10 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Beribadah Umroh




"Di, rencana mau traveling kemana lagi?" tanya teman saya saat ketemu kapan hari.
"Yaelah ..masak baru pergi dah ditanya kapan jalan lagi hihihi. Nabung dulu, Buk. Kencengin sabuk..!"
"Halah, kamu ini ya, tiba-tiba cuss dah posting lagi dimana, bikin sirik aja."
"Jangan gitu, pas ada rejekinya tuh dan juga ada waktu. Semoga kamu juga bisa nanti yaa...."
"Aamiin..Aamiin! Nular..nular!"


Hm, saya jadi kepikiran dengan pertanyaan teman tadi. Sebenarnya sih memang ada satu wishlist traveling saya sama suami, yaitu pergi umroh ke Tanah Suci. Ya, saya pengin banget bisa beribadah umroh berdua sebelum waktunya pergi haji nanti.

Kalau dipikir sih, perjalanan ibadah umroh ini pastinya juga enggak beda jauh dengan traveling yang sering kami lakukan selama ini. Tapi, yang jadi istimewa karena ini adalah perjalanan spiritual yang bisa jadi "pemanasan" sebelum melaksanakan ibadah haji, maka butuh persiapan khusus pasti. Baik itu dari segi jiwa, maupun raga.

Maka, saya sudah punya list nih buat persiapan ibadah yang hukumnya sunnah dan biasa disebut haji kecil ini. Meski perginya masih dalam rencana, list-nya duluan enggak apa-apa, ya kan ya? Biar nanti pas pergi beneran sudah siap fisik dan mental sehingga di sana bisa beribadah secara total.






Persiapan Mental Sebelum Berangkat Umroh


Nah, yang pertama umroh itu perlu persiapan mental, agar ibadahnya bisa maksimal, diantaranya:


1. Luruskan Niat

Niat akan menentukan amal yang dikerjakan. Jika niatnya lurus untuk beribadah dan semata-mata untuk mencari ridho-Nya, Insya Allah ibadah umroh bakal berjalan dengan sempurna


2. Bertaubat

Bertaubat atas semua kekhilafan yang ada, memohon ampun atas segala perbuatan dan dosa, meminta maaf pada semua pihak yang pernah beriteraksi dengan kita


3. Belajar Hukumnya

Mempelajari ketentuan ibadah yang berkaitan dengan umroh, baik lewat buku, mengikuti manasik umroh dari agen perjalanan penyelenggara juga belajar dari pengalaman orang yang sudah pernah ke sana


4. Lunasi Tanggungan

Jika ada hutang sebaiknya lunasi dulu, kembalikan barang pinjaman dan sediakan persiapan yang cukup buat keluarga yang ditinggalkan


5. Jaga Amalan

Memulai melakukan amalan baik wajib maupun sunnah mulai dari kini agar terbiasa nanti di tanah suci

Persiapan Umroh
pic by pixabay


Persiapan Fisik Sebelum Berangkat Umroh



Berikutnya, selain mental, karena ibadah umroh dipenuhi berbagai rangkaian ibadah baik wajib maupun sunnah, maka fisik yang baik pun pasti akan sangat mendukung nanti. Sehingga dibutuhkan persiapan fisik, yakni:


1. Rutin Olahraga

Rutin jalan maupun lari pagi di sekitar komplek kita atau jogging di sore hari sepulang kerja bisa jadi persiapan fisik yang sederhana tapi bawa hasil warbiyasaaa. Kalau sudah terbiasa bergerak saat beribadah umroh nanti badan enggak bakalan kaget pasti.


2. Perhatikan Kondisi Badan

Pola makan yang sehat sebaiknya juga dipersiapkan sejak sebelum berangkat. Kalau perlu minum multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga jelang hari H kebugaran terjaga. Juga konsultasi ke dokter untuk saran terbaik berkaitan dengan kondisi terkini kita sehingga akan diketahui do & donts -nya. Tak lupa, usahakan tidak berativitas secara berlebihan di luar batas kemampuan agar jelang hari-H tidak kelelahan. Harapannya, selama di sana, fisik dalam kondisi baik mengingat ibadah umroh membutuhkan energi yang tinggi.


