Rekomendasi Kegiatan #DiRumahAja yang Cocok Saat Physical Distancing Bareng Keluarga

Rekomendasi Kegiatan #DiRumahAja yang Cocok Saat Physical Distancing Bareng Keluarga! Temaaan, mewabahnya COVID-19 di Indonesia sampai saat ini masih belum terlihat ujungnya. Setiap hari masih saja ditemukan kasus baru di berbagai daerah. Untuk memutus rantai penularan virus, seluruh lapisan masyarakat wajib menerapkan physical distancing sesuai aturan pengambil kebijakan masing-masing disesuaikan situasi dan kondisi. Seperti DKI Jakarta yang sudah sepekan lebih melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang disusul beberapa wilayah lain.


#dirumahaja
Saya pergi sesekali sendiri beli bahan makanan, gantian sama suami, anak-anak full di rumah


Tapi, terus menerus berada di dalam rumah juga akan membosankan, kan? Maka, perlu kreativitas agar bosan bisa enyah dan kita semangat lagi di rumah!

Nah, beberapa kegiatan bisa menghidupkan suasana dan membuat keluarga serasa berada jalan-jalan kemana..... Tentunya akan menyenangkan dan mengusir bosan. Apa saja kegiatan tersebut? 


1. Berolahraga Bersama-sama

Olahraga merupakan salah satu kegiatan wajib yang penting dilakukan saat phisycal distancing. Karena akan membuat kekebalan tubuh kita terjaga. Apalagi jika olahraga ini dilakukan bersaama-sama keluarga. Selain menyehatkan, dengan berolahraga bareng keluarga, kita tetap bisa melakukan kegiatan menyenangkan selama #DiRumahAja. Menggerakkan badan dengan beberapa gerakan sederhana bersama nyatanya memang bisa meningkatkan imun tubuh, mengingat imun yang bagus juga turut membantu memerangi adanya penularan virus.

Beberapa olahraga ringan dan menyenangkan seperti hulahoop, lompat tali, yoga, squat, senam ringan, naik tangga hingga zumba bisa menjadi opsi latihan bersama keluarga di rumah. Olahraga juga bisa dipadukan dengan aneka permainan agar anak tidak merasa terpaksa melakukannya. Setelah berjemur sekitar 15 menit setiap hari, lanjutkan dengan berolahraga. Siapa sangka, kegiatan menyehatkan dan menyenangkan ini dapat mengatasi rasa bosan kita selama di rumah saja.


kegiatan #dirumahaja



2. Bermain Board Games untuk Mengasah Otak

Selain kegiatan work from home (WFH) dan study from home (SFH), bersama keluarga kita bisa merilekskan otot tubuh sekaligus tetap mengasah otak dengan bermain. Permainan papan dapat menjadi salah satu rekomendasi permainan asah otak yang menyenangkan. Banyak jenis dari permainan tersebut seperti puzzle, ular tangga, dan monopoli.

Seluruh anggota keluarga bisa ikut bermain. Nah, orangtua wajib menjelaskan terlebih dahulu langkah-langkah beserta peraturan pada anak-anak. Permainan ini tergolong sederhana, tapi bisa membuat keluarga berkumpul bersama-sama, bersenang-senang, mengusir rasa bosan, sekaligus mengasah kemampuan otak untuk lebih kreatif.


3. Memasak Bersama Anak

Untuk mengenyahkan rasa bosan, kegiatan yang satu ini sangat menarik untuk dilakukan dengan membiarkan anak-anak membantu kita di dapur. Biarkan mereka memasak dengan kreasinya, mau bikin apa dan bentuknya seperti apa. Utamakan kebersamaan dan prosesnya bukan hasil masakannya. Selain akan mengenalkan anak-anak pada ketrampilan hidup ini juga akan membuat mereka makin menghargai makanan yang dimakan karena tahu proses pembuatannya yang perlu waktu dan tenaga. Enggak harus makanan yang ribet bahannya, camilan sederhana pun bisa membuat bahagia semua karena dibikin dengan canda dan penuh cinta.


dianrestuagustina.com



4. Makan Bersama Sekeluarga Ala Restoran Ternama

Kegiatan unik ini bisa dilakukan setelah masak-masakan tadi. Misalnya kita bikin dinner ala-ala bersama keluarga dengan atmosfir yang juga ditata agar hangat menyerupai tempat makan di restoran ternama. Misalnya meja makan ditata kasih hiasan bunga meja yang biasa kita punya di meja ruang tamu, hidangkan minuman dalam gelas bagus yang dipunya, juga piring, sendok/garpu bisa ditata cantik di meja. Bahkan jika perlu, gunakan pakaian rapi untuk menciptakan suasana semakin hangat dan menyenangkan. Atau, masak menu yang serupa. Misalnya, anak saya kangen mampir ke gerai fried chicken yang ituuh, jadi saya goreng kentang dan bikin fried chicken ala-ala pakai bumbu tepung yang ada. Dan makan bersama dengan menu ala restoran yang dimau. Dengan demikian, meski berada di dalam rumah, atmosfir tetap terasa seperti saat kita makan di restoran. 


5. Melakukan Hobi Bersama dan Membuat Karya

Waktu yang panjang di dalam rumah membuat kita bisa menyalurkan hobi masing-masing dengan lebih fleksibel. Kalau mempunyai kesukaan yang sama seperti bermain musik, maka ini waktu yang tepat untuk bermain bersama, membuat karya bersama, sekaligus menciptakan kehangatan bareng keluarga. Kalau punya hobi baca buku, bisa juga mengajak anak untuk membaca bersama. Quality time bareng keluarga akan lebih bermakna dan berkualitas dengan kegiatan yang satu ini. hal ini juga berguna untuk melatih kemampuan imajinasi anak yang akan berpengaruh pada kemampuan emosional. Ide lainnya, misalnya jika Ayah hobi motor, ajak anaknya bongkar pasang motor, atau Ibu ajak anak-anak berkebun.


dianrestuagustina.com



Nah, kegiatan-kegiatan di atas bisa menjadi rekomendasi kegiatan kita bersama keluarga selama #DiRumahAja. Mari manfaatkan waktu di rumah dengan baik untuk mempererat hubungan keluarga. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan badan dan lingkungan, makan-makanan yang sehat dan bergaya hidup sehat, jaga pikiran dan tetap berdoa agar wabah ini segera enyah! 

Baiquelah, mari tetap semangat meski kita di rumah aja....!!



Stay Happy!

signature-fonts

6 comments

  1. Keren mba klo dah 5 minggu masih semangat. Biasanya udah pada bosan pengen kembali ke kehidupan normalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya nulis bosannya, Bang Day ikutan bosan nanti. Bukankah semangat mesti diciptakan dan dibagi?

      Delete
    2. eh iya ya mba hehee... maafken kejulidan saya

      Delete
  2. Sbnrnya saya lg nyri yg senasib bosannya hehe. Jadi saya merasa normal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..bosan pasti, yang ga bosan pasti ga normal. Kwkwkw
      Tapi menulis seperi ini sejatinya untuk menyemangati diri sendiri..syukur-syukur pembaca ikut bersemangat juga 😊

      Delete
    2. Iya betul mba. Biasanya kami sblm corona main badminton nyewa hall.

      Skrg gk bisa lagi. Di depan rumah ada sih lapang bekas badminton tapi tiang netnya udh raib.

      Jadinya timbangan jadi nganan

      Delete