Punya Luka? Jangan Lupa, Bersihkan, Lindungi dan Sembuhkan!

Berbagai mitos tentang luka ada di masyarakat kita. Ada yang bilang, kalau terluka olesi air ludah saja, kasih tumbukan daun sirih biar enggak perih, biarkan saja terbuka biar cepat keringnya...dan masih banyak yang lainnya. Lalu sebenarnya yang benar yang mana? Duh, bingung saya....! Hingga saya mendapatkan pencerahan dari dokter Adisaputra Ramadhinara, dokter spesialis luka satu-satunya di Indonesia tentang bagaimana cara perawatan luka sehingga infeksi bakal pergi dan luka akan pulih segera, di acara Woundcare Talk - Blogger Gathering bersama Hansaplast x Halodoc, Rabu 11 Maret 2020 yang lalu.

Iya, Dokter Adisaputra, peraih rekor MURI sebagai dokter luka pertama di Indonesia yang bisa membantu menyembuhkan aneka luka, kecuali luka hati tentunya! 😁


Hansaplast Aqua Protect

Hansaplast Spray Antiseptik


Tahapan Perawatan Luka


Terjadinya luka di keseharian kita memang tak bisa dihindari. Dan ini terjadi bukan hanya akibat ketidakhati-hatian melainkan karena kecelakaan yang tidak kita harapkan. Misalnya, lagi asyik merajang bahan masakan tiba-tiba jari teriris pisau, si kecil yang jejeritan karena dengkulnya berdarah akibat jatuh di depan rumah atau pak suami yang lagi betulin rak buku tiba-tiba jempolnya berdarah tertusuk paku.

Lalu, begitu tahu, biasanya kita gugup dulu. Apalagi setelah melihat darah yang mengucur parah! Yang ada bukannya segera bertindak malah panik kan, yak?

Padahal kepanikan bisa memperparah kondisi luka. Harusnya kita segera lakukan pertolongan pertama dan merawat sesuai tahapannya. Karena, jika luka di rawat dengan tahapan yang benar pasti akan cepat sembuhnya.


Hansaplast #GakPakePerih


Nah, dokter Adisaputra, yang lebih ternama sebagai Dokter Luka, menjelaskan, proses penyembuhan luka yang benar itu ada 3 tahapan: 


1. Bersihkan Luka Secara Fisik dan Biologi

Yes, menurut Dokter Adisaputra, langkah pertama saat terluka adalah membersihkannya. Lalu, tentang bahan pembersihnya selama ini yang sering dipakai untuk membersihkan adalah alkohol. Padahal faktanya:

● Ketika diaplikasikan pada luka, alkohol memberikan sensasi terbakar yang mengakibatkan penggunaan ini tidak cocok pada anak-anak dan orang yang berkulit sensitif
● Alkohol tidak hanya membunuh bakteri tapi juga sel kulit sehat sehingga akan memperlambat proses penyembuhan luka

"Jadi, ingat ya kalau alkohol itu tidak tepat jika digunakan untuk membersihkan luka...!" jelas Dokter Adi lagi.

Lalu bagaimana dengan obat merah alias Iodine yang berpuluh tahun dipakai sebagai penyembuh luka?

Dokter Adisaputra yang memegang Certified Wound Specialist Physician ini lebih lanjut menjelaskan, Iodine punya fakta:

● Iodine tidak menyembuhkan luka
● Iodine sama seperti alkohol akan membuat kulit kering
● Iodine dapat mencegah bakteri tapi bukan membersihkan luka
● Iodine akan memperlambat proses epitalisasi
● Iodine meninggalkan noda yang susah dihilangkan bekasnya



Hansaplast Spray Antiseptik


2. Tutup Luka dengan Plester

Lalu, diingatkan oleh Dokter Adisaputra, langkah kedua setelah luka dibersihkan adalah menutupnya.

(Loh, bukannya luka sebaiknya dibiarkan terbuka?)

Luka hati sih iya, biarkan saja terbuka dan segera move on ke yang lainnya. Tapi, kalau luka badan ya jangan, itu malah berbahaya!!

"Karena prioritas dalam merawat luka adalah kebersihan dan perlindungan yang selalu terjaga," begitu tegas Dokter Adisaputra.

Itulah sebabnya setelah dibersihkan, plester harus selalu ditempelkan di daerah yang terluka. Sehingga kotoran dan bakteri tidak dapat menimbulkan infeksi dan tetap membuat kulit dapat bernapas nanti.

(Tapi, bukankah plester adalah tempat berkembangnya bakteri?)