3. Siapkan Dokumen

Semua dokumen penting yang terkait data diri maupun keimigrasian mesti disiapkan dengan baik agar tidak ada kekurangan di last minute keberangkatan. Juga dokumen yang ingin kita tinggal di rumah. Simpan di tempat yang aman dan titipkan pada orang kepercayaan.


4. Persiapan Barang Bawaan dan Obat-obatan

Pastikan barang bawaan baik saat berangkat maupun pulang nanti sesuai dengan ketentuan bagasi. Juga, sesuaikan dengan cuaca di Tanah Suci, sehingga kita bisa sesuaikan mau bawa pakaian dan kebutuhan harian apa saja. Tak hanya itu, bawa obat-obatan pribadi juga perlu. Meski di sana nanti ada fasilitas medis, tapi sebaiknya bawa perbekalan obat yang biasa kita konsumsi. Sehingga saat diperlukan kita enggak kebingungan nanti


5. Siapkan Cara Komunikasi dengan Orang Rumah

Nah, karena rencana umrohnya cuma berdua sama suami maka anak-anak tinggal di rumah dong ya. Sementara, saya hanya punya asisten rumah tangga yang pulang hari (bantu beberes saat pagi) yang kadang saat diperlukan saya minta nginap untuk menemani anak-anak di rumah. Tapiiii, yang namanya Bukibuk pasti kalau pergi bawaannya anak lagi ngapain yaak, sudah makankah, belajar atau main game sajakah, sudah ngerjain PR-kah....Dan serentetan pertanyaan lainnya. Maka, persiapan cara komunikasi antara Tanah Air dan Tanah Suci jadi concern saya tersendiri. Tapi, untuk ini saya enggak perlu bingung lagi nyiapain caranya. Hanya berbekal hape dan Paket Umroh XL saja, bisaaa!! Komunikasi akan jalan, enggak bakal kepikiran!


Paket Umroh Haji XL
pic by pixabay


Paket Umroh XL, Semua #JADIBISA, Ibadah dan Komunikasi Lancar Jaya!



Yess, bermodal dua hal saja, smartphone dan Paket Umroh XL, maka saya jadi bisa berkomunikasi kapan saja dengan anak-anak di Indonesia. Enggak ribet dan enggak bikin mumet.

Apalagi saya sudah memakai nomor prabayar XL ini sejak tahun 2002!!

(((Whaat?)))

Ah, enggak usah kaget lah, kan saya memang tipe setia #eaaa🙊

Ya, nomor saya masih 10 digit, dan sudah saya pakai sejak tinggal di Medan. Nomor ini saya perpanjang terus masa aktifnya meski saya sempat 2 tahun tinggal di Amerika. Nomor yang selalu mendampingi kemana pun saya pergi, termasuk saat traveling ke UK beberapa bulan lalu. Di mana di sana saya mengaktifkan Paket XL Pass dan puas karena jadi bisa berkomunikasi dengan anak-anak tanpa batas.

Maka, saat ibadah umroh nanti, saya tinggal sesuaikan saja paketnya.

Ya iyaa, kalau ada yang sudah terbukti mengapa juga cari-cari?😁

Nah, XL Axiata menawarkan Paket Umroh XL bagi siapa pun yang ingin beribadah ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umroh atau haji. Paket ini memberikan kuota data yang lebih besar dengan harga terjangkau, serta memberikan dukungan jaringan yang lebih luas di Arab Saudi.



Paket Umroh & Haji XL


Lalu, cara daftar Paket Umroh & Haji ini bagaimana?

Mudah saja:


1. Sebelum Berangkat

Aktifkan paket Umroh & Haji dengan menekan *123*747# atau buka aplikasi myXL di ponsel kemudian pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan.


