5 Tips Menentukan Nama Brand Untuk Bisnis Yang Anda Tekuni


Temaaan, bicara soal tips menentukan nama brand untuk bisnis memang gampang-gampang susah yaaa. Bagi teman-teman yang ingin membuka bisnis tentu sangat mempertimbangkan sebuiah nama agar menarik didengar konsumen kita. Nah, salah satu hal penting yang paling diperhatikan dalam membuat nama bisnis adalah bagaimana caranya agar orang bisa mengingatnya dengan mudah. Karena hal ini secara tidak langsung juga berpengaruh dengan jalannya bisnis yang kita tekuni.




Maka, menentukan nama brand tentu harus mempertimbangan banyak hal. Ada yang dengan mudah memberikan nama untuk brand-nya lantaran mendengar celoteh sekilas. Namun ada juga yang merasa kesulitan untuk memberikan nama bagi bisnisnya.

Ya, semua orang tentunya memiliki puluhan nama yang unik untuk bisnisnya. Hanya saja, semakin banyak pilihan maka semakin bingung dalam menentukan nama terbaiknya apa.

Maka, bagi teman-teman yang masih bingung bagaimana cara memberi nama yang unik untuk bisnisnya, berikut ada tips untuk mendapatkan nama bisnis yang tepat. Memilih nama untuk brand tidaklah mudah, tetapi juga tidak terlalu sulit asal kita mampu memainkan kata dalam menciptakan sebuah nama untuk brand kita.

Nah, tips menentukan nama brand untuk bisnis diantaranya:

1. Pilih nama yang belum pernah dipakai orang lain

Dalam memilih nama, usahakan agar nama yang kita pakai belum pernah dipakai lain. Adalah aneh jika kita memilih brand yang sama dengan orang lain, maka siapkan nama yang unik dan kira-kira belum pernah dipakai. Nah, untuk memudahkan dalam mencari nama, kita bisa melakukan searching di Google terlebih dahulu, hal ini untuk menghindari plagiat juga.

Juga, cara lain untuk memberikan nama adalah dengan memilah-milah nama dari produk yang akan dijual. Hal ini akan memudahkan kita dalam memberikan nama. Dan yang paling diingat adalah pastikan nama yang kita pilih bebas dari hak paten. Kalau hanya sekedar memilih nama, tentu sangat mudah. Akan tetapi kadang nama yang kita pilih justru sudah dimiliki orang lain. Tipsnya, supaya lebih aman, kita bisa memilih dari inisial nama dan bulan lahir. Memainkan kata tersebut bisa menjadi nama yang bagus untuk brand, dan yang pasti juga terbebas dari plagiat brand lain. Pastikan permainan memainkan kata yang dipilih juga tidak menyimpang dari nama brand kita.



2. Pilih nama yang mudah didengar dan diucapkan

Nama brand haruslah yang mudah didengar dan diucapkan. Beberapa orang tentu akan lebih berkesan jika menemukan nama brand yang mudah diucapkan dan mudah didengar. Maka dari itu, usahakan memilih nama yang singkat dan membuat orang lain terkesan ketika pertama kali mendengarnya. Jangan hanya karena ingin terlihat keren, lalu kita menggunakan istilah asing untuk nama brand, hasilnya justru orang malah lupa karena sulit diingat.

Untuk memudahkannya, sebaiknya pilih nama yang enak didengar. Pilih bahasa yang mudah diucapkan dan usahakan nama brand yang kita pilih membuat orang lain terngiang-ngiang sehingga selalu ingin membeli produk yang kita jual. Kemuadian, jika kita ingin benar-benar memaksimalkan bisnis, maka buatlah orang lain selalu mengingat dengan memberikan nama yang mudah didengar dan diucapkan.

3. Pilih nama brand yang memiliki makna

Ketika kita memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, tentu kita harus memikirkan nama brand yang memiliki makna. Hindari memilih nama yang asal-asalan karena akan berpengaruh pada penjualan. Usahakan nama yang dipilih ada hubungannya dengan produk yang yang akan dijual. Hal ini supaya orang akan lebih mudah mengingat ketika membeli produk kita.

