Inilah Keuntungan yang Akan Didapatkan Jika Anda Menggunakan Data Center untuk Perusahaan

Apa keuntungan yang akan didapatkan jika Anda menggunakan data center untuk perusahaan? 
Teman-teman, tahu enggak sih jika menggunakan data center itu untuk perusahaan akan menghasilkan banyak keuntungan? Tapi, sebelum kita melakukan pembahasan mengenai keuntungan yang akan didapatkan ketika menggunakan data center, sepertinya penting bagi teman-teman mengetahui apa itu data center. Data center dalam kata lain pusat data merupakan sebuah fasilitas yang digunakan oleh perusahaan untuk menempatkan sistem komputer dan berbagai komponen atau perangkat pendukung lainnya. Sederhananya, data center merupakan proses penyimpanan semua data perusahaan menggunakan sistem komputerisasi.

Lalu apakah penting bagi perusahaan untuk menggunakan data center perusahaan terutama untuk mengembangkan perusahaan? 


data center


Jawabannya adalah penting, karena dengan data center kita bisa melakukan pengolahan data sehingga kita bisa memberikan keputusan demi kemajuan perusahaan melalui langkah yang benar.

Nah, perlu juga kita pahami sebelumnya, bahwa data center sendiri terbagi menjadi dua jenis:

  1. EDC atau dikenal sebagai Enterprise Data Center, yaitu sebuah pengoperasian dalam bentuk layanan internal perusahaan yang menyediakan data yang bisa diakses oleh pengguna internal melalui akses atau jaringan internet berupa LAN ataupun WAN.
  2. IDC atau dikenal dengan istilah Internet Data Center. Sesuai dengan namanya, pengoperasian data yang satu ini lebih kepada layanan publik. Sehingga data yang ada bisa diakses oleh publik yang menggunakan layanan internet.

data center


Lalu apa saja keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan ketika mereka memutuskan untuk menggunakan jasa penyedia data center untuk kepentingan perusahaan mereka?

  • Availability yaitu bisa digunakan untuk mendukung sustainable operasional dari perusahaan, karena biasanya data center dirancang untuk mencapai kondisi zero faillure dari sekian banyak komponen yang mendukungnya
  • Security yaitu bisa menjadi sistem keamanan yang terpercaya bagi data perusahaan. Sehingga tingkat kekhawatiran akan pembobolan yang dilakukan oleh pesaing tidak mungkin terjadi. Karena biasanya dikawal menggunakan sistem keamanan yang sudah terjamin.
  • Scalability yaitu bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Karena biasanya penyedia data center yang bagus bisa fleksibel akan kebutuhan ruang penyimpanan dari kliennya. Mengingat yang namanya perusahaan pasti mengalami perkembangan. Sehingga penting bagi anda memilih data center yang fleksibel akan permintaan kliennya. Jadi kita tidak perlu mengkhawatirkan masa depan perusahaan.
  • Kita bisa mengurangi berbagai jenis ketimpangan data yang mungkin saja terjadi. Karena kita tidak pernah tahu kendala apa yang kedepannya akan dihadapkan kepada kita. Sehingga dengan data center ini, bisa didapatkan akurasi data yang selama ini sudah kita kumpulkan.
  • Cost efficiency yaitu bisa menyediakan layanan yang mampu mereduksi seberapa besar biasa investasi yang harus perusahaan persiapkan di awal atau capex menjadi sebuah dana atau biaya operasional harian atau opex.

Tapi, meskipun banyak keuntungan yang akan kita dapatkan melalui pemanfaatan data center ini, adapula beberapa kelemahan yang dimiliki oleh jasa penyedia data center yakni adanya kenaikan suhu ruangan sehingga menyebabkan perangkat menjadi memanas dan bisa merusak jaringan yang ada. Maka dari itu, penting adanya jika sebuah tempat penyimpanan memiliki pendingin atau AC khusus serta ventilasi yang bisa menjaga stabilitas suhu ruangan yang dbutuhkan. 

data center


Selain itu resiko lainnya adalah resiko bocornya data. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan bagi siapapun yang memiliki perusahaan. Mereka khawatir, rahasia perusahaan bisa saja terbongkar karena lemahnya sistem keamanan yang ada. 

Oleh karena itu, selalu pastikan jasa penyedia data center yang kita pilih memiliki track record yang bagus dengan brand reputation yang baik pula. Seperti halnya NEX, yang akan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik bagi kliennya selama 10 tahun lamanya.

Well, kini jadi enggak perlu bingung lagi mencari solusi untuk masalah data center perusahaan kita. Karena NEX adalah jawabannya!



Happy Sharing


signature-fonts

14 comments

  1. data bocor, bahaya banget seh. Aslik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena itu dianjurkan untuk menggunakan data center ini ya...
      Perusahaan aman, kan yg kerja juga yang merasa tenang hehehe

      Delete
  2. Wah mantaps nih..btw memang sistem keamanan itu penting bagi sebuah perusahaan jadi harus mencari sistem dengan kualitas terjamin.

    ReplyDelete
  3. Ini data centre khusus perusahaan ya mbak? Gak bisa untuk pribadi gitu?
    Keamanan memang hal utama ya dalam bisnis dan usaha

    ReplyDelete
  4. Wah tahun 1990an saya udah ngerintis nih, istilahnya dulu electronic data processing, pastinya belum secanggih sekarang
    Lebih mudah pula, dengan layanan NEX semua beres

    ReplyDelete
  5. Data perusahaan memang barang berharga, kl ga di jaga dan bocor, bs jebol lah perusahaan dan datanya di curi hehe
    Data center jd solusinya ya mbak

    ReplyDelete
  6. Penting banget nih manajemen data center di era big data sekarang ini ya Mbak Dian. Eranya manual dan fisik sudah berlalu, sekarang masanya paperless. Tfs Sis

    ReplyDelete
  7. Data center ini emang penting banget dan memudahkan juga jika sewaktu-waktu membutuhkan data untuk keperluan tertentu. Tinggal klik klik semua data yang diperlukan sudah tersedia

    ReplyDelete
  8. Betul sekali, data center ini penting, perusahaan wajib punya. Hal ini tentu saja akan memudahkan semua divisi jika ada kebutuhan akan data-data.

    ReplyDelete
  9. Masalah data bagi perusahaan emang penting banget. So untuk pemilihan data center emang baiknya pilih yang punya kualitas bagus ya Mbak seperti Nex ini.

    ReplyDelete
  10. Wah perlu banget ini data center mbak. Dulu jaman masih kerja, file pada berantakan dan belum tersusun rapi, dengan data center ini semua dokumen jadi terpusat dan tinggal mudah untuk diperiksa jika sudah lewat tahun buku.

    ReplyDelete
  11. Data perusahaan memang wajib untuk dijaga kerahasiaannya yaa mba jangan smpe bocor ke.luar pas bngt dong pakai NEX data dijamin aman ya mba

    ReplyDelete
  12. Data center ini khusus oerusaperu besar yang mba? Kalau untuk skala kecil bsiakah? Dulu jaman aku kerja perusahaan tempatku sempat mau bikin data center gini. Tapi ga tahu juga sih pakai NEX atau bukan. Tapi ini aman banget yah mba buat jaga kerahasiaan perusahaan 👍

    ReplyDelete
  13. Dewasa ini emang perlu banget ya bikin data center, apalagi kalau mulai buka cabang atau punya multiple offices.

    ReplyDelete