2. Saat Kedatangan

Saat tiba di negara tujuan, cukup pastikan layanan data roaming di ponsel dalam keadaan aktif


3. Cek Penggunaan Paket

Tekan *123*747# atau buka aplikasi myXL di ponsel untuk mendapatkan informasi terkait penggunaan data roaming selama di luar negeri.



Syarat dan Ketentuan Paket Umroh XL



Tuh, kan, mudah sekali cara daftarnya. Semua pasti bisa, karena enggak ribet, enggak perlu bebawaan, pun enggak ada acara buka-buka hape segala dan masukkan simcard baru ke situ.

Tapi, memang ada syarat dan ketentuannya, yakni:

1. Layanan Internet & Blackberry harian dapat langsung digunakan tanpa melakukan aktivasi terlebih dahulu
2. Pelanggan HARUS melakukan aktivasi Paket Umroh & Haji terlebih dahulu sebelum menggunakannya
3. Harga Paket Umroh & Haji sudah termasuk PPN 10%
4. Pelanggan dapat membeli lebih dari satu Paket Umroh & Haji, adapun kuota akan diakumulasi dari masa berlaku dihitung yang paling lama
5. Tekan *123*747# atau buka aplikasi myXL untuk melakukan aktivasi, cek paket, dan cek kuota Paket Umroh & Haji
6. Saldo akan dipotong langsung setelah aktivasi berhasil dan masa aktif paket akan dihitung setelah pelanggan tiba di Arab Saudi (Loc-up)
7. Pelanggan akan kembali ke tarif dasar ketika bonus kuota telepon dan SMS atau masa berlaku paket telah habis
8. Setelah kuota batas pemakaian wajar habis, maka pelanggan tetap dapat menggunakan internet sampai dengan masa aktif kuota berakhir tanpa biaya tambahan.


Keuntungan Paket Umroh XL Apa dan Dimana Belinya?



Nah....sekarang bicara tentang benefit-nya pilih Paket Umroh XL ini ya.

Yang pasti lebih banyaak untung daripada rugi, yakni:
1. Cara daftar Paket Umroh XL praktis dan tempat pembelian banyak pilihan
2. Dengan Paket Umroh XL komunikasi dengan keluarga di Indonesia jadi bisa lancar jaya tanpa terkendala
3. Paket Umroh XL membuat dirimu jadi bisa internetan, telponan dan message-message-an langsung dari hapemu tanpa harus ganti kartu
4. Tarif Paket Umroh XL sangat kompetitif mulai dari Rp 149 ribu
5. Kuota data Paket Umroh XL besar dan mendapatkan dukungan jaringan dari operator di Arab Saudi

Sementara, untuk tempat beli paketnya, Paket Umroh XL tersedia di Online Store berikut ini:

● Traveloka Apps

● Tokopedia

● Bukalapak

● Lazada

● Blibli

● Kaskus

● JD.ID

● Sepulsa

● Ayopop Apps


Yeaay, karena Paket Umroh XL, semua #JADIBISA, ibadah dan komunikasi pun lancar jaya’’

Wah, sudah lengkap berarti persiapan umroh saya... doakan ya bisa segera!

Aamiin!💖




Youtube: myXL | IG: myXL | Twitter: myXL | FB: myXL





Salam

Dian Restu Agustina




52 comments:

  1. Jadi pengen umroh juga, Kalau sebelumnya sama anak-anak agak rempong dan rusuh..hihi. Pengen juga umroh lagi berdua sama suami. Kondisi kesehatan sangat perlu memang dijaga. Karena hampir semua jamaah pas rombongan kami dulu tepar sakit kena Demam dan batpil. Nggak kalah penting juga nanti harus aktifin paket XL-nya. Biar lancar komunikasi dengan yang di rumah yaa, Mbak..

