World of Imagination - Persembahan Terbaru Nivea #SentuhanIbu 



"Suami enggak pinter, istri enggak pinter, gimana dong? No, itu hanya 40%. Karena 60%-nya ada di sini (faktor eksternal). Dan yang paling penting ada pada nutrisi dan stimulasi. Ini adalah segalanya, bisa mengubah semua. Dan, yang termasuk stimulasi ini adalah mendongeng!"


Demikian disampaikan oleh Dr. Herbowo A.F. Soetomenggolo SpA(K) - Dokter Spesialis Saraf Anak pada acara Konferensi Pers "NIVEA Sentuhan Ibu 2019 presents World of Imagination" pada hari Rabu, 13 November 2019 di The MAJ Senayan, Jakarta Selatan.

Dokter Herbowo yang juga Ketua Unit Kerja Saraf Anak IDAI Jakarta, pada kesempatan ini lebih dalam membahas mengenai betapa besar manfaat mendongeng bagi otak anak.

Ya, anak-anak kita punya cita-cita. Di mana untuk mewujudkannya anak mesti sehat dan cerdas pastinya. Untuk itu tumbuh kembangnya perlu dipersiapkan dengan baik agar semua berjalan sesuai dengan yang diharapkan.




Mendongeng berdampak luar biasa terhadap perkembangan otak anak




Lebih lanjut Dokter Herbowo mengingatkan jika tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh 2 faktor, yakni:

Faktor Internal:
  1. Genetik
  2. Ras
  3. Usia
  4. Jenis Kelamin

Faktor Eksternal:
  1. Nutrisi
  2. Penyakit
  3. Lingkungan
  4. Stimulasi

Kemudian, Dokter Herbowo menekankan jika faktor nutrisi dan stimulasi lah yang bisa mengubah faktor internal tadi menjadi lebih baik lagi. Jadi, jika secara internal kurang terpenuhi, orang tua bisa berusaha mencukupi nutrisi dan mengoptimalkan stimulasi.


Nivea #SentuhanIbu 2019


Nah, selanjutnya Dokter Herbowo memaparkan jika mendongeng adalah salah satu stimulasi yang bagus sekali untuk otak anak, karena:

  • Mendengarkan dongeng akan mengaktifkan bagian-bagian otak sehingga terbentuk imajinasi (neural coupling)
  • Aktivitas otak pendengar menyerupai aktivitas otak pencerita/pembaca dongeng/ (mirroring)
  • Otak akan melepaskan dopamin yang berhubungan dengan emosi
  • Otak akan melepaskan oksitosin yang berhubungan dengan empati dan kegembiraan
  • Otak akan melepaskan kortisol yang berhubungan dnegan kewaspadaan
  • Mendengarkan dongeng tidak hanya mengaktifkan bicara (broca dan wernicke) tapi hampir semua fungsi otaknya

See, betapa mendongeng merupakan aktivitas yang sangat baik untuk menstimulasi otak anak, bukan?

Apalagi nih, sudah ada beberapa penelitian, yakni di Amerika tentang hubungan mendongeng dan otak anak ini.

Diantaranya ada pada fakta mendongeng berikut:
  1. American Academy of Pediatrics (AAP) 2014 menganjurkan agar orang tua membaca untuk anak sejak mereka lahir
  2. Dongeng mempererat hubungan orang tua dan anak jadi banyak manfaatnya
  3. Dongeng berhubungan dengan kemampuan literasi anak
  4. Dokter anak diminta untuk menjadikan aktivitas dongeng sebagai komponen dasar untuk pengasuhan anak
  5. Dokter anak diminta menjadikan rumah berlingkungan literasi dengan adanya aktivitas otak anak melalui mendengarkan dongeng
  6. Pengenalan kemampuan literasi sejak dini akan memengaruhi tingkat ketrampilan berbicara dan IQ pada anak usia sekolah

Nivea #SentuhanIbu 2019


Wah, enggak heran memang jika penelitian di Amerika sampai menyarankan jika mendongeng sebegitu berperan pada tumbuh kembang otak anak yaaa...

Saya sendiri sudah mengalami, bagaimana saat anak saya sekolah TK (Kindergarten) di Amerika, waktu kami sekeluarga tinggal di sana. Di mana, ada aktivitas story telling di sekolah anak saya di setiap harinya, setelah anak-anak makan siang/sebelum tidur siang. Juga, ada buku berharga khusus yang didistribusikan lewat sekolah untuk kepentingan aktivitas literasi anak di rumah.