Bukaaan! Plester ditempelkan untuk menutup dan melindungi luka. Membantu mencegah luka terkontaminasi kuman dan bakteri dan mengurangi risiko infeksi. Jadi ibaratnya, plester ini adalah pengganti kulit sementara bagi luka.


Hansaplast #GakPakePerih


3. Bersihkan Luka Setiap Mengganti Plesternya

"Kemudian, setelah dilindungi lukanya jangan lupa kita juga rutin mengganti plesternya," lanjut Dokter Adisaputra.

Idealnya kata Dokter Adi, mengganti plester itu setiap habis mandi. Pasalnya plester yang basah akan menimbulkan bakteri. Jadi, setelah mandi kita sebaiknya mengobservasi luka tadi lalu membersihkannya lagi.

Setelahnya bisa kita tempelkan plester yang baru jika masih ada luka terbuka dan belum tertutup kulitnya. Indikasinya jika masih terasa perih di luka. Perih ini, kata Dokter Adisaputra, disebabkan oleh banyaknya saraf yang ada di kulit kita.

Rasa perih yang muncul pada luka merupakan reaksi alami tubuh melalui sistem saraf, karena adanya rangsangan pada ujung-ujung serabut saraf di permukaan kulit. Selain karena luka itu sendiri, rasa perih juga bisa disebabkan oleh peradangan pada jaringan di sekitar luka.

  
Hansaplast Aqua Protect



Tips Perawatan Luka dari Dokter Adisaputra


Well, ketiga tahapan perawatan tadi, menurut Dokter Adisaputra jika dilakukan dengan benar maka akan membuat luka semakin cepat sembuhnya.

Tapi, selain itu perlu diingat juga:

1. Jangan menggaruk luka: karena ketika menggaruk kerak di atas luka, kita bisa membuka luka itu kembali dan memasukkan bakteri ke dalamnya yang dapat mengakibatkan risiko infeksi dan luka membekas.

2. Proses penyembuhan luka normal menunjukkan tanda-tanda penyembuhan dalam 2 hingga 4 minggu. Jika lebih dari waktu itu luka belum sembuh juga segera hubungi dokter saja. Karena proses penyembuhan yang lambat bisa menjadi efek samping dari gangguan sistem kekebalan tubuh atau penyakit yang diderita seperti: diabetes atau permasalahan kesehatan serius lainnya.

3. Jika ada kerak di atas luka itu bukan tanda akan sembuh lukanya. Karena kemungkinan di bagian atas kering, bagian bawahnya masih ada bakteri. Maka, tahapan perawatan diperlukan agar luka bisa sembuh segera dan kulit kembali seperti sediakala.

 
Hansaplast #GakPakePerih


Nah, di acara Woundcare Talk Blogger Gathering yang dipandu oleh host Sara Lea Tunas ini, selanjutnya dokter Adisaputra memaparkan jika kini telah ada produk yang menyempurnakan Iodine sebagai pertolongan pertama pada luka.

Adalah PHMB atau PolyHexaMethylene Biguanide yang saat ini telah direkomendasikan dan menjadi standar medis internasional berdasarkan konsensus Internasional A. Karmer et al. An Assesement of the evidence on antiseptics: a consensus on wound antiseptics 2018.

Tapi, mengapa sih sebaiknya membersihkan luka dengan PHMB? 

Karena PHMB:

● Adalah cairan antiseptik pembersih luka yang akan membantu mencegah dan mengatasi infeksi
● Pain free: cegah infeksi, gak pake perih
● Tidak berwarna dan tidak berbau: sehingga nyaman digunakan untuk gaya hidup yang modern dan aktif
● Aman digunakan: tolerabilitas tinggi, efek samping lebih sedikit dibandingkan zat antiseptik lain

Yess, akhirnya ada juga produk penyempurna Iodine yang punya banyak keunggulan dan pastinya lebih aman!

 
Hansaplast #GakPakePerih


Hansaplast - Cegah Infeksi dan Sembuhkan Luka Hingga 2x Lebih Cepat*!!


