Pantai Panjang Bengkulu yang Jauh dari Harapanku


Saat pertama kenal suami, dia sedang bekerja di Bengkulu. Dia yang saat itu masih calon suami kerap bercerita tentang Pantai Panjang yang ada di kota tempatnya tinggal. Hingga nama Pantai Panjang begitu familiar di telinga saya sebagai obyek wisata andalan ibukota provinsi yang bernama sama dengan provinsinya, Bengkulu. Suami bercerita banyak hal tentang pantai ini, sehingga saya penasaran sekali. Ya, Bengkulu tempat suami pernah berkarya selama 5 tahun di sana begitu lekat di ingatannya. Hingga kami merencanakan road trip Sumatera dengan Bengkulu sebagai tujuan utama.


Pantai Panjang Bengkulu



Tentang Pantai Panjang


Seharusnya kami stay di Bengkulu selama 3 hari dengan jadwal padat merayap termasuk wisata ke luar kota juga silaturahmi ke mantan teman kerja. Apa daya selama 3 hari di sini suami ambruk hingga harus saya bawa ke UGD RS Kota Bengkulu. Hingga kami extend 1 hari untuk bisa keliling kota. Setelah sebelumnya kami mengunjungi Rumah Ibu Fatmawati Soekarno di Bengkulu, lalu "Mengenang Ibu Inggit Garnasih di Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu" pun singgah ke Benteng Marlborough, Masjid Raya Baitul Izzah dan Makam Pangeran Sentot Alisyahbana, kami pun mengakhiri perjalanan di Bumi Raflesia ini dengan menyambangi Pantai Panjang. Salah satu potensi wisata di Bengkulu yang wajib dikunjungi jika kita berada di sana.

Yess, Kota Bengkulu mempunyai potensi wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan, salah
satunya adalah Pantai Panjang yang terletak di sisi barat Kota Bengkulu yang jaraknya dari pusat kota
hanya lebih kurang 2 kilo meter. Letak yang strategis dan tidak jauh dari pusat kota merupakan kekuatan yang dimiliki selain indahnya panorama alam dan laut sehingga perlu mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Propinsi dan Kota Bengkulu untuk menjadikan Pantai Panjang sebagai kawasan wisata yang menarik para wisatawan. Ada enam fokus bentuk wisata yang bisa dikembangkan di kawasan Pantai Panjang yaitu: wisata pantai, wisata urban, wisata rakyat, wisata air, wisata ekotourism dan wisata pelabuhan. Pengembangan wisata kawasan pantai Kota Bengkulu ini tentu akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat.

Oh ya, pas sore hari kami ke sini, sengaja karena senja di Pantai Panjang terkenal indahnya.

Dan benar saja, saat kami tiba, pengunjung sudah full sampai kesulitan mencari tempat parkir. Ramainya!

Ada yang bermain di ombaknya yang saat itu tenang, duduk-duduk di pinggir pantai, bermain pasir, berlarian, olahraga voli pantai, duduk di kursi-kursi yang sudah dikapling oleh penjual sambil ngemil makanan/minuman juga ada yang lalu-lalang naik ATV juga delman.

Namun di tengah keindahan laut dengan langit bersih dan birunya yang mulai berubah warna mengikuti bergantinya hari, di sisi pantainya sungguh bikin saya kecewa sekali. Deretan penjual makanan dalam warung-warung yang terlihat berserakan. Kursi-kursi plastik dan gubug-gubug untuk pembeli menikmati jajanan yang tak kalah semrawutnya. Plus sampah yang menghiasi sepanjang jalan lintasan tempat menikmati pantai dan di sekitar tempat makan tadi. Kotor sekali!

Saya sedih melihatnya. Sayang benar lautan yang indah di kejauhan dengan sunset-nya yang memesona tak diimbangi dengan kondisi pantai yang dibiarkan tak terkelola. Beneran kumuh dan berantakan! 

