Selalu Siap Belajar dari Rumah Bersama KOKO KRUNCH Nutrismarta

KOKO KRUNCH Nutrismarta yang mengandung gandum utuh, kombinasi vitamin B dan zat besi menjadi persembahan terbaru dari Nestle Breakfast Cerelac. Sebuah persembahan yang sejalan dengan komitmen Nestlé untuk membantu 50 juta anak menjalani hidup lebih sehat. Juga dalam rangka memenuhi kebutuhan gizi seimbang mereka serta menjadikan sarapan sebagai momen yang menyenangkan.

Well, sarapan adalah bagian dari rutinitas pagi yang kadang terabaikan. Padahal sarapan yang baik sangat penting untuk pertumbuhan! 


KOKO KRUNCH Nutrismarta

Coba bayangkan, saat anak-anak bangun tidur mereka menguap, mengucek-ngucek mata, siap untuk memulai harinya. Setelah tidur semalaman, anak-anak perlu sarapan bergizi supaya siap beraksi. Sehingga sebaiknya mereka mendapatkan sekitar 20% dari energi harian dan jumlah nutrisi yang signifikan di pagi hari.

Apalagi, selama pandemi COVID-19, di mana anak-anak melakukan Pembelajaran Jarak Jauh. Rata-rata mereka menghabiskan 5 sampai 7 jam belajar secara daring. Karenanya mereka perlu selalu fokus dan berkonsentrasi agar tetap dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. 

Seperti di kelas anak saya yang kelas 6 SD, saat mengawali PJJ via Zoom Meeting setiap pukul 07.30. Di mana salam pembuka dari walikelasnya, diantaranya "Sudah sarapan belum?"

Beberapa anak (dalam jumlah banyak) menjawab: "Beluuuum!"

Duh! 

Padahal, sarapan punya manfaat penting untuk memberi energi anak agar siap menjalani hari! Sehingga sayang jika sarapan terlewati!

Pentingnya Sarapan Bergizi Seimbang dan Dampak Jika Tidak Sarapan


Well, dampak penggunaan teknologi yang berlebihan dapat menyebabkan pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat. Orang tua perlu memahami bagaimana dapat membantu anak-anak agar fokus pada pembelajaran daring mereka setiap hari. 

Caranya dengan menyediakan dan memahami pentingnya asupan gizi seimbang dan teratur, yang dimulai dengan sarapan, dan meluangkan waktu untuk mengajak anak-anak mempunyai gaya hidup sehat dan aktif, guna membantu anak-anak fokus dan bersemangat selama waktu belajar. 

Nah, dalam jumpa pers virtual yang diselenggarakan oleh Nestlé Breakfast Cereal Indonesia pada Kamis, 19 November 2020, ahli gizi Dr Rita Ramayulis DCN, M.Kes menjelaskan mengapa sarapan bergizi penting bagi anak dan apa dampaknya jika mereka tidak sarapan.

Dokter Rita menjelaskan, bahwa agar otak anak bisa bekerja dan fokus mengikuti pembelajaran jarak jauh, tubuh mereka membutuhkan energi yang cukup.

Dijelaskan, supaya otak anak bekerja dengan baik, ada beberapa sumber energi yang dibutuhkannya, yaitu glukosa dari karbohidrat; vitamin B1, B2, B3, dan B6; asam folat (vitamin B9) untuk membantu mengangkut oksigen dan gizi ke otak; serta zat besi yang berperan penting dalam darah yang mengangkut oksigen.

Sementara, selama tidur di malam hari, tubuh anak menggunakan banyak energi untuk pembentukan hormon pertumbuhan dan kadar gula darah dalam tubuh turun drastis setelah tidak makan selama lima jam. Sehingga, saat bangun tidur kadar energi yang tersisa tidak banyak lagi.

Nah, Dokter Rita lebih lanjut menjelaskan bahwa jika anak punya kebiasaan tidak sarapan, maka anak menjadi:

  • Tidak memiliki energi yang cukup untuk belajar
  • Berisiko mengalami anemia
  • Mengalami masalah gizi seperti kurang gizi
  • Berisiko kelebihan berat badan.

Manfaat Sarapan untuk Anak

Tak hanya itu, diingatkan Dokter Rita, jika membiasakan anak sarapan sehat, maka pola makannya akan cenderung lebih baik. Sehingga, meskipun mereka belajar dari rumah, sarapan tetap tidak boleh dilewatkan!

Selanjutnya, supaya otak anak bisa bekerja dengan baik dan maksimal, maka harus terpenuhi zat-zat yang dibutuhkan oleh otak melalui makanan yang dikonsumsi. Termasuk memilih sumber energi karbohidrat yang menjadi sumber energi utama juga harus diperhatikan. 