Hansaplast, merk perawatan kesehatan dari Beiersdorf, perusahaan perawatan kulit dunia, yang berlokasi di Hamburg, Jerman yang telah merawat penyembuhan luka dan perawatan kulit lebih dari satu abad telah menyediakan rangkaian produk untuk perawatan luka sesuai tahapannya. Seperti yang disampaikan oleh Tessa Indira Putri, Junior Brand Manager Hansaplast pada acara, bahwa Hansaplast memiliki produk yang berfungsi untuk: 


1. Bersihkan Luka

Bersihkan luka dengan Hansaplast Spray Antiseptik yang bisa menjadi penanganan pertama yang tepat ketika terluka. Karena, Hansaplast Spray Antiseptik ini mengandung anti mikroba, tidak menyebabkan alergi, gak pake perih, gak berwarna, dan gak berbau. Sehingga Hansaplast Spray Antiseptik akan membantu mencegah dan mengatasi infeksi.

Cara penggunaannya: semprot dari jarak kurang dari 10 cm ke seluruh luka. Ulangi apabila dibutuhkan, kemudian secara perlahan keringkan area di sekitar luka. 

Hansaplast Wound Care Ointment


2. Lindungi Luka

Kemudian lindungi luka dengan Hansaplast Aqua Protect yang merupakan plester kedap air.

Fungsinya:

● Mencegah kontaminasi dari lingkungan
● Menyerap kotoran luka dan darah
● Memberi bantuan perlindungan terhadap pengaruh eksternal, air dan kuman
● Mendukung penyembuhan luka

Hansaplast Aqua Protect ini terbuat dari bahan breathable untuk membantu proses penyembuhan luka serta memiliki bantalan luka dengan kualitas tinggi.


Hansaplast Aqua Protect



3. Sembuhkan Luka

Dan, yang terakhir setelah luka dibersihkan dan dilindungi maka lengkapi penyembuhan luka dengan Hansaplast Wound Care Ointment.

Di mana kegunaannya: 

● Menyembuhkan luka hingga 2x lebih cepat*
● Mengurangi risiko terjadinya bekas luka**
● Dapat digunakan pada luka bakar minor dan sunburn
● Aman digunakan untuk bayi (ruam popok), anak-anak dan kulit sensitif

Sedangkan cara penggunaannya: gunakan secara teratur hingga luka sembuh total, bisa digunakan pada luka terbuka di tahap penyembuhan manapun. Dan pastikan ujung tube salep tidak bersentuhan dengan luka.

 
Hansaplast #GakPakePerih


Kemudian tentang keunggulannya, Hansaplast Wound Care Ointment ini:


● Pain free: bantu sembuhkan luka, gak pake perih
● Tidak berwarna dan tidak berbau: tidak menggunakan pewangi, pewarna, pengawet dan substansi yang berasal dari hewan (vegan)
● Nyaman digunakan untuk gaya hidup yang modern dan aktif
● Aman digunakan: tolerabilitas lebih tinggi dalam mendukung penyembuhan luka


Hansaplast Spray Antiseptic



Terluka? Gunakan Hansaplast #GakPakePerih saja!

Oh ya, acara Wound Care Blogger Gathering yang dihadiri juga oleh Tyna Kanna Mirdad, selebgram yang juga ibu dua orang putri ini, tak hanya diikuti oleh Mom Blogger saja tapi juga oleh Mom's Community bersama-sama mengikuti keseruan Pouch Painting Workshop bersama Aliefya. Hingga tak hanya bisa saling bersilaturahmi, menambah wawasan diri seputar perawatan luka, para Mommies juga jadi punya ilmu baru mempercantik pouch untuk dicoba sendiri di rumah nanti.

Happy!!!😍

Dokter Luka

Hansaplast #GakPakePerih

Hansaplast Wound Care Ointment


Tapi, benarkah rangkaian produk perawatan luka dari Hansaplast ini efektif adanya?

Beneran....!!

Tadi saat beberes rumah saya tergores pinggiran rak piring yang ternyata terbuka bagian ujungnya. Kecil saja sih lukanya, di dekat pergelangan tangan. Dan, karena sudah punya rangkaian perawatan luka dari Hansaplast, langsung saya pakai dong.😍

Pertama saya semprotkan Hansaplast Spray Antiseptik untuk membersihkan lukanya. Kemudian sebelum saya lindungi dengan Hansaplast Aqua Protect, saya olesi dulu dengan Hansaplast Wound Care Ointment untuk membantu mempercepat penyembuhannya. Amaaan pasti, luka nanti akan segera sembuh dan terhindar dari infeksi.

Nah, kalau teman-teman gimana? Sudah coba jugakah rangkaian perawatan luka dari Hansaplast?

Yuk coba, karena rangkaian perawatan luka dari Hansaplast akan mencegah infeksi dan menyembuhkan luka hingga 2x lebih cepat*!

