Peluncuran GrabHealth powered by Good Doctor 




Temaaaaan, mau enggak jika gawaimu dilengkapi dengan aplikasi layanan kesehatan yang membuatmu bisa:

●Tanya jawab kesehatan secara online dengan dokter-dokter profesional bersertifikat melalui obrolan, panggilan, atau panggilan video untuk menjelaskan masalah kesehatan;

●Membuat perjanjian konsultasi tatap muka dengan dokter medis pilihan kemudian berkonsultasi langsung dengannya; 

●Belanja lewat layanan E-commerce berbagai produk kesehatan & kebugaran kemudian produknya akan dikirimkan segera ke depan pintu kita pada hari yang sama; 

●Baca konten mengenai kesehatan, kebugaran dan gaya hidup yang dikurasi oleh dokter dan menerima pesan notifikasi tentang informasi terkaitnya, termasuk artikel, tips, dan video??


Kalau mau, maka donwload segera aplikasi Grab di ponsel pintarmu.!!

(((Apaa? Sudah dari dulu??)))🙈😁

Oke, oke...maka tinggal buka saja aplikasi Grab-nya, klik Lainnya, pilih Kesehatan, klik Setuju di halaman registrasi dan pilih layanan kesehatan yang kamu inginkan!

Cepet dan enggak ribet, mudah dan murah, praktis juga ekonomis, berkat GrabHealth powered by Good Doctor!😍

GrabHealth



Apa Itu GrabHealth powered by Good Doctor?

Ya, GrabHealth powered by Good Doctor adalah solusi layanan kesehatan digital lengkap yang pada hari ini, 10 Desember 2019, bertempat di Museum Kebangkitan Nasional Jakarta (ex-STOVIA), diluncurkan oleh Good Doctor Technology Indonesia, perusahaan penyedia layanan kesehatan berbasis teknologi, bermitra dengan Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara.

Grabhealth, sebuah layanan platform baru yang bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam membangun ekosistem kesehatan digital yang diharapkan dapat memainkan peran penting tidak hanya dalam hal mengobati, tapi juga memperkuat upaya pencegahan yang akan menurunkan biaya perawatan kesehatan bagi banyak masyarakat Indonesia dalam jangka panjang.


GrabHealth


GrabHealth juga merupakan layanan yang sejalan dengan salah satu prioritas layanan kesehatan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yaitu untuk mengimplementasikan Program Indonesia Sehat dengan fokus Pendekatan Keluarga, berdasarkan 12 indikator utama keluarga sehat. Di mana data pada Juli 2019, Indeks Keluarga Sehat (IKS) adalah 0,18 atau 18%, yang berarti sebagian besar keluarga Indonesia masih tergolong tidak hidup sehat.

Tak itu saja GrabHealth hadir sebagai jawaban atas adanya tantangan lain yang masih ada yaitu distribusi tenaga profesional kesehatan yang tidak merata di seluruh negara, yang mana saat ini hanya 12 provinsi yang memiliki rasio sehat yakni 1: 2500.


Grab Health


Selain itu, GrabHealth adalah jawaban akan Arah Kebijakan RPJMN 2020-2024 yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta dengan penekanan pada penguatan pelayanan kesehatan dasar (primary health care) dengan mendorong peningkatan upaya promotif dan preventif didukung oleh inovasi dan pemanfaatan teknologi. 

Maka, tak salah jika GrabHealth powered by Good Doctor disebut sebagai oase di tengah kesulitan akses pelayanan kesehatan dan mahalnya biaya kesehatan di Indonesia saat ini.


GrabHealth


Sehingga, sebuah keberuntungan bagi Indonesia, karena menjadi pasar pertama Grab dalam peluncuran layanan kesehatan digital di aplikasinya. Dan dengan didukung oleh jangkauan geografis Grab yang luas di Indonesia, GrabHealth powered by Good Doctor hadir dengan tujuan untuk meningkatkan akses terhadap layanan dokter dan kesehatan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia. 


Tentang Grab



Grab sebagai super app terkemuka di Asia Tenggara, menyediakan banyak layanan harian yang paling berarti bagi konsumennya. Saat ini, aplikasi Grab telah diunduh sebanyak lebih dari 163 juta kali, memberikan pengguna Grab kemudahan untuk terhubung dengan 9 juta mitra pengemudi dan agen yang dipunyai. Grab memiliki armada transportasi darat yang besar dan telah mencapai lebih dari 4 miliar perjalanan sejak didirikan pada tahun 2012. Grab juga menyediakan layanan transportasi on-demand di Asia Tenggara, serta layanan pengantaran makanan dan barang di lebih dari 339 kota di 8 negara.