(kalau mau baca, ceritanya ada di sini yaa😁)

Oh ya, Dokter Herbowo kemudian juga menegaskan fakta tambahan tentang stimulasi ini, yakni:
  • Prinsip stimulasi terbaik adalah stimulasi 2 arah (anak - orang tua) dan bukan satu arah, jadi pencerita bercerita dan pendengar mendengar. Libatkan anak dan kadang lakukan tukar peran, anak jadi pencerita orang tua pendengarnya.
  • Penambahan sentuhan sangat berpengaruh sebagai penguat stimulasi dan pererat bonding
  • Sentuhan akan membantu perkembangan amigdala (bagian otak yang mengatur emosi dan memori) serta mengintegrasikan otak kecil dan otak area prefrontal anak

World of Imagination



Lalu, untuk tips dari Dokter Herbowo tentang waktu yang tepat untuk mendongeng: rata-rata dongeng efektif dilakukan di malam hari di saat anak sudah mau istirahat dan orang tua pun sama. Tapi ini juga bisa disesuaikan, bisa saja saat tidur siang atau waktu lainnya. Yang utama sediakan waktu secara khusus, jangan sampai masih kerjain ini itu baik anak maupun orang tua. Jadi cari waktu yang pas saja!

Finally, dari ulasan kaitan dongeng dan tumbuh kembang otak anak, bisa disimpulkan jika mendongeng itu:
  1. Sangat penting untuk perkembangan otak anak
  2. Berpengaruh terhadap kemampuan literasi dan kognitif
  3. Mendongeng sangat baik bila disertai stimulasi 2 arah dan stimulasi sentuhan

"Kegiatan mendongeng meliputi beberapa hal termasuk neural coupling yakni mendengarkan, memproses informasi, mengolah informasi menjadi data-data sesuai dengan imajinasinya. Proses selanjutnya adalah mirroring atau ketika otak pendengar memiliki cara bekerja yang sama dengan otak pendongeng. Selanjutnya otak merilis beberapa hormon seperti dopamine, kortisol dan oksitosin. Hormon tersebut mengatur perubahan emosi, kewaspadaan dan empati sehingga dapat mengingat alur cerita. Aktivitas di cortex terjadi ketika otak memroses fakta sehingga dapat mengaktivasi bagian otak lainnya termasuk motor cortex, sensory cortex dan frontal cortex2. Selain itu penelitian menunjukkan kegiatan mendongeng membantu kemampuan literasi yang sejalan dengan kemampuan kognitif anak. Sehingga dapat disimpulkan, walaupun kegiatan mendongeng termasuk mudah dilakukan, namun memiliki dampak yang luar biasa terhadap perkembangan otak anak," tegas Dokter Herbowo.





NIVEA #Sentuhanlbu 2019 World of Imagination



Nah, berkaitan dengan aktivitas mendongeng yang memiliki dampak luar biasa pada perkembangan otak anak ini maka sebagai brand perawatan kulit terkemuka, NIVEA créme Tin kembali mengukuhkan komitmennya untuk mempererat bonding time atau ikatan antara ibu dan anak. Ini diwujudkan NIVEA melalui kampanye NIVEA #Sentuhanlbu 2019 World of Imagination yang akan diselenggarakan pada 20-22 Desember 2019 di Ecopark, Ancol.

Bekerjasama dengan komunitas dongeng Ayo Dongeng Indonesia, Waktunya Main dan Sembilan Matahari, NIVEA World of Imagination akan menyuguhkan taman bermain interaktif untuk anak yang terinspirasi dari sebuah cerita yang digabungkan dengan dunia imajinasi, kombinasi antara permainan dengan seni digital.


World of Imagination


"Kami mengharapkan campaign NIVEA #Sentuhanlbu 2019 World of Imagination ini akan memperkuat daya imajinasi dan mengeratkan ikatan ibu dan anak," papar Mr. Holger Welters - President Director PT Beiersdorf Indonesia saat membuka acara.


Selanjutnya, Brigitta Dewi Pricillia selaku Brand Executive NIVEA Body and Creme di kesempatan yang sama juga mengatakan, "Fokus utama dari NIVEA #Sentuhanlbu adalah untuk menciptakan momen yang dapat mempererat ikatan emosi ibu dan anak, salah satunya dengan kegiatan mendongeng. Kami percaya dongeng yang menarik dan seru dapat menumbuhkan daya imajinasi anak, terlebih jika diiringi dengan sentuhan lembut ibu yang memberikan rasa nyaman dan ketenangan."


