Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Cara membuat surat izin tidak masuk kerja tuh susah enggak ya? Ketika bekerja sebagai seorang karyawan atau pegawai, kita harus tunduk pada aturan yang berlaku di lingkungan kerja. Apabila berhalangan untuk masuk kerja, juga harus membuat surat izinnya. Nah, penyebab karyawan tidak masuk pun bermacam-macam, diantaranya: sakit, urusan keluarga, menstruasi, juga terkena bencana. 

Lalu, apa saja sih acuan dalam surat izin tidak masuk kerja itu?


Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Acuan dalam Surat Izin Tidak Masuk Kerja


Identitas Diri

Hal pertama yang wajib dicantumkan di dalam surat izin tidak masuk kerja adalah identitas diri. Dalam satu hari tentu ada beberapa karyawan lain yang tidak masuk kerja. Terlebih di perusahaan besar yang memiliki ribuan karyawan, tentu tidak semua orang mengenal kita. 

Nah, seperti yang disebutkan pada https://bukuwarung.com/surat-izin-tidak-masuk-kerja/, dalam identitas diri, setidaknya kita menyebutkan 3 hal, yaitu:

  1. Nomor induk karyawan atau pegawai
  2. Nama lengkap
  3. Divisi atau bagian kita di tempat kerja

Alasan

Kemudian, setelah identitas diri disebutkan dengan jelas, kita juga perlu mencantumkan alasan ketidakhadiran. Tulislah dengan singkat, jelas, dan sesuai fakta. Jangan pernah sekali-kali memalsukan alasan tidak masuk untuk menguntungkan diri sendiri.


Waktu Perizinan

Cantumkan juga waktu yang kita butuhkan untuk tidak hadir atau masuk kerja. Misalnya kita sakit dan disarankan dokter untuk istirahat selama 3 hari, cantumkan hal tersebut. Sebaiknya lengkapi pula dengan hari dan juga tanggal supaya lebih jelas keterangannya.

Bagian ini tidak wajib ditulis, terlebih apabila kita tidak mengetahui secara pasti kapan dapat kembali bekerja lagi.


Lampirkan Dokumen Tambahan

Kebanyakan perusahaan mengharuskan karyawan melampirkan dokumen sebagai bukti. Dokumen ini juga berperan sebagai penguat alasan kita tidak dapat hadir ke kantor. Contoh dokumen yang paling sering dilampirkan adalah surat keterangan dokter.

Mekanisme Penulisan Surat Izin Tidak Masuk Kerja


Surat izin tidak masuk termasuk ke dalam golongan surat resmi. Jadi, untuk penulisannya terdapat aturan yang wajib dipatuhi. Berikut ini mekanisme yang perlu kita ikuti jika belum pernah menulis surat serupa.


1. Bagian Atas Surat

Bagian atas atau kepala surat berisi informasi paling mendasar dari surat izin tidak masuk kerja yang kita buat. Terdiri dari tanggal pembuatan surat dan kepada siapa surat tersebut ditujukan.

  • Tanggal Surat: Tanggal pembuatan wajib di tulis di bagian paling atas surat izin tidak masuk kerja. Beberapa ahli berpendapat bahwa di bagian ini juga perlu dicantumkan nama tempat. Penulisan tanggal surat ini penting untuk keperluan dokumentasi surat di bagian administrasi.
  • Tujuan Surat: Surat izin tidak masuk kerja umumnya ditujukan kepada bagian Human Resource Development (HRD). Di beberapa perusahaan ada juga yang memiliki aturan untuk menujukan surat izin tidak masuk kerja ke bagian personalia.

2. Inti Surat

Bagian ini sebaiknya ditulis secara singkat namun jelas. Isinya menjelaskan siapa penulis surat serta alasan penulis surat tidak masuk kerja.

  • Identitas: Tuliskan identitas kita berupa nama terang, nomor pegawai atau karyawan, serta divisi atau bagian 
  • Alasan Ketidakhadiran: Jabarkan alasan tidak masuk kerja dengan jelas. Tidak perlu menjelaskan secara panjang lebar tentang kondisi kita, cukup tuliskan bagian intinya saja.
  • Waktu Perizinan: Tuliskan estimasi waktu izin tidak masuk kerja. Bagian ini sifatnya opsional, namun sebaiknya tetap dicantumkan.

3. Penutup

Di bagian penutup surat berisi ucapan terima kasih karena kita sudah diizinkan untuk tidak masuk kerja. Bagian ini juga sebaiknya dibuat secara singkat saja. Di bagian paling akhir, bubuhkan tanda tangan serta nama lengkap untuk membuktikan validitas surat izin tersebut. 

See, cara membuat surat izin tidak masuk kerja sebenarnya tidak begitu sulit seperti menulis catatan keuangan. Asalkan kita sudah memahami mekanisme penulisannya, surat akan siap hanya dalam waktu lima menit saja!

Baiklah, semoga infonya bermanfaat dan semoga kita semua selalu sehat!💖


Salam Semangat

1 comment