Perbedaan Relationship Officer dan Account Officer

Halohola...Buat teman-teman yang baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan sarjana tentu ingin segera mendapatkan pekerjaan, kan? Nah, mendengar kata account officer dan relationship officer tentu dirimu membayangkan job yang sangat prestisius. 

Yess, memang prestisius sih, tapi kita tentu perlu tahu lebih dalam lagi apa spesifikasi pekerjaannya, biar jelas nantinya.

Well, jika dilihat dari kulit luarnya, job sebagai relationship officer dan account officer memang hampir sama, yakni memegang kendali terhadap debitur. Namun sebenarnya kedua job tersebut sangat berbeda juga kualifikasi untuk keduanya membutuhkan skill yang sangat spesifik.


Relationship Officer dan Account Officer BCA


Relationship Officer


Nah, tugas utama dari relationship officer adalah mencari calon debitur. Kemudian seorang relationship officer akan memilah-milah dokumen dari seluruh calon debitur dan menyaring yang sesuai dengan kriteria sebelum diseleksi ulang oleh bagian analyst. Di sini peran seorang relationship officer sangat penting untuk mendapat debitur yang sehat.

Oh ya, seorang relationship officer juga harus familiar dengan kemampuan bayar calon debitur, bagaimana track record-nya, dan juga bisa melakukan appraisal jaminan dari calon debitur tersebut. Jadi seorang relationship officer adalah jembatan utama antara nasabah dan perbankan.

Maka tak heran, untuk menjadi relationship officer di bank BCA, sebelumnya kita harus mengikuti program relationship officer BCA yang digunakan untuk menyaring individu yang paling berpotensi. Program ini sangat ketat dan juga membutuhkan perjuangan, namun setelah kita lulus dari program ini jaminan sebagai pekerja tetap ada di tangan.

Menjadi seorang relationship officer melalui program relationship officer BCA juga merupakan job yang memiliki jenjang karir yang potensial. Kita bisa mengharapkan peningkatan karir dalam 5 hingga 10 tahun, tergantung pada performa pribadi selama berkarir.

Dalam jenjang karir dunia perbankan jabatan sebagai seorang relationship officer BCA adalah pintu masuk dari jenjang karir yang lebih tinggi. Jika kita sukses sebagai seorang relationship officer maka jalan untuk naik ke jenjang jabatan yang lebih tinggi sangat terbuka lebar.

Seorang relationship officer selalu memiliki potensi menjadi pemimpin di masa depan. Bagaimana tidak, dengan skill yang diasah dan juga tanggung jawab yang dipegangnya dapat memberikan impact positif bagi sebuah organisasi dan juga lingkungan bermasyarakat.

Account Officer


Jika seorang relationship officer BCA adalah jembatan utama antara bank dan nasabah, maka account officer adalah pondasi dari jembatan tersebut. Seorang account officer harus memiliki skill yang lebih kompleks dari relationship officer. Hal ini dikarenakan job desk dari seorang account officer jauh lebih luas daripada relationship officer.

Seorang account officer harus bisa meng-handle masalah marketing, promoting, follow-up dengan nasabah, dan menjaga hubungan baik dengan nasabah. Saking kompleksnya skill yang dibutuhkan oleh seorang account officer maka seleksi yang digunakan juga lebih sulit dari seleksi program relationship officer BCA.

Seorang account officer biasanya sudah menerima predikat veteran dalam dunia perbankan. Hal ini dikarenakan kompleksitas skill, kerumitan dan juga tingginya tanggung jawab yang harus dipegang. Seorang relationship officer BCA yang sudah veteran biasanya akan diangkat menjadi account officer.

Nah, itulah tadi penjelasan singkat mengenai perbedaan dari seorang relationship officer dan juga account officer. 

Secara garis besar bisa dipersingkat bahwa account officer adalah relationship officer yang sudah veteran dan mengemban tanggung jawab yang lebih berat dan kompleks dalam dunia perbankan!!

Jadi, sekarang sudah tahu kan perbedaan relationship officer dan account officer?💖



Salam Semangat

account officer

No comments