Lombok..., Tunggu Saya Yaaa!!

Lombok..., Tunggu Saya Yaaa!!Yups, Lombok adalah salah satu tempat indah di negeri ini yang ingin saya kunjungi! Meski saya sudah pernah ke sana dua kali tapi itu duluuuu banget! Ya, karena saya 8 tahun menetap untuk kuliah lanjut bekerja di Bali, maka saya sudah pernah ke sana dua kali. Pertama, di tahun 1996 saat ada kegiatan karya wisata dari kampus saya, Universitas Udayana. Lalu yang kedua datang untuk urusan pekerjaan di tahun 2000.

((What?? Tahun segitu?))🙈




Eh.., memang kenapa? Ada yang belum lahir ya? Ya memang itu tahunnya, jadi hitung sendiri ya usia saya! Tuh, lihat saja foto saya yang masih unyu saat ke sana..haha. (Eh kapal cepat Mabua Express yang jadi latar fotonya aja sekarang sudah enggak ada) 😁

Nah, back to the story, di kedua kunjungan itu, saya bukan jalan-jalan judulnya. Yang pertama adalah tugas kuliah, jadi meski ada kunjungan ke beberapa tempat tapi saya ditugasi untuk melakukan penelitian, pengamatan, menentukan permasalahan dan pulangnya nyusun laporan. Sedangkan yang kedua meski ada hang out sesudah kerjaan kelar, tapi ya enggak sepuas kalau jalan seharian.

Maka, bisa dibilang saya belum pernah liburan ke Lombok! Dan ini jadi wishlist yang ingin saya jabani segera, bersama keluarga tentunya! Pasalnya, Lombok itu dari gunung, danau,  pantai sampai masyarakat dengan budayanya sungguh semua memesona!!

Nah, daripada mupengnya sampai di tingkat dewa, lebih baik saya nyicil list-nya dulu saja, pengin kemana nanti kalau ke Lombok lagi dengan mengumpulkan faktanya berikut ini!

Dirimu penasaran juga? Yuks, marii...!!


  • Gili Trawangan - Gili Meno - Gili Air


Gili Trawangan, sebuah pulau yang ternama dengan “Gili T” yang memiliki pemandangan laut yang memukau. Bisa ditempuh dengan menggunakan kapal umum dari Pelabuhan Bangsal atau menyewa speedboat dari Teluk Nare, Senggigi. Di Gili Trawangan ini, kita bisa melakukan beraneka kegiatan, diantaranya snorkelling. Nikmati dan syukuri keindahan ciptaan-Nya, pemandangan bawah laut berupa ikan cantik dan unik juga terumbu karang beraneka warna. Pilihan lain jika tak ingin bermain air, kita bisa hunting suvenir atau mencoba jasa rambut kepang yang ditawarkan warga di sana.

Sementara Gili Meno yang terletak di barat daya Lombok, tepatnya di antara Gili Air dan Gili Trawangan,  bisa diakses dengan speedboat dari Bali atau kapal umum dari Senggigi. Gili Meno pas untuk dijadikan sebagai destinasi bulan madu karena suasananya yang tenang dan intim. Selain itu, kita juga bisa sunbathing, swimming, dan diving di perairannya yang jernih. Atau, kita bisa berkunjung ke penangkaran penyu untuk melihat para induk menetaskan tukik (bayi penyu).

Sedangkan Gili Air adalah pilihan yang tepat bagi sesiapa yang mencari tempat yang lebih sunyi daripada Gili Meno dan Gili Trawangan. Nikmati ketenangan di tengah alam, keindahan pasir putih sambil duduk di bawah pepohonan. Juga, menyelami laut dan mengagumi “surga” bawah lautnya.


Wisata Lombok
Gili Trawangan (sumber: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB)




  • Taman Nasional Gunung Rinjani - Danau Segara Anak - Bukit Pergasingan


Taman Nasional Gunung Rinjani memiliki luas area 40.000 hektar. Di sini kokoh berdiri gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, Gunung Rinjani. Dua jalur pendakian resmi tersedia untuk mencapai gunung setinggi 3.762 mdpl ini. Ada jalur Senaru di Lombok Utara atau Sembalun di Lombok Timur. Gunung Rinjani menawarkan pemandangan warbiyaasaa, mulai dari lereng hingga puncak tertingginya, Puncak Dewi Anjani. 