    ReplyDelete
  2. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi tips:)

    ReplyDelete
  3. Semoga aja saya bisa disegerakan untuk pergi ke tanah suci melakukan umroh, Amiin.

    sekarang untuk komunikasi ketika umroh nggak perlu khawatir ya ternyata menggunakan XL juga bisa digunakan di tanah suci

    ReplyDelete
  4. Memang juara XL, dari dulu saya sudah pakai eh sekarang malah ada layanan untuk komunikasi di tanah suci tambah cinta aja pakai XL

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah,nemu artikel ini di tengah kegalauanku mau pake paket telpon apa nanti di sana. Memang banyak sih yg menyarankan pake XL. Berarti memang keren nih provider

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah saya dan suami sudah mendapatkan kesempatan untuk beribadah umroh 2 tahun yang lalu, dan memang benar Mbak, yang paling penting adalah masalah komunikasi dengan keluarga yang ditinggalkan. Selain masalah fisik juga ya. XL keren deh. Bisa jadi andalan saat beribadah di tanah suci. Jadi. Ibadah tenang, komunikasi juga lancar.

    ReplyDelete
  7. Semoga dalam waktu dekat, kita bisa pergi beribadah umroh, ya, Mbak. Aamiin
    Memang perlu persiapan yang matang supaya bisa ibadah dengan tenang.
    Baik dari segi fisik, materi dan tentu saja alat komunikasi dengan keluarga di tanah air.

    ReplyDelete
  8. Akupun XL user sejak taun 2000-an awal loh mba hehehe. Kartunya udah diganti beberapa kali tapi ogah mau ganti nomornya. Btw mba Dian udah planning umroh ya.. semoga dilancarkan semua persiapannya ya mba... amin

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah sudah ada paket umroh Xl,ya mbak.
    Komunikasi dengan keluarga di tanah air walau sedang umroh tetap terus berjalan.
    Mengurangi kegalauan kita saat berada di Tanah Suci.

    ReplyDelete
  10. Setia banget ya Mbak Dian sama XL. Yuni juga pernah pakai provider itu, tapi sekarang udah nggak lagi. Kalau ada paket umrohnya mah bisa buat pilihan jika nanti berangkat umroh. Semoga disegerakan Ya Allah... Aamiin.

    ReplyDelete
  11. Whaa semoga dimudahkan ya mba Dian melaksanakan ibadah Umrohnya. Btw aku jadi bisa banyak belajar dr mba Dian nih kala anak2 masuk usia remaja dan agar keharmonisan RT tetap terjaga, kemana2 berdua suami kaya Umroh asyik ya. Apalagi sama XL juga biar komunikasi sama yg di rumah ttp lancar jaya.

    ReplyDelete
  12. Pingin umroh berdua juga sama suami, semoga kesampaian sebelum dpt seat haji. Betul kata mb Dian, buat pemanasan dulu. Btw, aku juga pengguna setia sejak 2004 mbak. Ga pernah ganti, wkwkwk..kalo ada reward pelanggan terawet, mungkin udah dpt ini mah

    ReplyDelete
  13. Wah, planning dan persiapannya udah mantap pisan mbakku, semoga disegerakan ya. Aamiin. Emak-emak emang gitu ya, kalau bepergian nggak bawa mereka bawaannya inget mereka terus. Padahal bisa jadi yang ditinggal enjoy banget menikmati saat-saat tanpa emaknya. Hehehe ...

    ReplyDelete
  14. Jadi klo pake XL ini bisa pake nomer +62 mbak? Tinggal aktifin paket umroh aja pas udah di saudi? Berlaku ke negara lain juga mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada caranya di atas, Mbak
      Kalau di negara lain ada XL Pass, saya sudah pernah pakai waktu ke London.
      Lengkapnya ke web XL di link tsb ya, Mbak

      Delete
  15. penting banget ni paket internet pas lagi umroh. jadi bisa komunikasi ke keluarga kalo lagi kangen :)

    ReplyDelete
  16. Baca ini langsung kangen lagi ibadah ke tanah suci. Tips untuk penggunaan Paket Umroh XL mau saya coba nanti ah kalau ada rezeki ke tanah suci lagi.

    ReplyDelete
  17. Masyaallah, ternyata sekarang kalau mau umroh itu mudah ya. Apalagi untuk provider yang bisa dionlinekan disana, jadi enggak perlu pusing lagi kalau mau internetan pas umroh. Dulu gak paham sih, kalo tau pakai XL bisa, mending pakai XL. makasih ya bun infonya.

