Perawatan Rambut Alami dengan Mahkota Kemiri


Rambut berketombe, rapuh, tipis, kebotakan dini, rontok, lepek, kasar dan kusam....Itulah beraneka masalah rambut yang sering kita alami sehari-hari. Sudah coba pakai itu ini tapi kok enggak ngefek sih. Hiks! Yang ada malah diri stres mikirnya hingga tambah rusak rambutnya. Duh! Lalu, adakah solusi alami untuk permasalahan rambut ini? Hm, kenapa enggak coba cara tradisional saja. Dengan minyak kemiri yang sejak lama punya khasiat baik untuk merawat rambut kita. Dan jangan khawatir, kini engggak perlu bakar sendiri buat dapatin minyak kemiri asli ini. Karena sudah ada Mahkota Kemiri yang berbahan alami, 100% aman karena terbuat dari kemiri bakar asli tanpa campuran bahan lain serta diproses secara tradisional.


Mahkota Kemiri


Tentang Kemiri

Kemiri (Aleurites moluccana) merupakan tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dan penghasil minyak. Tumbuhan yang masih sekerabat dengan singkong ini termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Di mana dalam perdagangan antarnegara dikenal sebagai candleberry, Indian walnut, atau candlenut. Pohonnya disebut sebagai varnish tree atau kukui nut tree yang terutama ditanam untuk bijinya. Setelah diolah sering kemiri banyak digunakan dalam masakan Asia, seperti Indonesia dan Malaysia. Bahkan di Pulau Jawa, kemiri juga dijadikan sebagai saus kental yang dimakan dengan sayuran dan nasi. 

Nah, inti biji kemiri mengandung 60–66% minyak. Dan penanaman kemiri modern kebanyakan hanya untuk memperoleh minyaknya. Yang mana dalam setiap penanaman, masing-masing pohon akan menghasilkan sekitar 30–80 kg kacang kemiri, yang sekitar 15 sampai 20% dari berat tersebut merupakan minyak yang didapat. Kebanyakan minyak yang dihasilkan digunakan secara lokal, tidak diperdagangkan secara internasional. Minyak yang lekas mengering ini biasa digunakan untuk mengawetkan kayu, sebagai pernis atau cat, pelapis kertas agar anti-air, bahan sabun, bahan campuran isolasi, pengganti karet, dan lainnya. Tak hanya itu, minyaknya juga digunakan sebagai bahan tambahan dalam perawatan rambut yang alami.


Mahkota Kemiri
gambar milik: FaktualNews.co



Cara Pembuatan Minyak Kemiri


Lalu bagaimana cara membuat minyak kemiri ini?
Kita bisa memperoleh minyak dari kemiri dengan tiga cara: disangrai, dibakar dan diperas. Lengkapnya:

Disangrai

Sangrai biji kemiri dalam wajan tanpa minyak hingga matang.
Tumbuk hingga halus atau diblender.
Peras dengan menggunakan air.

Dibakar

Bakar biji kemiri hingga benar-benar gosong seperti arang.
Lanjutkan dengan memblender biji kemiri hingga keluar minyaknya.
Masukkan minyak kemiri ke dalam wadah tertutup.

Diperas

Parut biji kemiri atau blender
Peras biji kemiri sembari menambahkan air sedikit demi sedikit.
Taruh air perasan biji kemiri dalam wadah tertutup selama 24 jam
Kemudian masak air perasan biji kemiri hingga keluar minyaknya.


Ketiga cara di atas, butuh waktu, tenaga dan hasilnya bisa jadi  di luar harapan kita, karena jumlahnya enggak banyak. Belum lagi bau kemiri yang sampai kemana-mana, ke baju dan benda-benda di sekitar kita. Riweuh, kan yaa?

Maka, beli minyak kemiri jadi, adalah solusi. Meski mesti hati-hati, kuatirnya minyaknya enggak asli. Nah salah satu produk minyak kemiri "rumahan" yang praktis dan ekonomis adalah "Mahkota Kemiri" 


Mahkota Kemiri


Tentang Mahkota Kemiri


Mahkota Kemiri adalah produk minyak kemiri homemade berbahan alami. 100% aman karena terbuat dari kemiri bakar asli tanpa campuran bahan lain dan diproses secara tradisional. Ada dua varian yakni: Mahkota Kemiri Candlenut Oil dan Mahkota Kemiri Candlenut Essence. Diproduksi di Bekasi, kedua varian ini bisa dibeli langsung pada produsen atau secara online lewat marketplace.

  • Mahkota Kemiri Candlenut Oil

Klaim 

Basmi ketombe
Menghitamkan rambut
Menguatkan akar rambut
Melebatkan rambut bayi/dewasa
Menyamarkan uban
Mengobati kebotakan
Basmi kerontokan
Mengembalikan nutrisi rambut
Menebalkan alis, janggut, jambang dan kumis
Mengkilapkan dan menghaluskan rambut


Isi dan Kemasan

Kemasan botol berisi 120 ml berbahan plastik dengan warna botol gelap. Travel friendly, tutup botol flip flop mudah dituang isinya. Tekstur minyak agak kental berwarna hitam. Mudah diaplikasikan dan menyerap ke kulit kepala. Bau khas kemiri terasa sekali. 