GrabHealth


Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia pada sambutannya mengatakan, “Kami percaya bahwa setiap orang berhak memiliki akses ke layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. Untuk itu sebagai bagian dari investasi Softbank senilai US$2 miliar yang diumumkan pada Juli lalu saat kunjungan kepada Presiden Jokowi, kami sangat senang meluncurkan GrabHealth powered by Good Doctor, sebagai upaya pertama kami untuk memberikan layanan kesehatan online. Didukung dengan jangkauan yang luas di seluruh wilayah Indonesia dan pemahaman mendalam mengenai pasar dalam negeri, kami berharap GrabHealth powered by Good Doctor dapat menjadi solusi yang layak untuk memperluas aksesibilitas layanan kesehatan berkualitas, sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan komunitas yang kami layani di seluruh Indonesia.”

Pak Ridzki, juga menjelaskan mengapa peluncuran GrabHealth ini memilih lokasi di Museum Kebangiktan Nasional tak lain dan tak bukan karena bangunan bersejarah ini dahulunya adalah sekolah kedokteran yang didirikan oleh Belanda dengan nama School tot Opleiding van Inlandsche Artsen disingkat STOVIA atau Sekolah Dokter Bumiputra. Dalam perjalanannya, gedung tersebut selalu beralih fungsi menjadi Museum Kebangkitan Nasional sampai sekarang. Dan museum yang berlokasi tidak jauh dari Pasar Senen, tepatnya di Jalan Abdurrahman Saleh No.26, sebelum RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat ini diharapkan menjadi tempat bersejarah diluncurkannya GrabHealth demi memberi layanan kesehatan terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Pak Ridzki lebih lanjut menyampaikan bahwa peluncuran GrabHealth didasarkan pada Grab yang memiliki misi Grab for Good. Bersama teknologi, Grab ingin menghadirkan hal positif bagi Indonesia. Dan peluncuran ini merupakan bentuk komitmen Grab untuk memberikan teknologi yang dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat di Indonesia atau pun internasional.


GrabHealth


"Hari ini kita buktikan, Grab meluncurkan sesuatu yang membawa kebaikan. Ini merupakan komitmen kami dalam mengembangkan teknologi e-health care. Grab membantu menyediakan keterjangkauan akses layanan kesehatan dengan harapan dapat memberikan dampak langsung, yaitu memberikan kesehatan yang berkualitas," terang Pak Ridzki lagi.

Lagi pula, tambah Pak Ridzki, Grab sendiri telah hadir di 224 kota di Indonesia. Dengan begitu, hadirnya GrabHealth powered by Good Doctor dapat memberikan akses kesehatan kepada masyarakat di kota-kota tersebut dan tergetnya nanti ke wilayah yang lebih meluas lagi.



GrabHealth



Tentang Good Doctor



Sementara mitra Grab dalam GrabHealth, Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) adalah penyedia layanan kesehatan berbasis teknologi yang memiliki visi yaitu 'Satu Dokter untuk Satu Keluarga di Indonesia'. Good Doctor Technology Indonesia adalah mitra resmi Grab dalam menghadirkan layanan kesehatan melalui GrabHealth powered by Good Doctor.


GrabHealth


Dilengkapi dengan kemampuan teknologi terdepan, Good Doctor Technology Indonesia bertujuan menghubungkan para tenaga profesional kesehatan Indonesia dengan para pasien dalam menyediakan layanan medis berkualitas tinggi untuk mengatasi hambatan waktu dan jarak tanpa mengesampingkan pentingnya pemeriksaan fisik sebagai bagian dari praktik diagnosa. 

Good Doctor Technology Indonesia sendiri adalah anak usaha dari Ping An Good Doctor. Platform layanan kesehatan berbasis digital terbesar di China yang memiliki 300 juta pengguna terdaftar dan terafiliasi dengan 5 juta dokter dan merupakan unit bisnis dari raksasa asuransi China Ping An Insurance Group Ltd.


