Petik Blueberry Serasa di Kebun Sendiri

Petik blueberry serasa di kebun sendiri? Iya, saya pernah melakukannya. Gara-gara diingatkan Facebook jika 10 tahun yang lalu, saat tinggal di Amerika, di bulan Juni, saya mengunjungi kebun Blueberry bersama teman-teman Indonesia di sana. Kami menyebutnya "Picking Blueberry" yang jadi agenda rutin tahunan di musim panen buah ini sekalian jadi event piknik bersama di perkebunan blueberry milik pribadi yang bisa dikunjungi dengan reservasi. Pengunjung tinggal memesan ke pemiliknya berapa orang yang mau datang dan jam berapa akan tiba. Di sana tidak ada biaya masuknya, semua boleh petik sendiri plus makan di tempat secara cuma-cuma. Sementara untuk yang dipanen dan dibawa pulang akan ditimbang dan dikenakan biaya. Jadilah di hari H kami datang berombongan dan petik blueberry serasa di kebun sendiri.

Seruuuu sekali!!!


picking blueberry


Tentang Blueberry


Saya lansir dari Wikipedia, Blueberry atau beri biru adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara. Berupa semak yang ukurannya mulai 10 cm hingga 4 m; spesies terkecil dikenal sebagai "bluberry semak rendah" (sama dengan "liar"), dan spesies terbesar adalah "bluberi semak tinggi". Daunnya berganti atau hijau sepanjang tahun, ovate hingga lanceolate, dan mulai 1–8 cm panjangnya dan lebar 0.5-3.5 cm. Bunganya berbentuk bel, putih, merah atau merah muda pucat, kadang-kadang kehijau-hijauan.

Blueberry dijuluki "makanan untuk otak", karena bisa meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat semua usia. Sehingga, rajin makan buah yang kaya flavanoid ini akan memperlambat gangguan memori yang biasanya terjadi dikarenakan faktor usia. Nah, blueberry bisa membantu:

  1. Menurunkan risiko demensia
  2. Mengurangi risiko alzheimer
  3. Meningkatkan sel otak
  4. Meningkatkan konsentrasi dan ingatan
  5. Mencegah penurunan memori yang berhubungan dengan usia

Sementara, tiga nutrisi utama yang terkandung di dalam buah Blueberry, yakni:


Vitamin C

Blueberry kaya akan vitamin C. Berkat mengonsumsi vitamin ini, kita akan mendapatkan sederet manfaat, yaitu sebagai benteng pertahanan tubuh dari serangan flu, infeksi saluran kemih, bahkan kanker. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan serta meningkatkan produksi kolagen untuk mendapatkan kulit yang lebih halus dan sehat. Keuntungan lainnya adalah sebagai pendukung kesehatan gusi. Bahkan, dari satu cangkir blueberry utuh dan segar saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 24 persen. Selain vitamin C, blueberry juga mengandung vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6.

Serat

Serat memiliki banyak fungsi, yakni membantu mengontrol kadar gula darah, kolesterol, berat badan, dan mencegah serta mengobati sembelit. Blueberry berserat tinggi, sangat baik bagi pengidap diabetes tipe 1. Mengonsumsi tiga porsi blueberry per minggu yang dikombinasikan dengan buah-buahan lain juga dapat mengurangi 7 persen risiko diabetes tipe 2.

Mineral

Blueberry mengandung berbagai mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti mangan, tembaga, zat besi, kalium, dan zinc. Karena itu, mengonsumsi blueberry dapat membantu memberikan perlindungan terhadap kesehatan tulang sehingga jauh dari risiko tulang mudah patah.


IACA Indonesia American Community Association


Fakta tentang Blueberry


Bulan Juli diperingati sebagai Bulan Blueberry Nasional di Amerika. Meski sejatinya buah ini bisa dinikmati sepanjang tahun, bukan pada bulan Juli saja. Tapi blueberry farm biasa dikunjungi ramai-ramai di sekitar Juli. Karena pengunjung sekalian berpiknik di cuaca summer yang bertabur sinar matahari.


Oh ya, ada beberapa fakta menarik tentang blueberry yakni:


• Blueberry adalah satu-satunya makanan alami yang memiliki warna biru seperti namanya.