Nah, salah satu sumber karbohidrat yang baik adalah karbohidrat kompleks, misalnya serealia utuh seperti gandum utuh. 

Gandum utuh ini adalah gandum yang belum diolah sehingga masih memiliki lapisan luar, lapisan dalam, dan inti gandum. Gandum utuh mengandung karbohidrat pati dan serat, protein, berbagai vitamin B, vitamin E, antioksidan, dan mineral lainnya.

Sehingga, makanan yang dibuat dengan gandum utuh artinya mengandung semua bagian gandum, yang membuat kandungan gizinya belum berkurang. Seperti asupan gandum utuh dari KOKO KRUNCH Nutrismarta yang dibuat dari gandum utuh, kombinasi vitamin B, dan zat besi.

"Oh ya, selain itu, anak juga harus menerapkan pola makan seimbang dengan mengonsumsi asupan gizi lainnya sepanjang hari, seperti makan buah, sayur, ikan, telur, daging, tempe, dan makanan bergizi lainnya, serta selalu disiplin untuk makan tepat waktu, " demikian pesan Dokter Rita.


KOKO KRUNCH Nutrismarta


Tentang KOKO KRUNCH Nutrismarta


Sementara, Nestle meluncurkan KOKO KRUNCH Nutrismarta yang mengandung gandum utuh, vitamin B, dan zat besi. Kandungan tersebut membantu memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak-anak.

Pada kesempatan yang sama, Business Executive Officer Nestlé Breakfast Cereals Indonesia, Mr. Alaa Shaaban mengatakan, “KOKO KRUNCH Nutrismarta adalah salah satu wujud nyata komitmen Nestlé untuk membantu anak-anak di Indonesia menjalani kebiasaan hidup yang lebih sehat."

KOKO KRUNCH Nutrismarta mengandung gandum utuh, kombinasi vitamin B dan zat besi untuk membantu orang tua dalam menyediakan sarapan yang membantu memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak. Gandum utuh terdiri dari kulit luar, endosperma, dan inti. Ketiga bagian gandum itu memiliki fungsi yang berbeda-beda karenaa mengandung vitamin, karbohidrat, dan protein. 

“Kami percaya akan kebaikan gandum utuh, dan percaya akan kebaikan sarapan untuk keluarga Indonesia. Kami berharap KOKO KRUNCH Nutrismarta yang mengandung gandum utuh, kombinasi vitamin B dan zat besi dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi pada saat sarapan. Sarapan dengan gizi seimbang dapat mendukung anak bersemangat dan siap belajar dari rumah, KOKO KRUNCH Nutrismarta mempermudah orangtua dalam memberikan sarapan untuk membantu menceriakan hari anaknya," tegas Mister Alaa. 


Nestle Breakfast Cereal

"Alasan utama kami meluncurkan KOKO KRUNCH Nutrismarta adalah untuk membantu orangtua menyiapkan sarapan yang memenuhi kebutuhan gizi seimbang di pagi hari. Di masa pandemi ini, ibu-ibu akan lebih peduli terhadap asupan gizi anaknya. Sereal ini mengandung gandum utuh. Ini beda dengan gandum biasa,” demikian disampaikan Ibu Liena Desbi, Brand Manager Nestlé Breakfast Cereals Kids pada kesempatan yang sama.

Jadi, ini yang membedakan antara gandum utuh dengan gandum yang lainnya. Semua bagian itu jadi bahan untuk membuat KOKO KRUNCH Nutrismarta. Kehadiran KOKO KRUNCH Nutrismarta ini dapat membantu anak siap sekolah.

Pada kesempatan itu, Ibu Liena Desbi juga mengajak anak-anak Indonesia menjalankan gaya hidup sehat dan aktif dengan menghadirkan KOKO Dance. “Gerakan dance yang dipandu KOKO Koala ini bisa dilakukan di sela-sela waktu istirahat agar anak-anak tetap gembira dan semangat menjalani kegiatan belajar,” jelasnya.

Ini sejalan dengan penjelasan Dokter Rita, bahwa selain sarapan bergizi, anak sebaiknya juga bergerak aktif. Misalnya saat jeda antar pelajaran saat kelas daring.

Aktivitas fisik membantu aktivitas saluran pencernaan, sehingga makanan tercerna dengan baik, membantu metabolisme tubuh yang baik, dan meningkatkan hormon endorfin yang memperbaiki suasana hati kita.

Bergerak aktif seperti berolahraga atau menari juga bisa membantu melancarkan aliran darah, sehingga gizi yang diserap tubuh bisa dialirkan dengan baik oleh darah.

