Menjaga Pola Makan untuk Kulit Berjerawat

Menjaga pola makan untuk kulit berjerawat itu sangat penting! Ya, jerawat biasanya timbul karena minyak dan kotoran yang menempel di kulit dan tidak dibersihkan. Padahal jika sedang ke luar rumah, pasti wajah akan terkena debu ataupun polusi udara. Debu dan polusi inilah yang kemudian bercampur dengan kulit yang berminyak, sehingga memicu munculnya jerawat. Nah, ketika kulit mengalami masalah seperti jerawat, memang sangat mengganggu .... Jika jerawatnya satu dua saja masih okelah. Akan tetapi jika banyak, pasti sebagian orang akan merasa malu bahkan akan menurunkan rasa percaya diri mereka. 


Pola Makan untuk Kulit Berjerawat


Well, timbulnya jerawat selain disebabkan karena faktor lingkungan, juga dikarenakan pola makan yang tidak diatur dengan baik. Meskipun kita selalu membersihkan muka dengan rutin juga merawatnya, jika pola makan tidak beraturan maka itu sama saja. Jerawat akan berkunjung lagi dan lagi secara tiba-tiba.

Maka, untuk mengimbangi kebersihan kulit, kita juga perlu banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Tidak hanya itu saja, kita juga mesti mengurangi konsumsi protein hewani serta minyak jenuh. Tak lupa, ketika mengonsumsi aneka makanan, kita perlu tahu kebiasaan baik apa saja yang harus dilakukan agar kondisi kulit sehat terawat. Artinya, kita perlu menjaga pola makan dengan baik dan benar.

Cara Menjaga Pola Makan untuk Kulit Berjerawat

Nah, bagaimana cara menjaga pola makan untuk kulit berjerawat?

  • Mengurangi asupan karbohidrat yang ada dalam pasta, roti, maupun nasi
  • Kurangi makan makanan instan, karena di dalamnya terdapat banyak bahan pengawet
  • Menggunakan penyedap rasa alami pada masakan, seperti garam, gula, jamur, tomat...dan lainnya
  • Minum satu sendok perasan jeruk nipis di pagi hari ketika bangun tidur
  • Memilih buah atau sayur yang baik bagi kondisi kulit kita
  • Mengonsumsi sayuran mentah (raw veggies) - tapi jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu
  • Konsisten dengan kebiasaan ini agar kulit selalu terjaga kesehatannya

Pola Makan untuk Kulit Berjerawat

Buah dan Sayur yang Dianjurkan untuk Kulit Berjerawat

Kemudian, selain kebiasaan-kebiasaan seputar makan tersebut kita juga perlu tahu tentang buah dan sayur apa saja yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi kulit berjerawat, yakni:


1. Buah Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang diyakini memiliki banyak sekali nutrisi agar kulit menjadi lembab, membantu mengurangi dan menghilangkan kulit yang beruam/merah, menetralisir kulit ketika mengalami iritasi, serta mampu membantu meregenerasi kulit yang telah rusak. Hal ini disebabkan kandungan asam lemak monounsaturated di dalam alpukat adalah omega-9 dan asam Oleic. 


2. Buah Apel

Dalam satu buah apel, terkandung beberapa vitamin seperti vitamin A, C, serta antioksidan dan phenols yang memiliki khasiat untuk memerangi radikal bebas dan penuaan dini. Kandungan inilah yang dapat mencegah timbulnya kerutan dan jerawat.


3. Mentimun

Mentimun sering kali dijadikan sayuran saat makan atau sebagai lalapan hingga makanan makin terasa sedapnya. Siapa sangka, ternyata mentimun memiliki kandungan mineral yang sangat dibutuhkan oleh kulit agar menjadi lebih cerah. Tidak hanya itu saja, sifat Alkali dalam buah ini juga mampu menghidrasi kulit bahkan menyembuhkan jerawat pada kulit yang mulai meradang. 


4. Kurangi Konsumsi Gula

Mengurangi asupan gula dalam makanan maupun minuman juga dapat merawat kulit menjadi cerah. Jika terlalu banyak gula, maka aktivitas insulin dalam tubuh akan menjadi meningkat. Hal inilah yang menjadi penyebab produksi lemak dan hormon menjadi tinggi. Cobalah berganti untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kadar gula alami seperti buah ataupun sayuran.