Nivea #SentuhanIbu 2019



NIVEA percaya bahwa kegiatan mendongeng dapat menumbuhkan daya imajinasi anak, sehingga tepat kiranya jika NIVEA #Sentuhanlbu 2019 menghadirkan World of Imagination. Taman bermain interaktif untuk anak yang terinspirasi dari sebuah cerita yang digabungkan dengan dunia imajinasi, kombinasi antara permainan dengan seni digital.

Di mana nantinya, taman bermain ini terdiri dari dunia air, dunia angin, dunia hutan dan dunia pasir yang memiliki petunjuk bermain, karakter unik hingga rintangan yang harus dihadapi oleh ibu dan anak secara kompak menggunakan imajinasi mereka.

Wow, pasti seruuu!!


World of Imagination


Tak hanya itu, NIVEA yang juga percaya pada kekuatan sentuhan, ingin mengajak para ibu di Indonesia dalam memaksimalkan rutinitas perawatan kulit untuk memperkuat ikatan dengan buah hatinya. Misalnya dengan menggunakan NIVEA Creme Tin sebagai bagian dari aktivitas mendongeng.

"NIVEA Creme Tin merupakan pelembab ikonik dari NIVEA yang diperkaya dengan Eucerit yang berfungsi melindungi kulit, menjadikannya tetap lembab serta memberikan sensasi kelembutan layaknya sentuhan yang diberikan oleh ibu." tutur Brigitta lagi.

Lebih lanjut Brigitta menyampaikan harapan NIVEA pada orang tua dan anak agar dapat lebih gencar melakukan kegiatan mendongeng karena manfaatnya yang sangat baik. Diantaranya ikatan emosi yang lebih kuat serta menumbuhkan daya imajinasi yang lebih bagus lagi. Sehingga NIVEA menantikan kehadiran keluarga Indonesia di NIVEA World of Imagination untuk bersama-sama mengeksplorasi dunia penuh imajinasi.


 Nivea #SentuhanIbu 2019
Host: Dian Ayu

Lewat Dongeng, Bonding Orang Tua dan Anak Akan Tercipta



"Mendongeng bisa menjadi salah satu kegiatan favorit orang tua dengan anak, apalagi jika ditunjang dengan kisah-kisah yang menarik, karakter yang lucu dan unik."

Demikian disampaikan Mochamad Ariyo Faridh Zidni atau Kak Aio, pendiri komunitas Ayo Dongeng Indonesia,

"Orang tua juga dapat melibatkan anak-anak dengan mendorong mereka memberikan ide alur cerita, nama karakter dan alat peraga lainnya sehingga mendongeng menjadi lebih seru. Tidak ada cerita yang salah atau benar saat kita berimajinasi. Disitulah letak kekuatan imajinasi," jelas Kak Aio lagi.

Mendongeng yang efektif menurut Kak Aio adalah ketika dilakukan dengan sepenuh hati, jadi:
  1. Orang tua sudah memahami mengapa mau dan perlu mendongeng pada anaknya
  2. Dongeng yang sudah siap: orang tua sudah siap dan anak juga siap. orang tua memilih cerita yang disukai, ketika melakukan tidak terbebani dengan harus pakai alat penunjang, bisa apapun dongengnya, cerita yang diciptakan dengan imajinasi saja

World of Imagination



Lebih lanjut, Kak Aio menegaskan jika Ibu berperan penting dalam mendongeng. Tidak hanya berperan sebagai pencerita tapi juga dalam mengembangkan momen berceritanya. Saat berdongeng, Ibu dan anak dapat berimajinasi dalam mengembangkan cerita. Saat itu pula bonding antara ibu dan anak tercipta. Dan dibantu dengan sentuhan lembut antara ibu dan anak dapat menambahkan rasa nyaman untuk bonding yang lebih erat dan mengesankan.


World of Imagination


Kemudian tips agar anak mendengarkan dongeng yang diceritakan, menurut Kak Aio:
  • Sesuaikan dongeng dengan usia dan karakter anak sehingga mereka akan mau mendengarkan 
  • Lakukan 2 arah
  • Jangan membatasi diri dengan nilai moral cerita karena akan membatasi imajinasi pendongengnya. 
  • Berpikirlah seperti pola pikir anak-anak, mereka kira-kira sukanya apa. Jadi kita bisa masuk dari sana

World of Imagination


Sementara, Elisabeth Tito dari Waktunya Main mengatakan di kesempatan yang sama, "Kami senang sekali dapat menerjemahkan dunia imajinasi ke dalam taman bermain yang interaktif dan seru. Di taman bermain NIVEA World of Imagination, kami mengajak orang tua meluangkan waktunya dengan sepenuh hati untuk bermain dan mengeksplorasi daya imajinasi bersama anak dengan melompat, menari, memanjat serta menghadapi berbagai rintangan, berpikir cepat dan tangkas mencari solusi untuk menuntaskan suatu misi bersama-sama. Karena permainan ini tidak hanya seru dan menyenangkan, namun juga sarat akan nilai-nilai kehidupan."