GrabHealth


dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia, pada kesempatan ini mengatakan, “Good Doctor Technology Indonesia memiliki visi untuk menyediakan ‘Satu Dokter untuk Satu Keluarga (One Doctor for One Family)’ di Indonesia. Kami bekerja sama dengan Grab, platform online to offline (O2O) terkemuka di Asia Tenggara yang akan memungkinkan kami dalam menyediakan akses ke dokter dan spesialis bagi seluruh keluarga di Indonesia." 

"Kita semua tentu pernah mengalami kesulitan mencari waktu untuk bertemu dokter, buat janji, butuh obat dengan segera karena mengalami sakit tiba-tiba, atau kadang kita ragu mencari informasi kesehatan dan sumber tepercaya. Jadi, lewat GrabHealth, semua kendala tersebut bisa diatasi dengan mudah," tutur dr. Adhiatma.

dr. Adhiatma mengungkapkan sebaran tenaga kesehatan Indonesia yang belum merata memberikan suatu tantangan sendiri. Ada beberapa daerah dengan ketersediaan tenaga kesehatan yang baik namun sisi lain ada juga wilayah yang rasionya sedikit.

"Tantangan itu menjadi suatu kesempatan dimana GrabHealth powered by Good Doctor bisa memberikan kontribusi yang baik dalam bidang kesehatan," imbuhnya.

"Kita 24 jam ada di dalam Grab. Memudahkan user. Dibanding harus unduh aplikasi terpisah. Kita menjaga kualitas, kita nurut sama regulasi pemerintah," katanya lagi.

Setidaknya ada empat layanan yang bisa diakses menggunakan GrabHealth antara lain konsultasi atau tanya jawab dokter, beli obat dan produk kesehatan, buat janji medis dan baca tips kesehatan.

"Layanan konten (berupa tips) dikurasi dokter, berdasarkan jurnal ilmiah," jelasnya.


Kemenkes: GrabHealth Membantu Pemerintah Menurunkan Biaya Layanan Kesehatan 




Sementara, Letjen TNI (Pur.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad(K) RI, Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Dr. dr. Agus Hadian Rahim, Sp.OT(K), M.Epid, MH.Kes mengatakan “Kementerian Kesehatan menyambut baik inovasi yang dilakukan oleh Good Doctor dan Grab dengan menghadirkan layanan GrabHealth powered by Good Doctor. Kami menyadari, pada era digital seperti sekarang ini, inovasi terkait pelayanan kesehatan memang harus terus dilakukan dan ditingkatkan untuk membangun serta memperkuat ekosistem digital bidang kesehatan. Good Doctor telah menjadi mitra penting dari inisiatif ini melalui penandatanganan MoU kami bulan lalu selama Hari Kesehatan Nasional."

"Kita gak bisa pungkiri di era digital ini berbagai aspek kehidupan dimudahkan oleh teknologi, mulai jasa ojek, pesan makanan, bahkan pembayaran juga online, pada akhirnya layanan kesehatan juga harus mengikuti perkembangan," lanjutnya lagi.


GrabHealth



Dokter Agus mengatakan bahwa layanan kesehatan digital GrabHealth powered by Good Doctor merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi di bidang layanan kesehatan yang bertujuan untuk mendorong upaya promotif dan preventif sehingga dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dengan mempromosikan gaya hidup sehat dan memperkuat upaya pencegahan yang pada akhirnya akan membantu pemerintah menurunkan biaya layanan kesehatan yang semakin tinggi di Indonesia saat ini.

Sehingga Kementerian Kesehatan menyambut baik hadirnya GrabHealth Powered by Good Doctor. Sebab, pemerintah menyadari, di era digital seperti sekarang ini inovasi terkait pelayanan kesehatan memang perlu dilakukan untuk membangun sekaligus memperkuat ekosistem digital bidang itu sendiri.



GrabHealth


Lebih lanjut dr. Agus mengatakan, “Dalam hal ini kami berharap agar layanan GrabHealth powered by Good Doctor terus dapat berkontribusi secara aktif dalam berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan mengembangkan aplikasi dan fitur-fitur guna memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat sehingga Grab bersama Good Doctor dapat tumbuh dan berkembang untuk mewujudkan ekosistem digital bidang kesehatan.".

