Cara Mudah Belajar Membaca untuk Anak TK

Seorang guru sekolah TK, memiliki peran utama sebagai pendidik pertama di masa sekolah anak. Guru TK berkewajiban memberikan pendidikan anak pada usia dini yang harapannya anak dapat tumbuh cerdas dan pintar nanti. Meski, mendidik anak TK bukanlah hal yang mudah. Terutama ketika memberikan pendidikan terkait belajar membaca. 

Namun bukan hanya menjadi tugas guru saja, seorang ibu mestinya tahu bagaimana metode belajar yang efektif diterapkan pada si kecil di masa sekolah TK-nya. Di mana dibutuhkan pemahaman karakter anak, supaya metode belajar bisa dilakukan secara optimal.

Tak hanya itu, diperlukan kesabaran dan waktu dalam membimbing belajar membaca untuk anak usia 5 tahun. Mengingat di usia ini, sebagian besar fokus anak adalah untuk bermain dan bukan belajar. Tapi bukan tidak mungkin kita bisa mengajari anak dengan cara yang tepat tanpa mengganggu tumbuh kembangnya.

Belajar Membaca untuk Anak TK

Cara Belajar Membaca Anak TK dengan Mudah


Well, mengajarkan membaca anak di usia TK, tentunya akan lebih mudah. Pasalnya di usia tersebut, kemampuan anak menangkap hal-hal baru cenderung lebih cepat. Seperti yang saya lansir dari situs kiddo.id, ada beberapa poin yang mampu mengoptimalkan cara belajar membaca anak TK, diantaranya:

1. Kenalkan Anak Membaca dengan Cara Menyenangkan

Tahapan belajar membaca anak TK yang cukup efektif yakni dengan mengenalkan anak aktivitas membaca. Pastinya, kita harus memperkenalkannya melalui cara yang menyenangkan dan disukai mereka. Misalnya saja membacakan anak buku cerita dongeng, menonton film kesukaan mereka, serta hal-hal menarik lainnya.

Bahkan kita bisa mengenalkan membaca pada anak dengan hal yang lebih simpel. Contohnya membaca nama makanan pada bungkus camilan maupun tulisan pada mainan. Secara tidak langsung, cara ini bisa meningkatkan ketertarikan dan minat anak terhadap dunia membaca.


2. Mengenalkan Huruf Alfabet Secara Bertahap

Ketika anak sudah mulai memiliki ketertarikan dengan dunia membaca, pastinya akan sangat mudah bagi kita untuk mengajari anak belajar. Aktivitas belajar membaca anak TK ini, bahkan bisa dimulai saat anak sama sekali belum mengenal huruf. Sehingga cara terbaik untuk mengajarkan membaca adalah dengan mengenalkan pada anak alfabet, dari huruf A sampai Z.

Mengenalkan huruf alfabet, bisa menjadi langkah penting untuk tahapan belajar mengeja anak TK. Di mana nantinya, anak TK diharapkan mampu menghafal huruf terlebih dahulu. Kenalkan semua huruf alfabet pada mereka, lalu ajari menghafal bentuk dan juga cara melafalkannya.

Mengingat huruf alfabet sendiri cukup banyak, orangtua dan guru perlu mengajarkannya secara bertahap. Ajari anak satu atau dua huruf terlebih dulu hingga mereka mampu menghafalnya. Setelah itu, tambah pengenalan huruf yang baru hingga hafal semua.


3. Menghafalkan Suku Kata yang Mudah

Ketika anak telah bisa menghafal huruf, mulailah untuk mengajari anak bagaimana cara membaca yang baik. Caranya, dengan menghafalkan suku kata mulai dari yang mudah. Misalkan saja konsonan B hingga Z, lalu tambahkan huruf vokal untuk mempermudah.

Sebagai contoh adalah suku kata dari konsonan dan huruf vokal da, di, du, de, do, ta, ti, tu, te, to, dan lain sebagainya. Dengan teknik hafalan suku kata ini, maka nantinya anak akan lebih mudah dalam membaca setiap kata.


4. Ajarkan Suku Kata yang Lebih Bervariasi

Selanjutnya, ajarkan anak cara membaca suku kata dengan huruf yang lebih beragam. Dengan cara mengenalkan suku kata yang lebih beraneka. Contohnya saja seperti ba - ju, du - ri, ra - tu, ba - ca, dan lain sebagainya.

Namun dalam tahapan ini, sebaiknya hindari memberikan contoh dengan suku kata yang menyulitkan. Seperti halnya huruf konsonan mati yang lebih sulit dalam pelafalan.

Pasalnya, anak belum memiliki pengetahuan mengenai pelafalan huruf tersebut dan juga bagaimana cara penerapannya. Latih anak di tahapan ini sedikit demi sedikit, hingga ia benar-benar lancar membaca suku kata.


