Review Buku: 99 Tanya Jawab Food Combining






Halo hola, siapa diantara teman-teman yang punya resolusi lebih sehat lagi di tahun ini? Cuuung! Kalau begitu kita sama. Inginnya sehat senantiasa sehingga semua rencana, harapan dan cita-cita bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Apalagi hari gini, sakit itu biayanya mahal sekali. Maka lebih baik kita menjaga kesehatan agar terhindar dari segala penyakit yang mungkin datang. Caranya, dengan menjalankan pola makan yang sehat, cukup beristirahat, mengelola pikiran dengan tepat dan mensyukuri segala nikmat. Tapi ingat resolusi sehat ini butuh konsistensi. Jika cuma sekedar wacana ya enggak bakalan ada hasilnya. Maka, jika memang sudah diniatkan ya mesti dijalankan. Sehingga sehat baik jiwa maupun raga bakal jadi kenyataan

Nah, ngomongin sehat, yang harusnya jadi konsen kita adalah pola makan. Karena asupan yang masuk ke tubuh akan menentukan kecukupan nutrisi yang dibutuhkan. Makananlah yang akan menjadi tenaga bagi aktivitas kita, juga memberikan daya tahan tubuh untuk menghalau penyakit yang mungkin tiba. Sedemikian pentingnya pola makan ini dijaga agar kesehatan yang kita idamkan akan tergenggam tangan. 

Lalu, bagaimana menentukan pola makan yang tepat agar kita sehat?


Review Buku: 99 Tanya Jawab Food Combining



Beberapa pilihan pola makan ada meski tak semua sesuai untuk kita. Terutama buat orang-orang yang sedang bermasalah dengan kesehatannya. Tentu perlu berkonsultasi dulu dengan ahlinya agar tidak ada efek samping akibat pola makan yang dipilihnya.

Nah, salah satu pola makan yang sedang ramai diperbincangkan saat ini adalah Food Combining. Sebuah pola makan yang kabarnya relatif mudah diaplikasikan dibandingkan dengan sejumlah jenis diet yang lain. Karena, pola makan ini tidak meniadakan sama sekali unsur makanan tertentu. Juga, masih boleh makan ini itu, meski ada aturannya. 

Hm...tapi, ada kabar yang beredar juga, pola makan ini bikin pelakunya jadi kurang gizi. Terus sarapannya yang buah saja bikin banyak orang enggak yakin jika kuat menjalankan hidupnya yang berat 🙈. Belum lagi aneka pertanyaan lainnya yang bergolak di dada yang makin membuat pola makan Food Combining terlihat menakutkan untuk dijalankan.

Jadi yang benar yang mana ya...?


Review Buku: 99 Tanya Jawab Food Combining


Nah, biar banyak yang enggak bingung apa dan bagaimana Food Combining ini juga untuk menjawab segala pertanyaan yang menyekkan hati, Widyanti Yuliandari, yang telah mengaplikasikan pola makan ini selama 10 tahun lamanya, membagikan pengalaman dalam sebuah buku bertajuk "99 Tanya Jawab Food Combining".

Yang mana tak hanya berdasarkan pengalaman, Mbak Wied - demikian penulis biasa dipanggil, juga menyusun buku berdasar pada berbagai literatur dalam dan luar negeri, membagikan jawaban dari narasumber lainnya serta menambahkan informasi dari berbagai sumber terkait. 

Tak heran buku ini bukan hanya berisi 99 jawaban atas 99 pertanyaan yang sering disampaikan seputar Food Combining. Tapi juga merangkum pengalaman dari para pelaku, membagikan berbagai resep menu sehat untuk ditiru dan berbagai tips terkait yang pasti akan membantu.

Benar-benar buku referensi sebagai pelengkap penerapan pola makan sehat, khususnya Food Combining yang komplit dan tepat!!


Data Buku


Judul Buku;
99 Tanya Jawab Food Combining

Penulis:
Widyanti Yuliandari

Penerbit:
Najmu Publishing

Cetakan Pertama Oktober 2019

Editor:
Diba Tesi Zalziyati

Proofreader:
Tim Najmubooks Publishing

Desain Sampul:
Ahmad Miftah Fahmi

Penata Letak:
Ibnu Nurdin

Jumlah Halaman
xvi + 133 | 21 x 14 cm

ISBN 978-623-7339-11-3


Review Buku: 99 Tanya Jawab Food Combining


Tentang Penulis


Widyanti Yuliandari adalah bloger yang sejak tahun 2014 aktif menulis tentang kesehatan khususnya yang terkait pola makan Food Combining di blognya www.widyantiyuliandari.com.

