Aplikasi Dokter PrimaKu

Aplikasi Dokter PrimaKu diluncurkan pada peringatan Hari Anak Nasional yang bertema: Anak Terlindungi, Indonesia Maju, pada hari Rabu, 23 Juli 2020 di Jakarta. Peringatan dilaksanakan secara daring dalam sebuah Webinar  yang diikuti oleh anggota IDAI, perwakilan mitra, media dan masyarakat awam dengan menghadirkan dua narasumber yakni: DR. dr. Aman B. Pulungan, Sp.A(K), FAAP, FRCPI(Hon) dan  DR. dr. Antonius Pudjiadi, Sp.A(K).

Hari Anak Nasional (HAN) sendiri di Indonesia diperingati setiap tanggal 23 Juli berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984. Sejak dicanangkan, pelaksanaan HAN dititikberatkan pada upaya mewujudkan perkembangan anak secara wajar, baik jasmani, rohani, maupun sosial. Dalam perkembangannya, HAN merupakan momen penting setiap tahun untuk menggugah berbagai pihak mengenai pentingnya bersama-sama melakukan berbagai upaya untuk melindungi hak-hak anak, diantaranya adalah hak:

  • Hidup
  • Bertumbuh
  • Berkembang
  • Berpartisipasi secara optimal
  • Mendapat perlindungan dan kekerasan dan diskriminasi serta perlindungan khusus untuk berbagai kelompok anak yang membutuhkan 

Anak Terlindungi, Indonesia Maju


Pemutusan rantai penularan melalui protokol kesehatan ketat dan anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) saat ini agar anak masih tetap di rumah saja selama wabah COVID-19 belum teratasi menciptakan tantangan adaptasi kebiasaan baru dalam pelayanan kesehatan dan perlindungan hak anak.

Selama pandemi COVID-19 berlangsung telah diketahui bahwa berbagai aspek pelayanan kesehatan anak mengalami kendala, sehingga diperlukan upaya mendorong pelayanan kesehatan anak berjalan kembali.


Sementara, di sisi lain angka kematian tenaga kesehatan dan keluarganya akibat COVID-19 terus meningkat. Sehingga dibutuhkan pula suatu terobosan yang dapat menjembatani berbagai kesenjangan pengetahuan, pelayanan, dan pemenuhan kebutuhan yang ada. 


Anak Terlindungi, Indonesia Maju


Nah, sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan HAN 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, tema HAN tahun ini adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” Sejalan dengan teman, berbagai kegiatan yang dilaksanakan mengacu kepada tujuan agar selain anak dan keluarga terlindungi dari COVID-19 serta berbagai dampak negatifnya, hak-hak anak tetap terlindungi, karena tumbuh kembang optimal anak akan menentukan kualitas generasi bangsa Indonesia yang maju di masa depan. 

Terkait dengan perlindungan anak di masa pendemi ini, sayang sekali masih ada kesenjangan pengetahuan yang memicu timbulnya variasi pemahaman mengenai anjuran maupun protokol kesehatan yang berlaku di masyarakat. Hal tersebut tampak dalam perilaku masyarakat yang sepertinya mematuhi imbauan agar tidak segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan, namun tetap ingin beramai-ramai mendatangi suatu tempat atau acara tertentu, atau beraktivitas beramai-ramai di luar rumah, sehingga tercipta kerumunan yang sangat meningkatkan risiko penularan infeksi. 

Dampak negatif dari kesenjangan pengetahuan ini adalah meningkatnya risiko anak sakit terlambat mendapatkan penanganan, anak sehat terlambat diimunisasi, atau terlambatnya deteksi dan intervensi gangguan pertumbuhan dan perkembangan, sehingga menyulitkan tercapainya kondisi anak sehat dengan tumbuh kembang optimal dan terpenuhi hak-haknya.


Anak Terlindungi, Indonesia Maju


Karenanya, sebagai salah satu upaya menjembatani kesenjangan ini, maka IDAI meluncurkan program konsultasi kesehatan anak melalui aplikasi Dokter PrimaKu, yang akan dijawab oleh para dokter spesialis anak pengurus dan anggota IDAI. 