Dan, jika mendadak perlu beli sementara tidak sempat pergi atau mungkin di toko sebelah rumah belum tersedia, silahkan beli di Halodoc saja.

Mudah, tinggal buka aplikasi Halodoc, pilih fitur Beli Obat, pilih Hansaplast, bayar dan tunggu produk sambil rebahan.

Praktis dan ekonomis!!💖


*dibandingkan dengan luka yang tidak dirawat
**untuk luka baru 


 
Hansaplast Wound Care Ointment



Hansaplast

Web: id.hansaplast.co.id | IG: @hansaplast_id 
FB: HansaplastID | YT: Hansaplast Indonesia



Stay Healthy Be Happy 

signature-fonts

47 comments

  1. Hansaplast jadi rujukan pertama keluarga kami mba sejak dulu. Selalu sedia di kotak obat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama Mba... plester luka merupakan benda wajib di dalam kotak P3K di rumah. Juga di dalam tas kami.

      Delete
  2. Punya anak kinestetik yang gak bisa diam, aku sudah hafal deh sama oleh-oleh luka dari aktivitas fisiknya
    Makanya di tas dan dompetku selalu ada hansaplast plester dan spray
    Wajib itu ikut kemanapun. Minimal untuk pertolongan pertama bagi lukanya Cah bagus

    ReplyDelete
  3. mengedukasi masyarakat bagaimana merawat luka yang baik dan benar, itu juga penting. sehingga masyarakat juga tahu bagaimana menggunakan hansaplast yg benar.

    ReplyDelete
  4. Beberapa waktu lalu anakku jatuh ditumpukan kerikil sampai luka lecet-lecet, aku langsung buru-buru ambil hansaplast antiseptik dan semprot di luka anak. Alhamdulillah anak gak nangis karena perih dan lukapun sembuh. Hansaplast bener-bener pertolongan pertama banget.

    ReplyDelete
  5. Bener juga, iodine buat bekas luka jd itam huhu
    Dulu kl luka langsung kasi getah pohon jarak. Kadang resep jadul ajaib juga ya, bs langsung sembuh
    But, hansaplast emang jadi sahabat luka, sejak lama hehe

    ReplyDelete
  6. Saya baru tahu malah mb dian kalau kerak itu bukan tanda sembuh. Saya kira kerak itu tanda kering menuju sembuh. Kalau untuk hansaplast sih udah langganan jawara dari dulu yaa pasti suka prepare saya ini selalu.

    ReplyDelete
  7. Bener yaa Mba Dian,, plester itu seperti pengganti kulitnya sementara ya,, wah yg iodien sepertinya kurang relevan ya dipake lg, lbh praktis dan efektif Hansaplast

    ReplyDelete
  8. Hansaplast memang sahabat luka, oh jadi yang sprei itu utk membersihkan dulu, baru diolesi dan ditutup ya. Dan luka memang ga bole di klopek2 ya biasanya kan kalau udah kering tangan suka jail tuh, malah jadi kuka baru ya hanya keliatan atasnya sudah mengering padahal masih luka di dalam ya, macem luka hati aja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngakak baca komentar mbak Inna. Iya nih luka anak saya lama banget sembuhnya karena dikelopekin terus..huhuhu, jadi lukanya terbuka lagi deh.

      Delete
  9. Ulasan ini sangat berguna buat saya. Kebetulan anak sering jatuh karena aktif sekali. Saya akan beli ini untuk persediaan di rumah.

    ReplyDelete
  10. Handsaplast dan spray merupakan dua benda yang selalu saya bawa kemana-mana. Bagaimana tidak dalanm sebulan adaaa saja kecelakaan kecil atau besar yang saya alami.

    ReplyDelete
  11. Hehehe... Kalau yuni mikirnya dulu, kalau luka dan udah ada kerak di luka itu dan ditambah rasa gatal.

    Itu tandanya luka akan sembuh. Tapi eh tapi, kadang pas gatal nggak tahan dong buat nggak nggaruk.

    Dan yang terjadi selanjutnya, keraknya terlepas dan berdarah lagi. Perih lagi euy...

    Hehehe

    ReplyDelete
  12. Hansaplast sahabat terbaik buat luka luar sejak zaman dahulu kala. Slalu tersedia juga di tas/dompet agar jadi perlindungan pertama saat terluka kecil. Trims penjelasannya kak, ngebantu banget buat saya

    Nah yang belum punya adalah hansaplast wound care ointment, nanti kalau ke apotik cari ah

    ReplyDelete
  13. Hansapalst ini property sy sehari2 mbak karena kulit sy super tipis kena pinggiran kertas aja bisa berdarah wkwk tp bukan kelainan ya ..kata dokter emang kulit Ari sy super tipis ..ya sudahlah kantongin hansapalst saja kemn2 ..