Buku pertamanya tentang Food Combinig berjudul Food Combining: Pola Makan Sehat, Enak dan Mudah terbit pada tahun 2015 lalu. Kecintaannya pada dunia menulis mengantarnya kini menjadi ketua umum Komunitas Ibu-lbu Doyan Nulis.

Kontak :

Email: wyuliandari@gmail.com.
Facebook https://www.facebook.com/wyuliandari.
Twitter: @widyanti_y
Instagram: @widyanti-yuliandari
Blog: www.widyantiyuliandari.com

Blurb



Menjelang sepuluh tahun bersama Food Combining. Pola makan ini telah membantu saya bertransformasi dari sosok perempuan muda yang sakit-sakitan di usia awal tiga puluhan, menjadi perempuan sehat bugar dan aktif di usia yang kini empat puluhan.

Waktu membuktikan, bahwa selain sangat efektif membantu mencapai dan mempertahankan kondisi terbaik tubuh, pola makan ini sangat luwes untuk diaplikasikan. Bahkan banyak pelakunya mengakui, inilah pola makan yang paling tepat dipilih sebagai pola makan jangka panjang.

Sayangnya, masih banyak orang salah memahaminya. Dalam pandangan mereka, Food Combining kemudian menjadi pola yang rumit, berat, bahkan sangat susah untuk dijalankan.

Buku ini hadir untuk membantu meluruskan kekeliruan tersebut. Bahwa Food Combining butuh upaya, ya, memang benar. Namun jika tepat memahami dan menerapkannya, Anda akan mendapatkan sebuah pola yang enggan untuk dilepaskan sepanjang sisa usia Anda.



Review Buku: 99 Tanya Jawab Food Combining


Narasumber


Ir. Eti Widayati, MSc


Wanita yang masih terlihat cantik dan sangat bugar di usia matang ini, kini mengajar di sebuah institusi pendidikan di kota Palembang. Ahli gizi Iulusan Institut Pertanian Bogor ini juga aktif melakukan edukasi pola makan sehat melalui wall Facebook pribadinya. Selain mengajar, kini aktivitas sehari-harinya adalah memberikan konseling gizi dan juga secara teratur mengajak masyarakat berlatih yoga.


Drg. Prima Kusuma Wardhani


Dokter gigi Iulusan Universitas Airlangga Surabaya ini, kini berpraktik di Ngawi Jawa Timur. Penyuka benda-benda vintage dan batik ini adalah pelaku Food Combining sejak beberapa tahun lalu dan cukup aktif menulis edukasi terkait kesehatan gigi melalui media sosialnya.



Review Buku: 99 Tanya Jawab Food Combining


Review Buku


Buku setebal 133 halaman ini terbagi dalam beberapa bagian yang diurutkan berdasarkan tingkatan. Mulai dari pertanyaan yang biasa disampaikan oleh pemula yang awam dengan pengertian Food Combining sampai ke bagian yang menyertakan testimoni para pelaku pola makan ini juga beberapa tips untuk kesulitan yang sering dihadapi.

Nah, bagian-bagian itu terdiri dari:


Bagian 1: Mengenal Food Combining

Ada penjelasan dasar mengenai Food Combining serta pertanyaan sederhana yang sering ada, misalnya: apa pengertiannya, apakah benar makanan harus ditakar, jangan-jangan bikin kurang gizi, mahal apa enggak, susah atau tidak, dan lainnya


Bagian 2: Bagaimana Memulainya

Di sini dijelaskan cara memulai pola makan Food Combining, tips agar konsisten dan beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula


Bagian 3: Jeniper yang Kontroversial 

Nah, buat yang selama ini kebingungan akan Jeniper Lopez di sini dijelaskan cara membuatnya, mengonsumsinya, aman enggaknya bagi kita dan semua yang terkait dengannya


Bagian 4: Sarbu Bikin Ragu

Di sini ada banyak pertanyaan yang disertai jawaban lengkap tentang sarapan buah yang banyak diragukan oleh orang. Terutama tentang apa iya bisa kenyang, kalau sudah biasa nasi bagaimana, buah apa saja yang cocok, bisa enggak dikombinasi dengan makanan berbeda dan lainnya


Bagian 5: Menu Food Combining 

Tentunya banyak yang bingung boleh enggak Food Combining itu makan makanan tertentu, lalu haruskah stop minuman yang itu, apakah wajib minum jus sayur, apakah santan masih boleh dimakan juga pertanyaan seputarnya.