Aplikasi Dokter PrimaKu merupakan bagian dari pengembangan aplikasi PrimaKu yang bertujuan untuk membantu orangtua memantau tumbuh kembang dan imunisasi serta mengatasi masalah kesehatan sehari-hari pada anak. 

Di mana program konsultasi kesehatan ini diharapkan dapat:

  • Membantu orangtua menjawab berbagai pertanyaan seputar imunisasi dan tumbuh kembang anak
  • Mengidentifikasi kondisi medis yang perlu pemeriksaan langsung ke fasilitas kesehatan
  • Membantu fasilitas kesehatan setempat dengan mengurangi beban kunjungan anak dalam keadaan tidak gawat tidak darurat, dan dengan demikian mengurangi risiko penularan infeksi di masa pandemi COVID-19 ini. 

Oh ya, selain peluncuran program konsultasi ini, berbagai kegiatan peringatan Hari Anak Nasional 2020 tahun ini juga dilakukan melalui tayangan edukasi kesehatan dan aktivitas IDAI Cabang di tempat masing-masing.

Selain itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia juga mengundang orangtua atau wali anak pengguna aplikasi PrimaKu untuk berkonsultasi daring dengan dokter spesialis anak melalui aplikasi Dokter PrimaKu. Kedua aplikasi ini dapat diunduh dari Google PlayStore atau AppStore dan digunakan secara gratis. 


Aplikasi PrimaKu


Sementara, informasi lebih lanjut dapat dilihat di situs www.primaku.com. Sedangkan untuk keterangan mengenai Ikatan Dokter Anak Indonesia dan hal-hal terkait tumbuh kembang anak lainnya dapat dilihat di:

  • Website: www.idai.or.id
  • Instagram: @idai_ig
  • Facebook: Ikatan Dokter Anak Indonesia
  • Twitter: @idai-tweets

Baiklah, yuk kita semua tetap semangat melindungi anak-anak Indonesia!

"Jangan biarkan New Normal menciptakan anak tidak normal" DR. dr. Antonius H Pudjiadi Sp.A(K) - Ikatan Dokter Anak Indonesia


Selamat Hari Anak Nasional

signature-fonts

9 comments

  1. Bagus banget ya tema hari anak hari ini:anak terlindungi Indonesia maju.

    Ini konsultasi nya seputar tumbuh kembang, berarti bisa juga tanya jawab psikologis nya kah semisal keterlambatan bicara? Untuk anak dalam rentang usia 1000 hari pertama artinya sekitar usia batita ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak bahasan Mbak, silakan langsung ke web atau aplikasinya. Semua permasalahan kesehatan anak, tentu untuk kelanjutan konsultasinya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter anak

      Delete
  2. Baru tahu aplikasi dokter Primaku ini .... perlu mempelajarinya juga, banyak pengetahuan yang bisa diperoleh

    ReplyDelete
  3. Semakin banyak pilihan konsultasi kesehatan online di negara kita ya mba.
    Btw primaku ini hanya khusus konsultasi masalah kesehat@n anak saja kah?

    ReplyDelete
  4. Semakin bnyak ya aplikasi kesehatan keluarga..td sy coba cek aplikasinya sptinya khusus untuk layanan kesehatan anak2 sj ya ? semoga dng adanya aplikasi dokter Primaku anak2 semakin sehat dan bugar ya

    ReplyDelete
  5. Jadi gak khawatir kelupaan imunisasi yaa kalau sudah install aplikasi PrimaKu ini. Bisa pantau grafik tumbuh kembang anak juga. Aihh lengkap euy

    ReplyDelete
  6. Senengnya di aplikasi Dokter Primaku yang menjawab pertanyaannya dokter-dokter ahli ya Mbak Dian, jd lebih puas dengan konsultasi daringnya. Direkomendasikan IDAI pula ya, trus ultah pendiriannya bakal barengan terus dengan HAN yaa

    ReplyDelete
  7. baru lagi ya aplikasi yang bisa konsul via chat online begini

    ReplyDelete