Cara Menghilangkan Plak Gigi Secara Alami

Plak gigi adalah permasalahan gigi yang paling sering saya keluhkan. Padahal rasanya saya sudah rajin merawat gigi, tapi kok ya masih ada aja plak di sana. Ada juga kali ya orang di luar sana yang punya keluhan sama? Merasa sudah menyikat gigi dengan benar, menggunakan sikat gigi yang sesuai, pakai pasta gigi yang mengandung fluoride, rutin konsumsi sayur dan buah, membatasi camilan manis kecuali pas lupa diri, air putih tercukupi, ke dokter gigi sesekali....tapi, masih juga disinggahi plak gigi! Hiks!

Hm, ada enggak sih cara mencegah plak gigi ini? Lalu, jika masih betah plak giginya bagaimana cara menghilangkannya?


Menghilangkan Plak Gigi Secara Alami

Tentang Plak Gigi


Well, mempraktikkan kebiasaan menjaga kebersihan gigi yang baik adalah koentji untuk terhindar dari permasalahan gigi, termasuk plak gigi. Dan ini butuh konsistensi. Enggak bisa kalau kek saya yang masih ada bolong-bolong saat merawatnya. Karena abai sedikit saja, bakteri bakal bahagiaaaa!!

Seperti plak misalnya, yang merupakan akumulasi bakteri kecil yang berkumpul menjadi satu. Yang jika tidak dibersihkan secara rutin, akan menumpuk bersama mineral dari air liur kita dan mengeras menjadi kerak berwarna putih atau kuning yang disebut karang gigi. Hiii...

Memang sih ada solusi buat karang gigi ini. Tapiiii, kenapa juga harus nunggu plak itu jadi karang gigi kalau kita bisa menghindari dan menghilangkannya secara alami?

Nah, plak gigi bisa terbentuk secara alami dari sisa makanan yang menumpuk di mulut. Apalagi sisa makanan bergula dan bertepung, akan membuat bakteri di mulut akan tumbuh subur. Sehingga, penting untuk melawan plak sebelum berubah menjadi karang gigi, sebelum enamel gigi rusak, apalagi sebelum menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang! 

Pokoknya sebelum semua hal yang mengerikan terjadi, yuk kita hindari dan hilangkan plak gigi ini!!

Cara Mencegah Munculnya Plak Gigi


Nah, sebelum plak gigi semakin parah dan menimbulkan berbagai masalah, kita dapat mencegahnya dengan berbagai cara, diantaranya:

  • Sikat gigi secara teratur untuk mencegah terbentuknya plak gigi 
  • Pastikan memakai sikat gigi yang sesuai dan menggantinya secara berkala 
  • Pastikan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
  • Lakukan flossing karena berperan penting dalam perang melawan plak ini
  • Pilih obat kumur yang baik untuk digunakan setiap malam sebelum tidur
  • Kurangi camilan manis, bakteri tumbuh subur pada makanan/minuman yang mengandung gula
  • Batasi camilan di antara waktu makan, gula dan bakteri akan menempel sampai saatnya sikat gigi
  • Konsumsi sayur dan buah sebagai pembersih gigi alami
  • Berhenti merokok karena rokok dapat mengganggu kesehatan gigi 

Walah, banyak ternyata yang mesti dilakukan untuk mencegah plak gigi ya....

Eits, biar banyak tapi gapapa. Ingat lebih baik mencegah penumpukan plak gigi daripada membiarkannya menumpuk dan mengakibatkan penyakit gigi lainnya. Prevention is better than cure! Gimana, akur?


Cara menghilangkan plak gigi

Cara Menghilangkan Plak Gigi Secara Alami


Well, kebersihan gigi dan mulut memang penting untuk kesehatan dan pastinya juga mendukung penampilan seseorang. Tapi bagaimana jika masalah plak gigi datang dan lama-kelamaan membuat tampilan gigi tak lagi menawan. Pasti bakal ambyaar rasa percaya diri, ye kan?