Tak hanya itu, di taman nasional ini ada Danau Segara Anak, danau vulkanik dengan kedalaman 230 meter yang dulunya merupakan bekas kawah letusan gunung yang kemudian tergenang air, hingga berubah menjadi danau. Danau yang menjadi tempat favorit para wisatawan yang ingin bermalam saat melakukan pendakian Gunung Rinjani. Segara Anak yang berketinggian 2.000 mdpli ini memiliki air berwarna biru laut yang sangat indah. Di sekitar danau, kita juga bisa menikmati panorama Gunung Barujari yang sering dinamai “gunung di atas gunung” yang merupakan anak Gunung Rinjani yang masih aktif hingga saat ini. 

Lalu jika ingin mengagumi kemegahan Rinjani tanpa harus mendaki, Bukit Pergasingan adalah sebuah solusi. Bukit di sebelah timur Rinjani ini berlokasi di Sembalun, Lombok Timur. Dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 4 jam dari Kota Mataram untuk mencapainya. Jalur pendakian tidaklah sulit karena sudah tersedia ratusan anak tangga menuju ke atas bukitnya. Keindahan sunrise bisa kita nikmati dari sini dengan latar belakang Gunung Rinjani yang megah berdiri, cantik sekali!


Gunung Rinjani
Taman Nasional Gunung Rinjani ( sumber: id.wikipedia.org)


  • Mandalika

Mandalika berlokasi di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah yang resmi ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh Presiden Jokowi di tahun 2017 silam. Berjarak hanya sekitar 50 km dari dari Kota Mataram, lokasi Mandalika tidak terlalu jauh dari Bandara International Lombok dan merupakan rumah bagi suku Sasak, suku asli Lombok yang bisa wisatawan temukan di dua desa adat, yaitu Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende. 

Mandalika ternama dengan upacara adat Bau Nyale, yaitu ritual mencari cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika dalam legenda masyarakat setempat. Perayaan ini merupakan tradisi yang lazim diadakan di bulan Februari-Maret di setiap tahunnya. 

Tak hanya itu, deretan pantai seperti Pantai Seger juga menyimpan pesona alam yang memesona. Bukitnya beragam bentuk, pantainya berpasir putih dan ombaknya juga dikenal menjadi favorit para peselancar. Pantai Gerupuk, Pantai Serinting, dan Pantai Tanjung Aan adalah pantai lain yang bisa menjadi pilihan.

Ada pula Pantai Kuta Mandalika yang memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer dan terkenal memiliki pasir putih yang bersih. Air lautnya yang bening memungkinkan panorama gugusan terumbu karang di bawah laut terlihat jelas dari atas.

KEK Mandalika bukan hanya menawarkan wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau, melainkan juga menawarkan wisata gunung yang memikat. Salah satunya adalah atraksi Peresean, duel gladiator ala Lombok yang disajikan dalam Festival Peresean yang masuk dalam kalender event wisata Lombok Tengah. Serta rencana ke depan ada Sirkuit Mandalika.


Mandalika Lombok
Mandalika (sumber: travel.tempo.com)

  • Narmada

Narmada terletak di Lombok Barat, tepatnya berlokasi di bawah kaki Gunung Rinjani. Di sini terdapat taman raja hampir tiga hektar luasnya yang cantik sekali. Dibangun sejak tahun 1700-an taman ini dinamai Taman Narmada. Lokasi tepatnya berada di Desa Lembuak atau sekitar 10 kilometer di sebelah timur Kota Mataram. Di mana terdapat kolam tirta dan pura yang dibangun sebagai replika dari keagungan Gunung Rinjani. Tujuannya, agar raja yang sudah sepuh tak perlu lagi pergi jauh mendaki Gunung Rinjani untuk melakukan berbagai acara kesucian yang mereka percayai. Ya, Taman Narmada pas untuk wisata edukasi bersama keluarga buat sesiapa yang ingin tahu kehidupan para raja di Lombok pada masa lalu. 


Narmada Lombok
sumber: cagarbudaya.kemdikbud.go.id



  • Pantai Senggigi

Katanya, belum sah kalau ke Lombok tanpa ke Pantai Senggigi. Ya, Pantai Senggigi menjadi ikon, sekaligus magnet wisata utama bagi Lombok. Pantai pasir putih sepanjang 10 kilometer yang membentuk teluk dan dekat dari Mataram ini memilik aneka aktivitas seru bagi wisatwan. Seperti bermain pasir, berenang, menikmati sunset, juga kulineran khas Lombok seperti plecing kangkung dan ayam taliwang!


