Kelebihan Menyewa Apartemen Dibanding Menginap di Hotel

Beberapa waktu terakhir, ketika bepergian bersama keluarga, saya lebih pilih menyewa apartemen jika ada. Pasalnya, anak-anak saya makin besar sehingga tidak lagi memungkinkan menginap di satu kamar. Alhasil, jika menginapnya di hotel, dua kamar harus kami pesan. Otomatis, saya dan suami jadi berbagi tugas, yang satu sekamar dengan si sulung yang lain dengan si bungsu. Kecuali jika ada family room di hotel itu. Padahal, jika pisah-pisah begini nginepnya, ribetnya jadi terasa. Kami mesti bolak-balik ambil barang bawaan, dijamin enggak bisa kruntelan dan liburan yang penginnya jadi momen bonding yang seru bersama keluarga jadi terkendala. Maka, ketika mengunjungi satu kota dan akan menginap di sana, saya akan cari dulu adakah apartemen yang disewakan di situ. Jika ada, saya lebih pilih menyewa apartemen dibanding menginap di hotel.


Mengapa?


apartemen di Jakarta


Tentang Apartemen dan Hotel


Etapiii, sebelumnya yuk kita lihat dulu beda apartemen dan hotel!


Apartemen adalah tempat tinggal yang terdiri atas kamar duduk, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan sebagainya, yang berada pada satu lantai bangunan bertingkat yang besar dan mewah, dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, toko, dan lainnya.


Sedangkan hotel merupakan bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan; bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan, penginapan, makan dan minum.


Nah, awalnya apartemen merupakan hunian yang berfungsi serupa rumah. Di mana apartemen tumbuh dan berkembang di wilayah yang karena kemajuan ekonomi memiliki keterbatasan lahan untuk hunian yang sifatnya horizontal (rumah tapak/landed house). Sehingga dibuatlah tempat tinggal vertikal yang jadi solusi seiring makin mahalnya harga tanah.


Kemudian, alih-alih ditempati sendiri, apartemen lambat laun menjadi sebuah investasi dengan menyewakannya secara harian, bulanan maupun tahunan, dengan pengelolaan oleh pribadi maupun perusahaan. Pilihan jangka waktu tersebut memang tergantung si penyewa. Jika kebutuhannya untuk tinggal lebih lama, maka ia akan memilih jangka waktu sewa per bulan atau per tahun. Tapi kalau hanya untuk sementara sewa harian pun bisa dilakukan. 


Ya, apartemen kini bisa jadi pilihan penginapan bagi kita baik untuk urusan perjalanan yang terkait pekerjaan maupun wisata.


Keuntungan sewa apartemen
The Mayflower Jakarta - Marriot Executive Apartments


Kelebihan Menyewa Apartemen Dibanding Menginap di Hotel

Lalu apa kelebihan menyewa apartemen dibanding menginap di hotel?


1. Lebih Leluasa

Apartemen sesuai untuk keluarga karena lebih leluasa. Biasanya tersedia satu kamar tidur (atau lebih), dapur, ruang tamu, ruang makan, kamar mandi,... bahkan sofa bed yang bisa difungsikan untuk kasur tambahan. Ini membuat menginap di apartemen terasa lapang dan istirahat pun bisa tenang. Bandingkan saja, apartemen dengan luasan 50 m² dengan kamar hotel yang hanya 24 m². Dijamin bakalan puas selonjoran setelah seharian jalan-jalan, kan?


2. Feeling Homey

Baik menginap bersama keluarga atau sahabat, apartemen adalah pilihan tepat. Di apartemen kita akan berbagi ruang bersama, memiliki kamar sendiri sehingga lebih privasi, tanpa ada gangguan dari pihak pengelola. Tidak ada tamu atau petugas yang akan datang untuk mengecek kita saat menginap di sini. Dengan demikian, kita lebih bebas beraktivitas tanpa interupsi. Hingga bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta untuk menikmati banyak aktivitas seperti memasak, misalnya. Ya, apartemen akan memberikan lebih banyak ruang dan kenyamanan bagi kita seperti di rumah sendiri


3. Hemat Biaya

Memang dari segi tampilan harga, nominal sewa apartemen (kadang) terlihat lebih mahal dibandingkan hotel. Tapi ingat, itu harga sewa untuk satu unit. Kalau hotel, harga yang tercantum adalah harga per kamar yang umumnya hanya dibolehkan untuk 2 orang dewasa atau dengan anak di bawah 12 tahun (bahkan beberapa hotel tidak membolehkan, hanya bisa 2 tamu dewasa saja).