Kerennya juga, bab ini dilengkapi juga dengan contoh Menu Food Combining


Bagian 6: Soal Karbohidrat vs Protein Hewani 

Kemudian jika kita galau apakah jika sudah berpola makan Food Combining kita masih boleh makan daging? Di bab ini akan dijelaskan jawabannya. Bagaimana mengonsumsi protein hewani dan seberapa banyak boleh dikonsumsi


Bagian 7: Food Combining dan Tubuh Ideal

Yang masih risau apakah Food Combing nanti bikin kurus atau malah nambah gemuk, bisa kepoin bab ini


Bagian 8: Tentang Cheating

Kemudian kita kadang harus berhadapan dimana makanan ada di depan mata dan kita tak kuasa menolaknya. Saat sedang ada undangan misalnya. Nah, di bagian inilah dijelaskan perihal cheating saat Food Combining


Bagian 9: Food Combining dan Penyembuhan Penyakit

Sementara bagian 9 ada penjelasan tentang kaitan pola makan Food Combining dengan beberapa penyakit yang diderita. Adakah aturan tertentu haruskah pantang ini itu, di sini ada jawabannya


Bagian 10: Tata Tertib Makan

Kemudian ada penjabaran tentang tata tertib makan di bagian 10


Bagian 11: Food Combining dan Air

Bagian ini untuk membahas seputar kecukupan air, seberapa banyak diminum sampai bolehkah minuman selain air putih jika dikonsumsi


Bagian 12: Food Combining pada Berbagai Kondisi

Akan ada jawaban untuk pertanyaan apakah Food Combining cocok untuk semua orang, anak-anak boleh atau tidak, bagaimana dengan bumil dan busui, bagaimana saat puasa, apa tetap bisa makan saat pesta dan lain sebagainya.


Bagian 13: Sukses Ber-Food Combining

Menampilkan testimoni dari pelaku Food combining: Henny Soelistyowati, Shinta Damajanti, Riski Fitriasari, Widi Utami, Phie Jatuasri. Juga dilengkapi tips menghadapi kesulitan ber-Food Combining.


Review Buku: 99 Tanya Jawab Food Combining

Review Buku: 99 Tanya Jawab Food Combining



Bagaimana? Komplit bangets kan?

Menurut saya buku ini recommended sekali untuk menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin memulai pola makan dengan Food Combining sebagai pilihan. Juga bisa menjadi sumber jawaban atas berbagai pertanyaan yang masih membuat ragu untuk memilih pola makan yang menunjang resolusi sehatnya itu.

Pun, jika tak tahu mesti makan apa saat ber-Food Combining nantinya, di sini bisa ditemukan solusi karena ada daftar menu beserta resep yang bisa dicoba sendiri nanti. Belum lagi sharing pengalaman dari beberapa pelaku yang sudah mengakui bahwa pola makan Food Combining tak perlu dikhawatirkan karena bukannya akan merusak badan tapi malah bisa menyehatkan.

Apalagi Widyanti Yuliandari menuliskannya secara rinci dalam buku ini dengan bahasa yang mudah dimengerti serta tak berkesan menggurui.

Jadi, mau coba ber-Food Combining juga? Atau sudah menjalankan tapi ingin lebih memantapkannya?
Baca saja bukunya yaaaa!💖



Salam Sehat


Dian Restu Agustina










41 comments

  1. Wahhh saya baru dengar nama buku ini. Jadi penasaran pengen baca juga hehe

    ReplyDelete
  2. Aku pernah jalanin diet FC dan emang bagus hasilnya. Gara-gara cheating mau balikan lagi susaaaah banget. Mbak Wied ini salah satu pelaku FC panutanku. Akunya aja yang bandel hahaha Cakep ih bukunya

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen baca bukunya, kalau lihat tema per bab, lengkap banget bahasannya.

    ReplyDelete
  4. Sepertinya bulan depan mau menganggarkan uang buatbeli buku ini. Menarik sekali, food combinung memang dapat mencegah penyakit di masa depan ya.

    ReplyDelete
  5. Penting nih Buku Food Combaining karena kebanyakkan pola hidup sehat diterapkan tapi makanan sukar untuk dijaga, karena memang gak begitu tau.