Tak hanya itu, Kementerian Kesehatan berharap hadirnya layanan kesehatan online yang disediakan Grab melalui GrabHealth by Good Doctor bisa mengurangi beban BPJS Kesehatan. "Layanan ini memudahkan masyarakat untuk konsultasi sehingga bisa mengurangi beban BPJS sakit, jadi sakit sedikit tidak langsung ke rumah sakit," ujar Dokter Agus.

Meski demikian, Kemenkes mengingatkan agar perkembangan dan inovasi layanan kesehatan ini tidak bertentangan dengan regulasi dan prinsip dasar tenaga kesehatan. "Pemberian konsultasi dokter pada masyarakat melalui online dapat dilakukan sebatas edukasi kesehatan tetap untuk pemberian obat harus berdasarkan prinsip dan regulasi," imbuhnya.


Kemenkominfo: GrabHealth Memperluas Akses Kesehatan



Kemudian, Bapak Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang diwakili oleh Bapak Nyoman Adhiarna, Plt Direktur Ekonomi Digital pada kesempatan ini mengatakan, “Pada era digital 4.0 ini, tidak dapat dipungkiri segala aspek kehidupan kita berkaitan dengan teknologi. Dengan adanya layanan seperti GrabHealth powered by Good Doctor ini, diharapkan dapat membuka akses masyarakat terhadap layanan dan informasi akurat yang disampaikan langsung dari para pakar kesehatan yaitu para dokter melalui aplikasi."


GrabHealth


Disampaikan juga bahwa, Kementerian Kominfo melihat bahwa layanan kesehatan berbasis aplikasi memungkinkan lebih banyak masyarakat mendapatkan akses layanan kesehatan yang berkualitas dengan lebih mudah dan nyaman khususnya di banyak wilayah bukan hanya kota besar melalui jaringan komunikasi dan informatika yang saat ini sudah mengalami banyak peningkatan.


IDI: GrabHealth Memberi Manfaat bagi Masyarakat



Selanjutnya, dr. Daeng M. Faqih, S.H, M.H, Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia mengatakan, “Kami mendukung kehadiran layanan kesehatan online GrabHealth powered by Good Doctor ini karena akan segera membuka akses yang lebih luas untuk layanan kesehatan dan secara langsung dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sebelumnya, IDI dan Good Doctor juga telah melakukan kolaborasi strategis dengan Good Doctor untuk menghadirkan aktivitas penelitian berbasis ‘real world evidence’ yang bertujuan membantu para praktisi kesehatan dalam mengembangkan rencana aksi yang efektif dalam langkah-langkah preventif dan promotif. Kemitraan dengan Good Doctor juga merupakan kolaborasi dan kepercayaan terhadap masa depan industri layanan kesehatan yang diikuti oleh meningkatnya inovasi teknologi.”


GrabHealth


Dalam hal ini, disampaikan Dokter Daeng, IDI akan melakukan intervensi di digital health dengan tiga hal:
  1. Mempercepat akses antara pengguna dan dokter
  2. Menjamin kualitas tenaga medis: IDI memberikan rekomendasi dan memastikan dokter yang tergabung dalam GrabHealth merupakan dokter yang sudah terdaftar, kredibel, dan memiliki izin praktik. 
  3. Memastikan masyarakat tidak mendapat informasi kesehatan yang menyesatkan


Layanan GrabHealth powered by GoodDoctor



Mengenai layanan GrabHealth, dr. Adhiatma menambahkan bahwa GrabHealth powered by Good Doctor berupaya untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat akan platform kesehatan yang terpercaya, andal, kredibel, dan inovatif. “Dokter merupakan mitra konsultan kesehatan kami yang sangat ahli di bidangnya masing-masing dan secara senantiasa mematuhi sumpah dan kode etik kedokteran. Salah satu komitmen kami adalah menyediakan konsultasi dokter yang dapat diakses setiap saat selama 24 jam setiap hari."


GrabHealth


Tidak hanya melalui layanan konsultasi, lanjut Dokter Adhiatma, Good Doctor berkomitmen terhadap layanan kesehatan berkualitas dengan menghadirkan e-commerce di mana pengguna dapat membeli produk kesehatan berkualitas yang disediakan di lebih dari 300 mitra apotek berlisensi. Pengguna dapat dengan mudah menggunakan platform untuk memilih produk kesehatan pilihan yang ditawarkan oleh para mitra farmasi dengan harga transparan. Seluruh layanan tersebut, terkecuali pembelian obat menurutnya dapat diakses secara cuma-cuma oleh masyarakat Indonesia sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan.