Menjaga Pola Makan untuk Kulit Berjerawat

Pola Makan Sehat untuk Kulit Berjerawat

Well, pola makan setiap orang berbeda-beda. Tapi ingat semua makanan yang masuk ke tubuh kita selain berpengaruh pada kesehatan, nantinya juga akan berkaitan dengan masalah jerawat yang mungkin bisa datang. Sebaiknya kita tidak terburu-buru untuk berkonsultasi ke dokter atau membeli berbagai macam obat dan alat kecantikan untuk perawatan kulit berjerawat. Karena pada akhirnya cara merawat wajah yang terbaik adalah dengan menghindari segala macam pemicunya. 

Yang utama adalah konsisten pada pola makan kita. Karena ketidakkonsistenan mampu memicu timbulnya aneka penyakit seperti sariawan, jerawat, maag dan lainnya. Juga, jangan asal-asalan mengonsumsi berbagai macam makanan. Karena jika tubuh sudah mulai protes dengan apa yang telah masuk ke dalam, maka akan menimbulkan berbagai gejala penyakit yang tak kita duga. Jadi, menjaga konsistensi dalam mengonsumsi berbagai macam makanan itu penting sekali.

Menjaga pola makan ketika kulit berjerawat adalah koentji. Dengan pola makan yang sehat, kita akan mendapatkan tubuh segar bugar sehingga jerawat yang menghiasi kulit lama kelamaan akan berangsur menghilang. 

Dengan catatan ketika jerawat sudah hilang, kita harus tetap menjaga pola makan yang teratur. Karena jika kita hanya menjaganya pada saat berjerawat saja, maka ketika jerawat sudah berlalu akan timbul kembali seperti dulu. Kalau balik maning jerawatnya kita pasti bakalan syeeedih kan ya?

Baiquelah....yuk menjaga pola makan yang sehat agar kulit tidak lagi berjerawat! Semangaat!!💖



Salam Sehat

signature-fonts

15 comments

  1. Setuju, kl mau sehat ya ubah pola makan, cukup tidur dan rajin olahraga. Saya dulu bermasalah sekali dengan jerawat. Kl makan berminyak, langsung tambah banyak. Skrg udah gak ada lagi hehe

    ReplyDelete
  2. Pas banget ada teman yang lagi bermasalah sama kulit berjerawat. Entah bagaimana tiap makan protein tinggi kulit jadi mudah berjerawat dan susah hilang. Sepertinya tips ini akan berguna. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Wah minum perasan jeruk nipis di pagi hari, akan saya terapkan nih mulai besok.kebetulan saya punya riwayat yang belum bersih nih muka hehe

    ReplyDelete
  4. Ternyata pola makan dan jenis makanan juga mempengaruhi timbulnya jerawat ya, kirain karena masalah hormon dan malas bersihin muka aja.

    ReplyDelete
  5. Jerawatan tuh inget zaman ABG. Duh...parah banget. Sampe engga berani makan cokelat, padahal kesukaan banget. Bener tuh, pola makan pengaruh banget...

    ReplyDelete
  6. minum perasan jeruk nipis saya terapkan 2 kali seminggu selama ini, apa itu bagus kak?

    ReplyDelete
  7. Yuni pernah dengar katanya perasan jeruk nipis memang bagus untuk detok tubuh. Cuma ya itu sih. Nggak sanggup sama rasa asamnya euy.

    Kadang ditambah madu biar nggak asam-asam banget. Hehehe

    ReplyDelete
  8. Bener kak.. Pola makan dan pola pikir itu penting banget buat kesehatan kita

    ReplyDelete
  9. Wah saya masih suka banget nih sama Mknan yg manis2 ternyata ini salah satu penyebab muka berjerawat ya mba Dian ..kapok deh coba tak kurangi mkn yg manis2..mksh mba infonya

    ReplyDelete
  10. Ada juga nih mbaa katanya susu juga bikin jerawatan ya? Aku pernah baca dimana gitu. Cuman bersyukur aja sih karena ga begitu suka susu hihi

    ReplyDelete
  11. Selalu takjub dengan perjuangan temen-temeb acne fighter. Tentunya kudu disiplin banget ya soal asupan makanan. Tpi memang yg direkomendasikan bahan bergizi semua, bolehlah sok dicoba

    ReplyDelete
  12. Ternyata konsumsi sayuran mentah banyak banget manfaatnya ya kak, bisa mencegah jerawat. Aku biasanya makan sayuran mentah upaya pencernaan lancar dan tidak sariawan. Ternyata berbonus. thanks infonya kak.

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah dapat tips bagus nih untuk menjaga pola makan bagi yang kulit wajahnya berjerawat seperti aku... Makasih loh mba, mana dijembrengin juga buah yang bagus untuk mendukung kesehatan wajah berjerawat... Agar tidak berjerawat lagi dan lebih terawat ya mba

    ReplyDelete