World of Imagination


Bagaimana Cara Ikutan NIVEA #Sentuhanlbu World of Imagination?


Gimana, makin penasaran dengan  #SentuhanIbu World Imagination ini?

Mau tahu bagaimana caranya ikutan #SentuhanIbu World Imagination?

Don't worry be happy, caranya mudah sekali!!

Tahun ini, NIVEA #Sentuhanlbu World of Imagination bekerjasama dengan Tokopedia untuk menjangkau lebih banyak keluarga Indonesia.

Jadi, tiket taman bermain World of Imagination sudah dapat dibeli melalui Tokopedia dengan mengklik tanda "Tiket Event" mulai 13 November 2019 ya Ayah Bunda....

Dengan perincian:

  1. Harga Rp  450,000 untuk keluarga yang terdiri dari 4 tiket dan merchandise 
  2. Harga Rp150,000 untuk tiket individual yang terdiri dari 1 tiket dan merchandise 


Yuks, buruan dapatkan tiketnya dan perkuat daya imajinasi dan eratan ikatan ibu anak bersama NIVEA #SentuhanIbu 2019 World of Imagination! Mari, berpetualang menciptakan kenangan di taman bermain interaktif terinspirasi petualangan penuh imajinasi bersama buah hati!

Jangan sampai ketinggalan ya...ketemu di Ecopark, Ancol kita!!😍


 Nivea #SentuhanIbu

merchandise NIVEA

.




IG: nivea_id | FB: niveaid | Youtube: NIVEA Indonesia





Happy Parenting


Dian Restu Agustina



29 comments:

  1. Yang tahun lalu acaranya heboh kalau aku liat di media sosial. Semoga World of Imagination dari Nivea pecah juga serunya tahun ini :)

    ReplyDelete
  2. Heboh dan seru banget acaranya ya kak bertaburan ilmu nya juga dan aku beruntung banget nih g bisa ikut acara tapi bisa lihat dengan baca tulisan kakk

    ReplyDelete
  3. Mendongeng itu sudah dilakukan nenek moyang kita sejak dulu. Padahal mereka belum memiliki pemikiran canggih seperti ilmuwan sekarang ini ya. Dengan mendongeng banyak manfaatnya, karena itu orang tua jaman dulu meski tidak mendapatkan pendidikan tinggi tetapi terkenal bijak.

    Ingin ikut acaranya. Tapi meski bisa beli tiket secara online, namun karena lokasi jauh, duh jadi tambah berat. Berat di waktu dan ongkos hehehe

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka cerita/mendongeng sama anakku tapi tentang nabi-nabi alhamdulillah anakku yang excited gitu 😊

    ReplyDelete
  5. Ternyata bnyak ya manfaat mendongeng. Sekarang anak yg 1 dan 2 udah gede jarang Didongengin

    ReplyDelete
  6. acaranya seru ya, asyik dan dapat wawasan

    ReplyDelete
  7. Anak yang rajin di dongengin atau di dorong untuk mendengar dongeng kreasinya tinggi

    ReplyDelete
  8. Wah seru banget ya acara nivea #sentuhanibu ini, makasih sharingnya Mbak, jadi makin semangat buat dongengin anak karena banyak manfaat ya, nggak cuma untuk meningkatkan kemampuan literasi anak, tapi juga bisa bantu meningkatkan aktivitas otak anak plus bondingnya juga dapet

    ReplyDelete
  9. Waah ternyata mendongeng aktivitas sederhana ini punya efek positif yang luar biasa ya... Jadi semangat nih mendongeng kan anak sebelum tidurnya.

    ReplyDelete
  10. Duluu, waktu anak-anak masih kecil, setiap menjelang waktu tidur, saya selalu luangkan waktu untuk mendongeng. Kalau sekarang, mereka sendiri yang baca dari bukunya.

    ReplyDelete
  11. Bagus sekali acara yang digelar Nivea ini. Saya termasuk orang yang menyukai dunia mendongeng juga. Waktu anak-anak masih balita, mereka sering saya bacakan buku cerita sebelum tidur. Sampai-sampai anak-anak mengingat ceritanya hingga besar. Kalau ada kegiatan semacam ini, pasti akan memberikan motivasi dan manfaat bagi para ibu agar lebih semangat dalam mendongeng dan semakin mendekatkan hubungan dengan anak ya Mbak.