Misalnya: harga sewa apartemen Rp 500.000/malam sedangkan hotel Rp 400.000/malam. Kalau ada 2 dewasa+2 remaja seperti keluarga saya, otomatis harus ambil 2 kamar hotel atau biaya menjadi Rp 800.000/malam/2 kamar. See, jatuhnya malah lebih mahal bukan? Juga, di apartemen kita bisa memasak sendiri makanan yang sudah pasti menjadikan biaya jadi lebih hemat lagi.


4. Akses dan Fasilitas 

Apartemen biasanya dibangun di pusat kota atau pusat keramaian. Bahkan ini jadi daya tarik yang dihadirkan oleh pengembang sebagai fasilitas untuk penghuni. Seperti di Jakarta misalnya, banyak apartemen yang berdekatan dengan mal bahkan menyatu dengannya. Membuat kita tidak perlu repot-repot dalam mencari akses untuk berpergian, karena semua yang kita butuhkan tersedia di sekitarnya.

Bahkan tanpa keluar dari lokasi pun, fasilitas di apartemen sudah memanjakan kita. Pasalnya, beberapa apartemen bisa disewa harian dengan pemakaian fasilitas tambahan tanpa biaya. Misalnya tersedia  kolam renang, playground, gym dan sebagainya yang bisa kita pakai saat menyewa.


5. Fleksibilitas

Aturan waktu serta administrasi yang panjang mesti kita hadapi ketika ingin check in atau check out di hotel. Belum lagi, ada hotel yang mengenakan biaya tambahan seperti deposit kunci. Menariknya, hal ini tidak berlaku apabila kita melakukan sewa apartemen harian karena waktu yang lebih fleksibel. Biasanya tidak akan terlalu ketat soal waktu check-in dan check-out, asalkan tidak ada tamu lain setelahnya. Dengan catatan kita menghubungi pengelola dan melakukan koordinasi sebelumnya.


Keuntungan sewa apartemen
Ascott Kuningan Jakarta


Jadi, Pilih Apartemen atau Hotel?


Nah, itulah kelebihan menyewa apartemen dibanding menginap di hotel yang bisa kita pertimbangkan. Pilihlah akomodasi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Atau jika kita hendak melakukannya bersama keluarga atau sahabat, diskusikan sebelumnya supaya bisa mendapatkan penginapan yang tepat.

Oh ya, biar makin memudahkan kita membandingkan mana yang lebih baik, cek penawaran di Traveloka aja. Selain menawarkan tiket perjalanan dari mulai kereta api, bus & travel, rental mobil dan hotel, Traveloka juga punya serangkaian layanan lain yang pastinya akan membuat kita makin dimudahkan. Dapatkan berbagai penawaran menarik, termasuk apartemen di Jakarta, promo kuliner di Traveloka Eats, dan kegiatan-kegiatan seru di Traveloka Xperience! 💖



Be Happy!

47 comments

  1. Baru tahu saya jika ada apartemen yang bisa disewa dalam waktu harian (maklum, saya jarang liburan. ditambah kalau liburan mesti cari penginapan yang murah meriah di gang-gang tersembunyi, hehe). Awalnya sebelum baca mikir juga, pasti apartemen lebih mahal dari hotel. Tapi setelah ada penjelasan tentang apa yang kita dapat dan berapa biaya yang akan kita ke luarkan, saya rasa impas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak..kalau berbanyak orang mendingan apartemen, jatuhnya lebih murah

      Delete
  2. Saya juga lebih suka nginap di apartemen sebenarnya ketimbang hotel, apalagi kan sekarang pelayanannya mirip hotel juga.