Padahal Pantai Panjang ini unik...karena:
  • Memiliki garis pantai yang sangat panjang mencapai 7 km 
  • Lebar pantai (garis pasang dan garis surut) sekitar 500 meter
  • Kondisi pantainya landai, airnya bersih, serta hamparan pasir putihnya luas
  • Angin pantai yang masih bersih dan sejuk karena lokasi jauh dari area industri
  • Banyaknya pohon cemara dan pinus di sekitar pantai yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya
  • Adanya jogging track, lapangan volly pantai, ATV, delman, juga fasilitas berselancar
  • Langit berubah warna, dari kebiruan hingga keemasan, kemudian matahari tenggelam di balik lautan, sunset yang sungguh menawan!
  • Lokasi strategis berjarak 2 kilometer dari pusat Kota Bengkulu
  • Sarana akomodasi dan fasilitas yang cukup lengkap: area parkir, hotel, restoran, minimarket, pusat perbelanjaan


Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu


Aktivitas di Pantai Panjang


Pantai Panjang terletak di Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, & Kecamatan Ratu Samban.

Aseliiik, ke Pantai Panjang itu menyenangkan sekali karena begitu banyak yang bisa dilakukan, diantaranya:

Jogging

Dengan berlari atau sekedar berjalan kaki di sepanjang lintasan pantai, menghirup udara bersihnya tentu pilihan yang menyehatkan. Maka bersiaplah dengan outfitmu dan gerakkan kaki melintasi pantai berpasir putih ini.

Bermain Pasir

Ajak anak ke sini bawa sekalian set cetakan mainan pasir. Pasir putih yang halus dan lembut pas banget buat mereka bebikinan istana dan segala ornamennya.

Bermain Voli Pantai

Ada lapangan voli pantai yang siap menjadi arena bagi dua tim yang berlaga

Bersepeda

Saya melihat beberapa orang juga naik sepeda di sepanjang bibir pantai ini. Mungkin ini tipe yang lebih suka bersepeda daripada berlari.

Naik Delman

Ada beberapa delman yang menawarkan sewa 20 ribu untuk 4 penumpang. Sejauh 500 meter bolak balik dari tempat semula, lumayan juga.

Naik ATV

Ada yang menyewakan ATV di sini, saya enggak tahu pasti berapa sewanya, pas buat seru-seraun bersama teman

Menikmati Pantai

Enggak ngapa-ngapain, duduk saja, selonjoran di pasirnya, menikmati birunya lautan dengan ombak berbusa keputihan di tengah semilir angir laut yang segar. Tapi, mesti pagi-pagi atau jelang senja ya..kalau siang bolong ya bisa bikin kulit gosong!

Jajan

Beli makanan/minuman yang ditawarkan di warung-warung yang ada. Tapi, tanya dulu harganya karena ada kabar kadang untuk wisatawan harga akan berbeda. Biar kita enggak kaget saat bayarnya. Oh ya, jika kita beli di warung A duduknya di kursi-kursi plastik yang bagian mana....(sudah dikapling gitu ceritanya). Oh ya, saya beli bakso, indomie rebus dan es kelapa. Harganya memang harga wisatawan sih 15-30 ribu rupiah per porsinya.

Pepotoan

Foto berlatar hijaunya cemara, putihnya pasir, birunya air atau background-nya sang surya yang kembali ke peraduannya.... Pasti cakeeep!

Menikmati taman wisata bonsai

Saat saya ke sini bulan Desember 2019, taman masih dalam pengerjaan. Kabarnya Februari 2020 diresmikan. Akan ada spot pepotoan, musala, toilet, tempat duduk dan juga lampu-lampu hias di sana.


Wisata Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu


Tips Berkunjung ke Pantai Panjang

  • Datang pagi-pagi atau sore hari karena pantai saat siang hari panas sekali
  • Pakai krim pelindung matahari agar kulit terlindungi
  • Gunakan topi atau pelindung diri dari panas matahari
  • Kenakan pakaian yang nyaman biar enggak saltum alias salah kostum
  • Siapkan outfit sesuai tujuan: mau olahraga, bersepeda atau sekedar duduk bersantai saja
  • Bawakan mainan pasir atau bola untuk anak kita
  • Siapkan properti foto, misalnya kain pantai biar makin oke saat pepotoan 
  • Bawa alat penunjang pepotoan: HP ter-oke atau kamera untuk hasil foto maksimal
  • Bekal jajanan sendiri, karena harga di sini lumayan tinggi padahal rasanya ya gitu deh....Tapi bersiap enggak bisa duduk di gazebo/kursi karena sudah dikapling penjual
  • Bawa pulang sampah kita, masih jarang tempat sampah di sini