• Blueberry mengandung kadar antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah kanker, penyakit jantung, Alzheimer dan penyakit kronis lainnya

• Blueberry dapat tumbuh dengan baik di tanah dengan kadar pH 4-5.

• Puncak musim blueberry segar berlangsung dari pertengahan Juni sampai pertengahan Agustus.

• Blueberry ditanam secara komersial di 38 negara.

• Blueberry dengan kualitas tinggi akan dijual di pasar segar, sedangkan buah dengan kualitas rendah akan diolah menjadi makanan, seperti selai.

• Amerika Serikat merupakan produsen blueberry terbesar di dunia. 


panen bluberry


Picking Blueberry



Nah, blueberry farm yang akan saya kunjungi bersama teman-teman ini berlokasi di Liberty Rd, Pride, LA 70770. Jaraknya sekitar 90 mil (150 km) dari tempat tinggal saya di Edenborn Avenue, Metairie, LA. Kami berencana berkumpul dulu di rumah Mas Nur/Mbak Ana, seorang teman yang tinggal di Baton Rouge, LA, kemudian akan beriringan ke perkebunan.

Dijadwalkan rombongan akan berangkat dari titik kumpul ini pukul 9 pagi, biar enggak panas banget acara petik-petik blueberry-nya. Saya sendiri bersama suami dan anak-anak jalan dari rumah pukul 7 karena perlu waktu sekitar satu setengah jam ke situ.

Oh ya, karena sekalian mau piknik bareng di state park (Palomino Drive Park) enggak jauh dari lokasi, maka di email sudah dikabarkan jika semua diharapkan membawa potluck, hidangan yang nanti akan disantap bareng-bareng. (Tapi, saya lupa waktu itu bawa apa ya hahaha...)

Nah, piknik seperti ini memang jadi agenda rutin saya bersama teman-teman di IACA (Indonesian American Community Association). Sebuah organisasi yang diinisiasi oleh teman-teman asal Indonesia yang bermukim di state Louisiana. Di mana IACA punya kegiatan rutin seperti pengajian, open house lebaran, kebaktian,...dan piknik. Selain itu juga ada acara penggalangan dana dan kegiatan yang sifatnya sesuai kebutuhan.

Balik lagi ke titik kumpul tadi, setelah semua yang mendaftar tiba, kami berombongan berangkat ke te-ka-pe. Karena acaranya hari Sabtu pagi, maka yang ikut enggak banyak. Biasanya hanya pekerja yang office hours dan yang berstatus mahasiswa yang bisa. Sementara yang kerja di restoran (di state Louisiana banyak warga Indonesia yang bekerja di sektor ini) enggak bisa ikutan karena harus bekerja. Jadi, total ada 10 keluarga yang ikut acara.


 



Sampai di tempat, kami langsung menuju kebunnya. Ada bangunan seperti rumah biasa di bagian tengahnya. Pemiliknya seorang bapak, membagikan ember ke kami untuk petik sendiri. Dan langsung deh kami menyerbu jajaran pohon blueberry dengan buah berwarna biru di sela-sela daunnya yang menggoda. Ketinggian pohon sekitar 2 meter (atau kurang) jadi gampang dipetik kami-kami orang Asia yang rata-rata enggak tinggi-tinggi banget. Tapi kalaupun mau, di dekat tempat penimbangan saya juga melihat ada tangga tersedia.

Saya petik secukupnya karena di rumah hanya ada empat orang - termasuk 2 anak (si bungsu masih 14 bulan jadi belum bisa banyak makan blueberry). Rencana sih, seperti saran teman-teman, biar awet, selain dimakan segar saya akan buat selai blueberry sendiri. Yummyyy!!

Dan...sensasi petik blueberry untuk pertama kali ini meyenangkan sekaliii.. Anak sulung saya, 5 tahun saat itu, berlari-lari ke sana-kemari. Ia ikut metik sendiri blueberry meski kadang buah yang belum matang ikutan dipetiknya. Haha. Bersama anak-anak yang ikut di rombongan lainnya, mereka tampak excited sama seperti emak bapaknya. 😁

Setelah dirasa cukup, maka blueberry dibawa ke tempat penimbangan berupa rumah yang ada di tengah kebun tadi. Bapak Bule yang tadi menimbang hasil buruan picking blueberry kami. Enggak ada orang lain. Memang, di Amerika (seperti yang sering kita tonton di TV) petani itu yang cuma sendirian bekerja di tanah pertaniannya. Biasanya hanya dengan keluarganya saja. Bangunan serupa rumah kebun itupun saya lihat sederhana (untuk ukuran Amerika) dengan bagian samping lokasi penimbangan.