Lalu, bisakah masalah plak gigi ini diselesaikan dengan cara alami?

Jelas bisa! Yuk coba:


1. Pakai Bahan Sayur Sop

Sebelum bikin sayur sop, sisihkan dulu wortel atau seledrinya. Nanti setelah satu jam dari waktu makan, kunyah deh itu sayurnya. Manfaatnya bagus buat membersihkan gigi secara alami dengan menghilangkan partikel makanan dan plak pada gigi juga bakal memperkuat gusi. Gapapa dibilang ikut-ikutan kelinci, sebab dengan cara alami ini plak gigi bakalan pergi!

2. Selain Buat Rambut Pakaikan ke Gigi Juga

Lalu, jika dirimu di rumah punya lidah buaya seperti saya, pas mau oles-oles ke kepala buat kesehatan rambut kita jangan lupa coba untuk sekali atau dua kali seminggu bikin campuran 1 sdt gel lidah buaya dengan air, 2 sdt baking soda, dan sedikit jus lemon buat bersihin gigi. Campuran ini baik sekali karena memiliki berbagai manfaat antimikroba untuk menghilangkan bakteri penyebab plak gigi. Jadi coba aja yaaa!

3. Makan Jeruk Jangan Langsung Buang Kulitnya

Kalau lagi ngemil jeruk, gosokkan kulitnya ke gigi dan gusi kita. Karena kulit jeruk ini dipenuhi oleh banyak mikro organisme yang bisa membunuh plak gigi. Jadi, enggak cuma dapat manfaat Vitamin C dari jeruknya, kita juga bisa usir plak gigi dengan kulitnya. 

4. Sisihkan Minyak Kelapa Sebelum Memasak Yaaa...

Di dapur ada minyak kelapa? Sisihkan yaaaa. Sebab, minyak kelapa dikenal punya kemampuan menyerap zat-zat lainnya termasuk kotoran di rongga mulut kita. Juga punya kemampuan antimikroba yang efektif terhadap patogen di mulut. Maka, 1 sdt minyak kelapa yang punya beragam manfaat ini bisa membersihkan mulut kita. Gunakan dua atau tiga kali sehari, saat sebelum tidur malam atau di pagi hari.

5. Punya Cuka?

Senang bikin acar? Atau masakan bercita rasa asam? Punya cuka dong yaaaa...? Nah, campurkan 2 sdt cuka dan 1 sdt garam dalam setengah cangkir air hangat. Pakai campuran untuk berkumur yang akan membantu melindungi enamel dan melawan penumpukan plak gigi. Tapi jangan terlalu sering ya, karena asam berlebih dapat merusak enamel gigi kita.

6. Enggak Cuma Buat Kue Tapi untuk Gigi Juga

Saat belanja bahan kue dan ada baking soda di sana, artinya kita juga sekaligus punya bahan untuk menghilangkan plak gigi secara alami. Baking soda membuat gigi dan gusi lebih adem dan memberikan efek antibakteri pada plak yang mengganggu sambil mengembalikan keseimbangan pH.  Yes, kita bisa bikin pasta gigi sendiri hanya dengan menambahkan 1 sdm baking soda dengan ½ sdt garam. Lalu, aduk pasta gigi ke dalam campuran ini. 


See, cara menghilangkan plak gigi secara alami bisa dari benda yang ada di sekitar kita, kan? Coba deh buat atasi masalah plak gigi ini. Setelahnya jangan lupa selalu merawat gigi sebelum segala permasalahan gigi datang menghampiri!💖

Btw, dirimu sudah pernah coba cara yang mana?


Salam Sehat

signature-fonts

17 comments

  1. Waah, bahan2 alami yang familiar di dapur bisa mengurangi plak juga yaa, tanpa ku sadarii loh. Kulit jeruk di gosok2, biasnaya suka langsung dibuang ajaa. Next ahh nyobaiin, soale aku juga udah mulai lagi nih plak pada nempeel.