    ReplyDelete
  12. jadi mendongeng itu gak harus sebelum tidur yaaa. justru saat anak masih aktif maka apa yg didengar akan terekam dg sempurna

    ReplyDelete
  13. Wuih keren nih programnya. Aku ngerasain sendiri bagaimana manfaat dongeng buat aku. Dulu waktu kecil, almarhum bapak sering mendongeng, hampir setiap malam. Dari dongengnya, aku jadi tahu nilai-nilai kebaikan di dalam hidup. Dan gara2 dongeng alm. bapak juga aku jadi berimajinasi jadi ini dan itu. Termsuk bikin cerpen, dll. Semoga program yang dibuat Nivea ini membawa banyak manfaat untuk anak-anak Indonesia.

    ReplyDelete
  14. Setuju bgt, mendongen punya banyak manfaat
    Selain untuk stimulasi tumbuh kembang juga bisa meningkatkan bonding antara orangtua dan anak

    ReplyDelete
  15. Nivea produk perawatan kulit yang paling cocok sma aku sejak aku msih kecil mba..keren.bngt ya event yang mau diadakan di ancol.nanti bertepatan dengan masa liburan

    ReplyDelete
  16. Eventnya bagus banget mbak, mendongeng memang suatu kegiatan yg menstimulus kerja otak anak. Setiap malam saya konsisten melakukan krgiatan ini buat anak2 mbak.

    ReplyDelete
  17. Yah sebegitu pentingnya peran mendongeng untuk anak. Jadi nggak heran kalau banyak orang tua suka sekali mendongengi anak jaman sekarang.

    Selalu saja, ulasan mbak dian terkait sebuah event atau produk sangat lengkap. Jadi berasa ikutan eventnya akutu. Hehe

    ReplyDelete
  18. Tadi Ponakan daku malah menceritakan dongengnya kepadaku mbak, haha. Bukannya daku sebagai auntynya yang bercerita. Dari mendongeng memang ada kedekatan ya yang terjalin

    ReplyDelete
  19. Setujuuuu, mendongeng adalah waktu terbaik bersama anak-anak. Saya pernah ikut workshop Mendongeng bersama Kak Aio, seru!

    ReplyDelete
  20. Yes, setuju kalau mendongeng bisa menjadi stimulasi yang amazing untuk anak.

    ReplyDelete
  21. Sentuhan dan perhatian orang tua kepada anak-anak akan membuat bonding antara keduanya. Setuju deh lewat dongeng kita bs mengirim stimulus positif pd anak2. Smg seru ya mb acara sentuhan Nivea thn ini

    ReplyDelete
  22. ternyata dengan mendongeng berdampak positif ya kak. wah acaranya pasti seru banget nih

    ReplyDelete
  23. gak terasa udah Sentuhan Ibu aja ya dari Nivea, tahun kemarin aku belum sempat datang nonton

    ReplyDelete
  24. Wah eventnya kayaknya bakalan seru banget nih... Jane lebih hemat ya mbak kalo beli tiket buat keluarga nih... Tapi sayangnya tanggal segitu kayaknya aku abis lahiran deh... Hehe
    Btw, ternyata manfaat mendongeng itu buanyak banget yaaa aku cuma tahunya ya bagus aja, ternyata sedetail itu loh manfaatnya buat perkembangan otak anak.

    ReplyDelete
  25. Noted nih karena umumnya orang bilang justru keturunan yang bikin pandai padahala 60% yah mba faktor eksternal duh jadi semangat nih pengen dongengin anak-anak :)
    btw ini acara Nivea sentuhan ibu seru ya mba

    ReplyDelete
  26. Aku juga setuju sih, mendongeng bisa menambah imajinasi anak gtu ya. Makin dini kita dongengin kosakata juga makin banyak dan bertambah, gak heran literasi bacanya jg bagus kalau udah dibiasakan didongengin sejak kecil.

    Oh itu jadi pamerannya udah bisa kita kunjungin di Ancol ya mbak?

    ReplyDelete
  27. Setuju banget mendongeng buat anak menciptakan ikatan batin yang kuat. Aku sukan nih butter nivea dan hand&body lotionnya.

    ReplyDelete
  28. Mendongeng salah satu aktifitas yang biasa ku lakukan pada anak-anak sebelum tidur. Dan mereka senang banget denger uminya cerita hehehe

    ReplyDelete
  29. Waktu kecil, aq suka mendongeng sebelum tidur untuk anak-anak. Mendongeng memang membantu daya imaginasi anak

    ReplyDelete