5. Mengenalkan Suku Kata dari Huruf Konsonan Mati

Anak telah lancar membaca suku kata yang sederhana? Kini, mulailah untuk mengenalkan anak bagaimana membaca suku kata yang memiliki konsonan mati. Semisal saja suku kata yang memiliki 'ny' atau 'ng'.

Kebanyakan anak, awalnya seringkali mengalami kesulitan dalam melafalkan suku kata ini. Namun kita harus terus melatih anak secara perlahan, sampai ia menunjukkan perkembangan.


6. Membaca Kata yang Utuh

Setelah mempelajari dasar pelafalan huruf dan suku kata, selanjutnya ajari anak mengeja beberapa huruf. Latih aktivitas ini sampai ia bisa membaca suku kata menjadi sebuah kata yang utuh. Kita harus sabar mengajari anak di tahap ini, supaya ia mampu membaca kata secara tepat.

Berikan pengawasan ketika anak belajar membaca, supaya ia tidak melakukan kesalahan yang nantinya sulit diperbaiki. Latihlah anak membaca kata-kata secara utuh dan pastikan ia memahami cara pelafalannya. Setelah itu, lanjutkan dengan pembelajaran pembacaan kalimat pendek.


7. Ajak Anak Mengenal Lebih Banyak Kosa Kata

Kosa kata bisa sangat membantu anak dalam belajar membaca, karena mereka akan mengetahui kata-kata baru dari sana. Kita bisa mengajarkan kosa kata dari lingkungan sekitar sekolah TK. Contohnya seperti tulisan pada sampul buku, mainan, serta kata-kata yang ada di lingkungan kelas.

Sehingga guru bisa memberikan gambar dengan tulisan atau hiasan yang bisa dijadikan sarana belajar anak. Termasuk kata-kata yang bisa dilafalkan anak yang akan membantu mereka dalam belajar membaca.

Nah, membimbing anak dalam belajar membaca memang tidaklah mudah. Belajar membaca untuk anak TK haruslah diselingi dengan aktivitas bermain maupun aktivitas seru lainnya. Sehingga pembelajaran bisa berlangsung secara optimal, mengingat di masa ini adalah dunia anak untuk bermain sambil belajar.💖



Referensi:
https://www.google.com/amp/s/www.popmama.com/amp/kid/4-5-years-old/sarrah-ulfah/langkah-mudah-mengajarkan-anak-membaca-tanpa-mengeja
https://m.liputan6.com/citizen6/read/4419003/5-cara-mengajari-belajar-membaca-bagi-anak-tk-yang-efektif-dan-menyenangkan
https://www.ibudanbalita.com/artikel/cara-belajar-membaca-untuk-anak-tk-yang-menyenangkan
https://hamil.co.id/anak/parenting/cara-mengajar-membaca-anak-tk/amp


Salam Semangat


signature-fonts

11 comments

  1. Biasanya anak2 tuh senang belajar membaca dari gambar2 yang diceritakan. Lalu ada kartu2 semacam flash card gitu mabk, main tebak2an nama hewan misalnya dll. Memang betul, belajar kayak gini kudu ebrtahap, pelan2 supaay anak ga pusing, tapi tambah pintar dengan cara menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak..anak jadi belajar dengan cara menyenangkan

      Delete
  2. Mahmud (mamah muda) kudu baca tips ini, niihh.
    Mengajarkan baca untuk anak TK memang kudu telaten, sabar, dan memahami psikis balita.
    Jangan kemrungsung apalagi banding2in dgn anak tetangga ya Mbaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, banding-bandingin itu yang bahaya, duh jangan sampai ya...

      Delete
  3. Saya banget nih :
    Belajar membaca nama makanan pada bungkus camilan maupun tulisan
    Juga suku kata mudah
    Karena anak anak lebih lama bergaul dengan ortu dibanding gurunya
    Jadi Alhamdullilah anak anak saya bisa mengikuti mata pelajaran kelas 1 SD dengan mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul yang lebih banyak dengan ortu ya, Mbak..jadi dengan cara sambil bermain bisa kita ajarkan baca

      Delete
  4. Jaman saya sekolah, bisa membaca itu di kelas 1 SD. Tapi sekarang di TK B sudah harus bisa karena bisa calistung jadi satu syarat penting untuk bisa masuk SD.

    Jadi tugas guru² TK sudah krusial banget. Orangtuapun wajib memperhatikan hal ini supaya anak² bisa diterima di sekolah manapun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nih masa kita dulu ga wajib bisa ya...tapi kalau caranya menyenangkan anak akan bertahap bisa baca juga

      Delete
  5. Anakku alhamdulillah udah bisa Baca, se belom sekolah. Yang susah nulisnya. Belajar sendiri maunya. Masih PR nih ngajarin dia nulis. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, anakku dulu juga gitu huhuhu...mesti pelan dan bertahap dan dengan cara menyenangkan ya memang

      Delete