    ReplyDelete
  14. Kebanyakan beranggapan alkohol tepat untuk luka. Wah, ternyata diluruskan. Terima kasih, Mbak artikelnya

    ReplyDelete
  15. Walah. Ternyata pakai alkohol g baik. Baru tau juga kalau luka yang kering bukan berarti mau sembuh. Hehehe salah kaprah.

    ReplyDelete
  16. akhh keren ada yang semprotnya nih jadi tgl crot aja. ditambah lagi waterproof asik deh bs dipakai beraktifitas. kaya tukang rujak di deket rumah, rame bgt byk yang beli sampe2 pasutri ini pakai hansaplast setiap hari. wkwk

    ReplyDelete
  17. Perawatan luka itu penting banget yah,dulu masih anak-anak sering kalo sudah ada luka cuma dicuci dan dibiarkan. Sekarang makin paham bahwa ada tahapan pembersihan lukanya yah. Hmm, kalo untuk hansaplast ini sudah dari dulu dipakai karena sudah terpercaya banget fungsinya nih.

    ReplyDelete
  18. Aku juga sering parno kalo anak-anak terluka mba Dian. Kemarin pernah Kevin jatuh trus lututnya luka Mayan parah. Nah kan aku kasih plester ama obat merah. Eh giliran mau diganti abis mandi tuh plester gakmau lepas. Jadi nempel aja gitu di kulit. Mau dipaksa, kulitnya ngelupas dan anaknya jejeritan karena sakit. Terpaksa aku diemin aja sampe beberapa hari, hanya dikasih cairan pembersih aja tiap abis mandi hiks hiks. Tau gitu harusnya pake rangkaian perawatan dari hansaplast ya..

    ReplyDelete
  19. Waah ... rangkaian perawatan luka dari Hansaplast benar-benar komplit ya, Mbak. Dari mulai membersihkan, melindunhi hingga menyembukan luka.
    Jadi gak perlu khawatir lukanya terinfeksi oleh bakteri dan kuman

    ReplyDelete
  20. Handsaplast mah udah langganan dari dulu, sejak saya masih kecil. Setiap kali luka dan setelah dibersihkan, pasti lukanya dibungkus dengan handsaplast. Rasanya lebih aman dan nyaman pakai plaster ini.

    ReplyDelete
  21. Dulu taunya kalau luka pasti ingatnya hansaplast yang plester itu, sekarang lebih komplit ya

    ReplyDelete
  22. hansaplast ini first aid yang selalu ada di rumah. masih yang plester aja sih, biasanya dicuci dulu lukanya dikeringkan lalu ditempel plester. kadang kan anak-anak nggak tahan lihat darah atau kulit yang terbuka. nah, saya pengen coba yang spray, nih karena kalau luka ringan dibiarkan terbuka akan lebih cepat sembuh, kan?

    ReplyDelete
  23. SAya sulit sekali mengabaikan luka. Bawaannya pengen menggaruk atau sekadar mengelus-elus. JAdinya sering berkerak.
    Tapi ternyata mitos ya, kalau berkerak artinya akan segera sembuh....

    ReplyDelete
  24. Enggak khawatir lagi ya untuk bersihin luka apalagi buat anak-anak karena Hansaplast tidak menimbulkan rasa perih saat digunakan

    ReplyDelete
  25. Wah di rumahku juga ada hansaplast Mba Dian tapi yang buat kompresan kalau Erysha demam. Jadi pengen ikh beli hansaplast khusus untuk sembuhin dan perawatan luka. Harus ada bagusnya di kotak P3K keluarga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tahu Mba Dian klo alkohol dan lodine tidak disarankan untuk membersihkan luka. Malah merusak lapisan sehat kulit ya. Baca ini baru tahu ternyata banyak yang aku tahu itu mitos ya. Hadeuhh. Untung baca ini

      Delete
  26. Daku juga sering dengar itu mbak sewaktu kecil, kalau luka udah jadi kerak berarti sebentar lagi sembuh. Apalagi kalau terasa gatal, ternyata nggak ya.

