Cara Mencuci Tangan yang Benar

Mencuci tangan adalah salah satu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang selalu digaungkan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Juga merupakan salah satu dari upaya minimal yang bisa dilakukan masyarakat untuk  melindungi diri dan orang lain dari penyebaran virus Covid-19, yakni dengan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan) 


Cucu Tangan Pakai Sabun


Manfaat Mencuci Tangan

Yess, mencuci tangan merupakan kebiasaan yang sangat baik, karena selain untuk menjaga kesehatan  dan kebersihan, agama juga mengajarkannya. Apalagi mengingat tangan adalah media yang sangat ampuh untuk berpindahnya penyakit. Di mana tangan yang biasa kita gunakan untuk memegang aneka benda seringkali membuat kita tidak yakin akan kebersihannya. 

Misalnya, kita pegang gagang pintu tanpa tahu ada virus/bakteri apa yang menempel di situ, karena sebelumnya dipegang oleh orang yang bersin/batuk dan menutup dengan tangannya. Lalu setelah kita pegang gagang tanpa sadar lanjut memegang makanan dan menyentuh mulut kita. Akhirnya terjadilah proses perpindahan agen penyakit di sana, yang mana jika imunitas kita sedang tidak baik, gejala penyakit akan muncul di masa inkubasinya.

Duh!!

Cuci Tangan Pakai Sabun


Memang mencuci tangan dengan air saja lebih umum dilakukan. Tetapi hal ini terbukti tidak efektif dalam menjaga kesehatan dibandingkan dengan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Menggunakan sabun dalam mencuci tangan sebenarnya menyebabkan orang harus mengalokasikan waktunya lebih banyak saat mencuci tangan. 

Tapi penggunaan sabun menjadi efektif karena lemak dan kotoran yang menempel akan terlepas saat tangan digosok dan bergesek dalam upaya melepasnya. Karena, di dalam lemak dan kotoran yang menempel inilah kuman penyakit hidup.

Mencuci tangan dengan air saja jauh lebih kecil kemungkinannya untuk memindahkan kuman dari permukaan kulit. Jadi, cucilah tangan dengan sabun karena ketika sabun bersentuhan dengan zat berlemak ini, sabun mengikatnya dan menyebabkannya terlepas dari virus. Ini juga yang memaksa virus melepaskan diri dari kulit.

Oh ya, mencuci tangan sangat diutamakan pada waktu-waktu penting, antara lain:

✔ Sebelum makan
✔ Setelah buang air besar
✔ Sebelum menjamah makanan
✔ Sebelum menyusui/menyiapkan susu bayi
✔ Setelah beraktifitas

Lalu, bagaimana cara mencuci tangan dengan benar?

Cara Mencuci Tangan 


Yang pertama dan wajib adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Pastikan juga mencuci tangan minimal 20 detik lamanya. 

Nah, sebelum memulai langkah cuci tangan, pastikan dulu kita sudah membasahi tangan dengan air mengalir. Memang sebaiknya tidak mencuci tangan dengan air yang sudah didiamkan dalam wadah, karena umumnya sudah terkontaminasi oleh bakteri. 

Selanjutnya, tuangkan 1-2 pompa sabun cuci tangan. Jangan terlalu berlebihan, perkirakan hingga setidaknya dapat menghasilkan busa yang cukup. Lalu, lanjutkan dengan 6 langkah berikut ini:

  1. Basahi tangan, gosok sabun pada telapak tangan, kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih
  4. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  5. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih, tisu kering, hand dryer atau angin-anginkan

Oh ya, agar higienitas tangan tetap terjaga, matikan keran dengan siku atau handuk agar kuman yang menempel di keran tidak mencemari tangan yang sudah bersih.

Nah, dengan rutin melakukan 6 langkah cuci tangan sesuai anjuran Kementerian Kesehatan tersebut, tangan akan kembali bersih dan meminimalisir risiko infeksi kuman. Semua langkah cuci tangan yang tepat tersebut pun bisa dilakukan dengan sangat mudah, dan membutuhkan waktu tak lebih dari satu menit saja!

Maka, jangan sampai malas melakukannya yaaa...

Jadi, mari kita biasakan mencuci tangan dengan benar, untuk menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi. Hindarkan penyakit dengan cara yang sederhana, dan jauhkan peluang agen penyakit hinggap di tubuh kita. 

Yuk, jadikan cuci tangan sebagai kebiasaan pribadi dan keluarga!💖


Salam Sehat

signature-fonts

1 comment