(sumber: id.wikipedia.org)


Wah...ada 5 list besarnya!! Butuh berapa hari ya? 🙈

Hmm...kalau enggak bisa dijabani dalam sekali datang ya gapapa. Kan jadinya ke Lombok...., lagi dan lagi!😍 Toh gampang ke sana sekarang. Pesawat rute Jakarta-Mataram ada banyaaak pilihan!

Kemudian, soal penginapan, enggak usah bingung, seperti biasa, dimana lagi pesannya kalau enggak di Traveloka. Aplikasi favorit palugada saya yang sungguh sangat membantu kapan saja saat butuh mau nginep dimana!

Termasuk saat nyari hotel di Lombok!

Yess, "Nginep Mana Lagi di Lombok karena Bisa Jadi Cerita untuk anak-anakmu nanti!!"💖




Happy Traveling


Dian Restu Agustina



53 comments

  1. Ah, emang traveloka juara nih. kita mau kemana saja jadi gampang cari hotelnya ya mbak.

    ReplyDelete
  2. Dari semua obyek, saya belum begitu familiar sama Taman Narmada mba. Keren ya ternyata. Saya pun masih belum bisa mewujudkan mimpi mendaki Rinjani. 4 tahun lalu nyaris tercapai, tapi tiba-tiba gagal mana kala teman seperjalanan mendadak tak bisa ikut serta. Semoga saya bisa menyusul Mba Dian ke sana. Amiiin.

    ReplyDelete
  3. wuah foto di depan kapal ini udah mewah banget ya kesannya waktu itu, hoho

    aku pengen ke Lombok. ke pantai2nya. utamanya ke KEK Mandalika, cuantiiiiik banget

    ReplyDelete
  4. Mbak Dian masih mending, sudah kali keLombok. Lah.. saya belum pernah sekali pun hahaha. Padahal mupeng banget ingin ke sana, Mbak hehehe.
    Tapi dari cerita Mbak Dian ini, saya sudah ada bayangan, termasuk hotelnya. Jadi Insya Allah kalau ada rezeki ke Lombok, sudah sedikit paham.

    ReplyDelete
  5. Wah MasyAllah, Lombok banyak banget ya Mba tempat wisatanya. Aku belum pernah ke sana. Jadi pengen jalan-jalan ke sana dulu. Tapi sekarang kalau mau jalan-jalan gampang ya. Ada traveloka ini. Tinggal klik-klik aja semua jadi beres hihihi 😂

    ReplyDelete
  6. Mbak Dian emang juara kalau traveling..Selalu suka dengan sharing traveling mbak Dian. Mupeng jadinya, Terus dikasih update pakai Traveloka bikin travelling tambah bahagia. Pilih tiket, pilih hotel dan lainnya jadi mudah. Kebayang dulu mbak Dian tahun itu cari hotelnya gampang juga gak ya...

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah ke Gili air, bagus kah kak? Lombok itu tempat yang menakjubkan dengan berbagai pemandangan yang menarik

    ReplyDelete
  8. wah, semua tempat wisata di lombok indah semua mulai dari gunung rinjani, danau segara anak dan pantai-pantai yang eksotis. semoga ada kesempatan untuk mengunjungi lombok.

    ReplyDelete
  9. Aku pun bisa dibilang belum pernah jalan-jalan ke Lombok dalam arti sesungguhnya. Dua kali kesana dalam rangka kerja semua, sih. Cuma sempat melipir aja, bukan liburan! Wkwkwk ...

    Kuliner Lombok pun ngangeniiin. Enak-enak semua. Semoga kondisi negeri segera pulih kembali dan bisa ceki-ceki tiket perjalanan dan penginapan di Traveloka, ya.

    ReplyDelete
  10. Aku di Lombok tuh pernah, cuma transit nginep semalam. Gara2 kehabisan tiket di Bali. Alternatifnya berangkat dari Lombok. Belum kemana-mana. Pengen deh suatu saat ada rencana liburan di sana.

    ReplyDelete
  11. Pengen juga ke Lombok, belum pernah ke sana, kalau suami bolak balik ke sana krn tugas kantor (tapi gak boleh bawa istri #melas haha). emoga setelah wabah corona mereda kita semua bisa ke Lombok ya mbak. Penaaran sama pantainya yang katanya indah sekali dan bisa snorkeling jg di sana

    ReplyDelete
  12. Lombok mah pesonanya tidak bisa ditolak siapapun, termasuk saya.
    Pengen explore tempat wisatanya yang indah, kalau masalah hotel mah bisa cari dan booking dari Traveloka aja ya :)

    ReplyDelete
  13. Lombok ini juga salah satu travel wishlistku sejak kapan taun yang belum terlaksana wkwkkwkw semoga suatu hadi bisa menjejakkan kaki di sana bersama anak-anak dan suami

    ReplyDelete
  14. Aku malah belum pernah ke Lombok, rencana nya tahun kemarin tapi qodarallah malah isi dan mabok parah selama hamil. Sekarang masih mikir kalau mau pergi jauh sama baby, apalagi naik pesawat.. hehee..