Nah, blueberry ini dihargai 1 dollar per pond (1 pond = 0,45 kg). Jadi memang murah, karena kalau beli di supermarket pas musim panen, harga buah segarnya sekitar 2 - 3 dollar per pond. Ini belum termasuk yang tadi masuk perut, karena enggak dihitung kwkwkw

Setelah acara timbang menimbang selesai,....dan masing-masing membayar hasil panenannya, kami pun pamitan sama Bapak Bule yang ramah tadi.


harga blueberry


Piknik Bersama di Palomino Drive Park


Setelahnya, rombongan menuju Palomino Drive Park yang berjarak sekitar 5 mil dari blueberry farm. Pas banget waktunya maksi. Jadi deh, langsung ke tempat yang sudah direservasi buat gelar tikar...eh gelar makanan di meja.

Oh ya, taman yang dikelola pemerintah setempat di Amerika biasa gratis biaya masuknya, kecuali jika kita bikin acara dengan jumlah anggota banyak dan ingin memakai tempat pertemuannya (semacam saung begitu) dengan ukuran bervariasi, baru kena fee untuk biaya pemeliharaan, itupun enggak mahal. Sebelumnya, kita bisa memesan tempat lewat website/email pengelolanya. Maka, kalau mau punya acara harus segera reservasi. Karena kalau pas summer biasa penuh pemesannya. Terus, ada kewajiban juga buat pengunjung taman-taman kota ini. Yang standar sih seperti jaga kebersihan, sampah dibuang di tempat sampah, dilarang bawa apa saja sesuai aturan dan lainnya.

Di Palomino Drive Park, kami rombongan piknik pun menikmati hidangan potluck kami. Ini yang paling saya suka saat berkumpul dengan teman-teman Indonesia. Makanan Tanah Air yang enak-enak banyaak terhidang di meja. Biasanya hidangannya nyambung temanya, karena kami ibuk-ibuk saling berkabar dulu mau bawa apa. Misalnya sudah ada yang bawa sayur asem, yang lain langsung nyambung bawa ayam bakar, tempe tahu goreng, sambel trasi, lalapan, ikan asin....dan teman-temannya. Lalu untuk kue, misalnya: klepon, combro, kue lapis, onde-onde, tahu isi....Pokoknya, obat kangen Indonesia keluar semua. Bahagiaaa!!💖

Sementara orang tua makan, makan dan ..makan, anak-anak bermain-main di taman. Senangnya tinggal di Amerika itu karena banyak sekali taman di penjuru kota. Jadi mau olahraga, jalan-jalan, main-main, ...gampil dan murah meriah pula. 

Akhirnya setelah puas makan, main-main di taman dan nggosipin artis di Tanah Air...rombongan pun bubar. Juga, saya sekeluarga mumpung di Baton Rouge akan mengunjungi pusat kota ibukota negara bagian Louisiana sebelum pulang balik ke Metairie.

Yang jelas saya yang hanya sementara tinggal di Amerika, happy bangets bisa petik blueberry serasa di kebun sendiri. Sebuah pengalaman yang akan saya kenang sampai nanti.

Nah, kalau teman-teman sudah pernah atau belum makan blueberry? Kalau di Jakarta sudah ada sih dijual di supermarket. Harganya sekitar 50 ribu/pak (125 gram). Mahal ya?🙈 


sumber: realtor com


petik blueberry sendiri



Disclamer: 
cerita berbau nostalgia, karena tahun 2010 saya belum ngeblog jadi belum pernah nulis pengalaman ini hihihi
Foto-foto hasil dari nge-tag foto milik teman, Pak Rudy/Mbak Sri di Facebook dengan seijin Mbak Sri