Perawatan Rambut Alami dengan Mahkota Kemiri
Maaf ya..botolnya sudah kena minyak kemirinya :D

  • Mahkota Kemiri Candlenut Essence

Klaim

Merangsang pertumbuhan rambut
Menutirisi akar rambut
Meregerasi rambut baru
Menyehatkan kulit kepala
Mempercepat pertumbuhan rambut
Mempercepat proses kerja minyak kemiri


Saran Penggunaan

Campurkan 1 sendok essence dengan 1 sendok minyak, aduk rata lalu oleskan dan pijat lembut kulit kepala hingga ke ujung rambut. Diamkan 1-2 jam atau semalaman hingga meresap. Cuci bersih dengan shampoo.

Isi dan Kemasan

Botol sederhana, ukurannya lebih kecil dengan isi 100 ml. Model penutup botol perlu kehati-hatian, karena lebar. Tuang pelan-pelan saja biar enggak kebanyakan, Oh ya, karena ini essence jadi tekstur lebih kental. Cocok untuk rambut di alis/kumis.janggut, jambang jika tanpa campuran. Mudah diaplikasikan ke kulit kepala. Mudah menyerap. Bau kemirinya kuat sekali.


Mahkota Kemiri


Review Mahkota Kemiri 


Nah, setelah memakai Mahkota Kemiri, hasilnya rambut saya berkurang rontoknya. Saya akan lanjutkan dulu dan menunggu apakah nantinya akan tumbuh rambut baru. Sementara, dari keaslian produknya dari bau dan testurnya saya merasa Mahkota Kemiri ini asli. Karena penampakannya seperti minyak kemiri bikinan sendiri, seperti saat saya dulu dibikinkan kakak untuk perawatan rambut alami kami.

Sebagai referensi, untuk multifungsinya lebih baik pilih yang Mahkota Kemiri Canddlenut Essence. Karena lebih kental, jadi saat dioleskan ke alis misalnya akan lebih mudah. Tapi jika ingin langsung oles untuk kulit kepala, Mahkota Kemiri Candlenut Oil yang lebih pas.

Sementara kekurangan dari produk Mahkota Kemiri ini, seperti minyak pada umumnya, akan ada bekas di baju atau sarung bantal (jika kita pakainya semalaman) juga bakal nempel kemana-mana minyaknya. Maka, lebih baik setelah pengolesan, rambut dibungkus handuk atau kain sehingga minyak enggak kemana-mana. 

Well, Mahkota Kemiri sebagai produk homemade berbahan alami, punya kualitas asli minyak kemiri. Praktis dan ekonomis, enggak perlu bikin minyak kemiri sendiri.

Repurchase: Yes! 
Tapi enggak dalam waktu dekat, karena sebotol itu lumayan banyak ternyata.

Baiquelah, yang mau coba juga silakan pesan ke:


Mahkota Kemiri

IG: @ginaprodusen_mahkotakemiri
WA: 087782479959
LINE: @ginairwabasir
Shopee: mahkotakemiri/18650953


Be Beautiful, Be You

signature-fonts

8 comments

  1. Eh iya ya Mba, kemiri ini paling sering digunakan orang-orang dalam merawat rambut.
    Dulu saudara sepupu saya sering rawat rambutnya pakai kemiri di sangrai gitu, terus ditumbuk.
    terus rambutnya dibalut kain gitu agak lamaan, dan memang terbukti rambutnya sehat, kuat da lembut.

    Mama saya juga suka minyak kemiri.

    Tapi memang agak susah cari yang asli ya, kudu selektif biar nggak zonk :D
    Kayaknya pakai Mahkota Kemiri bagus nih buat merawat rambut saya yang sering rontok ini :D

    ReplyDelete
  2. Minyak kemiri betul betul bagus mbak
    Dulu, anak perempuanku rambutnya rontok karena saya terlalu kenceng mengikat rambutnya
    Lha sekarang saya yang rontok, sayang udah lost contact dengan penjualnya
    kebeneran banget nih mbak Dian mengulas, terimakasih ya

    ReplyDelete
  3. WAh, ini seperti minyak rambut jadoel ya. Memang bagus banget. dulu kalau sekolah pakai minyak ini sampai banyaaaaak dan berminyak. Wkwkwk. Ya Allah jadi ingat kala SD itu standar sekolah menurut ibu, rambut harus rapi terikan di belakang

    ReplyDelete
  4. Anak-anakku dulu pas masih kecil rambutnya jarang-jarang mba. Memang sering dipakein minyak kemiri. Bahkan bisa juga menghilangkan ketombe buat ornag dewasa.

    ReplyDelete
  5. Aduh, aku jadi keingetan teman yang alisnya tuh tipis banget. Lalu dia bakar kemiri dan dioleskan di alis. Alhasil, dia ke sekolah dengan alis menghitam, hahaha ...

    Kalau itu kejadian hari ini, pasti aku rekomendasikan Mahkota Kemiri ini, nih. Memang betul kok, bikin minyak sendiri itu hasilnya cuma sedikit. Beneran nggak praktis. Rambutku mulai panjang jadi sering diikat makanya mudah rontok. Harus pakai Mahkota Kemiri juga, nih.

    ReplyDelete
  6. Minyak kemiri sudah terkenal dari dulu ya mbak.
    Sekarang klo mw minyak kemiri g usah buat sndr ya, ada Mahkota Kemiri

    ReplyDelete
  7. Suamiku aku rekomen pakai produk mahkota kemiri ini mba, yah lumayan sih mengurangi rontoknya. Soale suamiku udah mulai botak deh gegara rontok ini duh..

    ReplyDelete
  8. Kalau aku pakai kemiri yang dibakar mba. Jadi kalau rambut aku rada kusam begitu langsung bakar kemiri ditumbuk halus diaplikasikan deh.

    ReplyDelete