    Biasanya juga cari di Traveloka banyak banget tuh pilihannya ya, dan harganya beragam tinggal kita sesuaikan aja ama kebutuhan dan budget kita.

    Oh ya, btw Traveloka Eats sekarang hanya berlaku di Jakarta ya?
    Sedih deh rasanya, secara Traveloka Eats itu udah jadi sahabat buat makan enak dan murmer ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. failitas apartemen sudah bersaing dengan hotel, dengan beberapa kelebihan yang dimiliki bisa jadi pilihan pasti

      Delete
  3. Jadi teringat masa masa berkutat dengan Traveloka Traveloka eat! Dan atau Traveloka experience sebelum masa pandemi. Ga kerasa udah mau setahun semua itu terlupakan. Di rumah saja soalnya hehehe

    Semoga pandemi segera berakhir. Biar bisa pergi pergi lagi...

    ReplyDelete
  4. Buat emak anak tiga kayak saya, kalo mau longstay, enaknya apartemen mbaaa. Alasan saya sih sederhana, ada dapurnya. Hahahaha. Anak-anak bayiku juga lebih luas ruang geraknya. Gak terbatas di kamar saja. Tapi, suami saya pas ada meeting dan harus semingguan di Jakarta, dia sama teman kantornya juga lebih pilih sewa apartemen ketimbang diinepin di hotel. Workspace mereka lebih luas aja katanya. Bisa ajak teman-temannya kerja bareng di apartemen. Makanan mah take away atau delivery order aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, dengan berbagai alasan tersebut lebih tepat nginep di apartemen memang

      Delete
  5. memang ya mba di apartemen tuh lebih homey dibandingkan hotel. meski sama-sama berbentuk gedung tapi tetap aja rasanya beda. kalau saya tuh suka sama tempat luas dan strategis, nah sepertinya menginap di apartemen bisa jadi pilihan nih pas lagi keluar kota.

    ReplyDelete
  6. Wah bisa jadi bahan referensi ini mbak, secara saya juga anggota keluarganya banyak hehee, biasanya sewa dua kamar kalau nginep di hotel. Ternyata apartemen juga ada yang per malam juga ya sewanya, dengan fasilitas dan ukuran lebih luas sepertinya memang lebih hemat sewa apartemen bagi keluarga yang jumlah anggotanya banyak, apalagi yang ada anak remajanya, kayak saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga 2 anak remaja, pas kalau di apartemen

      Delete
  7. Aku pilih apartemen. Lebih leluasa dan ada dapurnya. Buat ngangetin ato bikin minuman aja sih, engga masak. Makanan ya beli aja...Terus lebih privacy juga sih kalau apartemen...

    ReplyDelete
  8. Jelas pilih apartemen dong,mbak. Lebih hemat pastinya.
    Btw aku baru dengar loh apartemen disewakan harian gitu. Hmmm jadi pingin coba kalau ntar udah aman dari corona

    ReplyDelete
  9. kalau liburan ke Indonesia, saya juga suka tengok promo di traveloka belakangan ini. Kalau dulu traveloka hanya sebatas akomodasi dan transport, sekarang banyak sekali pilihannya.

    Sayangnya saya ngga kepikiran kalau soal akomodasi, sewa apartemen di traveloka. Biasanya di air b&b yang malah terkadang jatuhnya lebih mahal dibandingkan hotel, karena ada uang bersihin apartemen dan uang listrik.