    ReplyDelete
  15. MashaAllah pemandangannya indah bgt. Saya blm pernah ke Lombok, suami yg udah kesana dlm rangka kerja

    ReplyDelete
  16. Pemandangab lombok sangat luar biasa indahnya harus pergi ksana sekeluarga nih buat nikmatin keindahannya ya mba

    ReplyDelete
  17. Ya ampun banyak yah mba Lombok destinasinya :) jadi pengen nih aku ke sana belum pernah hahaha..

    ReplyDelete
  18. Kapann ya bisa traveling ke lombok sama paksu, ya allahhh kepengen banget lihat pulau eksotik ini...semoga tahun depan..aaminn.terimakasih reviewnya

    ReplyDelete
  19. Dari awal nikah sampe sekarang belum kesampean mau ke lombok, baru ke bali muda"an tahun depan bisa kesana

    ReplyDelete
  20. Gunung Rinjani, yes. Ini tempat impianku banget, Mak. Semoga bisa traveling ke sana.

    ReplyDelete
  21. Saya pikir saya akan ke Lombok tahun kemarin ternyata belum sampai detik ini, moga tahun depan deh ke Lombok biar menyaksikan langsung Mandalika, dll yang sangat eksotis.

    ReplyDelete
  22. Baca tulisan Mba Dian jadi makin mupeng aja nih buat liburan, huhu. Dan, malah aku belum pernah ke Lombok pula. Fix, langsung masuk wish list nih after pandemi corona berakhir.

    ReplyDelete
  23. Jadi pingin kesana juga. Mbak, sekali-kali review makanan has Lombok donk biar saya tau juga makananya disana.

    ReplyDelete
  24. Aku tuh ya mba, usia udah segini juga belum pernah ke Bali apalagi ke Lombok dan Indonesia bagian timur lain. Pengen banget sih ke Mandalika gini, pengen sesuatu yang belum terlalu ramai orang datang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalo sirkuit MotoGP-nya dah kelar, ayok main ke Lombok sambil nonton mas. Kekeke

      Delete
  25. aku juga pengen kalau punya rejeki main ke lombok yang lama deh 2 minggu, mandalika lagi hype juga nih karena belum terlalu ramai ya disana

    ReplyDelete
  26. Belum pernah Mba diannnnn. Hiksss aku pernah liat postingan temen si Gili Trawangan. Wah asli ngencesss. Pengen banget suatu saat ke sana. Backpacker juga ndakpapa.. asal bareng sekeluarga

    ReplyDelete
  27. aku pernah ke gili trawangan waktu honey moon. hihi kangen juga sih ingin ke lombok lagi cari destinasi wisata yang lain. cek hotelnya dulu di traveloka biar liburan makin menyenangkan.

    ReplyDelete
  28. ke Mandalika itu sebuah impian banget mba Dian, semoga suatu saat nanti beneran bisa ke Lombok. Senggigi juga indah bangettttt. Btw, mba Dian aku pangling sama foto lama, dan tahun 1996 umurku berarti masih 2 tahun wkwk

    ReplyDelete
  29. Masih asri gitu ya pantainya, duh pengen nyebur dah kalau lihat kaya gini. Cuss setelah wabah selesai, ke sana

    ReplyDelete
  30. Wish list juga kak! Pengen ngerasain pergi ke Lombok, main ayunan yang asli di Lombok. Mengunjungi Gili Gili Gili semuanya

    ReplyDelete
  31. Saya juga pengen ke Lombok. Pesawat, hotel dan mobil untuk jalan-jalan disana, bisa mengandalkan traveloka semua

    ReplyDelete
  32. Maaau ke Lombok lagii 😍
    Liat postingan ini jadi ingat dulu jaman kuliah, sempat magang di Lombok
    Tiap weekend nyuri waktu buat liburan, seruu bangeet 😍

    ReplyDelete
  33. Baca postingan Mbak Dian ini jadi makin yakin deh menjadikan Lombok ini daftar destinasi wisata yang wajib didatangi. Well, soal penginapannya mari kita serahkan pada Traveloka ya, sip dehh