    ReplyDelete
  2. Ternyata dengan penggunaan bahan-bahan alami yang ada di rumah juga bisa ya, selama ini pasti selalu cek ke dokter gigi. Jadi menambah pengetahuan nih, kalau selama ini suka langsung ku buang padahal bisa digunakan juga ya mbak.

    ReplyDelete
  3. patut dicoba nih tips menghilangkan plak gigi dengan bahan alami yang ada di dapur, tapi ya dokter gigi bilang plak gigi hanya bisa hilang kalo di scalling. tapi ya gak ada salahnya mencoba bukan? makasi mak buat tipsnya

    ReplyDelete
  4. Wah terima kasih atas tips untuk menghilangkan plag gigi secara alami Mbak. Biasanya saya ke dokter. Tapi makin ke sini sepertinya giginya semakin rentan, sebab sehabis memebersihkan karang gigi, seluruh gusi jadi ngilu. Dan itu berhari-hari sehingga gak bikin nyaman. Nanti aku mau coba menggunakan media alami itu ah..:)

    ReplyDelete
  5. Ternyata lidah buaya bisa juga buat bersihin gigi ya, Mbak Dian. Sekarang saya gak lihat lagi tanaman lidah buaya. Zaman masih sekolah dulu masih banyak yang tanam.

    ReplyDelete
  6. Aku mau nyoba yg terakhir buat anak aku yg akan 2 tahun. Dia paling2 deh mba. Susah gosoknya. Jadi masih pake kasa itu pun aku paksa. Duh plaknya banyaak kali 😅

    ReplyDelete
  7. banya jug aya cara alami untuk menghilangkan plak gigi. Aku baru tau kalau sayuran dan buah bisa menjadi pembersih alami

    ReplyDelete
  8. Wah baru tahu aku bahan di dapur seperti minyak kelapa, kulit jeruk dll bisa membantu mencegah timbulnya plak mbak...

    ReplyDelete
  9. Pengin voba yang kulit jeruk. Biasanya kulit jeruk aku keringkan dan ku jadikan kompos. Ternyata bisa buat bersihin gigi juga ya mba.

    ReplyDelete
  10. HWah wah baru tahu cara alami menghilangkan plak gigi dengan cara2 itu. Aku pilih obat kumru aja deh hahaha
    Tapi kalau disuruh milih salah satunya kyknya aku milih ngunyahin sayuran bahan2 sop yang msh mentah :D

    ReplyDelete
  11. Selain rutin scalling, harus nih dicoba cegah timbulnya flak gigi dengan cara alami di Rumah ya. Ternyata ada beragam cara yang bisa dicoba, dan aku baru tahu sekarang, huaaa makasih ya Mba udah dirangkum disini

    ReplyDelete
  12. Klo Aku seminggu sekali rutin tuh mba sama anak2 sikat Gigi pakai baking soda good grade bukan yg buat kue tapinya belinya di apotik kimia farma, beneran ampuh Gigi jadi Lebih putih dan plak gak Ada lagi

    ReplyDelete
  13. Bener banget PD langsung ambyar ketika senyum trus ada plak gigi. Nah kan ternyata cara menghilangkannya alami ya ga perlu ke dokter cukup gunakan bahan-bahan di sekitar yang gampang ditemui dalam keseharian.

    ReplyDelete
  14. Mau coba yang menggunakan baking soda.
    Karena masalah plak ini seperti masalah gigi aku banget yang teksturnya yang rata. Jadi banyak makanan sisa terselip.
    Sedih sekali.

    ReplyDelete
  15. wah belom pernah coba cara yang mana mana nih akuuuu.. penasaran sama yang berkumur pake cuka, nanti mau coba aaaahhh.. ternyata ada juga cara alami untuk menghilangkan plak gigi ya maaaak

    ReplyDelete
  16. Mbak Dian makasih banget resep ngilangin plaknya.
    aku duulu rajin cuci gigi, sekarang udah ikut mertua nggak bisa kemana-mana
    pake cara alami aja ini ya.

    ReplyDelete