5 Rekomendasi Channel YouTube Islami untuk Anak

Bagi generasi terkini, dunia digital adalah dunia yang tak asing lagi. Berdasarkan Digital 2020 terungkap bahwa pengguna internet di seluruh dunia telah mencapai angka 4,5 milyar orang. Angka ini menunjukkan bahwa pengguna internet telah mencapai lebih dari 60 persen penduduk dunia atau lebih dari setengah populasi bumi. Secara peringkat, Facebook masih menjadi sosial media yang paling populer di dunia dengan hampir 2,5 milyar akun. Sebuah angka yang mencengangkan karena separuh dari penggunaan sosial media dunia adalah untuk Facebook. Sementara peringkat kedua ditempati oleh YouTube dengan jumlah pengguna mencapai 2 milyar akun. Dan di peringkat tiga ada Instagram dengan 1 milyar akun. Serta terakhir adalah pendatang baru yakni Tiktok dengan 800 juta akun. 


5 Rekomendasi Channel Youtube Islami untuk Anak


Nah, banyak orangtua yang menggunakan platform digital sebagai sarana belajar dan hiburan si kecil. Terutama YouTube, situs web berbagi video yang memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video yang punya visualisasi menarik bagi anak-anak kita. Meski tak menutup mata, ada konten videonya yang tak layak ditonton oleh mereka. Oleh karenanya, penting bagi orang tua mengawasi dan memilihkan channel yang tepat agar tak hanya sesuai dengan usia anak tapi juga mengandung nilai positif dan edukatif. 

Well, di momen Ramadan, channel bermuatan Islami pas sekali jadi tontonan. Selain menghibur, anak akan bertambah pula wawasan ke-Islam-annya. Bingung yang mana yang aman ditonton anak-anak kita? Berikut rekomendasinya!


Nussa Official

Channel yang mengisahkan tentang kakak beradik Nussa dan Rara, Umma - Ibunya, kucing kesayangan mereka Anta dan sahabat-sahabatnya. Nussa dan Rara merupakan gambaran anak sholeh dan sholehah yang menjalankan ajaran Islam dengan baik.  Kisahnya banyak mengingatkan penonton untuk berlaku baik kepada orangtua dan berhubungan baik dengan kakak dan adik, teman juga lingkungan. 

Uniknya, tokoh Nussa ditampilkan dalam kondisi yang tak sempurna. Kondisi kaki kirinya yang kurang sempurna membuat Nussa harus menggunakan kaki palsu. Namun, dibalik kekurangannya itu, Nussa tetap menjadi anak periang dan selalu bersyukur.

Ada tiga tokoh utama dalam serial animasi ini yaitu Nussa yang diisi suaranya oleh Muzakki Ramdhan, Rara yang diisi oleh Aysha Razaana Ocean Fajar, dan Jessy Milianty sebagai Umma, ibu dari Nussa dan Rara. Oh ya, Nussa diproduksi oleh dua perusahaan animasi asal Indonesia The Little Giantz dan 4Stripe Productions.

Nah, jika ingin mengajarkan dan menerapkan ajaran agama Islam sejak dini, channel Nussa Official ini menjadi salah satu metode belajar yang menyenangkan. Membangun karakter dan moralitas anak-anak melalui cerita dan musik berlatar keseharian.. Di sini juga orang tua dan anak-anak akan menikmati petualangan dan pemecahan masalah kehidupan yang tentunya dengan berasaskan ajaran Islam. Beneran pas buat tontonan anak-anak selama Ramadan!


Channel Youtube Islami untuk Anak


Riko The Series

Serial animasi ini adalah pendatang baru di dunia animasi Indonesia. Garis Sepuluh Corporation meluncurkan karya perdananya dalam bentuk sebuah serial animasi anak-anak berjudul Riko The Series pada 9 Februari 2020 lalu. Riko digambarkan sebagai anak yang penuh rasa ingin tahu, cerdas, dan enerjik. Kepribadian Riko ini diharapkan dapat menginspirasi serta menumbuhkan rasa ingin tahu anak berusia antara 4 sampai 15 tahun, sasaran penontonnya.

Dalam keseharian, Riko ditemani oleh Q110, sebuah robot yang selalu dapat menjawab keingintahuan Riko berdasarkan petunjuk Al-Quran. Tapi, tak jarang juga Riko ceroboh dalam melakukan eksperimen yang ia lakukan.  

