Nestlé CERELAC Luncurkan CERELAC Risenutri



"Lebih baik banyakin buat bonding time daripada masak (cooking) time" Sarwendah - Celebrity Mom

Bunda, ayo siapa yang putra-putrinya sedang dalam masa MPASI. Itu tuh ada ajakan dari Bunda Sarwendah untuk mempersingkat waktu pembuatan MPASI dan menambah bonding time Bunda dan Baby. 😍

Pasalnya, Bunda Sarwendah sudah berpengalaman saat putri pertamanya, Thalia, dengan membuat sendiri makanan MPASI-nya. Sehingga kadangkala, waktu terpakai banyak untuk itu, ribet bebikinan sampai waktu bermanja-manja dengan putri tercinta berkurang jadinya.

Nah, masalah seperti ini acapkali memang dialami Bunda yang buah hatinya dalam masa MPASI. Masak time jadi lebih utama daripada bonding time yang harusnya jadi yang pertama.

Luckily, Nestlé CERELAC menjawab kegundahan hati para Bunda Indonesia dengan meluncurkan pasangan MPASI homemade Bunda yang difortifikasi untuk bantu penuhi kebutuhan zat besi bagi putra-putri.




Nestlé CERELAC, Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang Bergizi



Ya, pada hari Kamis 31 Oktober 2019, NestlĂ© CERELAC meluncurkan CERELAC Risenutri, bubur pasangan MPASI homemade yang difortifikasi dengan zat besi, yang penting untuk dukung tumbuh kembang optimal si Kecil.

Ketika mencapai usia enam bulan penuh, si Kecil memang akan meningkat kebutuhan gizinya. Sehingga perlu diperkenalkan pada MP-ASI yang berguna juga untuk melatih perkembangan motorik, ketrampilan mengunyah dan kemampuan mengontrol lidahnya. 

Juga, saat mencapai usia 6 bulan, bayi membutuhkan asupan zat besi dari Makanan Pendamping ASI (MPASI). Zat besi merupakan salah satu zat gizi yang memiliki peranan yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi dan penting dipenuhi dari MPASI. Namun faktanya, masih banyak anak di Indonesia yang kekurangan zat besi. Padahal kekurangan zat besi dapat berdampak buruk terhadap tumbuh kembang si Kecil.

Untuk itu, Nestlé CERELAC menghadirkan inovasi terbaru yaitu CERELAC Risenutri, bubur MPASI untuk bayi berusia 6-24 bulan, yang difortifikasi dengan berbagai gizi termasuk zat besi, untuk memenuhi kebutuhan gizi si Kecil guna mendukung tumbuh kembang yang optimal. Demikian diantaranya disampaikan Mr. Sachi Thomas, Direktur PT Nrstle Indonesia, saat membuka acara.





Tentang MPASI - Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc (Profesor Gizi Medik)



Ahli gizi medik, Prof DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc mengatakan, “Kecukupan gizi seimbang dengan kandungan makro dan mikro nutrien termasuk zat besi penting untuk si Kecil guna memastikan tumbuh kembang yang optimal. Zat besi berperan penting terhadap fungsi kognitif tumbuh kembang dan daya tahan tubuh anak. Tapi saat ini masih banyak anak di Indonesia yang mengalami kekurangan zat besi yang akan mengancam tumbuh kembang mereka. Bahkan berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, satu dari tiga anak balita Indonesia mengalami anemia yang disebabkan oleh karena kurangnya asupan mikro nutrien zat besi. Oleh karena itu sangat penting bagi para orang tua untuk memenuhi kebutuhan zat besi anak sejak usia dini.” 

Nah berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, bayi berusia 6-11 bulan membutuhkan sekitar 11 miligram zat besi setiap hari.




Sementara pemberian MPASi menurut Prof Tati, harusnya:

  • Tepat Waktu: sejak 6 bulan ASI saja tidak cukup untuk memenuhi nutrisi
  • Adekuat: MPASI harus mengandung cukup kebutuhan kalori, protein, mikronutrien terutama zat besi dan seng
  • Aman dan Higienis: terbuat dari bahan baku yang aman dan diolah secara higienis
  • Diberikan secara responsif: MPASI diberikan secara konsisten sesuai sinyal lapar atau kenyang dari anak

Lalu, karakterisitik MPASI di Indonesia bagaimana?