Sehingga pas jika KOKO KRUNCH Nutrismarta juga ingin mengajak anak-anak Indonesia menjalankan gaya hidup sehat dan aktif dengan menghadirkan KOKO Dance. Gerakan dance yang dipandu KOKO Koala yang bisa dilakukan di sela-sela waktu istirahat agar anak-anak tetap gembira dan semangat menjalani kegiatan belajarnya. 

Penasaran? Berikut gerakannya....:







Tips Ala Donna Agnesia saat Mendampingi Anak Pembelajaran Jarak Jauh


Sementara, artis cantik Donna Agnesia yang juga menghadiri jumpa pers virtual ini mengaku di awal pandemi saat harus berperan sebagai guru di rumah, mengalami stres karena harus mengajarkan ketiga buah hatinya belajar.

"Ternyata ketika kitanya stres, anak justru tambah stres. Akhirnya saya belajar untuk lebih sabar saat ngajarin anak saya belajar online," ucapnya.

Nah, beberapa tips dari Donna saat mendampingi anak belajar daring, diantaranya:


1. Komunikasi adalah Koentji

Bersama sang suami Darius Sinatrya, Donna melakukan komunikasi dengan ketiga anaknya,  Lionel Nathan Sinathrya Kartoprawiro, Diego Andres Sinatrya, dan Quinesha Sabrina Sinatriya. Mereka mendiskusikan pembelajaran yang menyenangkan untuk ketiga anaknya seperti apa. Sehingga mereka bisa menciptakan sendiri cara belajar sesuai dengan keinginannya.

2. Utamakan Sarapan

Donna mengatakan sebelum menjalani pembelajaran online, ia selalu menyiapkan sarapan kesukaan ketiga anaknya, diantaranya sereal untuk menunjang produktivitas mereka. Sarapan bagi Donna mesti dibiasakan mengingat manfaatnya. Karena itu, meski sekarang Pembelajaran Jarak Jauh, anak-anaknya tetap terbiasa sarapan seperti biasa. 

3. Menyesuaikan Metode Belajar dengan Karakter Anak

Untuk menghilangkan stres belajar, Donna juga membuat metode belajar yang bisa membuat ketiga anaknya merasa nyaman. Menurutnya setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda, jadi ia sesuaikan dengan karakternya.

4. Melakukan Kegiatan yang Disukai Anak

Setelah melakukan pembelajaran secara online, Donna dan Darius selalu mengajak ketiga anaknya untuk melakukan kegiatan bareng. Salah satu yang sering dilakukan adalah olahraga. Karena menurutnya dengan olahraga bisa mengurangi rasa bosan selama di rumah saja.

5. Memberi Motivasi

Pembelajaran Jarak Jauh kerap membuat motivasi anak menurun. Sehingga orang tua wajib memperhatikan anak dengan baik dan terus memberi motivasi untuk kesuksesan mereka nanti.

"Berusaha untuk tidak menekan anak-anak apalagi kondisinya seperti ini. Jadi saran saya setiap orang tua tak boleh absen memberi motivasi dan menyediakan fasilitas belajar yang menunjang," pungkas Donna!


KOKO KRUNCH


Well, yuk cukupi nutrisi anak-anak agar selalu siap belajar dari rumah, termasuk menyiapkan dan mengingatkan mereka selalu sarapan setiap hari. Juga ajak anak untuk tetap aktif bergerak sehingga tubuhnya tetap sehat senantiasa!

Baiquelah....tetap semangat dan semoga kita semua selalu sehat!💖


A Good Breakfast is a Start of a Good Day!

signature-fonts

20 comments

  1. wah enak nih kak, dijamin anak gak bosen belajarnya

    ReplyDelete
  2. sarapan memang penting bagiku, aku suka heran ada oarng yang bisa gak sarapan

    ReplyDelete
  3. Kokocrunch ini favorit suamiku dan si Kaka .. suka bngetttt mereka. Tp aku dan anakku yg bungsu kurang doyan, Krn kami berdua ga suka coklat :p. Jd LBH milih cereal yg non coklat kayak honeystar ato kellogs :D.

