Ingin Staycation Saat Pandemi, Perhatikan 6 Hal Ini

Staycation saat pandemi? Aman enggak sih? Duh, masih ngeri sebenarnya! Tapi, mengingat hampir 6 bulan saya dan keluarga nyaris di rumah saja, refreshing tipis-tipis dengan melakukan staycation, menjadi cara liburan yang mudah dan aman tanpa perlu pergi ke luar kota apalagi ke luar negeri. Lalu adakah persiapan tertentu supaya staycation berjalan nyaman sesuai dengan harapan?


Ingin Staycation Saat Pandemi, Perhatikan 6 Hal Ini


Apa Staycation Itu?


Saya lansir dari Cambridge Dictionary, pengertian staycation adalah liburan yang dilakukan di rumah atau di dekat rumah tanpa pergi atau melakukan perjalanan ke tempat lain.

Berasal dari kata "stay" dan "vacation". Stay artinya “tinggal”, sedangkan vacation memiliki arti “liburan”. Sehingga jika diartikan dari asal katanya adalah liburan dengan tinggal atau menetap di suatu tempat.

Nah, biasanya, hotel, apartemen, dan vila menjadi pilihan favorit tujuan staycation kita. Pasalnya, ketiga tempat dengan fasilitas lengkap ini dianggap mampu memberi suasana berbeda dibandingkan menghabiskan liburan di rumah saja. Lokasinya yang berdekatan dengan pusat hiburan lain pun menjadi nilai tambah yang membuat kita makin betah.

Tak heran staycation bisa jadi solusi traveling saat pandemi yang kini semakin diminati, karena:

✔ Lebih Mudah: tanpa perlu perencanaan panjang, cuma butuh pesan penginapan

✔ Hemat Biaya: karena dekatnya lokasi, artinya kita tidak perlu keluar biaya lebih untuk transportasi

✔ Hemat Waktu: enggak perlu cuti atau nunggu libur sekolah,  saat weekend bisa staycation kita

✔ Sama Manfaatnya: meski singkat, staycation manfaatmya sama dengan traveling ke luar kota.


Tapiiiiii, sebelum menjalankan staycation ini, sebaiknya kita memperhatikan beberapa hal, mengingat pandemi COVID-19 ini belum sepenuhnya pergi. Maka diperlukan langkah persiapan agar staycation berjalan dengan aman dan nyaman.


Ingin Staycation Saat Pandemi, Perhatikan 6 Hal Ini


Tips Staycation Saat Pandemi


Setelah beberapa bulan di rumah saja dan beberapa daerah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar, sekarang kita telah memasuki era new normal. Era dimana kita diperbolehkan untuk beraktivitas di luar ruangan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Nah, banyak orang yang merasa bosan terlalu lama di rumah saja dan ingin pergi liburan, hingga memilih staycation sebagai cara untuk melepas kejenuhan. 

Well, pastinya dengan tetap memperhatikan:


1. Biaya

Meski staycation itu cuma piknik tipis-tipis tapi karena pakai acara nginap jadi mesti disiapkan biayanya sesuai budget kita. Pilah dan pilih penginapan sesuai dengan besaran dana yang kita siapkan. Tak lupa, bukan hanya soal biaya penginapan saja, tapi hitung juga pengeluaran makan selama di sana serta biaya operasional kendaraan yang meliputi bahan bakar, tol dan parkirnya.


2. Penginapan dengan Protokol Kesehatan

Saat memesan penginapan pastikan jika mereka telah menerapkan protokol kesehatan. Cek di website-nya atau langsung menanyakan lewat email atau telepon ke sana. Sebaiknya urungkan niatan memesan jika ternyata mereka tidak menerapkan aturan yang berlaku.


3. Buat Rencana

Meski hanya satu atau dua hari saja enggak ada salahnya bikin rencana di sana mau ngapain saja. Sehingga di hari-H kita berangkat dengan terencana membuat staycation akan menyenangkan nantinya.


4. Ingat COVID-19 Kit

Era new normal menumbuhkan kebiasaan baru mengingat protokol kesehatan yang berlaku. Demikian juga saat akan staycation. Maka jangan lupa bawa juga tas berisi perlengkapan pribadi untuk mencegah penularan virus COVID-19 ini. Isi dengan masker cadangan, hand sanitizer, sabun cuci cair, tisu basah, kantong penyimpan masker dan baju kotor, serta perlengkapan salat dan makan pribadi. Dan, pastikan setiap anggota keluarga membawa satu tas ini.


