Jenis-jenis Masker untuk Mencegah Virus COVID-19


Siapa sangka ternyata kehadiran virus corona alias COVID-19 ini bisa mendongkrak produksi dan penjualan semua jenis masker kesehatan. Kini masker menjadi barang yang paling dicari penduduk bumi untuk dijadikan alat pelindung diri. Padahal kalau kita menoleh ke belakang lagi, pada tahun-tahun sebelumnya, masker-masker  tersebut kebanyakan  cuma ngendon cantik doang di toko alat kesehatan atau apotik. Kalau sekarang mah sulit kalau mencari masker (medis) di toko atau apotik. Kalaupau ada harganya sudah dibandrol selangit. Hiks!

jenis-jenis masker medis


Well, kehadiran mas keren masker pada saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk menghindarkan diri kita dari serangan beringas virus COVID-19 ini. Nah, sekarang ini ada banyak jenis masker yang dipakai orang, sehingga kadang bingung apa beda dan keunggulannya untuk mencegah virus corona. Dirimu, mau tahu? Yuk, baca terus ya artikelnya....!


Masker N95

Nama  masker N95 menjadi populer ketika virus corona ini mulai mewabah dimana-mana. Orang-orang mulai bergerilya mencarinya, saking amat pentingnya benda alat pelindung diri ini sampai-sampai ada yang kudu rela mencarinya hingga ke luar negeri. Mereka membeli lewat online meski harga berlipat jadinya. Nah, ternyata Masker N95 ini memiliki keunggulan dari masker kain biasa, yang mana masker N95 ini mampu memfilter sekitar 95 persen partikel yang melayang di udara. Masker N95 membutuhkan  jaring halus serat polymer sintetis yang biasa disebut kain nonwoven polypropylene. Namun adapula kekurangan Masker N95 ini yakni  ketidakmampuan filter berfungsi dengan baik kalau berhadapan dengan minyak. 
 

Masker N99

Kalau mendengar kata masker N99, pasti kita sudah menebak kalau masker ini memiliki kemampuan memfilter sekitar 99 persen partikel yang melayang diudara dan lebih mumpuni kalau dibandingkan dengan masker N95. Yess, memang tidak salah lagi sih..! Masker N99 ini  memiliki enam lapisan dan dua katup udara di sisi kanan dan kiri. Meski demikian masker ini kurang nyaman ketika dipakai, sebab berbahan kaku sehingga tidak bisa disesuaikan dengan bentuk wajah kita. Sama juga halnya  dengan masker N95, filter  respirator dengan seri N99 ini juga tidak berfungsi dengan baik kalau terkena minyak.


Masker N100

Selain ada  Masker N95 dan masker N99 yang mampu untuk mencegah virus COVID-19, maka ada juga masker dengan seri N100. Keunggulan masker N100 ini mampu menyaring sekitar 97,7 persen partikel yang melayang di udara. Berfungsi melindungi diri dari berbagai virus dan polusi dari luar, termasuk virus corona. Masker ini memiliki tiga lapisan penyaring (filter), yaitu lapisan pertama berfungsi menjebak partikel kasar seperti debu dan pasir, dan lapisan kedua untuk menyaring partikel-partikel yang masuk. Sementara lapisan terdalam berguna memberantas pengotor gas seperti senyawa organik yang mudah menguap dan bau busuk. Sebab, lapisan tersebut terbuat dari karbon aktif. 


Well, selain masker dengan jenis seri awalan huruf  “N“ ada juga jenis – jenis masker dengan seri atau kode “R“ dan “P”. Semua jenis masker dengan kode N, R, dan P merupakan respirator atau masker pemurni udara sekali pakai. Keunggulan respirator ini mampu menyaring partikel dengan ukuran 0,3 Mikron. Kalau jenis masker dengan seri atau kode N, tidak tahan terhadap minyak , maka respirator dengan seri R agak tahan kalau dibandingkan dengan masker seri N. Sedangkan masker dengan seri P memiliki tingkat ketahanan tinggi atau lebih tahan dari minyak kalau dibandingkan dengan masker dengan kode N dan R.

Baiklah, kira-kira teman-teman pada binggung enggak yah, membedakan keunggulan dan kekurangan dari masker dengan kode  N, R , P ini? Kalau bingung jangan lupa pegangan ya, biar enggak jatuh..kwkwkw. Yup, masker-masker medis ini merupakan kebutuhan alat pelindung diri  bagi tenaga kesehatan yang sedang merawat pasien di garda depan terutaa yang tertular virus COVID-19. Di mana masker sudah didesain pas untuk menutup mulut dan hidung orang dewasa sehingga bisa melindungi mereka dari penularan/penyebaran virus corona. Jadi jika kalian punya banyak stok masker ini, buruan disumbangkan untuk para tenaga medis saja ya, karena sebenarnya peruntukannya bukan buat kita. Kita lebih baik pakai masker kain saja yang bisa kita ganti secara berkala sesuai himbauan yang ada.


#Day6
#BPNRamadan2020


Salam Sehat 

signature-fonts

No comments