Sumber bacaan:
https://id.wikipedia.org/wiki/Bluberi
https://www.alodokter.com/manfaat-blueberry-untuk-kesehatan-ternyata-sangat-dahsyat
https://republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/13/10/21/mv0pdy-fakta-khasiat-dan-pertanian-blueberry-layak-diketahui




Happy Sharing


signature-fonts

30 comments

  1. Seru sekali acara petik buah blueberry ini ya, Mbak Dian. Saya juga pengin hahaha. Soalnya saya suka nonton youtube orang Indonesia yang tinggal di luar negeri atau orang Indoensia yang menikah dengan bule dan tinggal di luar negeri. Jadi memang ada cara petik buah langsung di perkebunan ya, Mbak. Dari Stroberi, apel, pir dan lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya yang pernah blueberry, karena di state Louisiana banyak perkebunannya, Mas
      Kalau yang lain sepertinya ada juga, di negara bagian lainnya

      Delete
  2. Penasaran deh gimana rasa blueberry..???

    \*Belum pernah makan soalnya*/

    Walau ukurannya kecil tapi kaya akan manfaat y mbak. Mungkin kalau daerah +62 sama bebasnya seperti disana, sekampung bisa ngambil rame-rame. Biarpun tidak untuk dibawa pulang paling gak untuk dimakan aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kuatirnya kalau warga +62, ada yang masukin ke tasnya dll saat petik sendiri hahaha. Karena ga diawasi sama sekali. Yang punya cuma nimbang doang

      Delete
  3. Pasti seru sekali ya mba petik blueberry sendiri 😍😍. Kemarin teman ada yang coba tanam di Jakarta loh berhasil cuma perlu di AC terus 😂😂.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya butuh suhu tertentu memang. Itu juga ga boleh terlalu dingin, maka di Amerika bagian utara bagus tumbuhnya, karena di daerah tempat tinggalku dulu ga ada salju

      Delete
  4. Meski tinggal diluar negeri, ternyata ada komunitas warga Indonesia yang seperti keluarga, serunya bisa berkumpul piknik bersama, apalagi paling seru saat petik blueberry, duh aku tuh penasaran sama buah ini, kalau di Indonesia adanya di supermarket aja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak...kalau di rantau persatuannya erat, satu tumpah darah, satu bangsa dan satu bahasa, Indonesia...#halah

      Delete
  5. MasyaAllah mba Dian... Akhirnya Ketemu wajah 10 tahun mba Dian.
    Gak terlalu beda.
    Menyenangkan sekali metik blueberry.
    Wah di Indonesia belum ada ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mba...10 tahun lalu segitu, kini segini hihi

      Delete
  6. Wah Mbak seru sekali kegiatan picking blueberry nya. Jd tau kl blueberry itu ditanam scr komersial di 38 negara ya. Btw teman saya nemenin suaminya di Amrik juga, di Norfolk, Virginia.

    ReplyDelete
  7. asyik banget mba Dian bisa petik blueberry btw sy blm pernah nih lihat kebun bluberry taunya buah nya aja di supermarket hihi..apa buah ini ga bisa ya dikembangbiakkan di Indonesia?

    ReplyDelete
  8. Aih senangnyaaaa yang bisa petik blueberry sendiri. Saya malah kayaknya belum pernah coba tuh yang namanya buah Blueberry. Huhuhu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..mungkin pernah, biasa dipakai topping cake dll juga yang frozen

      Delete
  9. Menarik sekali, Kak Dian. Amerika sengaja melingkari kalendernya pada Juli sebagai peringatan Bulan Blueberry Nasional. Tentu ini menjadi bentuk keberkahan sekaligus mengundang daya tarik masyarakat untuk lebih menyadari dan mencintai tumbuhan asli Amerika Utara itu.