5. Protokol Kesehatan is the must!

Mengingat pandemi masih enggan pergi, meski lagi jalan-jalan tetap jalankan protokol kesehatan, baik saat di kendaraan maupun ketika sampai di tempat tujuan. Tetap jaga jarak aman, bawa dan pakai masker juga cuci tangan sesering mungkin.


6. Siapkan Kendaraan dan Dukungan Berkendara

Meski staycation durasi perjalanannya lebih singkat, pastikan SIM A pengendara enggak terlupa. Juga STNK dan asuransi mobilnya. Isi penuh bahan bakar dan kartu tol agar kita tak perlu sering berhenti nanti. Pelajari rutenya untuk memudahkan perjalanan kita. Juga, lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kendaraan, untuk memastikan kendaraan tidak mengalami masalah dalam perjalanan. 

Dan, supaya Toyota kita tidak mengalami kendala, lakukan servis berkala di bengkel Auto2000 yang saat ini sedang menggulirkan program after sales istimewa di era new normal untuk mendukung staycation kita!


Ingin Staycation Saat Pandemi, Perhatikan 6 Hal Ini



Tentang Auto2000


Ya, Auto2000 mempersembahkan Program Sehat Toyotaku berisi paket servis berkala yang dibuat secara parsial sesuai kebutuhan di masa New Normal sehingga menghemat anggaran. Di mana Program Sehat Toyotaku hanya bisa dimanfaatkan via booking service di Auto2000 Digiroom dan akan membuat urusan kendaraan jadi lebih mudah hingga staycation pun bisa berjalan dengan aman dan nyaman.

Tidak hanya melayani booking service untuk bengkelnya saja, Auto2000 Digiroom yang merupakan transformasi baru dari website Auto2000.co.id, kini juga menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia.

Yes, kini kita dapat melakukan pembelian kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust) hanya dengan sentuhan tangan di layar smartphone kita.

Dengan konsep “seamless end-to-end customer experience”, Auto2000 Digiroom memastikan pelanggan merasakan pengalaman pelayanan di platform digital yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000 yang ada.  Tak hanya itu, aplikasi Auto2000 juga akan membantu pelanggan melakukan perawatan kendaraan Toyota menjadi semakin mudah, mulai dari pemesanan THS – Auto2000 Home Service, melacak status servis, hingga simulasi perhitungan pembiayaan). Auto2000 Digiroom beneran jadi layanan yang praktis seakan-akan showroom Toyota ada di saku kita.

Oh ya di website Auto2000.co.id juga ada aneka tips dan trik, berita, ulasan produk....pokoknya semua tentang Toyota, lengkap ada!

Nah, gimana? Mau staycation juga seperti saya? Perhatikan dulu persiapannya ya!  Manfaatkan quality time bersama keluarga tanpa perlu rencana yang merepotkan. Dan serahkan saja urusan Toyota kita ke ahlinya! Mau booking service, cari aksesoris sampai Promo Mobil Toyota ada! Cus....kepoin aja!😍


Ingin Staycation Saat Pandemi, Perhatikan 6 Hal Ini


Happy Staycation


23 comments

  1. wah kemarin baru saja nginep di hotel setelah lama gak , tapi ya hotelnya menerapkan banget protokolnya bahkan sarapan pagi diantar ke kamar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak utamakan protokol kesehatan itu yang terpenting

      Delete
  2. iya nih mbak aku juga kangen staycation hehehe
    mau pergi pergi jauh kok masih belum siap juga. beberapa hotel yang udah dibuka di kotaku ketika ada aturan new normal, hotel ini juga mengumumkan di sosmednya kalau aturan hotel mengikuti aturan new normal juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa dipilih yang menerapkan protokol kesehatan demi keamanan semua

      Delete
  3. Setuju banget, Auto 2000 memang terpercaya. Apalagi sekarang ditambah dengan Auto 2000 Digiroom memudahkan buat kita yang akan melakukan perjalanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak..one stop service Toyota ada di Auto 2000 Digiroom

      Delete
  4. Wah seru banget Mbak, Staycation. Aku juga sudah sejak Maret yang lockdown itu sampai sekarang masih di rumah saja nih, nggak ada kemana-mana lagi, masih takut. Mau staycation juga pastinya nggak berani gunakan fasilitas umumnya, tetap di dalam kamar saja, tapi paling tidak suasana baru yaa Mbak, menghilangkan kejenuhan.

