarang malah menjadi tokoh muda yang menginspirasi anak muda agar mau berjuang mewujdukan impiannya.

    ReplyDelete
  39. Status diupdate, software diupdate maka mimpipun harusnya diupdate dan diupgrade. Kata kata yang ngena banget, mengingat dulu AHY sangat berprestasi di TNI lalu harus berganti haluan di usianya yang masih muda. Semangatnya patut diacungi jempol meski mengalami kegagalan demi kegagalan.
    PR kedepan anak cucu memang berat, sebagai orangtua juga harus cepat beradaptasi.

    ReplyDelete
  40. AHY nih tokoh muda yang sangat tangguh dan inspiratif. Plus rasa cinta dan hormatnya pada orangtua sungguh bisa dijadikan teladan.

    ReplyDelete
  41. sosok pemimpin masa depan yang menginspirasi nih.. kepatuhannya ke ortu juga patut ditiru...

    ReplyDelete
  42. Dream Big, Work Hard Never Give Up! Menginspirasi sekali, masih muda tapi sudah sangat luar biasa...Semoga bisa belajar lebih banyak dan memanfaatkan kesempatan yang ada saat ini. Ambil semua peluang dan jangan takut dengan risikonya, ya..

    ReplyDelete
  43. Latar belakang pendidikan Pak AHY mantep banget! Pengalaman beliau bisa jadi inspirasi bagi generasi muda bangsa ini ya..

    ReplyDelete
  44. Abisa baca artikel ini kok rasanya jadi semangat pengen sekolah lagi ya. Btw Euro Management ini hanya punya kantordi Jakarta ya

    ReplyDelete
  45. AHY sosok panutan dalam bidang pendidikan ya. Selain punya 3 gelar master, pun punya aneka prestasi saat menempuh pendidikan maupun berdinas di kemiliteran. Wow!

    ReplyDelete
  46. Super bener ya mbak, Mas AHY ini. yang muda, yang berprestasi itulah beliau. Apalagi saat beliau mengambil keputusan untuk keluar dari militer, padahal dengan susah mendapatkan itu bisa menginspirasi. Untuk bisa keluar dari zona nyaman untuk meraih prestasi lebih tinggi walaupun itunya harus berkorban.

    ReplyDelete
  47. Sekarang pekerjaan Mas AHY apa ya? Dulu kan jadi tentara ya, kalau sekarang jadi pebisnis atau entrepreneurship ya Mba?

    ReplyDelete
  48. Haha serem banget kyk dinosaurus, besar tapi lamban. Tapi emang kdng suka ngrasa gtu sih. Dengan SDM yang banyak, blm lagi bonus demografi, kalau dibiarkan kyk gini terus kita tertinggal. Cuma kdng ngrasa pendidikan bagus di Indonesia tu mahal gtu, tapi ya bagi org yg punya tekad kuat ini bukan masalah sih yg penting kyk kata Mas AHY dont give up.

    ReplyDelete
  49. Semoga banyak calon mahasiswa yang dipermudah jalannya ya kalau mau sekolah di Amerika. Gak kebayang senangnya kalau anak kita bisa sekolah di luar negeri loh

    ReplyDelete
  50. Semangat sekali membacanya, biar bisa kasih masukan sama anak. karena merekalah yang akan berjuang di masa depan.

    ReplyDelete
  51. wah.. AHY tampak lebih siap maju pada proses politik berikutnya ya. semoga jadi orang muda yang terus menginspirasi.

    ReplyDelete
  52. Baca petikan pertama, saya agak underestimate, nih. Kesusahan apa yang pernah dialami oleh AHY. Dia putra mahkota yang sempurna. Ternyata materi yang disampaikan sangat luar biasa. memetik semangat dan sekaligus membuat emak seperti saya berkerut mencatat PR apa yang belum saya berikan ke anak.
    Makasih Mbak Dian.

    ReplyDelete
  53. Paket lengkap banget ini mah ulasannya mbak... Jadi terbakar juga semangatnya ama penuturan dari AHY ini. Masya Allah ternyata beliau seberprestasi itu ya..... Cocoklah jadi motivator

    ReplyDelete
  54. Wah Mbak lengkap banget ulasannya bener-bener lengkap sekali why ternyata sosok AHY itu sangat berprestasi dan kreatif

    ReplyDelete
  55. AHY emang keren banget kalau menurutku pribadi, masih muda dengan segudang prestasi. Padahal kemarin-kemarin aku berharap AHY akan ada dalam jajaran para menteri atau staf presiden, tetapi ternyata belum ada namanya dalam bursa

    ReplyDelete
  56. Asyiknya yang bisa ketemu langsung dengan AHY dan belajar banyak dari beliau. Sosok AHY keren juga ya, sudah ganteng #eh, kreatif, berwibawa, berprestasi pula~

    ReplyDelete
  57. huwoooow. aku baru tau kalo AHY punya predikat 3 master. ckckck. mantaps mantaps. jujur aku gak pernah kulik-kulik profil ahy sebelumnya hahahaha

    ReplyDelete
  58. Satu kata buat mas babang ganteng, WOW!

    Saya terkesan dengan kalimat ini, "Siapkan diri jadi pemenang dan bukan pecundang!"
    Kalimat ini pula yang sering sekali saya sampaikan ke anak didik saya, secara mereka itu calon generasi penerus bangsa.

    ReplyDelete
  59. Jian luengkap ulasan mbak Dian, seperti biasa.

    Salut lah sama AHY, dia sosok yang, ehem, ganteng,tampan, sugih, sukses, dan pantang menyerah. Kalau lihat AHY ini jadi keingetan tokoh-tokoh utama di wattpad, ahahahaha!

    ReplyDelete
  60. Ini acaranya bagus banget mbk, ulasannya lengkap dan memberikan inspirasi kelak bisa membersamai anak-anak menuntut pendidikan terbaik mereka

    ReplyDelete
  61. Selain ganteng AHY keren banget ya. Coba dia jadi menteri pendidikan, kayaknya bakal maju semua generasi muda kita ya. Hahaha

    ReplyDelete
  62. Makin geregetan mempersiapkan anak anak untuk menyongsong era yang akan datang.
    Karena mnrt saya tantangan yg akan mereka hadapi akan lebih berat daripada di zaman orangtuanya.

    ReplyDelete
  63. Wah ternyata AHY luar biasa ya punya gelar 3 master hebat,salut smaa dy yang berani mengambil kepitusan besar dihidupnya. Btw setelah membaca ulasan ini jadi banyak banget PE ER ya sebagai orang tua,harus mempersiapkan anak diera digital ini.

    ReplyDelete
  64. Kalimatnya keren dan tepatbanget. Jadi memotivasi jiwa lemah ini buat bangkit. Sempet nyerah juga menghadapi era teknologi ini..maunya anak aja yang belajar..tapii malah susah sendiri kalau ngga adaptif

    ReplyDelete