    ReplyDelete
  10. Lebih seneng apartemen jugaaaa. Selain lebih murah juga biasanya layanannya lebih terjangkau. Dulu pernah di hotel tapi ngga include biaya laundry. di apartemen udah ada laundry dan bisa hemat ngga beli makaanan tapi masak sendiri

    ReplyDelete
  11. Wah...keren nih, seandainya seluruh apartemen bisa di sewakan mungkin tak akan ada apartemen yg kosong melompong seperti di Balikpapan karena saya beli menurun. Sedangkan pembangunan apartemen makin gencar di Balikpapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga rame juga sewa apartemen di Balikpapan ya Koh

      Delete
  12. suami saya sempat menggunakan layanan ini ketika berkunjung ke jakarta dengan teman-teman satu team nya. kebayang dong harus sewa hotel dengan jumlah team 20 orang? bisa bangkrut! hehehe. dengan menyewa apartemen harga lebih terjangkau dan satu apartemen bisa di tempati 5 orang, masalah tidur? bisa ngelapak dimana aja yang penting bisa bobo,hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya Mbak, lebih pas di apartemen ya kalau rombongan

      Delete
  13. Enaknya lebih ke apartemen ya lebih luas juga kan , beda banget sama hotel

    ReplyDelete
  14. bener mbak terkadang apartemen lebih leluasa dibanding hotel. cuma pas saya dan suami sekalian kerja bawa anak2 lebih milih hotel karena dapat sarapan hehe

    ReplyDelete
  15. Benar mbak..
    Aku juga klo staycation sama anak anak lebih milih nginep di apartemen..
    Lbh lengkap fasilitasnya, tapi harga terjangkau

    ReplyDelete
  16. Iya mbak. hematan apartement ya ternyata. sudah ada dapur dll. kalau hotel, kamarnya doang. aduuh jadi kangen staycation lagi deh. hehe

    ReplyDelete
  17. Kalau untuk menginap lama sepertinya lebih hemat nginap di apartemen ya Mba Dian, karena ada dapur dan bisa masak, Hemat budget buat makan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mbak..masakan kilat, saya biasa bawa bahan yang simpel, paling tidak bisa bikin indomi hihi

      Delete
  18. Jadi pengen staycation di apartemen. Dihitung-hitung memang lebih enak dan nyaman di apartemen ya.

    ReplyDelete
  19. Akutu seneng banget lo nginep di apart. Jatuhnya hemat. Apalagi suasananya juga, sebagai orang ndeso seneng gitu bisa ganti atmosfer

    ReplyDelete
  20. Wah sekarang apartement aja bisa disewa ya. Jadi kalau pengen staycation ada banyak pilihan. Budgetnya pun bisa terjangkau pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy, Mbak..sudah lama sih, cuma kini lebih banyak lagi

      Delete
  21. Aku juga lebih memilih tinggal di apartemen dibandingkan hotel, Mbak. Terutama kalau perjalanan bersama keluarga. Bahkan sendiri pun aku lebih suka di apartemen, loh. Mengingat perutku mudah lapar di tengah malam, hihihi ... Jadi bisa ke dapur deh buat bebikinan apa gitu.

    Kalau dihitung-hitung, biaya sewa unit di apartemen juga jadi lebih murah dibandingkan membayar dua kamar hotel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak...dan yang utama bisa kruntelan sambil makan tengah malam kwkw

      Delete
  22. Wah, terima kasih atas ulasannya. Bisa memberi tambahan alternatif tempat menginap selain hotel saat bepergian.

    ReplyDelete
  23. Betul skrg lagi trend menginap di apt untuk lbh dari 2 orang dari segi cost lbh murah sih ya..aplgi dilengkapi fasilitas wuih mantep deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, lebih hemat jatuhnya ya Mbak..fasilitas pun keren punya!

      Delete
  24. Wah, setuju nih, Mbak Dian. Makasih banget ulasannya. Jadi solusi kalau berpergian dg rombongan nih. Karena memang suka galau soal penginapan karena biaya hotel gede banget. Untung skrg ada pilihan apartemen yg bisa disewa harian, yah.

    ReplyDelete
  25. Saya pilih yang harganya kompetitif dan fasilitas lengkap dengan promo banyak.... hehee medit banget ya 🙏🙏

    ReplyDelete
  26. Ini aku setuju sih kak. Fasilitas mirip hotel tapi leluasanya jauh lbh leluasa di apartemen. Jatuhnya jadi lbh hemat juga kan .

    ReplyDelete