Tingkatkan Kecerdasan, Ini Alat Musik yang Bisa Diulik

Tingkatkan Kecerdasan, Ini Alat Musik yang Bisa Diulik! Ya, ttidak hanya menyenangkan, bermain alat musik bagi anak juga terbukti dapat meningkatkan kecerdasan. Selain itu, belajar musik juga dapat membuat anak lebih aktif. Dilansir dari The Guardian, Prof. Susan Hallam dari Institute of Education - University of London menyebutkan hasil penelitian mengenai manfaat musik bagi anak-anak. Dijelaskan dalam penelitian bertajuk 'Music Psychology in Education' ini bahwa belajar memainkan instrumen musik dapat menunjang perkembangan sisi kiri otak anak. Sehingga membuat anak yang terlatih secara musikal dapat mengingat hampir seperlima informasi lebih banyak daripada yang tidak. Tak hanya itu, sebuah studi juga menyebutkan bahwa pembelajaran instrumen musik berkala dari waktu ke waktu dapat meningkatkan IQ anak pada skala tujuh poin. Sehingga penting kiranya memberikan beraneka pelajaran musik yang dapat memicu kecerdasan anak sejak dini. 


Musik Tingkatkan Kecerdasan Anak



Lalu, alat musik apa saja yang bisa meningkatkan kecerdasaan anak? Berikut beberapa alat musik yang bisa diulik:


1. Piano

Berada dalam urutan teratas, piano memang alat musik yang paling sering diajarkan pada anak. Kemudahan cara memainkan dengan menekan tuts membuat piano menyenangkan bagi anak sehingga popular. Untuk dapat belajar alat musik lain dengan mudah, biasanya piano menjadi alat pioneer yang perlu dipelajari. Pasalnya, piano menggabungkan beberapa elemen musik sekaligus. Dinamika, ritme, harmoni, dan melodi dari berbagai alat musik dapat dimainkan dalam ketukan piano. Karena itu, piano menjadi prioritas saat mengajarkan anak pada alat musik. Juga, berbeda dengan alat musik lain yang biasanya mulai dikenalkan pada usia 7 tahun, bermain piano dapat diajarkan di usia lebih dini, sekitar 4 atau 5 tahun.


2. Drum

Mengenalkan alat musik drum pada anak akan melatih kerjasama antara kaki, tangan, dan otak anak. Karena mudah dan menyenangkan untuk dipelajari, alat ini sangat pas untuk diberikan pada anak. Anak bebas untuk mengekspresikan diri melalui drum. Tidak perlu fokus mempelajari nada, tapi perlu memerhatikan tempo dengan lebih baik. Selain itu, drum juga megajarkan pengelolaan emosi yang baik serta kemampuan membangun relasi dengan perasaan positif.


3. Gitar

Siapa yang tidak mengenal gitar? Alat musik yang satu ini popular dimainkan oleh berbagai kalangan. Praktis dan mudah dimainkan membuat gitar masuk dalam list alat musik yang perlu diajarkan pada anak. Gitar juga bisa dibawa kemana-mana sehingga anak lebih mudah untuk memainkan kapan saja dan di mana saja. Oh ya, mempelajari alat musik ini dapat membangun pengetahuan anak dalam berbagai karakteristik musik mulai dari melodi, tangga nada, juga ritme. Memainkan gitar secara alami juga dapat membuat anak lebih mudah mengingat, berkonsentrasi, menghafal, berimajinasi, dan memicu kreativitas. Sementara untuk rentang usia belajar bermain gitar rata-rata dimulai dari usia 7 tahun.


4. Biola

Meski tergolong dalam alat musik yang sulit untuk dipelajari, biola bisa diajarkan pada anak. Alat musik ini juga tersedia untuk anak, dengan ukuran yang lebih kecil sehingga memudahkannya untuk belajar. Dengan bermain biola, anak bisa melatih kerjasama dan ketangkasan. Karena dalam bermain biola ini dibutuhkan harmoni yang pas antara telinga dan tangan. Dan jika dilatih secara terus menerus akan membuat anak terbiasa memainkannya. Konon, jika bisa bermain biola maka anak akan bisa bermain alat musik lainnya.


5. Ukelele

Alat musik yang satu ini menyerupai gitar. Namun, jika gitar berukuran besar, ukelele hadir dalam ukuran yang lebih mini. Selain memberikan instrumen yang easy listening, ukelele ini juga lebih mudah dipelajari daripada gitar. Jadi sangat cocok untuk diberikan pada anak. Selain itu ukurannya juga lebih pas di tangan mereka. Selain itu cord yang lebih sedikit dari gitar membuat anak dapat mempelajari ukelele dalam waktu yang relatif singkat. Bermain ukulele juga dapat membuat anak menjadi lebih aktif dan kreatif.


6. Seruling

Berasal dari Indonesia, seruling termasuk alat musik yang mudah dimainkan. Bahkan, alat ini juga dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah. Selain mudah, seruling juga memberikan manfaat yang baik bagi anak seperti melatih perpanasan (karena permainannya dengan cara ditiup), melatih keterampilan jari, dan memicu fokus anak untuk memadukan harmoni bunyi.


Manfaat Musik
Sulung saya saat masih belajar piano, kini enggak mau lagi


Nah, itulah beberapa alat musik yang bisa menjadi referensi untuk diajarkan pada anak-anak kita. Tapi ingat, saat memilih alat musik yang tepat, jangan lupa sesuaikan dengan minat dan kepribadian anak juga ya. Karena masing-masing anak punya minat, bakat dan talenta yang berbeda. Seperti anak sulung saya yang les piano saat kecil dulu dan ternyata dari hari ke hari lambat kemajuannya. Dan, ketika saya dan suami mengalihkan belajar ke gitar dia baru tertarik. 


Beberapa tips mengenalkan alat musik pada anak:
  • Jangan memaksa, karena membuat belajar alat musik akan tidak menyenangkan lagi sehingga manfaatnya pun takkan kita dapatkan
  • Kenalkan dari yang sederhana, misalnya sebelum piano mulai dari pianika dulu untuk anak yang lebih muda
  • Beli yang hemat harganya enggak perlu yang mahal yang utama bisa dipakai belajar. Ada banyak alat musik dengan berbagai standar harga. Untuk pemula bisa yang terjangkau harganya atau beli alat second bisa juga
  • Jika biaya kursus musik mahal, ikutkan anak belajar musik di sanggar seni gratis yang terdekat. Beberapa komunitas membuka kesempatan belajar musik secara cuma-cuma di tempatnya. Browsing saja mana yang terdekat dengan tempat tinggal kita
  • Biaya kursus bisa juga disiasati dengan meminta tetangga mengajari anak kita. Seperti saya yang meminta tolong teman mencarikan guru gitar anak-anak, seorang mahasiswa yang bisa datang ke rumah saya untuk mengajar. Kita terbantu, dia juga bisa menambah uang saku.
  • Bisa juga dengan mengikutkan anak di kegiatan ekskul musik yang ada di sekolah yang biasanya tidak dipungut biaya karena diajar oleh guru
  • Untuk sikon seperti pandemi ini yang mengharuskan kita agar #dirumahaja, bisa juga belajar musik secara online melalui youtube atau aplikasi baik yang berbayar maupun yang free


Baiklah, tingkatkan kecerdasan, itulah alat musik yang bisa diulik. Selamat mengenalkan alat musik pada anak. Selalu sehat, terus semangat dan semoga infonya bermanfaat!


signature-fonts

No comments