    Cm si Kaka selain pake susu makannya, dia demen juga tuh ngemilin gitu aja hahahaha. Kdg kokocrunch di rumah cepet abis cm Krn di cemilin :D

    ReplyDelete
  4. Sarapan adalah modal penting untuk memulai hari dan menjalani aktivitas seharian. Sarapan yang baik adalah yang sehat dan menyehatkan. Tentunya, yang disukai anak-anak.
    Koko Krunch termasuk kegemaran anak-anak, anakku juga, dan biasanya sudah jadi pilihan buat jadi menu sarapan.
    Nggak cuma anak-anak sih, aku pun ikut sarapan pakai ini bersama anak-anak :D

    ReplyDelete
  5. Aku kalau ga sarapan lemess banget mb dian. Koko krunch ini kesukaan anak-anakku nih hihihi

    ReplyDelete
  6. Iya juga ya Mbak Dian
    Ngga mudah untuk mendisiplinkan anak sarapan pagi
    Karena ga berangkat sekolah
    Untung ada Koko Krunch ya?
    Praktis, gizinya terjamin

    ReplyDelete
  7. adekku yang udah kuliah pun, sangunya koko krunch. sukak banget
    aku sih bagian yang icip-icip

    nggak bisa dijadiin sarapan sih kalau di kami
    tetep nasi.
    lalu koko krunch jadi cemilan pagi, hahaha

    ReplyDelete
  8. Anakku yg sudah remaja sarapan favoritnya masih dengan koko krunch ini.
    Bagi ibu ini pilihan praktis menyediakan sarapan bergizi utk keluarga.

    ReplyDelete
  9. Sararapan Kakak Mae setiap hari nih sejak umur 2 tahun. Koko Krunch cokelat dan segelas susu putih. Kadang Koko Krunchnya juga ada dicampur merek lain yang bentuknya warna-warni itu mba, tapi yg namanya sereal cokelat Si Koko gak boleh absen jadi sarapan utama.

    Menurutku sarapan itu gak usah menu berat-berat. Makanya anakku sarapannya ya sereal gandum utuh saja, plus segelas susu. jadinya kalo belajar dia gak cepat ngantuk.

    ReplyDelete
  10. Yah ini sih favorit anak-anak saya Mbak Dian. Sedari kecil mereka saya wajibkan sarapan sebelum beraktivitas. Kalau waktunya terbatas, Koko Krunch selalu jadi pilihan karena praktis, sehat, dan bergizi.

    Ntar beli ah yang Nutrismarta ini. Kadar gandumnya baik untuk pencernaan dan pasti kenyangnya lama itu ya

    ReplyDelete
  11. Sarapan pakai Koko Krunch emang praktis banget, enak di anak karena gampang di makan dan rasanya yang manis bikin semangat. Enak di ibu juga karena tinggal tuang di mangkuk.

    ReplyDelete
  12. Pentingnya sarapan khususnya bagi anak yang masih belajar, sering banget digaungkan karena manfaatnya cukup baik. Selain untuk penambah energi juga konsentrasi
    Dengan rutin sarapan yang kaya nutrisi, seorang anak dapat meningkatkan kemampuan kognitif juga

    ReplyDelete
  13. Favoritnya si bungsu, nih. Enggak cuma cocok buat sarapan, dijadikan camilan juga asyik.
    Thanks juga buat video Koko dance-nya. Kebetulan banget si bungsu suka nge-dance, nih. Biar segera dipraktekkan.

    ReplyDelete
  14. Anak saya suka banget Koko krunch meski sudah sekolah di junior high school, dan saya bersyukur sekali sebab sarapan ini mengandung banyak sekali manfaat buat dia

    ReplyDelete
  15. Adiknya yuni suka hal yang ada kandungan coklatnya. Salah satunya ya koko crunch ini. Kadnag-kadang dia juga sarapan dengan koko crunch.

    ReplyDelete
  16. Kokocrunch udah brand yg legend banget ya mbak Dian utk sereal sarapan. Krn manis coklatnya itu nggak bikin gatel di tenggorokan. Favorit anak2 dan praktis pula penyajiannya

    ReplyDelete
  17. Koko Crunch tuh enak. Engga cuma anak-anak, ortunya juga sukak. Selain untuk sarapan, malah suka buat camilan tuh. Enak kan renyah...Btw...kok ada dus warna kreme? Ada varian rasa barukah? Wah, aku perlu tahu nih...

    ReplyDelete
  18. Favorit anak anak banget nih koko krunch. Si sulung suka dikasih susu kalo si adik sukanya dicemil. Hehe jangankan anaknya, emaknya juga suka. Abis enak sih.... Btw, sarapan emang penting banget, terutama untuk anak anak yang harus belajar di pagi hari yaa

    ReplyDelete
  19. Saya termasuk ibu yang menganggap kalau sarapan itu penting untuk semua orang termasuk anak-anak. Dan makanan yang paling disenangi oleh anak-anak yaitu Koko Krunch. Bahkan sudah besar-besar, tetap senang dengan Koko Krunch, enak, ya.

    ReplyDelete