    ReplyDelete
  34. Aaah aku mupeng banget sama daerah-daerah yang udah dikunjungi sama mbak Dian, semoga suatu saat nanti kami sekeluarga bisa mengikuti jejak mbak Dian..
    Oh iya ngomongin palugada, traveloka emang the best banget dalam satu aplikasi bisa booking apa aja

    ReplyDelete
  35. Lombok....
    Aku pun juga mau kesana mba.
    Karena pemandangan yang disuguhkan luar biasa cantik.
    Ke sana bareng pasangan halal tentunya, berasa honeymoon kedua
    Apalagi kalau menggunakan aplikasi Traveloka, jadi semuanya beres

    ReplyDelete
  36. Aku juga belum pernah ke sana. Lombok ini wishlist banget aku sm anakku yg pertama hihi...smga bs ke sana yaa

    ReplyDelete
  37. Pengen banget ke Lombok, apalagi setelah Lombok dapat penghargaan destinasi wisata halal gitu. Tapi sekarang baru bisa lihat foto-foto yang Mbak Dian tampilkan tadi. Bentang alamnya indah sekali

    ReplyDelete
  38. lomboook belum kesampean traveling ke sana, pengennya dari bali langsung lombok tapi waktunya gak cukup mulu, bagus-bagus ya pantainya, duh pengen nyebuur jadinya haha.

    ReplyDelete
  39. Uh, mau banget deh ke Lombok. Semoga ya wabah Covid19 segera berlalu. Supaya kita bias jalan-jalan lagi.

    ReplyDelete
  40. Dari keluarga inti saya, cuma saya yang belum pernah ke lombok hiks. Jadi pingin pas baca ini.

    ReplyDelete
  41. Lombokkk..

    Aku juga kangennn, ingin kembalii.. Kapan Indonesia baik baik lagi..
    .....



    Pengen rasain destinasi lain kak dan, aku dlu ke pantai seger kuta beach lombok, senggigi sama rangkaian pulau atau gili itu...
    The best sih di gili air sama pantai seger. Kali mba Dian mau masukin list juga. Hehe

    ReplyDelete
  42. Pengen banget nih ke lombok, belum ke eksplore, pernahnya malah ke gili. Indah banget. Aku kalau kemana-mana pasti selalu pakai traveloka. Simple banget dan banyak promo.

    ReplyDelete
  43. Indahnya Lombok ya ampun, semoga someday aku bisa kesana. Bener gak sih mb kabar kalau bbrp wisata di Lombok ada wisman atau wislok yang nakal, saat wisata disempetin maksiat?

    ReplyDelete
  44. so gemes banget mba Dian foto covernya untuk tulisan Lombok ini. Aku wish list nya setelah pandemi ini berakhir dan semuanya berjalan normal kembali, pengen ke Lombok, bismillah

    ReplyDelete
  45. wah banyak nama yang saya baru dengar nih. Semoga nanti bisa ke LOmbok juga

    ReplyDelete
  46. Aww.. jadi kangen Lombok deh. Lombok memang luar biasa. Kapan-kapan pengen ke Gili-gili yang lain ah..

    Makasih infonya mba Dian ;D

    ReplyDelete
  47. Aku pernah ke Lombok, tapi belum seluruh pulau di jelajah nih. Baru Mataram, Senggigi, Gili 3 pulau, Pantai Kute, Sade. Belum ke Timur. Aku suka kulinernya juga...Pengen lagi ke sana...

    ReplyDelete
  48. Sama mak saya juga belum pernah ke lombok, cuma nyampe ke bali padahal udah dekat yah. Ini salah satu tempat wisata yg ingin kukunjungi karena tempatnya indah dan belum terlalu ramai

    ReplyDelete
  49. Setidaknya sudah 2 kali kantor mengadakan tugas ke sana.. dan entah kenapa ke dua kalinya masih ga bisa ikut ke sana.. syedih... semoga next time bisa ke sana.. amin..secara banyak spot menarik disana

    ReplyDelete
  50. Aduh.. udah sejak dari dlu pengen banget ke Lombok. Apalagi habis baca postingan ini. Racun banget emang.

    ReplyDelete
  51. pengalaman ku seumur hdup yaitu ingin terbang ke pulau lombok semoga tercapai setelah membaca ini

    ReplyDelete
  52. pulau lombok favorit aku, entah kenapa suka sama pulau ini dan nggak bosen kesana. Banyak tempat yang bisa dikunjungi dan masih alami

    ReplyDelete