    ReplyDelete
  18. Wah jadi pengen dan niat nih ibadah umroh. Skrg bnyk info yg mngulas umroh dgn mudah. Apalgi buat komunikasi lncar ada internet provider XL. Hmmm serba dimudahkn y mb

    ReplyDelete
  19. Paket XL emang cukup ramah di kantong ya kalo buat dibawa ke tanah suci.dulu mamah juga aktifin paket khusus pas naik haji tahun 2007 silam.

    ReplyDelete
  20. Seneng ya kalo bisa umroh dan komunikasi dg keluarga di Tanah Air Tetap terjalin. Hati jadi tenang

    ReplyDelete
  21. Terima kasih tipsnya, Mbak Dian. Semoga saya juga bisa menyusul umroh. Aamiin. Sambil nunggu rezekinya, saya bisa menyiapkan diri juga, termasuk diusahakan jangan ada utang ya, Mbak. Terus jaga fisik juga.
    Dan ini XL keren ya, Mbak. Memudahkan komunikasi saat umroh. Dan saya juga pakai XL sejak 2003 dan masih 11 digit. Kakak saya dulu pakai 2002 dan masih 10 digit. Eh.. hapenya dicuri teman kerjanya hahaha.

    ReplyDelete
  22. Percaya aku kalau dian tipe setia. Nomor hapenya aja keliatan hahaa

    Semoga lancar ibadah umrohnya ya dian. Doakan aku aku bs nyusul juga aamiin

    ReplyDelete
  23. Duh semakin menguatkan diri ini untuk bisa mengerjakan ibadah umrah. Kemarin waktu ibu umrah, maklum gaptek, gak pakai paket seperti ini. Ibu dibantu teman yang bisa mengandalkan WiFi hotel saja saat komunikasi dengan keluarga. Hehehe...
    Alhamdulillah sih terbantu juga. Semoga jadi haji mabrur. Amin

    ReplyDelete
  24. Ya Allah pengen bisa Allah mudahkan dan ringankan untuk kamis elalu ke Baitulah ya mba. Aku juga pakai XL ini mba saat umrah :)

    ReplyDelete
  25. Memang kalo mau ibadah, semua harus siap lahir batin ya mba dian. Bahkan fisik pun harus siap dengan rajin olahraga. ♥

    ReplyDelete
  26. Ibadah umroh jalan, anak anak terurus dengan terus berkomunikasi jalan terus. Bisa videocall kalau kangen sama anak-anak

    ReplyDelete
  27. Seneng bacanya saya juga pengen banget Umroh mba, btw salam kenal ya saya juga pake XL lho jadi tau nih tips nanti ke tanah suci

    ReplyDelete
  28. Iya bener nih, niat Traveling Yang Masih jadi wishlist Dan terus Di sholawatin biar goal 😂🙏. Pakai XL jadi komunikasi dengan keluarga dirumah bisa tetap terjaga selama beribadah disana

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Wah terima kasih tips nya mbakyu, InsyaAllah di segera kan untuk ibadah umroh sebelum tiba ibadah haji nya ya, Aamiiin Ya Allah. Ohhh ternyata musti pake XL ya biar komunikasi lancar?

    ReplyDelete
  31. Makasih mba infonya, saya pake XL. Dan semoga Allah SWT memberikan saya dan keluarga kesempatan untuk ke Baitullah

    ReplyDelete
  32. Enak banget ya kalau pake paket umroh XL, umroh jadi lebih tenang karena bisa tetap komunikasi dengan anak-anak nih.

    ReplyDelete
  33. Setia bangeett....dari 2002 sudah pakai XL.
    Nomer lama cuma 10 digit yaa...?
    Semoga ibadah dan niatnya dilancarkan yaa, kak...aamiin~

    ReplyDelete
  34. Aku setuju mbak selian persiapan mental dan fisik kdng suka kangen sama keluarga saat umroh. Jadi jaringan internet yang bagus is a must.