Pantai Panjang
sumber: sinarnusantaranews.com
Pantai Panjang
sumber: wisatasumatera.com

Pantai Panjang Bengkulu
sumber: bengkuluekspress.com


Well, meski kecewa pada Pantai Panjang setidaknya rasa penasaran saya terobati karenanya. Semoga ke depan Pantai Panjang akan makin nyaman bagi wisatawan. Terutama masalah kebersihan. Juga ada penertiban pedagang baik dari sisi kerapian maupun harga makanan. Dan segala rupa sarana yang masih butuh diperbaiki lagi. Saya yakin pantai berpasir putih dengan banyak keunikan ini menyimpan potensi yang bagus sekali jika berkondisi bersih dan tertata rapi. Juga adanya fasilitas penunjang lain yang bikin pengunjung makin happy! So, penataan wisata kuliner, perhotelan, pedagang kali lima, kebersihan dan keamanan kawasan pantai, dan penataan objek olah raga oleh pengambil kebijakan sangat diperlukan.


Kalau dirimu, pernah jugakah ke Pantai Panjang di Bengkulu?


*sayang sekali file foto di kamera saya beberapa mengalami kerusakan termasuk yang di Pantai Panjang ini. Sehingga saya mengumpulkan gambar seadanya dari HP suami dan si sulung. Mohon maaf atas ketidaklengkapan gambar.



Happy Traveling

signature-fonts

11 comments

  1. Wah ceritanya ini mengenang masa lalu ya kak hehe,,,btw jepretan poto sunsetnya itu keren banget,,,,epic,,,

    ReplyDelete
  2. Pantai Panjang Bengkulu ini memang terkenal ya. Saya sih belum pernah ke sana hehehe
    Semoga suatu saat berkesempatan untuk menginjakkan kaki di sana. Aamiin...

    ReplyDelete
  3. Yang sunsetnya cantik banget masha Allah.
    jadi ingat sunset depan tempat tinggal kami, hampir tiap sore bisa lihat sunset cantik, tapi memang tidak secantik ini :)

    pantai Panjang ini sering saya dengar deh, terkenal juga ya.
    Keren buat foto-foto *eh :D

    ReplyDelete
  4. Nah iya kadang Kita yg gak sadar memelihara kebersihan pantai ya jadi merusak pemandangan ya mba

    ReplyDelete
  5. Penyakit destinasi wisata di Indonesia ya mbak Dian?
    gak terawat!
    Pantai pantai di Jawa bagian selatan juga sama, ngga terawat
    Mau dikelola swasta pada ribut, mahal katanya, ... 😢😢😢

    ReplyDelete
  6. Wuiiih...napak tilas masa muda ya, Mbak? Asiknya! Eh sekarang juga masih muda sih ya :D

    ReplyDelete
  7. Sayang ya mbak, masih banyak yg bekum aware masalah kebersihan. Jadi membiarka sampah menggunung sehingga mengganggu pemandangan dan kesehatan. Semoga hal ini segera ditangani pihak terkait ya mb...

    ReplyDelete
  8. membaca postingan traveling jadi bikin aku mau nulis ttg travelingku yang memang masih belum kuangkat dalam tulisan.

    ReplyDelete
  9. Aku suka pantai baca ini jd kangen pantai deh hwhe..foto2 sunsetnya keren nih..

    ReplyDelete
  10. Aku suka banget ke oany. Kalau mudik ga melewatkan untuk ke pantai. Karena sepanjang jalur pantai selatan. Duh sayang banget yah mba kalau lantai kumuh ga terawat padahal banyak keunikannya . Aku baru tahu pantai panjang di bengkulu ini mba. Sunset nya bagus banget :)

    ReplyDelete