    ReplyDelete
  6. Akuuuuu Mba Dian. Aku juga punya resolusi hidup sehat. Yang pertama aku benerin adalah pola tidurku . Aku mau kurangi tidur malem ku alias suka begadangm. Soalnya kan emak2 beranak kcil, santainya cuma bisa malem2 dan shubuh harus udah bangun lagi masak dan ngerjain smua kerjaan rumah huhuhu. Harus dibenerin lagi pola tdurnya ini.

    Ngomong-Ngomong sebenernya aku penasaran ama food combining ini. Soalnya kan aku orangnya kurus, apa cocok nggak ya diterapin ke aku. Kayaknya kudu baca bukunya dulu ya. Makasih tulisannya Mba Dian. Detail menurutku ��

    ReplyDelete
  7. Jadi penasaran pengen baca bukunya kak, penjelasan per bab lebih lengkapnya di buku ya. Gak sabar pengen beli bukunya

    ReplyDelete
  8. Banyak mendengar mereka yang sudah berhasil menjalankan hidup sehat dengan Food Combining ini. Saya jadi ingin tahu lebih banyak juga melalui yanya jawab buku ini.

    ReplyDelete
  9. Kalau mbak Widyanti yang menulis udah gak diragukan lagi tulisannya, ya. Mbak Widyanti sudah konsisten melakukan food combining sekian lama dan terbukti hasilnya

    ReplyDelete
  10. Aduuuh...kerem banget ini sih.
    Aku punya resolusi hidup sehat tapi lebih ke olahraga dan menggiatkan lagi puasa.

    Beberapa teman melakukan food combining dam berhasil. Aku pernah nyoba seminggu saja tapi ga bs disiplin juga, susahnya ngikutin menu makan anak, suami dan keluarga. Kalau harus sendiri aku kerepotan.

    Rekomended banget sih ini bukunya..

    ReplyDelete
  11. Sebenarnya udah niat lama ingin ikutin pola sehat ala food combining, tapi belum terealisasi aja nih hihihi
    Perlu konsisten dan kedisiplinan ya...

    ReplyDelete
  12. Saya masuk group food combining dan beberapa kali disentil Karena salah kaprah soal FC
    :)

    ReplyDelete
  13. Aku kenal food combining sejak tahun 2005, udah menjalani juga sampai kemudian tahun 2011 berhenti karena sesuatu hal. Dan jadi memggendut sampai kena sakit asam lambung memulai kembali nih yang sulit padahal udah tahu kelebihan pola makan FC ini. Buku mba Wid mungkin kudu dimiliki agar aku sadar kembali, hijiih

    ReplyDelete
  14. Komplit reviewnya..
    Aku juga punya bukunya, sudah baca juga..
    Dan mencoba praktek..
    Smg bisa

    ReplyDelete
  15. Zaman skrng kudu bener2 jaga makan ya supaya tetep sehat. Belum pernah nyobain FC sih soalnya belum tau referensi yang bener kek apa, selama ini cuma seliweran di medsos. Jd kepengen tau isi bukunya kek apa jd tau FC sbnrnya seperti apa

    ReplyDelete
  16. Bukunya bagus mbak, ternyata Food Combining itu ngak serumit dugaan saya soal pola makannya dan memang makin ke sini, menjaga pola makan agar tetap sehat sangat penting apalagi saat masuk usia 40-an harus lebih kudu jaga asupan makan. Noted ah...mau baca bukunya biar bisa tahu lebih banyak tentang FC ini.

    ReplyDelete
  17. Kayanya aku masih banyak cheatingnya nih kalau soal urusan makan, harus segxra diperbaiki supaya sehat selalu ya. Bugunya bagus nih buat ngajarin food combining

    ReplyDelete
  18. Perlu banget nih baca bukunya, abis mau diet gagal terus akutu mba. Eh, di food combining boleh minum jeniper ya, itu salah satu minuman favoritku apalagi kalo lg panas-panas, enak tuh jeniper dingin hehe.

    ReplyDelete
  19. Mbak Widya ini emang udah konsisten banget ya dengan Food Combining, nggak heran kalau akhirya menerbitkan buku.

    ReplyDelete
  20. Oiya aku pernah denger tentang buku ini mbak dan emang beberapa makanan itu ada yang bole dan gak bole buat di campur kayak gitu mbak... Karena food combining

    ReplyDelete
  21. Aku tau food combining sudah lama sih mba. Tapi yawlaaa ndablegnya aku ini. Mau nyobain aja selalu berkilah hehehe... Memang butuh niat yang kuat deh mba untuk mulai. Bagus soalnya emang FC ini, enggak pake pantangan apapun.