Serial animasi ini hadir dengan memadukan unsur ilmu pengetahuan didasarkan pada agama. Sehingga, anak sekaligus mempelajari sains dan agama dengan menyenangkan.  Riko The Series tayang di YouTube dengan durasi 4-6 menit setiap episodenya. Dan diharapkan menjadi kartun Indonesia yang membawa value kearifan lokal. Juga Riko The Series diharapkan membuat anak-anak tertarik dengan science, memiliki rasa penasaran tinggi dan semoga bisa menciptakan hal berguna untuk negeri. Teuku Wisnu dan Arie Untung sebagai kreatornya berharap, adanya animasi Riko The Series ini menjadi wadah anak-anak dalam mengeksplor rasa ingin tahunya terhadap sains secara Islami.


Rekomendasi Channel Youtube Islami untuk Anak


Muslim Kids TV

Dengan lebih dari 20 tahun pengalaman di dunia animasi anak-anak bernuansa Islami, Muslim Kids TV menyajikan animasi berkualitas HD, cerita dan lagu berbahasa Inggris, mengenalkan perilaku baik sesuai tuntunan Al Quran dan Al Hadist, hingga pertunjukan boneka dan pantun yang mengajarkan anak-anak doa sehari-hari. Adapula Kisah para Nabi, para Sahabat Nabi, belajar bahasa Arab, dan aktivitas menyenangkan lainnya, seperti bermain puzzle bersama.

Muslim Kids TV disebut sebagai "Kartun Islami Interaktif Interaktif yang Menyenangkan untuk Anak-anak Muslim di Seluruh Dunia." Hasil karya Milo Productions Inc. merupakan spesialis dalam produksi serial televisi anak-anak, yang tayang untuk banyak saluran TV di seluruh dunia dan telah dilihat di sebagian besar benua. Muslim Kids TV memberikan perhatian besar dalam desain dan penulisan program TV yang memastikan pengalaman yang menyenangkan dan mendidik bagi anak-anak. Selain menonton tayangan bermuatan Islam anak bisa sekalian belajar Bahasa Inggris. Sehingga Muslim Kids TV pas untuk anak usia sekolah sebagai tontonan saat Ramadan untuk menambah wawasan dan sekaligus sebagai hiburan.


Rekomendasi Channel Youtube Islami untuk Anak



Yufid Kids


Bagian dari Yufid TV, sebuah channel yang tak hanya menghibur tapi juga mengandung nilai Islami. Berisi kajian agama Islam, juga menampilkan sketsa-sketsa lucu yang penuh ilmu dan video-video pendek yang mampu menjawab setiap pertanyaan kehidupan sehari-hari sesuai dengan tuntunan agama islam. Nah, channel ini menyediakan video inspiratif untuk anak-anak dalam channel terpisah "Yufid Kids." Channel video belajar anak muslim, yang pas untuk anak-anak sebagai pembelajaran dengan media hiburan menarik, kreatif dan edukatif. Menyajikan video pendidikan anak Islam seperti belajar membaca, belajar huruf, belajar huruf hijaiyah, belajar mengenal angka, belajar a ba ta, belajar membaca, belajar bahasa, belajar mengaji, belajar bahasa arab dengan video kartun animasi anak yang Islami, lucu, dan keren bermisi belajar sambil bermain.


Channel Youtube Islami untuk Anak


Kastari Sentra

Channel Youtube satu ini juga bisa jadi pilihan untuk anak menonton sambil belajar. Selain seri pendidikan dan lagu, ada juga seri pelajaran beribadah agama Islam seperti mengenal huruf hijaiyah, mengetahui nama-nama nabi, belajar sholat, dan surat-surat pendek. Jadi ada banyak pilihan yang bisa kamu berikan kepada si kecil sesuai kebutuhan. Ada banyak pilihan seri video yang bisa di pilih. Selanjutnya ada seri mengenal angka, huruf, hewan, buah, kendaraan, makanan dan minuman, dan video edukasi lainnya. Kastari Sentra juga menghadirkan lagu wajib nasional dan lagu anak Indonesia.


Channel Youtube Islami untuk Anak


Baiklah, banyak cara untuk mendidik anak, salah satunya adalah dengan memilih tontonan menarik dan mendidik. Tapi tetap dampingi dan awasi saat anak-anak mengakses video yang disajikan oleh berbagai channel ini. 

Tetap semangat dan selalu sehat. Semoga Ramadan kali ini membawa banyak kebaikan untuk diri. Aamiin......


Selamat Berpuasa

signature-fonts

No comments