    Agaknya, Indonesia sebagai negara tropis yang malah tak kalah di setiap jengkal tanahnya telah tumbuh keanekaragaman buah-buahan nan khas di tiap-tiap daerah, tentunya bisa meniru apa yang dilakukan Amerika. Akan menarik jika digandeng dengan event pariwisata misalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas..sudah ada petik apel sendiri di Malang ya, di tempat lain mestinya bisa juga ya, penghasil buah lokal pastinya

      Delete
  10. Kak apa sih rasanya blueberry, Hihihi belum pernah nyoba. Apa sama seperti strawberry ya asam asam manis. Kalau disini kayaknya gak bisa deh kayak disana? Kebun jeruk aja ada yang cuma sekali panen lalu rusak gak mau buah lagi. Udah dibawain gunting untuk ambilnya. Eh, main tarik aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asem ada manisnya juga. Iya di sana terawat sekali, pengunjung juga ikut menjaga

      Delete
  11. Wah memetik blueberry di Palomino Drive Park langsung bisa metik di sana dan makan di sana. Serasa ingin punya kebun sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas di Palomino Park makan-makan aja, ga petik blueberry, petiknya di blueberry farm :)

      Delete
  12. Seru banget dah Mbak Dian. Yuni kalau beli minuman kayak yoghur atau apa pun suka milih yang rasa blueberry lho kalau ada yang rasa itu. Ternyata banyak juga manfaatnya. Nggak nyangka akutuh. Makin seneng deh sama blueberry.

    ReplyDelete
  13. Wah serunya ya mbak bisa petik buah bluberry sendiri. Mengingatkan kami saat di Batu Malang. Petik buah jambu, buah naga dan apel sendiri. Rasanya tuh seneng banget. Apalagi dengan alamnya yang indah, semakin menambah sensansi ya.

    Berkumpul bersama teman di perantauan pasti menjadi sesuatu yang di rindukan ya, apalagi bisa bersama-sama melakukan kegiatan piknik seperti ini.

    ReplyDelete
  14. Kalau di Ciwidey ada petik stroberi. Tapi kayaknya kebunnya engga seluas yg di Amrik deh. Seringnya malah udah udh habis dipetikin oleh wisatawan sebelumnya. Lah, soalnya memang untuk agro wisata sih. Blueberry kecut juga kah, kayak stroberi?

    ReplyDelete
  15. Wah menarik yaa petik buah blueberry ini jadi kayak petik strawberry di puncak itu kali yaaa, sensasinya.. Eh apa beda ya? Hehe keduanya belum pernah jadi cuman bisa ngebayangin aja. Hehehe

    Btw, pengetahuan tentang blueberry nya cukup lengkap jadi nambah wawasan deh... Mantap

    ReplyDelete
  16. Wah beruntung banget ya Mba masih ada foto yang terselamatkan dan akhirnya bisa dijadiin bahan untuk nulis lagi hihihi... Aku belum pernah metik blueberry, paling pol stroberi dan apa ya sejenis blackberry tapi versi kampung yang warnanya ungu tua gitu? hihihi itu aja udah seneng pol .. BTW itu si mas masih unyu-unyu... lucuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto dari teman, Mbak..kan sudah saya bilang di atas punya teman
      barang pindahan saya 17 kardus tertahan di bea cukai. Karena di container yang sama ada spare part Harley Davidson yang diselundupkan. Jadi saya ikut kena. Dendanya harus dibayar sekontainer...jadi ga mungkin bayar barang kita sendiri.
      Jadi semua barang saya selama termasuk laptop dan foto amblas ga berbekas. Belom musim smartphone saat itu

      Delete
  17. Beluuuum, hehe. Saya belum pernah metik blueberry langsung. Makan yang fresh juga (seingat) saya belum pernah. Kudet :P
    Pernahnya cuma yang di atas cake, gitu. Atau kalau udah dalam bentuk flavor ya sering: di yogurt favorit saya.
    Seru banget ini, mah. Sepertinya di Indonesia ga ada ya. Kalau di Batu sini, adanya petik buah stroberi, apel, dan jeruk di Agrowisata-nya. Dan saya pernahnya metik 3 itu.
    Pengen lah bisa metik blueberry macem Mbak Dian. Nice story :)

    ReplyDelete
  18. Pengen ikuutan acara metik bluberinyaa :)
    Rasanya seger bisa jalan jalan sambil memetiki buah rame rame sekeluarga dan teman.
    Kalau di dekat tempat saya, adanya petik strawberry mbak, di daerah Tawangmangu dan Sekipan. Bisa dibeli juga hasil petikkannya.
    Jadi penasaran dengan rasa bluberry, lebih kecut atau lebih manis dari strawberry yaa mbak?

    ReplyDelete