    ReplyDelete
  22. Saya masih belum konsisten berfood combining nih jadi malu hehe

    ReplyDelete
  23. Menarik banget buku Food Combining ini. Tahun ini aku mau mulai peduli soal makanan yang kukonsumsi. Mau lebih sehat

    ReplyDelete
  24. Nggak resolusi juga sih sebenarnya, karena dari tahun lalu sudah dijalani jadi tahun ini tinggal melanjutkan. Kalau saya sudah mengurangi makan makanan berminyak terlebih di malam hari. Selalu mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari dan membaisakan minum air perasaan lemon hangat (tanpa gula) di pagi hari.

    ReplyDelete
  25. Tertarik banget mba buat menerapkan food combaining ini. Aku pun akhir-akhir ini sering sakit badan. Jadi mikir apa karena aku jarang olahraga dan makannya ngasal. Sumpah tahun ini aku pengen banget hidup sehat. Semoga istiqomah.

    ReplyDelete
  26. Aku baru mau kayaknya mbak Dian. Setelah dimulai dengan pola jsrnya Zaidul Akbar, penasaran juga sama pola food combining ini. Dan pas banget sama resolusi 2020 untuk lebih sehat dan gak magermagerclub. Semoga dapat terealisasikan ya

    ReplyDelete
  27. Kepingin bnget nih mba sebenarnya praktekin food combining konsisten nya itu susah bngt,, hrs nya dipaksain ya, klo mo Sehat

    ReplyDelete
  28. Saya tuh nyoba2 FC dulu pernah, ga tahan lama haha. Jadi niat gini emang harus kuat dan banyak baca sampai paham yah, sekarang saya lagi JSR an ya itu juga mudah2an Istiqomah, aamiin.

    ReplyDelete
  29. Ini nih gaya hidup yang kepengen banget aku terapkan dengan konsisten selamanya. Huhu, aku masih sering cheating :(

    ReplyDelete
  30. Panduan wajib para pendamba tubuh sehat (bonusnya seksi, hehehe)
    Aku selalu membayangkan kehidupan yang damai dengan makanan sehat di setiap suasana.
    Tapi kok ya...baru hanya bayangan.
    Realita...kalau ketemu makanan, langsung nyaut.

    Wajib baca bukunya kaka blogger dan penulis, kak Widyanti Yuliandari.

    ReplyDelete
  31. Aku belum punya bukunya, tapi sebenernya berminat juga. Apalagi aku masih angot-angotan menjalankan food combining. Terlebih pas weekend, Mbak, wuih berantakan dah karena PakSU ngajak makan di mana-mana.

    ReplyDelete
  32. Asli Aku penasaran sekali Pengen baca buku food combining karya Widyanti ini secara sepengetahuanku banyak sekali manfaat Hut combining terutama bagi yang kena asam lambung seperti saya ini semoga segera bisa membelinya

    ReplyDelete
  33. narasumber nya bukan abal3. beneran praktisi kesehatan yg menjalani pola gaya hidup sehat ini. saya jd pengen beli bukunya. pengen ubah pola makan jd lebih sehat dan gak banyak lemak

    ReplyDelete
  34. Akhir-akhir ini saya suka bingung kalau mau masak. Kok kayaknya itu-itu terus. Mungkin buku ini bisa menjadi solusi, ya. Sekalian belajar tentang food combining, biar tetap sehat, bukan cuma saya tapi keluarga juga.

    ReplyDelete
  35. Wah buku yang bikin penasaran nih...masih maju mundur mau food combiningan hahah...susah banget mau ninggalin makanan enak yang sebnrnya gak sehat...

    ReplyDelete
  36. Beberapa tahun lalu aku tertarik menerapkan FC, tp bingung memulai dari mana. Sayangnya belum ada buku ini hehe..
    Baca review mba Dian, jadi tertarik lagi untuk mencoba FC. Jika punya buku 'pegangan' semacam ini kayaknya jadi lebih jelas juklaknya

    ReplyDelete
  37. Saya gagal terus FC an huhuhu sekarang lagi cocok sama JSR an mudha2n istiqomah deh. Tapi penasaran ingin baca buku FC ini.

    ReplyDelete
  38. Kbtln sdg nyari panduan utk fc,.sdh dtrapkan sebulan fc nya..cuma rada takut dg kdar asam urat mningkat krn tiap hari slalu mkn tempe tahu😅😅Bagaimna cr beli scr online mba ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ke penulisnya saja, kak. Ada datanya di atas:)

      Delete