    ReplyDelete
  5. Seru ya, Mbak. Aku masih di rumah aja sejak adanya psbb. Bosen banget. Mau pergi2 masih takut apalagi bawa bayi

    ReplyDelete
  6. Belum berani staycation nih sy.. btw layanan Auto 2000 terbaik ya mba Dian, jadi pengemudi ga usah cemas jika terjadi sesuatu..apalagi ada Digiroom.. mantab Auto 2000 nih

    ReplyDelete
  7. Wahh layanan auto 2000 bagus banget ya. Jadi ga pusing selama pandemi gini.

    ReplyDelete
  8. Aku sebenernya suka staycation mbak. Di dalam kota cari yg promo atau yg emang murah. Tapi sejak pandemi ini aduhhh radak ngeriii . Kasian juga ya hotel atau apartemen nya jadi sepi .

    PGN staycation lagi tapi masih was was. Makasih tipsnya mbak dian

    ReplyDelete
  9. aku belum nyoba staycation nih mbak dian, jujur blm berani. br sekali bulan kemarin ke rumah mamah, nginep seminggu. tapi suami jg udh dpt panggilan dinas keluar kota..dia cerita mmg hotelnya nerapin protokol salah satunya sarapan dianter ke kamar

    ReplyDelete
  10. Auto 2000 memang peduli banget sama customer dan mobilnya mba Dian. Suami selalu saja di-sms diingetin bila sudah waktunya buat servis mobil. Nanti setelah servis pun selalu ditelpon apakah ada kendala, atau ada pelayanan yang tidak memuaskan. Pokoknya puassss deh mba

    ReplyDelete
  11. Jadi praktis ya mba kalau bisa memesan suku cadang bahkan membeli mobil secara online ��. Kami kemarin sempat mencoba daftar servis Auto 2000 lewat online, asyik banget ga pake lama nunggu.

    ReplyDelete
  12. wah iya ya mba, sekarang staycation lagi hits banget buat melepas penat saat pandemi. Staycation bawa kendaraan sendiri emang lebih aman yaa, apalagi pake Toyota yang emang udah terpercaya dari dulu

    ReplyDelete
  13. Pas banged baca artikelnya Mba Dian ini emang ada rencana staycation bareng keluarga. Protokol kesehatan is a must emang ya Mbak,, udah baca sih website hotel ybs mudah2an sama dg realitanya ya penerapan antiCovid-19 nya ya... Nahh sebelum staycation, pastikan bahan bakar mobil full tank ya, sipp

    ReplyDelete
  14. Selain memperhatikan tips yang tentunya harus memperhatkan protokol kesehatan, perlu membaca di di website Auto2000.co.id juga ya karena ada berbagai tips dan trik, berita, ulasan produk yang bisa saja dibutuhkan dalam dan selama perjalanan.

    ReplyDelete
  15. Wah, memang lebih bagus service ke bengkel resminya yach. Dengan tenaga profesional, sehingga ditangani dengan baik. Sehingga saat perjalanan tidak ada kendala apa pun

    ReplyDelete
  16. Kami berangkat staycation ke Lampung juga naik mobil Toyota Calya. EKalo pake Toyota lebih percaya aja bakal aman mobilnya.

    ReplyDelete
  17. Sekarang auto2000 lebih berkembang berarti ya mbak. Dipermudah pelayanannya lewat smartphone

    ReplyDelete
  18. Yang namanya staycation, bukan hanya urusan akomodasi yang mesti dipastikan lancar ya, Mbak. Saat membawa kendaraan pribadi, nah kendaraan kita mesti dipastikan dalam keadaan fit juga nih buat jalan. Jangan sampai perjalanan yang sebenarnya dekat aja jadi nggak asyik karena kendaraan bermasalah.

    Makanya, mesti dimanfaatkan nih Program Toyota Sehatku dari dari Auto 2000. Layanan servis berkalanya dijamin bikin hemat anggaran ya, Mbak.

    ReplyDelete
  19. setelah nengokin webnya auto 2000, lengkap ya mbak, ada tipsnya pula. Di Malang pun Auto 2000 jadi andalan keluarga untuk servis kendaraan nih

    ReplyDelete