  1. Berbasis beras
  2. Dominan protein nabati dibandingkan protein hewani
  3. Kandungan zat besi, zinc, kalsium rendah

Padahal akibat dari kekurangan zat besi itu mengerikan...:
  • Lemah
  • Mudah lelah
  • Menurunnya daya tahan tubuh
  • Mudah infeksi
  • Gangguan prestasi belajar
  • Penurunan IQ hingga 6-15 poin

Maka, strategi untuk memenuhi nutrisi adalah dengan cara:
  • Gunakan bahan makan tinggi zat gizi: sumber zat gizi terbaik adalah protein hewani, namun dibutuhkan bahan makanan dalam jumlah banyak dan kapastitas lambung terbatas, misal untuk kebutuhan 11 mg zat besi dibutuhkan 385 gr daging sapi
  • Kombinasikan dengan MPASI fortivikasi: sesuai dengan standar WHO dengan tujuan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, kombinasi MPASI fortifikasi dapat meningkatkan hemoglobin

Jadi kesimpulannya: MPASI diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi sejak usia 6 bulan dan tidak sekedar kenyang, Tekstur, jumlah pemberian dan frekuensi MPASI dinaikkan secara bertahap, pemberian MPASI harus mengandung zat gizi yang diperlukan bayi terutama zat besi, dan salah satu strategi memenuhi kebutuhan adalah resep kreasi Bunda+MPASI fortifikasi.





Tentang CERELAC Risenutri - Intan Nurmala Ekowati (Category Marketing Manager Baby Food PT Nestlé Indonesial


Sementara, Category Marketing Manager Baby Food PT NestlĂ© Indonesia, Intan Nurmala Ekowati mengatakan, “Kami menghadirkan CERELAC Risenutri, bubur polos pasangan MPASI homemade yang difortifikasi dengan zat besi untuk mencukupi kebutuhan zat besi si kecil guna tumbuh kembang yang optimal, serta menjawab kebutuhan ibu yang ingin menuangkan rasa kasih sayangnya melalui perhatian terhadap setiap detil kebutuhan perkembangan si Kecil. Dibuat dari beras berkualitas yang juga dilengkapi dengan 10 vitamin dan 6 mineral, dan mengandung kandungan zat besi yang tinggi, CERELAC Risenutri menghasilkan tekstur yang konsisten dengan rasa netral untuk memudahkan Ibu memberikan cinta kasih dengan berkreasi menggunakan berbagai topping, baik yang manis maupun gurih.”




Intan Nurmala Ekowati melanjuti, “NestlĂ© CERELAC sebagai produk bubur MP-ASI kepercayaan keluarga di Indonesia, dan telah berpengalaman lebih dari 150 tahun dalam mengembangkan produk bergizi untuk anak, berkomitmen untuk menghadirkan solusi bagi kebutuhan ibu dan anak yang sesuai jaman. CERELAC Risenutri kami ciptakan berdasarkan pengalaman kami dalam memenuhi kebutuhan gizi anak sekaligus menjawab kebutuhan fungsional dan emosional seorang Ibu yang ingin memberikan dua hal terpenting bagi anak: gizi yang cukup dan lengkap, serta cinta kasih ibu dalam kehidupan si Kecil melalui momen bonding seperti di saat makan.”

"Jadi bubur ini polos, plain, sehingga ibu bisa campur-campur apapun buah, sayur, dengan rasa-rasa yang disesuaikan. Cerelac Risenutri bantu penuhi 50 persen kebutuhan zat besi," jelas Intan.



CERELAC Risenutri: Praktis, Mudah Dikreasikan, Bergizi - Sarwendah (Celebrity Mom)



Kegiatan memberikan MPASI juga dapat dijadikan sebagai sarana memperkuat ikatan batin serta menjadi momen bonding ibu dan anak dengan memilih bahan dan produk yang terbaik. 