Nama yang memiliki makna tentunya akan memudahkan dalam mencapai apa tujuan bisnis kita. Setiap nama pasti punya harapan jadi jangan sembarangan dalam memilih nama. Sebaiknya memilih nama-nama yang membawa bisnis menuju hal-hal yang positif dan berkembang pesat. Satu hal yang perlu diingat dalam memilih nama untuk brand yaitu makna yang dipilih sebaiknya mencerminkan produk kita. Hal tersebut ternyata juga dapat membuat orang lain lebih cepat menemukan produk meski banyak produk yang menyamai produk kita.

4. Hindari memilih nama dengan menggunakan singkatan

Sebuah nama brand merupakan hal penting yang harus kita perhatikan sebelum memulai bisnis. Hindari menggunakan nama dengan singkatan karena akan membingungkan. Banyak brand yang ingin terlihat unik dan hanya menggunakan nama singkatan, namun yang terjadi justru nama singkatan tidak melekat pada masyarakat. Jika ingin benar-benar memulai bisnis, maka perhatikan dengan detail soal pemilihan nama.

Jika diperhatikan, mungkin hampir tidak pernah menemukan nama brand menggunakan singkatan. Kalaupun ada pasti hanya beberapa saja dan bisa dihitung. Brand-brand populer yang sudah mendunia tentunya tidak pernah memakai nama singkatan. Nama yang unik bukan berarti kita harus membuatnya dengan singkatan. Kita bisa memilih nama yang singkat namun tidak dalam bentuk singkatan.



5. Pilih nama yang mencerminkan produk kita

Nama brand dan produk biasanya sangat erat hubungannya. Jika bisnis kita semakin laris di pasaran, maka pilih nama yang mencerminkan produk yang kita jual. Jangan sampai antara nama dengan produk sangat menyimpang. Penyesuaian nama dengan produk akan tentu akan membantu banyak orang untuk mengingatnya, hasilnya bisnis semakin lancar. Orang akan lebih terkesan dengan brand yang masih erat kaitannya terhadap produk. Dengan begitu mereka akan lebih mudah dalam mengingat nama dan jenis produk yang kita jual.

Menyeimbangkan antara nama brand dan nama produk tidaklah sulit. Jadi, pastikan kita memilih nama yang tepat. Di era sekarang ini sangat memungkinkan siapa saja untuk berbisnis online. Namun, tidak semua orang mampu bertahan dalam bisnisnya. Ada yang bisnisnya mandek di tengah jalan dan ada juga yang mampu mengembangkan bisnis hingga mendapatkan omzet milyaran. Semua kembali lagi ke diri kita, mau benar-benar fokus atau hanya sekedar main-main dalam membuka bisnis.

Memang dalam berbisnis, selalu ada naik turun. Tapi yang terpenting adalah bagaimana orang tersebut bertahan dengan bisnis yang dijalankan. Agar tidak bosan, sebaiknya pilih nama brand yang mencerminkan produk yang dijual. Selain bisa melekat di ingatan pelanggan, secara psikologis juga bisa membuat kita tidak bosan dalam berbisnis. Makanya, memilih nama brand harus sangat selektif karena akan bertahan dalam jangka panjang. Itulah beberapa cara paling mudah dalam memilih nama untuk brand kita. Nama yang tepat akan semakin membuat pelanggan ingat dengan produk yang kita jual.

Nah, itulah 5 tips menentukan nama brand untuk bisnis yang Anda tekuni. Dan jika teman-teman ingin membuat website untuk memaksimalkan bisnisnya,  kunjungi saja IDwebhost dan dapatkan harga hosting murah dengan kualitas mevvah. IDwebhost selalu menyediakan hosting murah yang cocok untuk semua kalangan dan yang terbaik dalam layanan.


Salam,

Dian Restu Agustina

1 comment: