5 Cara Menghindari Gigitan Nyamuk

Menghindari gigitan nyamuk bisa kita lakukan dengan beberapa cara. Baik itu dengan cara sederhana atau menggunakan bahan kimia. Hm, tapi kalau dipikir-pikir kenapa juga nyamuk ini enggak dibunuh semua saja ya... Toh mereka pembawa malapetaka bagi kita? Eitts, enggak bisa begitu juga... Pasalnya, memusnahkan sebuah makhluk termasuk nyamuk akan menganggu ekosistem lingkungan kita. Nyamuk, meski dikenal membawa penyakit yang berbahaya untuk manusia. misalnya: malaria, demam berdarah, chikungunya dan penyakit kuning, keberadaannya memengaruhi keberlangsungan hidup spesies lainnya.  Ya, nyamuk yang termasuk dalam keluarga Culicidae dengan lebih dari 3.500 jenis,  memiliki fakta, jika sebagian besar dari mereka adalah nyamuk dewasa yang merupakan vegetarian. Di mana mereka ini hanya minum sari bunga, getah tanaman dan jus buah.

Nah, nyamuk dewasa ini selain membantu proses penyerbukan, juga menjadi sumber makanan untuk capung, ikan dan katak. Selain itu, jentiknya yang hidup di atas air juga berfungsi menjaga air agar tetap bersih dengan memakan segala jenis organisme yang ada, termasuk memakan larva nyamuk lainnya. 

See, memusnahkan nyamuk bukanlah sebuah solusi, jadi yang bisa kita lakukan adalah menghindar dari gigitannya!


Cara Menghindari Gigitan Nyamuk


Penyakit Berbahaya karena Gigitan Nyamuk


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Indonesia perihal Kasus Penyakit Menurut Provinsi dan Jenis Penyakit pada tahun 2019, diketahui jika:

  • Angka Kesakitan Malaria per 1000 penduduk Indonesia adalah 0,75
  • Angka Kesakitan DBD per 1000 penduduk Indonesia adalah 51,13

Sementara, angka ini bertolak belakang dengan jumlah fasilitas dan tenaga kesehatan yang tersedia. Di mana angkanya belum merata dan mencukupi sehingga cara terbaik yang bisa kita lakukan kini, berkaitan dengan penyakit berbahaya yang disebabkan oleh nyamuk ini adalah dengan menghidari gigitannya.


Pasalnya, tak hanya penyakit Malaria dan DBD saja, nyamuk juga menjadi penyebab penyakit lainnya:

  • DBD - disebabkan nyamuk Aedes Aegypti - penderita DBD sangat disarankan untuk beristirahat cukup, mengonsumsi cukup cairan dan mendapat pertolongan medis 
  • Virus Zika - disebabkan nyamuk Aedes Aegypti - dapat mengakibatkan Microcephaly pada bayi atau cacat lahir - di mana kepala bayi akan berukuran lebih kecil dari yang diperkirakan hingga cacat neurologis lainnya.
  • Malaria - disebabkan nyamuk Anopheles - jika terkena gigitan nyamuk Anopheles dengan Malaria, gejalanya dapat berkembang dalam waktu sepuluh hari sampai sebulan setelah infeksi.
  • Chikunguya - disebabkan nyamuk Aedes Aegypti - Demam mendadak diikuti dengan nyeri sendi yang parah, timbulnya ruam pada kulit disertai sakit kepala atau mual

5 Cara Menghindari Gigitan Nyamuk


Cara Menghindari Gigitan Nyamuk


Memang, serangga yang menggigit ini, gigitannya tidak hanya menimbulkan rasa gatal pada kulit kita, tetapi juga dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Nah, beberapa hal bisa kita lakukan untuk menghindari gigitan nyamuk yang berujung timbulnya bintik merah pada kulit yang disertai rasa gatal yang menganggu kegiatan di keseharian, diantaranya:


1. Kenakan Pakaian yang Tepat

Nyamuk lebih tertarik pada warna yang gelap. Warna yang diyakini lebih menarik nyamuk karena sesuai dengan waktu teraktif mereka yaitu di waktu senja. Sehingga, mengenakan pakaian yang bukan warna gelap merupakan salah satu cara menghindari gigitan nyamuk yang paling baik. Selain itu menggunakan baju dan celana panjang merupakan cara yang tepat dalam menghindari gigitan nyamuk - terutama ketika kita bepergian ke area terbuka.


2. Jaga Kebersihan Lingkungan

Cegah nyamuk berkembang biak di lingkungan rumah dengan selalu menjaga kebersihan sekitar. Hindarkan diri dari gigitan nyamuk dengan cara mengosongkan segala jenis wadah yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk, seperti wadah tempat minum hewan peliharaan, tong sampah, ember, pot bunga, peralatan bermain, dan benda apa pun yang mengumpulkan air. Pasalnya, genangan air yang di temukan di sana dapat menjadi tempat berkembang biak yang baik bagi nyamuk! Nyamuk bisa bertelur di genangan air ini, jadi pastikan untuk selalu membersihkan genangan air yang berada di sekitar rumah. Jangan lupa pula untuk selalu menguras bak mandi jika ada, setidaknya 3 hari sekali.


3. Beri Pengaman 

Amankan tempat tinggal dari gigitan nyamuk dengan menggunakan jaring serangga berupa kelambu di sekitar tempat tidur atau tirai di pintu dan jendela. Dengan begitu, nyamuk dan serangga lain tidak akan masuk dan ruangan menjadi bebas dari ancaman mereka. Selain itu kita juga bisa menggunakan kipas angin atau AC untuk menghindari gigitan nyamuk di dalam kamar karena angin yang dihembuskan oleh kipas angin atau AC membuat nyamuk menjadi lebih sulit untuk terbang mendekat ke badan.


4. Menggunakan Obat Anti Nyamuk

Dalam menghindari gigitan nyamuk, lotion anti nyamuk seringkali menjadi solusi terbaik untuk kita. Tapi, perlu ketelitian dalam dalam memilih obat anti nyamuk untuk kita gunakan bagi seluruh anggota  keluarga. Karena kesalahan dalam memilih obat anti nyamuk dapat menyebabkan kulit iritasi dan gatal-gatal. Belum lagi akibat fatal lainnya seperti terjadinya gangguan pernafasan. 

Nah, salah satu cara untuk memilih produk anti nyamuk mana yang bagus dan baik untuk keluarga adalah dengan memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. 

Pastikan produk hanya menggunakan bahan - bahan alami yang telah diolah menggunakan teknologi terkini, sehingga menghasilkan produk yang berkualitas dan aman untuk kesehatan. Salah satunya, PARA'KITO® !


Gelang Anti Nyamuk
 PARA'KITO® dan kotaknya

Para'kito gelang anti nyamuk
gelang dan pelet PARA'KITO®

Tentang PARA'KITO® Solusi Perlindungan Diri Terhadap Gigitan Nyamuk Secara Alami


PARA'KITO® adalah merek pertama dari Evergreen Land yang didirikan oleh 3 pria Prancis, satu berbasis di Paris, satu di Singapura dan satu di Hong Kong. Di mana ketiganya berbagi mimpi yang sama, untuk mengurangi gangguan kehidupan di keseharian, sehingga semua orang bisa hidup lebih bahagia, lebih lama, dan lebih sehat. 

Misi yang membuat mereka pada tahun 2006, mendirikan Evergreen Land Ltd. untuk mengembangkan produk inovatif berkualitas tinggi yang dibutuhkan dalam kehidupan dan menggunakan bahan aktif alami atau nabati.

Ya, PARA'KITO®, formulanya dibuat di Prancis, produknya dirakit di Eropa, Asia atau AS, yang kini telah didistribusikan hingga ke 30 negara di dunia.

PARA'KITO®, produk yang akan mengurangi ketertarikan nyamuk terhadap kita. yang dilengkapi dengan teknologi Diffucontrol-System yang sudah paten, menggunakan vanilin (komponen makanan yang aromatik) yang mengatur penguapan minyak esensial yang telah dimasukkan ke dalam pelet PARA'KITO® sehingga dapat terjadi pelepasan dan difusi secara terus menerus selama 24 jam sehari. 

Yang mana keunggulan PARA'KITO®: 

  • Tanpa kontak langsung dengan kulit
  • Efek melindungi selama 24/7
  • Bisa dipakai oleh seluruh anggota keluarga, termasuk orang yang memiliki kondisi sensitif, anak-anak dan wanita hamil
  • Difusi selama 24 jam terus menerus
  • Difusi hingga 15 hari/pelet 9 (sehingga tidak meninggalkan sampah)
  • Teknologi tahan air
  • Buatan Prancis
  • Desain gelang trendi

Selain itu, PARA'KITO® berkomitmen penuh terhadap lingkungan yang berakar dari DNA brand mereka. Komitmen ini bukan hanya berfungsi untuk membantu pilihan strategis, tetapi juga berfungsi untuk menerjemahkannya menjadi langkah-langkah konkrit yang bertanggungjawab terhadap lingkungan, serta menjadi inisiatif untuk pembangunan yang berkelanjutan, seperti:

  1. PARA'KITO® menggunakan kemasan dari bahan-bahan yang dapat didaur ulang dari pemasok ramah lingkungan
  2. Gelang PARA'KITO® dapat diisi ulang dan botol semprotnya terbuat dari plastik yang dapat didaur ulang atau terbuat dari produk turunan dari gula tebu
  3. PARA'KITO® mendukung Yayasan Masarang di Indonesia, dalam bentuk penanaman pohon di sekitar klinik dokter hewan Tasikoki, klinik yang merawat satwa yang terancam punah sebelum akhirnya dikembalikan ke alam



Gelang anti nyamuk

5 Cara Menghindari Gigitan Nyamuk

5 Cara Menghindari Gigitan Nyamuk Para'kito


Bagaimana Cara Kerja PARA'KITO®


Untuk dapat memahami bagaimana cara kerja PARA'KITO® pengusir nyamuk, kita harus terlebih dahulu memahami bagaimana cara kerja nyamuk dalam mengenali target mereka. 

Oh ya, hanya nyamuk betina lah yang menggigit, hal ini dikarenakan mereka butuh protein untuk bertelur, juga perlu kita ingat:

  • Nyamuk sangat sensitif terhadap konsentrasi tinggi dari karbon dioksida yang kita hembuskan ketika bernapas
  • Nyamuk dapat mendeteksi seorang manusia dari jarak mencapai 30 meter melalui napas dan bau badan kita
  • Nyamuk mampu melihat kita dari jarak 5-10 meter
  • Nyamuk cenderung tertarik pada warna gelap 
  • Nyamuk bisa mendeteksi perbedaan suhu tubuh kita dan akan mendekat hingga mereka dapat merasakan adanya aliran darah di nadi kita

Nah, pelet PARA'KITO® didesain untuk dimasukkan ke dalam gelang atau klip PARA'KITO®, memancarkan ekstrak minyak esensial dari tanaman, yang berkontribusi untuk menyembunyikan bau manusia secara terus menerus. Pelet ini secara alami akan berdifusi, 24 jam dalam satu hari, hingga 15 hari secara berturut-turut dan kedap air.

5 Cara Menghindari Gigitan Nyamuk

Para'kito

cara menghindari gigitan nyamuk



PARA'KITO® Sebuah Cara Alami Menghindari Gigitan Nyamuk 


Well, PARA'KITO® memberikan solusi perlindungan diri terhadap gigitan nyamuk tanpa menyentuh kulit selama 24 jam 15 hari tanpa henti dengan produk terbuat dari bahan alami. Hanya menggunakan bahan aktif dari tumbuh-tumbuhan di semua produk sebagai pengusir nyamuk. Di mana bahan aktif tersebut dikontrol secara ahli untuk memenuhi standar kualitas tertinggi. PARA'KITO® adalah pelindung nyamuk yang tepat bagi kita, mudah digunakan, melindungi dan efektif.

Dunia adalah tempat indah yang penuh dengan petualangan seru. Nah, saat kita membeli PARA'KITO® artinya kita membeli kebebasan. Kebebasan menikmati hidup secara alami tanpa gigitan nyamuk.

Perpaduan unik minyak esensial, teknologi slow-release yang telah dipatenkan dan desain produk super cerdas telah membuat PARA'KITO® menjadi pemimpin global dalam perlindungan nyamuk. Yup. dengan produk PARA'KITO® yang kini dijual di lebih dari 30 pasar di seluruh dunia, PARA'KITO® tidak pernah berhenti untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kita dalam melakukan aktivitas di dalam atau di luar ruangan.

Gimana, teman-teman tertarik juga mencoba gelang PARA'KITO® sebagai satu cara menghindari gigitan nyamuk?

Silakan langsung kepoin infonya saja yaaaa..!💖


IG: @parakito.id | FB: ParakitoID



Para'kito gelang anti nyamuk

Salam Sehat


signature-fonts

32 comments

  1. Di rumahku lagi banyak banget nyamuuk ini, gakuku. Btw benera banget kadang aku pun suka pake terang, ehh makin kliatan pada mendekat.

    Nah Para'kito ini simple banget ditaro jadi gelang, cuma tinggal masukin pellet bisa langsung dibawa kmana mana yaa, jadi ga khawatir saat anak bermain kemana pun.

    ReplyDelete
  2. Ilmu baru nih, menghindari nyamuk ternyata harus pakai pakaian twrang ya. Lah berarti org yg rentan digigit nyamuk itu yg kulitnya gelap ya? Xixixixi.. ga ngaruh keknya kalau warna kulit ya.

    ReplyDelete
  3. Jadi solusi banget nih mbak.
    Aku dan keluarga risih banget kalau uda ada nyamuk. Berbagai cara uda dicoba, seperti yang mbak saranin. Hampir semua celah dan lubang di rumah uda d tutup pakai kawat nyamuk,
    Tapi klo dah malam tetep ada ajaa nyamuk yang masuk.
    Para'kito bru denger nih..
    Kayaknya mesti dicoba untuk melindungi keluarga saya dari gigitan nyamuk..

    ReplyDelete
  4. Saya percaya Mbak Dian, segala ciptaan Allah pasti ada manfaatnya, terlepas dari ada dampaknya juga, dan itulah yang harus kita siasati.

    Nah, kehadiran nyamuk itu pastinya jadi salah satu rantai ekosistem ya, Mbak. Selain untuk penyerbukan juga nyamuk jadi makanan cecak hehehe.

    Selama ini saya lebih suka melakukan dua hal. Menjaga kebersihan lingkungan dan tidur memakai kelambu hehehe. Tapi keren nih, gelang PARA'KITO® selain dari bahan alami, juga aman digunakan ya, Mbak. Jadi pengin coba hehehe.

    ReplyDelete
  5. Yg masih suka bingung, kayaknya nyamuk kok juga pilih2 ya kalau nggigit. 2 anak saya tidurnya sekasur berdua, tapi yg suka digigit nyamuk si kakak. Adeknya aman 🤔. Kayaknya parakito boleh juga nih, jadi solusi anti nyamuk

    ReplyDelete
  6. Aku pernah kena cikungunya mba Dian..
    Rasanya kayak gak punya tulang, semua sendi lemes banget. Bawaannya memang mual mau muntah.
    Saya baru dengar parakito ini Mba.. nanti coba beli ah.. soalnya tanpa pestisida jadi aman banget buat si baby yang masih kecil..

    ReplyDelete
  7. Simpeelll banget ya Mba
    Mau coba ahh, soale di Surabaya "banyak nyamuk di rumahkuuuuuu" *singing*
    Moga2 produk ini bisa ngebantu menghempas manja si nyamuk nakal, yaa

    ReplyDelete
  8. nyamuk jaman sekarang mah setrong-setrong ya, kayak mempan aja kalo disemprotin obat nyamuk,,, makasi buat tipsnya.. cobain ya

    ReplyDelete
  9. Obat penagkal nyamuk alami seperti ini sudah lama ditunggu kehadirannya. Kadang kalau jalan masuk hutan, kan banyak banget nyamuknya, sementara obat oles yang ada penuh muatan kimia alias racun. Pastinya ini cocok untuk traveling

    ReplyDelete
  10. Hihihi...ada lagi nih bukan cuman manusia yang vegetarian, nyamuk juga ada yang vegetarian (kalo gak salah tangkep dalam membacanya lho).Trus bisa mengendus keberadaan kita dari jarak 30 meter karena bau hembusann nafas kita (alamaaa...( trus dari jarah 5-10 meter bisa menditeksi suhu badan kita (hiii...ngeri juga yaaa...). Tapi harga PARAKITO lumayan juga ya Mbak harganya. Tapi untuk kesehatan tentu saja harga gak masalah (bagi mereka yang berdoku). Siapa tau bunda ada rezeki dari CP jadi deh beli PARAKITO, tapi kalo yang udah nini-nini gak terlalu gaya pake PARAKITO.

    ReplyDelete
  11. 4 penyakit yang disebabkan nyamuk itu bisa parah ya Mbak. Bagusnya ya PARA'KITO ini, bisa membantu melindungi kita dari nyamuk

    ReplyDelete
  12. Kok ini lucu banget yang untuk anak-anak, aku tuh biasanya kalau anakku mau main ke luar rumah biasanya masih tradisonal gitu oles2 minyak anti nyamuk. Boleh juga ini mencoba dengan menggunakan Parakito.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sama mbak..saya juga gitu, pakaikan anakanak minyak eh lotion anti nyamuk ding.. Kalau anti nyamuknya kayak Para'kito gini keren jadinya. Tetap stylish. Hahahah

      Delete
  13. Menggunakan PARA'KITO ini selain aman dan tidak menganggu aktivitas yaa..
    Soalnya kalau di semprot, pas belum ilang banget baunya, bikin batuk. Tapi kalau gak disemprot, pas tidur risih banget denger suara berdengung.

    Di bandung nyamuknya gak banyak, tapi satu-satu ini juga nyebelin banget.

    ReplyDelete
  14. Wow ternyata banyak sekali ya jenis nyamuk. Untung gak semua penghisap darah, ada yang vegetarian. Ini sayanbaru tahu lho. Gak kebayang gimana jika semua penghisap darah, bisa bawa bayi kabur kali ya. Wakkaakka

    ReplyDelete
  15. Kalau pelindung dari gigitan nyamuknya keren gini mah, anakanak pasti pada mau pakai. Tersedia banyak warna pula. Jadi pengen beliin buat anak-anak saya juga euy~

    ReplyDelete
  16. Idenya luar biasa ini ya mba untuk anti nyamuknya. Ga berbahaya untuk kulit maupun pernapasan seperti obat nyamuk pada umumnya. Mau kepoin akun Para'kito deh kalau gitu.

    ReplyDelete
  17. Semakin canggih ya bund cara mengusir nyamuknya, bisa digunakan sekaligus buat gaya juga nih dikira gelang atau jam gitu ya

    ReplyDelete
  18. Baru beberapa minggu lalu tiba2 saya "terganggu" dengan pertanyaan yg muncul gitu aja di pikiran : "apa fungsi nyamuk di alam semesta?" Bersyukur menemukan jawabannya di platform Quora dan ditambah info Mbak Dian di sini :)
    Btw...ini anti nyamukknya keren ya. Designya juga bagus, jd skalian buat fashion :)

    ReplyDelete
  19. Wah ya kok unik mba.Butih nih gelang biar anakkku ga didrketin nyamuk :)
    Fashionable juga yas

    ReplyDelete
  20. Wah, baru tau produk gelang Para Kito. Unik banget ya. Kalo aku biasanya, sebelum tidur kamar di semprot. Terus sama jaga kebersihan rumah

    ReplyDelete
  21. Wah.. Jd penasaran nih sm gelangnya. Kebetulan aku n anak2 kategori manis dagingan jg. Jd pada suka digigitin nyamuk. Heu. Mana kan penyakit dr gigitan nyamuk ini serem2 semua. Hiks

    ReplyDelete
  22. Ini andalan aku banget loh mbak, setiap aku ajak Gendish pulkam aku selalu sedia ini, bahkan sejak dia bayi, kalau bayi aku pakeinnya di kaki biar gak kegigit atau ke emut

    ReplyDelete
  23. Wah kyknya menarik nih mbak. Seringkali tahunya tu kalau obat nyamuk bahaya ya, kalau ini aman buat semua dan lucu juga dipakainya jd gelang gtu. Bisa melindungi anak saat bermain di outdoor.

    ReplyDelete
  24. Lucu bangeet, aku mau punya deh buat sekeluarga. Karena memang resah banget kalau lagi "musim" nyamuk. Apalagi Anakku pernah ada yang ngalamin gejala DBD, bikin was2 jadinya.

    ReplyDelete
  25. Wuih, keren banget ya, aman dan praktis untuk menghindari gigitan nyamuk... Kepoin ignya ah...

    ReplyDelete
  26. Wah, yess. We are should take care about our environtment, keep healthy and always eat good nutrition.

    ReplyDelete
  27. Dengan kehadiran satu jenis nyamuk saja malah jadi berkah buat kebanyakan manusia ya Mbak. Meskipun memang mendatangkan penyakit. Manfaatnya lebih besar dibanding mudorotnya. Jadi membuka lapangan pekerjaan di pabrik-pabrik obat anti nyamuk. Orang pun berlomba-lomba menjaga kebersihan. Mungkin kalau tidak ada nyamuk orang malah akan jorok-jorok.

    ReplyDelete
  28. Duh jadi pengen cobain... secara kan lagi musim rawan DB ya.. Salah satu cara ampuhnya ya mencegah digigit nyamuk dl...

    ReplyDelete
  29. Produk anti nyamuk udah dipakai di banyak negara tapi aku baru tahu, lho. Enaknya dipakai gelang gini mana motifnya lucu-lucu. Kalau basah gimana, mbak?
    Trus ga perlu sesak karena semprotan obat nyamuk. Enak nih

    ReplyDelete
  30. Sbnrnya kalo rumahku ga terlalu banyak nyamuk, ada, tp ga mengganggu. Cuma kalo ke rumah mama, duuuh di sana sarangnya kurasa -_- .

    Td lgs aku cari tau hrg nya di marketplace mba. Lumayan juga yaa, tp kalo memang worth it sih, mau banget. Berguna pas dipake di luar. Apalagi aku ada plan mau camping Ama kluarga ntr :D. Drpd pake lotion nyamuk, mendingan ini

    ReplyDelete