Seperti yang disampaikan Celebrity Mom Sarwendah, “Ketika menyiapkan MPASI homemade untuk anak pertama saya Thalia dulu, saya merasa kesulitan ketika memasak bubur. Kadang hasilnya terlalu kental atau terlalu encer, sehingga seringkali Thalia tidak mau makan. CERELAC Risenutri dengan rasa netral sangat memudahkan proses menyiapkan MPASI homemade, dan tentu akan membantu ibu-ibu seperti saya dalam memberikan cinta kepada si Kecil dengan berkreasi di berbagai resep."

Misalnya, Bunda Sarwendah menyiapkan CERELAC Risenutri dengan topping manis yakni menyajikannya bersama perasan jeruk. Atau di lain waktu toppingnya gurih, yaitu sayur sop.

Pokoknya pintar-pintar kreasi Bindanya saja untuk bikin toppingnya dan tinggal ta daaaa bisa disajikan bersama CERELAC Risenutri. Hemat waktu pasti karena bubir polos dah jadi, Bunda tinggal bikin "temannya" saja.




Tentang Nestlé CERELAC


Nestlé CERELAC adalah pendamping ASI (MP-ASI) yang percaya bahwa setiap anak berhak untuk tumbuh sehat. Perjalanan Nestlé CERELAC berawal lebih dari 150 tahun yang lalu ketika Henri Nestlé, pendiri perusahaan ini, menciptakan bubur bayi untuk menolong nyawa seorang anak tetangganya. Bubur bayi ini lah yang menjadi cikal bakal Nestlé CERELAC hari ini.

Sebagai merek terkemuka di Indonesia dan dunia, NestlĂ© CERELAC senantiasa bekerja sama dengan para ahli nutrisi di seluruh dunia untuk mengembangkan produk, serta melakukan edukasi pada para ibu dan tenaga kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat. 




Tentang Nestlé Indonesia


Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan Nestlé S.A., produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang berkantor pusat di Vevey, Swiss. Sebagai perusahaan di bidang gizi, kesehatan dan keafiatan, Nestlé telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun dan hadir di 189 negara dengan lebih dari 2.000 merek yang seluruhnya memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat.

NestlĂ© Indonesia didirikan pada tahun 1971 dan mempekerjakan sekitar 3.700 karyawan. NestlĂ© Indonesia memiliki tiga pabrik di Indonesia yang memproduksi susu, makanan dan minuman dengan merek-merek terkenal seperti DANCOW, MILO, NESCAFÉ, LACTOGROW, CERELAC, KITKAT, BEAR BRAND, dan lain-lain.

Nestlé merupakan perusahaan makanan dan minuman dengan pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) terbesar di dunia, yang melibatkan sekitar 5.000 karyawan di 23 lokasi di seluruh dunia. Di Asia, Nestlé memiliki pusat Penelitian dan Pengembangan di Beijing, Shanghai, Singapura, dan Gurgaon.






Nah, sekarang enggak perlu bingung saat menyiapkan MPASI untuk putra-putri ya, Bunda. Karena paduan resep kreasi Bunda+CERELAC Risenutri bisa jadi solusinya.




Happy Mommy, Happy Baby

Dian Restu Agustina

16 comments:

  1. Kadang ada masanya kita cukup ribet buat masak MPASI buat anak kita terutama saat traveling. Sekarang gak perlu takut karena nestle serelac makin lengkap komposisinya ya bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener.
      pas anak masih mpasi kala itu, untuk travelling biasanya saya bawa yang instant, seperti cerelac ini.

      Delete
  2. Aku sebentar lagi masuk masa mpASI anak ke 5 mba dian..
    gak dipungkiri memang terkadang bukan hanya ribet, tapi juga terkendala kreasi apa lagi hari ini.. cukup gak ya gizi nya.. Syukur ada cerelac ricenutri

    ReplyDelete
  3. Saya memggaris bawahi kalimat ini, Mbak Dian "Makan jangan sekedar kenyang, tapi harus bergizi".
    Dan memang benar ya Mbak. Perut bayi kan tidak besar. jadi makanan yang masuk memang harus bergizi. Dan ini bisa terpenuhi dari cerelac risenutri. Apalagi sudah disesuaikan, kalau bayi Indoensia memang pasnya cerelac yang dominan beras.

    ReplyDelete
  4. Apakah kita tidak perlu concern tentang pengawet ya mba? Secara logika, jika makanan dikemas dan tidak langsung dimakan, pasti dibubuhi bahan agar lebih awet?