Meski saat ini layanan GrabHealth powered by Good Doctor baru tersedia bagi semua pengguna Grab di area Jabodetabek. Namun, layanan ini juga akan diluncurkan secara luas ke daerah-daerah lainnya di Indonesia dalam waktu dekat.


GrabHealth


"Obatnya nanti diantar oleh mitra Grab Express. Saat ini masih di Jabodetabek, kedepannya layanan tersebut akan tersedia di 224 kota yang menjadi wilayah cakupan Grab di Indonesia. Targetnya sampai ke sana, Wilayah terpencil," terang Dokter Adhiatma.

Adapun untuk pembayaran, saat ini GrabHealth sudah berpartner dengan banyak pembayaran diantaranya dengan perbankan melalui Virtual Account dan tentu saja pembayaran melalui OVO. Tapi juga tidak menutup kemungkinan bekerjasama dengan asuransi kesehatan nantinya.

"Dalam konteks ekosistem bekerjasama dengan semua. Bisa saja (dengan asuransi)," tuturnya.


GrabHealth


Lebih lanjut, Dokter Adhiatma menambahkan bahwa GrabHealth merupakan salah satu upaya untuk memenuhi permintaan akan layanan kesehatan berbasis digital di Indonesia yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Untuk bersaing dengan platform yang juga memberikan layanan serupa, pihaknya memberikan jaminan bahwa dokter yang terafiliasi punya kompetensi di bidangnya masing-masing dan memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktik (SIP).

“Dokter tersebut merupakan mitra konsultan kesehatan kami yang sangat ahli di bidangnya masing-masing dan secara senantiasa mematuhi sumpah dan kode etik kedokteran. Begitupun dengan konten-konten yang ada di GrabHealth, kami pastikan semuanya sudah dikurasi oleh tim dokter yang terafiliasi dengan kami,” tegasnya lagi


Cara Menggunakan Layanan GrabHealth




Jadiiii, gimana?

Makin penasaran dengan aplikasi  GrabHealth powered by Good Doctor ini?

Yuk ah, segera coba!

Gratisss lho semua, kecuali..... bela-beli di E-commerce yang tadi ya mesti bayar lah ya...😁

Mudah bangets caranya:
  1. Buka aplikasi Grab, klik Lainnya
  2. Pilih Kesehatan atau Health
  3. Klik Setuju di halaman registrasi
  4. Pilih layanan kesehatan yang kamu inginkan
Coba ya dan dapatkan manfaatnya segera!💖


GrabHealth
bersama teman-teman blogger @inkemarisassociates



GrabHealth powered by Good Doctor
#PercayaYangBaik #GrabHealth #GoodDoctor
@grabid | @gooddoctor.id





Salam Sehat


Dian Restu Agustina



26 comments:

  1. Sekarang ini makin banyak ya aplikasi kesehatan yang memberikan jasa konsultasi ke dokter. Jadi, makin mudah untuk menjangkau semua lapisan masyarakat

    ReplyDelete
  2. Asiiik ada Grabhealth! Makin beragam makin mudah akses kesehatan. Kalau begini seharusnya bisa nih penerapan dokter keluarga melalui aplikasi.

    ReplyDelete
  3. pas banget nih anakku punya asma, dan perlu penanganan khusus, kalau ada akses kesehatan via gagdet gini, makin lega jdnya punya referensi dan solusi kalau lagi ada keadaan darurat perlu konsultasi

    ReplyDelete
  4. GrabHealth emang bisa jadi andalan kalau mau janjian tatap muka sama dokter, apalagi ada konten edukasi yang menarik untuk disimak.

    ReplyDelete
  5. Kemaren nyoba cek GrabHealth. Kusuka informasi yang ada di situ mengenai kesehatan. Komplit isinya

    ReplyDelete
  6. Wow! Ada Grabhealth :) Mantap ini, kita bisa tahu tentang kesehatan. Info2nya pasti lengkap. AKu jadi ga sabar mau download aplikasinya. Selama 7 hari 24 jam ini ya mbak Dian? Mau ceki2 tentang kulit wajahku yang sensitif ah :) TFS mbak.