    ReplyDelete
  35. Sebagai pemakai setia XL sejak 2004 dan nomor xl gak ganti sejak 2007 (masih 10 nomer) aku suka banget XL ngeluarin paket umroh ini. InsyaAllah kalau haji 3 tahun lagi bisa pakai paket ini juga

    ReplyDelete
  36. Makasih ya infonya kebetulan Saudaraku ada yang mau pergi Umroh nanti Aku sarankan untuk memakai XL nanti Aku sarankan untuk memakai mengaktifkan paketan umroh umroh XL

    ReplyDelete
  37. Impian saya juga nih mbak, pengen bisa menjalankan ibadah umrah bareng suami. Banyak hal yang memang harus dipersiapkan ya, termasuk untuk urusan komunikasi nanti. Enaknya sekarang sudah ada pake umroh dari XL jadi komunikasi bisa lancar nih selama di sana.

    ReplyDelete
  38. untuk urusan dokumen sebenarnya gak ribet asal infonya jelas ya kak. saya kepikiran bikin paspor dan visa, gak la kan ya. kalau soal komunikasi mah percayakan saja pada XL

    ReplyDelete
  39. duh kapan ya saya bisa umroh bareng keluarga. jadi ingat dulu pas umroh sama orang tua harus beli kartu mekkah dulu biar nggak kena roaming. kalau sekarang masih ada roaming gitu nggak sih, mbak?

    ReplyDelete
  40. Duh baca ini jadi makin pgn umroh..
    Semoga bisa disegerakan kesana..
    Tips ini akan ku simpan, makasih ya

    ReplyDelete
  41. Wow aku baru tahu kalau layanannya XL sekeren itu
    Jadi saat ke luar negeri gak perlu gonta ganti nomor ya mbak
    Semoga disegerakan rejeki dan kesempatannya untuk umroh ya mbak

    ReplyDelete
  42. Periapannya harus matang banget ya kalau mau umroh. Termasuk urusan komunikasi. Jangan sampai susah kontak dengan keluarga di Indonesia

    ReplyDelete
  43. Hai Mbak Dian, kebetulan saya punya aplikasi MyXL di HP saya. Kalau mau beli Paket Umroh ini, tekan menu yang mana ya? Saya susah nemunya nih, padahal saya juga ingin merekomendasikan paket ini kepada orang-orang supaya mereka bisa tetap berkomunikasi dengan keluarganya.

    ReplyDelete
  44. baca postingan ini jadi pengen banget bisa umroh
    btw harga paket umroh xl nya terjangkau ya mbak
    keluargaku juga dulu pake paket xl nih agar bisa menghubungi keluarga di tanah air

    ReplyDelete
  45. Pengen banget umroh sekeluarga....noted mba persiapannya

    ReplyDelete
  46. Kalau ada tanggungan memang lebih baik dilunasi lebih dulu, jadi saat beribadah nggak ada lagi kepikiran, yang takutnya bikin gak khusyuk

    ReplyDelete
  47. Ya..ke tanah suci juga jadi list impian ku mba. Semoga kita dimudahkan jalan nya.
    Supaya lancar berkomunikasi dengan orang rumah provider juga mesti pilih yang berkualitas seperti yang direkomendasikan mba Dian ada khusus paket umroh juga

    ReplyDelete
  48. Umroh salah satu impian ku, beribadah dan menikmati keindahan alam di sana. Komunikasi harus didukung juga ya biar bisa telponan sama sanak saudara.

    ReplyDelete
  49. Lebih mudah langsung pakai xl udah termasuk internet sama telfon itu ya kak? Makin lancar komunikasi jauhan sama yang di rumah

    ReplyDelete
  50. Jadi gampang sekarang komunikasi dengan keluarga yang sedang umroh. Karena ada XL yang jaringannya luas.

    ReplyDelete
  51. Alhamdulillah ya dimudahkan sekarang tuh ada jaringan kuat XL

    ReplyDelete