    ReplyDelete
  27. Jaman kecil saya dulu, luka habis jatuh dimana mana. Gitu tanpa obat. Cuma dikasih getah tumbuhan. Mulai jarak, pisang, dan berbagai tumbuhan bergetah lainnya

    ReplyDelete
  28. Baru tau kalo ada dokter khusus luka
    Jadi selama ini salah ya? Membersihkan luka dengan betadine baru kemudian hansaplast.
    Ok, thanks info nya yang berguna

    ReplyDelete
  29. nah iya, saya sekarang cepet kasih semprotan hansaplast dlu sebelum ditutup lukanya

    ReplyDelete
  30. Aku nih, yang kalau ada bekas lukas kayak kerak di atasnya mulai di korek-korek nggak sabaran. Wkwk . .. Btw, panjang umur ya hansaplast, dari zaman dahulu kala sampai sekarang, masih jadi kepercayaan masyarakat.

    ReplyDelete
  31. Hansaplast memang andalan ya mbak soalnya kalau luka nggak diatasi dengan benar yang ada malah timbul kiloid yang punyaku ini jadi berbekas deh

    ReplyDelete
  32. Produk hansaplast memang keren ya, Mbak. Saya sudah pakai hansaplast sejak jaman SD, apalagi sekarang lebih bervariasi produknya ya. Keren...

    ReplyDelete
  33. Jadi keingetan jaman dulu deh, mamahku selalu bilang kalau luka itu jangan ditutup karena nanti malah gak sembuh. Ternyata memang harusnya ditutup ya agar tidak terinfeksi. Aku pun sekarang di rumah selalu sedia 3 produk Hansaplast, apalagi kalau dibawa untuk traveling juga mereka lebih handy sih.

    ReplyDelete
  34. Rasanya bahagia banget kalau luka tanpa bekas. Kembali public seperti serial kala.

    Inilah perlu perawatan dengan handsplast benar dan tepat. Jangan percaya mitos yang bisa menyembuhkan luka dengan pakai air ludah.

    ReplyDelete
  35. Aku punya yg spray Mbak, hrus jaga Jaga punya bocah balita yang Lago aktif aktifnya hehe. Beneran anti perih. Tapi aku baru tahu yang ointment itu. Kayaknya kudu nyetik juga nih.

    ReplyDelete
  36. Pengetahuan yang sangat berharga bagi saya ini, saya pun baru tahu ada dokter spesialis luka. Mantap banget sharingnya mbak

    ReplyDelete
  37. Mantap ya Hansaplast...
    Produk perawatan lukanya lengkap banget..
    Wajib ada di kotak p3k yg ada dirumsh ni

    ReplyDelete
  38. Punya anak yang super aktif kaya anak aku harus bngt punya hansaplast Spray buat pertolongan pertama saat luka nih bagus bngt produknyaa

    ReplyDelete
  39. Wajib punya nih hansaplast spray, soalnya anak saya drama banget kalau dibersihin lukanya

    ReplyDelete
  40. keinget zaman dulu kalau luak dibersihkan sma alkohol atau sama cairan kuning2 itu periiihh. Ternyata seiring perkembangan teknologi dan ilmu medis itu gak bagus ya. Untung udah ada invention baru kyk Hansaplast spray ini lbh aman membersihkan luka ya mbak, gak perih pula

    ReplyDelete
  41. Aku sampai sekarang suka bilang gitu, kak..
    "Gak usa di plester deeh...nanti malah ga sembuh-sembuh."

    Ternyata ini mitos yang menyesatkan yaah..
    Lebih steril dan bersih kalau menggunakan Hansaplast plester.

    ReplyDelete
  42. Nenek ku jg sampe sekarang masih begitu kak. Bahkan lebih ekstrem jadank. Pernah mata baby ku kaya meleknya gak rata gitu disuruh dijilat, pernah denger juga disuruh tetesin air kencing.

    Ya ampun... Jaman sekarang disaat teknologi udah maju masih ada yg begitu ya kak.

    Btw. Aku juga selalu sedia handsaplast dirumah

    ReplyDelete
  43. Aku jarang nih mbak nutup luka pakai plester, karena banyak yang bilang luka yang di plester akan lebih lama mengering nya :(

    Dulu aku tuh sering kewalahan bersihin luka gendish, karena setiap luka dibersihkan dia selalu nangis sambil teriak "perih" Nah, selama ada hansaplast spray drama seperti itu sudah tidak ada lagi

    ReplyDelete
  44. Nah ini,anakku suka memnggaruk-garuk luka mba..akhirnya timbul luka baru. Tapi sekarang akupun sedia hansaplast dirumah. Maklum anak Lanang kalau main dikit2 jatuh..luka lecet. Aman deh pake hansaplast

    ReplyDelete