    ReplyDelete
  5. Menyiapkan MPASI memang butuh kecekatan seorang Ibu. Tahu sendiri ya, saat punya bayi, seorang ibu itu luar biasa sibuknya. Apalagi untuk bayi yang ibunya mlingser sebentar, langsung nangis. Jadi, menyiapkan MPASI itu adalah salah satu tugas besar. Aku sih gitu, karena suka bingung, anak dulu atau makanan dulu? Hahaha ... Suka bingung juga apakah bubur yang kita buatkan sudah mencukupi nutrisi yang dibutuhkan anak.

    Terlebih lagi kalau kita mengajak anak bepergian, ya. Pasti bikin hepi kalau makanan buat buah hati sudah tersedia di dalam tas. Jaman anakku bayi, belum ada Cerelac Risenutri sih, ya? Hahaha ...

    ReplyDelete
  6. Cerelac Risenutri ini pasti jadi idola ibu - ibu. Karena praktis bergizi dan tentu saja enak banget

    ReplyDelete
  7. Kadang kalau aku mudik pasti deh bawa makanan yang praktis. Karena dalam perjalanan kan tidak mesti selalu berhenti

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen beli Cerelac Risenutrisi, lho, karena lebih cepat penyajiannya, nutrisinya pun dibutuhkan oleh anak. Difortifikasi, ya istilahnya, jika ditambahkan zat khusus.
    Bicara asupan zat besi pada anak, memang sih, setelah anak lahir, dia survive sendiri mencar zat besi. Tak lagi disupply dari ASI ibunya. Makanya butuh makanan yang mengandung zat besi tinggi.
    kenapa selama baca, saya ingat menu nasi tim hati ayam, ya? Duh. Karena kata fortifikasi, membuat saya ingat itu. padahal jauh lah kalau sama Cerelac Risenutrisi

    ReplyDelete
  9. Soal mpasi memang sering dijadikan perdebatan antara homemade maupun tidak, namun makanan pendamping seperti cerelac saya rasa cukup praktis untuk dibawa saat bepergian

    ReplyDelete
  10. Cerelac ini bubur bai legend sejak zaman kita bayi yaaa :D
    Wah bagus kalau ada kandungan zat besinya lebih banyak gini. Soalnya anakku dulu ADB krn dia hanya suka ASI dan makan MPASI homemade dilepeh2, sama dokter disarankan makanan kyk gini. Soalnya nilai gizinya udah tercukupi dan hitung2annya udah ok. Jd kalau mau selingan MPASI ini bagus juga ya mbak.

    ReplyDelete
  11. Kebetulan nih mbak... Anakku lagi MPASI dan setiap pagi atau menjelang makan, istriku bakalan sibuk di dapur. Satu sisi kasihan, satu sisi kebutuhan anak.
    Makanya, kami juga lagi cari makanan seperti cerelac ini. Soalnya kalau istri lagi sakit atau kelelahan jadi tambah kasihan masih nyempetin buat bikin MPASI.
    Tfs, mbak...

    ReplyDelete
  12. Thank you Cerelac sudah mengeluarkan produk ini. Soalnya kadang emang bingung menu MPASI buat si kecil biar gak bosen. Sesekali pakai yang instan itu sangat membantu misalnya pas lagi traveling biar gak ribet

    ReplyDelete
  13. Pangling lihat Sarwendah enggak pakai daster, cantik banget ya. Btw, cerelac yang bubur susu favorit Aylan juga loh. Sampeyan niat punya bayi lagi ta?

    ReplyDelete
  14. Anak ke-enam kami suka sekali bubur instan cerelac dan beberapa Snack cerelac. Tapi daku belum pernah nemuin yang risenutri ini pas fase dia MPASI beberapa bulan lalu mba..ini berarti produk terbaru dari cerelac Nestle ya

    ReplyDelete
  15. MP-ASI Cerelac ini terbuat dari.bahan pilihan banget emg ya,, kaya zat besi dan bs dikreasikan lagi dg bahan² makanan lainnya seperti buah dan sayur. Thank you for sharing, Mbak Dian

    ReplyDelete