    ReplyDelete
  7. Sekarang banyak aplikasi yang mendukung kesehatan masyarakat Indonesia. Keren nih kalau Grab juga ikutan

    ReplyDelete
  8. Salut sama Grab, berinovasi ke kesehatan secara digital. Hal ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat, apalagi bisa tanya jawab secara online dengan dokter, semoga sukses grabhealth dan banyak membantu masyarakat, ga sabar Dewi pingin coba juga.

    ReplyDelete
  9. Wah keren ini programnya Grab. Kesehatan memang hal yang sangat penting. Kalau ada program seperti ini kan jadi lebih mudah dalam mengakses kesehatan.

    ReplyDelete
  10. Semakin keren deh Grab, kini tampil dengan program baru Grabhealth. Tahu aja kebutuhan masyarakat yang semakin peduli dengan kesehatan. Jadi pengen instal juga nih.

    ReplyDelete
  11. Semakin memudahkan dong ya, aplikasi Grab nya.
    Jadi selain pesan ojek online ada fitur kesehatannya juga.
    Keren banget ya, lewat smartpone bisa tanya atau konsultasi ke Dokter nya langsung
    Maju terus buat Grab

    ReplyDelete
  12. Wah asik nih sebagai user setia Grab aku ngerasain banget deh manfaat grab health ini. Aplaagi bisa konsultas gratis ya mba. Udah gak perlu repot donlot aplikasi macem2 deh. Pake grab. Wes kabeh dapet. Asek!

    ReplyDelete
  13. Mantep, fitur grab makin lengkap dengan adanya GrabHealth ini.
    Satu aplikasi full manfaat.
    Jadi udah nggk prlu banyak aplikasi yg download, cukup grab aja, hehe.

    ReplyDelete
  14. Wah, sekarang semua serba mudah ya. Kini soal kesehatan pun bisa dalam genggaman. Mau konsultasi dengan dokter, mencari info kesehatan tinggal cari di GrabHealth aja ya,...

    ReplyDelete
  15. Makin banyak aja produk layanan dari Grab. Semua-muanya bisa disediakan oleh Grab nih :D

    ReplyDelete
  16. Aplikasi health tech kayaknya sekarang semakin berkembang ya, banyak banget aplikasi health tech bermunculan semoga ini berkontribusi terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia

    ReplyDelete
  17. Fiturnya Grab tambah keren aja nih mbak. Semakin memudahkan para ibu nih judulnya

    ReplyDelete
  18. Mantap banget kerjasamanya, sesuai untuk kebutuhan masyarakat... Semoga bandung segera menyusul...

    ReplyDelete
  19. MAntap benget Grab ini. Bisa memebrikan inovasi yang pas banget untuk ondisi skarang. Makin sukses ya dan mnjadi solusi pelayanan kesehatan

    ReplyDelete
  20. Uyee...
    Apps favorit aku makin keren aja niih...banyak terobosan baru yang memudahkan penggunanya.
    Semoga Grab makin sukses!

    ReplyDelete
  21. Wah kalau beli obat enak nih bisa lewat grabhealth. Artikel kesehatannya juga dikurasi ma dokter jadi bisa dipercaya dan gak asal nulisnya ya mbak.
    Setuju sih pemberian konsultasi online gak bisa menggantikan konsultasi tatap muka, tapi cuma sbg langkah awal utk tau nmesti ngapain ya

    ReplyDelete
  22. Keren banget, Grab semakin melebarkan sayap ke layanan kesehatan. Aku langsung cek aplikasi Grab-ku tapi belum ada Grabhealth, mungkin harus update dulu. Grab makin lengkap, aku jadi makin cintaaa.

    ReplyDelete
  23. Grab semakin di depan nih untuk aplikasi ojol, sekarang merambah ke grabhealth, keren....

    ReplyDelete
  24. Oalah, pantesan aku cek Grab ku ga ada GrabHealth ini, ternyata baru area Jabodetabek aja ya. Semoga nanti jangkauannya lebih luas lagi. Btw keren acaranya sampe ngundang banyak menteri

    ReplyDelete
  25. Wahh grab inovasinya semakin keren nihhh... ditambah grabhealth makin lengkap deh fiturnya. Semoga bisa segera mencapai kota lainnya juga ya..

    ReplyDelete
  26. Waah keren sampai didukung oleh Kementerian has Mbak. Nambah lagi deh referensi apilikasi kesehatan keluarga. Penasaran pengen coba, apalagi kalo ada promo-promonya :D

    ReplyDelete